Only In Indonesia (Unik Tiada Tara)

 

Ini adalah foto-foto khas dari sebuah entitas bernama ‘Indonesia’ dengan segala keunikannya yang tidak ada bandingannya dengan negara lain di dunia!! Ini adalah wajah khas Indonesia yang banyak orang tidak menduga dan membayangkannya. Sebuah suguhan kultural yang menarik dan nikmat dipandang. Selamat menikmati!!

(Dalam posting ini ada satu dua foto yang bukan jepretan saya. Saya menyatakan terima kasih kepada tuan-tuan, nyonya-nyonya dan tante-tante yang gambarnya saya “pungut” disini).

INFO:
POSTING INI BANYAK DI REPOST DI BANYAK BLOG-BLOG LAIN. JUMLAH KOMENTAR DISINI BARU 128 (2 Nov 2010), TAPI DI BLOG-BLOG LAIN SUDAH RATUSAN. DINOBATKAN SBG “THREAD OF THE WEEK” DALAM
LINTASBERITA.COM. Higga Juni 2008, ada 426 komentar DI KASKUS.US (The Largest Indonesian Community) !! SAMBUTAN YANG SANGAT MERIAH.

a

a

a
picture1.jpg

Kemerdekaan semrawut. Ini khas Indonesia. Berjualan dimana saja selagi ada tempat. Bahaya? Nomor tujuh!! Gak ada aturan kok. Selama pemerintah membiarkan dan tidak menyediakan sarananya berarti boleh, ya gak? gitu aja repot.

a

picture2.jpg

Nekad. Naik public transport gimana aja caranya, selama polisi hanya menonton, tidak menegur dan tidak menilangnya. Yang penting sampe. Celaka? Emangnya gue pikirin …

a

picture3.jpg

Makanan surga. Emmh… khas kelezatan Indonesia. Bau tapi merangsang. Teman sejatinya adalah sambal terasi dan ikan asin. Sebuah artikel ilmiah menjelaskan puluhan khasiat dari “pemandangan indah” ini. Memang, ciptaan Tuhan tidak ada yang sia-sia. Orang Sunda meyakininya sebagai “makanan surga yang turun dari kayangan.” Makan bersama sang primadona ini, dijamin, nambah nasi 3 kali adalah minimal!!

a

picture4.jpg

Kitab suci yang menyedihkan. Al-Qur’an adalah kitab suci yang paling populer dan paling banyak dibaca setiap hari oleh miliaran Muslim di seluruh dunia. Ia adalah firman-firman Tuhan yang agung dan suci. Al-Qyr’an telah merubah dunia. Tapi, pesantren-pesantren tradisional dan masjid-masjid di kampung-kampung Indonesia memperlakukannya seperti ini.  Masya Allah. Jadilah ini khas Indonesia.  Tapi walaupun butut begini, jejak ini adalah kenangan manis santri-santri yang kini sukses jadi orang. Jejak ini juga telah melahirkan banyak ulama besar Indonesia.

a

picture5.jpg

Menjemur yang berdaya cipta. Hanya orang Indonesia yang kreatifnya sampe begini ini. Kepikiriin…. aja. Sayang buahnya masih mentah. Coba sudah mateng apalagi masak. Agak kuning langsat gitu, pasti buah ini merangsang.

ma

Dunia truk yang khas. Naah … ini dia khas Indonesia yang lain. Tulisan-tulisan di truk sangat nikmat dicerna sebagai obat stress. Lihat saja contohnya di atas: “”Jail ih” (seorang anak menyingkapkan rok tante2 seksi). “Tak ada waktu untuk mama!”, “Pemburu Janda!” “Begini nasibku.” Yang lucu yang lain yang pernah saya baca misalnya: “Pulang malu tak pulang rindu,” “Antar istri, jemput pacar,” “Istighfar euy!” (nyindir pasangan yang sedang dilanda syahwat dalam mobil yang ada dibelakang truknya),” “Dirarang meroko sebelum ngopi!” Hahaha …. Dunia truk sngat menarik dan supir2 truk itu ternyata kreatif-kreatif juga. Kalimat-kalimat dan lukisan dalam truk adalah gambaran kehidupan para supir truk yang khas dalam dunianya ….

aa

picture7.jpg

Pesta rakyat Agustusan. Walaupun banyak yang mengkritik, peringatan kemerdekaan bangsa kok acaranya hanya gini-gini aja, kurang bermakna. Biarin aja! Jaman kolonial kita gak bisa beginian. Gawat, bisa di dor sama kumpeni!! Mau?? Jangan sentimenlah, yang penting rakyat senang. Kapan pemerintah dan pejabat kita akan menyenangkan rakyat?? Kapan? Ayo jawab?? Gak bisa jawab kan?? Ya iyya laah….. wong mereka cuma mikirin perutnya sendiri.

a

picture8.jpg

Duduki dan turunkan!! Inilah satu-satunya cara kami menghentikan orang yang keasyikan berkuasa, lupa untuk giliran. Syusyah sih, sudah duduk lupa berdiri. Emang di negeri Indonesia yang besar ini hanya satu orang saja yang bisa jadi presiden? Enak aja. Gantian doong …!!! Syukurlah, sekarang sudah jamannya demokrasi.

a

picture9.jpg

Gapleh semalaman. Ini yang gak ada di negara maju yang masyarakatnya sering stress berat bahkan sampai bunuh diri. Ngapain bunuh diri, ya gak? Sudah hidup ini cape, bunuh diri lagi. Bodoh amat! Mendingan begini: gapleh dan begadang semalaman. Yang penting senang! Etos kerja? Tahi kucing! Kayak gak tahu aja. Di Indonesia, kerja keras banting tulang juga tetap aja gak ngaruuh …!! Tetap aja miskin. Kemakmuran ekonomi bukan hak kita, tapi hak segelintir orang yang dilindungi oknum-oknum pejabat dan hak para koruptor. Kalau orang kayak hidupnya senang karena kebanyakan duit, kenapa kami rakyat kecil gak boleh?? Jawab euy!!

a

picture10.jpg

Hujan-hujanan. Asyiiik… !! Beginilah kami orang kecil di kampung kalau mandi, bebas dan menyatu dengan alam. “We are strong and healthy!! Eh, lu bocah anak orang kaya? Orang gedean? Jangan ngikutin gue … bisa sakit lu! Ntar mami marah!” Pasti banyak orang gedean yang kini jadi pemimpin dan pejabat tinggi, waktu kecilnya di kampung kayak gini … ngaku laah!!

a

picture11.jpg

Pesta Liwet. Nikmaaat …… makan nasi liwet dan berjamaah di atas daun. Lambang demokrasi, egalitarianisme, keadilan, transparansi, persamaan hak, kerakyatan, gotong-royong, kebersamaan, kesetaraan dan lain-lain. Begitu banyak nilai-nilai universal yang terkandung dalam “the great culture of liwet” ini. An unimaginable joy!! Sayang, banyak orang memandang sebelah mata. Juragan Acun (Pejabat Pemda Tasikmalaya) duduk ditengah-tengah sambil mencomot cucuk jeung hulu. Ia calon Bupati Tasik tahun 2030.

a

dsc01570.jpg

Ratu Nyi Roro Kidul. Yang khas juga dari Indonesia adalah legenda. Kepercayaan pada legenda itu kuat dan dimana-mana sebagai peninggalan Hindu. Orang sudah pergi ke bulan, matahari dan planet plotu, kita masih ngurus legenda. Diperlihara lagi, seperti kamar khusus Ratu Nyi Roro Kidul di Samudra Beach Hotel No 13 ini, di Palabuhan Ratu Sukabumi. Dalam foto, suaminya, pemilik blog ini, nampak sedang salaman dengan istrinya Nyai Sang Ratu yang sedang berbaring tidak kelihatan. Uing tea…!!

a

Tamu sangat pasti. Inilah tamu setia dan sangat pasti yang khas datang ke Indonesia setiap musim hujan. Gak khas gimana, musim kering air surut, musim hujan pasti…pasti… dan pasti banjir. Gituuuu…. aja terus sepanjang tahun!! Akibat pembangunan yang tidak terencana, semrawut dan tidak dikendalikan, begitulah hasilnya. Di negara lain, ada juga dong banjir, tapi umumnya tidak terduga, misalnya karena badai topan dsb. Tapi indahnya Indonesia, banjir itu rutin alias selalu always. Tidak oleh badai, tapi oleh kekhasan Indonesia saja. Kalau musim hujan datang, haqqul yakin, pasti banyak banjir dimana-mana. Jangan tanya pemerintahlah, kesalahkaprahan pembangunan pemukiman sudah sangat parah. Coba gimana kita tidak bangga? Hidup Indonesia!!

a

Pulang… pulang … pulang… !! Ini yang indahnya tiada duanya di muka bumi, yang paling ditunggu-tunggu keluarga Indonesia. Setelah lebaran lalu mudik.  Aaakh asyiknya kumpul bersama keluarga… Mudik tidak ada di negara lain. Apapun dikorbankan demi mudik, walaupun datang ke kampung tinggal nama alias tewas di perjalanan. Biarin, yang penting mudik!! Dan lucunya, banyak yang mudik, tapi jarang puasa  Jadi, apa artinya ya??

a

kebijakan44f923e87453f1.gif

Macet Parah Bin Rutin. Ini yang membuat jutaan masyarakat Indonesia stress. Hiiyyy…… maceet, menyebalkan dan sangat menyiksa. Menurut para psikolog, banyak masyarakat kota Indonesia “sakit jiwa” tanpa disadarinya karena seringnya disergap oleh kemacetan yang parah ini. Macet ada di negara lain, tapi di Indonesia sangat parah dengan kesadaran masyarakat yang rendah di jalan raya, tidak teratur, ingin menang sendiri, saling serempet, saling potong, saling jegal, berhenti seenaknya, belok seenaknya. Pokoknya biadab lah. Makanya, hidup tuh sebenarnya enak dikampung: damai, tenang, segar, udara bersih. Asal sabar jangan ingin kaya. Tapi yaa, ingin kayak yang belum tentu membuat hidup bahagia inilah yang didambakan oleh kebanyakan masyarakat kita. Masyarakat kita lebih mementingkan gengsi sih… Punya mobil kan gengsi dan disebut “sukses”, biarin ngutang juga, biarin tiap hari macet parah juga, stress juga, yang penting kata orang hebat, sukses dan kaya. Syusyah ….

a

187-02-beggar-in-manila21.jpg

Anak jalanan. Ini juga khas Indonesia, setidaknya saya tidak pernah menemukan atau nonton di TV luar negeri, anak-anak dibawah umur mengemis di setiap stopan jalan. Keluarga miskin yang tidak diurus oleh negara sebagaimana diamanatkan UUD 1945, memanfaatkan anak-anaknya mengemis. Dinas sosial tidak kelihatan geraknya. Anjal stopan nampaknya adalah khas Indonesia. Kesulitan bertahan hidup membuat mereka kemana saja bergerak untuk bisa makan dan banyak dari mereka yang menjadikannya profesi.

a

Menu terlezat di dunia. Naahh …. ini dia. Aduh, jadi laper nih… Makan sama sambal terasi dan ikan asin … eemmhh… nikmatnya so pasti, benar-benar khas Indonesia. Apalagi nasinya panas, makannya di pinggir sawah,  nyoleknya pake lalaban segar dan petai,  dan ketika makan sambil mengingat duit nangkring di rekening ratusan juta, mobil tujuh, dayang-dayang lima, helikopter dua, pembantu sepuluh, tanah sekabupaten, waah… dijamin asyik gak ketulungan. Sambal juga ada di negara lain, tapi sambal terasi yang diulek-ulek dan digoyang-goyang plus ikan asin hanya ada di Indonesia. Dua sejoli ini terkenal sebagai teman makan dan penggugah selera paling mantap di dunia …

a

Makan dengan kerupuk. Pernahkah Anda melihat orang di luar negeri makan always with kerupuk? Kayaknya tidak ada. Tradisi makan yang dihiasi suara “krauuk … krauuk…” ini benar-benar khas Indonesia. Diluar negeri ada kerupuk, tapi bukan kerupuk seperti ini yang terbuat dari tepung (aci) gini. Mereka mengenal juga crakers yang sangat berbeda dengan kerupuk Indonesia. Dan crackers mereka itu bukan temannya makan berat tapi sebagai snake atau cemilan. Jadi, makan “krauuk… krauuk” begini benar-benar khas Indonesia yang tidak ada dimana pun di pelosok muka bumi ini. Makan dengan kerupuk konon adalah tradisi wajib orang Jawa. Banyak orang Jawa tidak bisa makan tanpa adanya suara simfoni indah “krauk … krauuk” dari makhluk yang satu ini. Yu ah kita rame-rame bikin paduan suara orkestra nasional: “krauuk…krauuk… krauuk!!”

a

Dapur yang “full memories.” Anda sudah kaya? Jangan melupakan warisan nenek moyang kita ini dong.  Inilah kompor khas dan tertua di Indonesia. Di Sunda namanya hawu. Ada gak ya di negara lain? Mungkin ada tapi bentuk dan modelnya beda. Bagi saya, ini benar-benar khas Indonesia. Melihat kompor alami ini mengingatkan kita ke kampung halaman kita di desa, ke rumah kakek nenek dahulu, ke rumah-rumah orang pedesaan yang nyaman dan tentram. Rumahnya panggung dan kompornya tungku kayu bakar kayak gini. Bayangin aja, udara lagi dingin-dinginnya, kita duduk di depannya yang anget di atas tiker bambu, sambil menunggu bubuy sampeu (singkong bakar) disitu, nyedot kopi panas yang kentel, rokoknya jarum coklat sambil menikmati dendang lagu-lagu dangdutnya Rhoma Irama  dari radio transistor dua band… Aakh indahnya … Orang kota sekarang pada nyari situasi-situasi alami yang ginian. Makanya, rumah makan di mana-mana, kembali ke desain alami, yg dekat dengan alam seperti kita saksikan di banyak tempat, terutama di Jawa Barat.

a

angkot.jpg

Transportasi dunia keempat. Angkot benar-benar makhluk khas Indonesia. Ciri-cirinya adalah: (1) Berhenti dan belok semau gue, alias dimana aja, termasuk di bawah plang “Dilarang Parkir,” (2) orang-orang merokok bebas didalamnya yang sempit itu, (4) dan yang terbaru, pengamen. Karena lahan ngamen sudah semakin sempit, angkot pun akhirnya dipake ngamen juga. Kebanyakan asal genjreng, lagu kemana musik kemana, dan seperti foto diatas nyanyinya keluar lagi, jadi bukan untuk diperdengarkan kepada hadirin penumpang mercedes rakyat itu.

a

300px-jakarta_slumhome_2.jpg

The Kuw Muh Elite Village. Ini khas pemukiman elit Indonesia yang disebut kawasan “The Kuw Muh Elite Village.” Tidak elit gimana, adanya di posat kota metropolitan Jakarta. Disamping komplek elit ini adalah gedung-gedung menjulang tinggi, kapitalisme mengangkang penuh keangkuhan, hutan beton yang keras dan individualisme yang takabur. Sekelompok manusia yang nekat hidup di tengah keangkuhan itu akhirnya harus hidup dimana saja yang penting bisa tidur … Jakarta dan kota-kota besar Indonesia lainnya menghadapi problem rumit soal urbanisasi yang tidak diatur ini …

a

Kuda besi yang liar. Ini yang khas dari kuda Indonesia yang sekarang gak mau makan rumput lagi karena sudah berganti dengan premium. Spesies ini, dari Medan hingga Jayapura, memiliki ciri-ciri yang sama: bergimung seperti lalat, melabrak lampu merah, majunya nyerempet-nyerempet, kalau lagi macet trotoar jadi alternatif, pejalan kaki diserempet, di stopan menuhin zebra cross , dan melaju melawan arah. Karena produksinya tidak diatur, jalur khusus tidak dibuatkan, penegakkan hukum hanya soal tilang lalu polisi dapet duit, pengaturan sepeda motor akhirnya menjadi sangat susah dan rumit untuk rapih dan tertib. Hidup di Indonesia benar-benar merdeka. Hidup Indonesia ….!!

a

cari_untung.jpg

Bawaan tanpa perhitungan. Hanya di Indonesia, ada sepeda motor, becak atau orang jualan yang barangnya “menjulang tinggi ke angkasa” hingga menutupi pengendaranya. Atau, bawaannya tidak seimbang dengan pengendara dan Polisi tidak menegurnya atau menilangnya. Tidak ada keketatan di jalan raya di Indonesia demi keselamatan penumpang. Pedagang juga sama. Seperti foto diatas, barang-barang setoko dimasukin semuanya ke roda dagangannya. Ada gak ya di Amerika atau Jepang pemandangan unik begini??

a

Berdesakan. Di Indonesia, budaya antri adalah sangat mahal, karena mahal dan jarang ditemukan ketertiban berantri, jadinya ya khas Indonesia. Antri baru hanya ada di lembaga-lembaga modern seperti bank, kantor-kantor pemerintah dan swasta, kampus dll. Tapi berapa persen itu? Itu hanya pemandangan kecil di wilayah perkotaan, sedangkan kota-kota hanyalah titik-titik di negara besar Indonesia. Umumnya, di masyarakat terutama di pedesaan dan wilayah rurban (desa-kota) masih susah dengan budaya antri. Dan ada yang menarik, kalau pun masyarakat kita antri, biasanya badannya sampai bersentuhan bahkan merapat, sesuatu yang tidak ada di negara maju. Apalagi bila sudah ngantri kebutuhan pokok. Kesadaran rendah, penduduk yg terlalu banyak dan lahan yang sempit semua menyatu menjadi “adonan  kekesalan” yang susah untuk di atasi. Kalau Anda, tidak merasakan ini khas Indonesia, coba sekali2, jangan diam di kantor mewah dan modern saja, di tempat-tempat yang nyaman saja, sekali2 ke daerah, ke terminal, ke tempat2 berjubel menyatu dengan masyrakat kecil agar merasakan aslinya Indonesia.

a

Juara korupsi. Ini yang menjadi kebanggaan Indonesia berpuluh-puluh tahun, sejak Orde Baru hingga kini Orde Reformasi. Korupsi belum berubah dan masih susah diberantas. Coba, kabupaten, propinsi dan lembaga mana yang benar-benar bersih korupsi di Indonesia? Tidak ada, yang ada adalah belum terungkap. Berkali-kali Indonesia menempati ranking pertama alias “the best” diantara negara paling korup di dunia. Kalau tidak ke-1, ya ke-2 atau ke-3. Budaya korup di kita merata dari supir angkot, pedagang kecil, pedagang di pasar hingga para pejabat tinggi, anggota DPR/MPR, bahkan lembaga peradilan tinggi yang seharusnya mengadili para koruptor. Benar-benar parah dan menyedihkan. Tapi itulah Indonesia yang kita cintai. Tentu saja kita muak. Tapi hanya muak, salah. Yang benar adalah mulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan korupsi dari yang kecil-kecil seperti menipu, berbohong, curang, rakus dsb. Inilah akar-akar perilaku korupsi. Dan marilah kita dukung KPK sekuat-kuatnya.

a

Budaya latah. Inilah budaya khas Indonesia “modern” yang paling kampungan, memuakkan dan menyebalkan: BUDAYA LATAH!!!!! Ada American Idol, ikuuutt… Indonesian Dodol!! Mbok ya bikin yang idenya asli Indonesia, apa gak bisa?? Katanya banyak yg pinter-pinter. Acara latah begini banyak sekali di TV kita, yang tidak berangkat dari budaya dan tradisi Indonesia. Para pemilik dan pengelola televisi, adalah yang paling parah dan kampungan dalam soal mengembangkan budaya dan mental latah ini. Mental para pengelola televisi,  para pengelola acara entertainment benar-benar udik!! Miskin pendirian, miskin ide, miskin mikir, miskin kreatifitas. Penyakit parah ini menganggap ‘keren’ dan ‘modern’ apa saja yang datang dari Barat. Ini mental rendah diri yang parah, mental inlander. Padahal, banyak sekali acara yang tidak cocok untuk masyarakat kita yang relijius dan kaya raya dengan ragam budaya ini. Para pengelola televisi yang pinter-pinter dan sukses di kota-kota itu sangat bodoh bahwa kita memiliki ratusan etnis, ratusan bentuk budaya dan tradisi, puluhan bahasa daerah dan dialeknya. Mana acara-acara TV yang mengangkat kekayaan tradisi bangsa itu? Mana acara-acara yang mendorong cinta tanah air dan nasionalisme? Tidak ada!! Generasi muda kita terus dicekoki oleh yg hingar bingar, yang hiruk pikuk, yang sekuler, yang datang dari luar. Akhirnya, artisme dan selebritisme menjadi pujaan, menjadi ideologi dan orientasi hidup anak-anak remaja. Kalau tidak kenal artis, kuno. Kalau tidak punya artis pujaan, kampungan. “Cita-cita luhur” banyak remaja sekarang adalah jadi artis sinetron. selebriti, model, jadi anak band. Cita-cita sampah!! “Aktifitas termulia” banyak remaja sekarang adalah shooting, audisi, nyanyi, kejar tayang, Icih Fansclub, Ijah fansclub. Yang begituan aja!! Idola para remaja bukan lagi para pahlawan bangsa atau mereka yang berprestasi seperti juara olimpiade matematika/fisika atau juara olah raga, tapi INUL, Ayu dan Sarah Azhari, BCL, Julia Perez, Dewi Persik yang semua kelakuannya tidak bermoral. Kelakuannya sampah!! Parah!!

a

MASIH BANYAK LAGI “ONLY IN INDONESIA” SEPERTI INI
GIMANA NIH KOMENTAR ANDA?? SILAHKAN …..

Tanggapan yang luar biasa atas posting ini lihat di Kaskus:

http://kaskus.us/showthread.php?t=918019

About these ads

160 Responses to Only In Indonesia (Unik Tiada Tara)

  1. caca says:

    wah,,wah,,,realita hidup.ya mo di gimana in lagi wong kebudayaan nya je!!!!siapa yang salah hayo????????

  2. Evin says:

    wah… bener2 g nyangka dech…. pertama kali baca prolog penasaran banget…… dalam alam fikir saya adalah penggambaran pemandangan alam indonesia atau mgkin tempat2 wisata diindonesia, g thunya….. saya dan temen saya terkejut bukan main. tapi ini adalah ide yang sangat bagus tuk menggambarkan alam indonesia kita tercinta ini dan semoga dengan adanya pemandangan yang sangat menakjubkan ini dan sekaligus semerawut, menurut teman saya…..para pejabat, para koruptor, merasa sepeti kesetrum wlau sejenak ups…sorry pak….g brmksud! KARYA YANG MENGAGUMKAN……….

  3. moeflich says:

    Hehehe … ketipu ya? Pemandangan indah mah gak aneh atuh Vin. Yang luput dari perhatian orang adalah yang begini-begini ini. Gak kebayang sama orang, bahwa ini juga khas Indonesia, bukan hanya pemandangan indah. Insya Allah saya akan menambahnya lagi. Sering berkunjung ya ke ruangku ini!

    Thanks atas komentarnya ya eneng-eneng…!!

  4. ressza says:

    asik-asik…, idenya boleh juga neh nampilin foto2 yang unik n lucu kale yaaa…

  5. mumu says:

    please deh, jadi ngacai, di belanda mah tiris jeung tiris weh, mun tiasa mah dipaket atuh kadieu he..he

  6. moeflich says:

    Tinggal pesen ka Bagian Pengiriman Paket di Rancapanggung, Cililin. Pasti dikirim.

  7. ica & shifa says:

    ua…foto aa sam, en teh via, en de gia mana atuh nu lucu-lucu

  8. moeflich says:

    Iya nanti ditampilin … sam, fia dan gia pengen ikut ica dan syifa katanya ke Belanda … jangan lupa shalatnya ya disana dan nanti ajaran bahasa Belandanya!!

  9. wak laboe says:

    ehm..salut buat si-mas nich…ulasan dan gambaran realita kehidupan indonesia pas dan menyedihkan…
    mas kalok bisa buat daftar BLBI ( Bandit Luikudasi Bank Indonesia ) yg kabur maupun yang mau kabur ataupun jadi raja kecil di penjara.

  10. moeflich says:

    Hehehe … wah soal BLBI saya kurang tahu banyak persoalannya tuh, ntar salah komentar lagi, bisa buahayyya.

  11. yah.. sebenernya tengsin bin malu juga ya kalo ngeliat realita negeri kita yang kayak gini ,tapi mau diapain ..kenyataan yang harus diterima ,semoga di masa depan nanti ada orang atau sekelompok orang yang mampu memperbaiki “black side” Indonesia ini ,Amien …

  12. pinokio says:

    soal indonesia…… emmmmmmmm…….. sebenernya ne budaya asli indonesia ato budaya yg dibuat-buat coz himpitan ekonomi??????? klo budaya mana seh unsur seni, religius, adat, n segala macemnya??????????? plis deh… berusahalah hari ini untuk hidupmu… raihlah bahagia hari ini, esok dan seterusnya….

  13. pinokio says:

    oh y….. coba dunk tampilin photo ttg kemajuan indonesia….. biar tau gitue sejauh mana indonesia bisa maju… btw ada g y foto masyarakat indonesia yang bahagia hidupnya walaupun ekonomi kurang?????
    jd pengen liat….
    terus berusaha dunk jadi warga indonesia seutuhnya…. biar kita taw identitas bangsa sendiri gitue…. jgn cuman bisanya ngetawain bangsa sendiri yah… ngetawain bangsa sendiri SAMA j artinya ngetawain diri ndiri…. tul g… KITA pasti bisa berbenah…

  14. moeflich says:

    Memang saya mengajak kita semua ntuk menertawakan diri sendiri. Wajah Indonesia kita yang indah sekaligus bopeng ini. Orang yang mampu menertawakan diri sendiri adalah orang yang dewasa karena berarti sadar dengan kekurangan2 dan kelemahan2 diri, setelah itu berubahlah …. Perubahan diri akan dilakukan bila sadar dengan kekurangan2 diri. Kalo gak sadar, apanya yang mau dirubah … ya khan…?? Foto2 unik ini adalah foto2 penyadaran kita ….

  15. leo says:

    wah…keren-keren…indonesia memang uniq,gak ada dua nya..tapi justru keunikannnya yg membuat kita selalu rindu…salu buat mas ya…thanks ya..jadi pingin cepet balik ke indo …

  16. ranti says:

    Very Nice shoot !!!!!!!
    Fakta kehidupan di Indonesia. Ya beginilah kehidupan kita. Kental dengan budaya kebersamaan, keceriaan. Banyak memang yang harus dibenahi, dan adalah fakta dimana kita masih ketinggalan dengan negara2 tetangga.
    Keep take a shoot !!!

  17. herio says:

    di Jepang sini mg nggak ada yg kayak ginian….bnr2 luarrrrrrrr binasaaaaaaaaaaa!!
    kayaknnya 50 thn lg negara kita bisa madju>

  18. hendra says:

    Klo boleh ak bilang ini adalah gambar yg paling kreatif, gak nyangka ada yg punya ide beginian, salut………!

  19. ferdinans says:

    mantap om..aku permisi ngopy potona. tks.

  20. Purwana says:

    indonesia parah euuuuuuuuuuuyyyyyyyyyyyyyyyyy

  21. aditia says:

    Saudara muslim? Jika ya, mudah-mudahan komentar “Al-Qur’an sejak lama sudah mempraktekkan pornografi” dibuat dengan tidak sadar, sehingga tidak ada dosa atasnya dan jika saudara membuatnya dengan sadar ber”istighfar”lah, karena sesungguhnya Alloh Maha Pengampun. Jika Saudara bukan Muslim, semoga Alloh membukakan hidayah untukmu!…:)

  22. Salut……gambar-gambarnya cukup mewakili 3 Orde sekaligus (Orde Lama, Orde Baru dan Orde Reformasi).

  23. aadhana says:

    wih…indonesia keren banget,,,,!!!!!
    ternyata indonesia menyimpan banyak keunikan…
    pertahankan terus,,,

  24. moeflich says:

    Hehehe …. gak nyangka, kreasi ini sangat banyak menarik perhatian orang. Menempati urutan ke-2 dalam 10 Berita Terbaik di Website Lintas Berita saat ini. Syukurlah. Berarti krreasi ini sangat menghibur dan disukai audien. Yang baca ini sangat banyak sekali walaupun yg ngasih komentar tidak terlalu banyak. Untuk melihat komentar-komentar lain silahkan klik disini http://www.lintasberita.com/Hiburan/Inilah_Wajah_Indonesia_Kita_pic/ Buat Aditia, terima kasih sarannya, sudah saya ganti. Saya senang menerima masukan. Salam, Kang Moef.

  25. jablay says:

    Waduh, ternyata Indonesia kaya, maksudnya kaya orang-orang susah tp coba lihat Bapak-bapak Dewan yg terhormat apakah masih ingat dengan janji2nya dulu.

  26. PriYa says:

    yah…meskipun bgitu, saya ttp bangga jadi org Indonesia!! sapa lagi yg bisa ngebanggain Indonesia kalau bukan rakyat sndiri…!!

    lg pula hal itu hnya t’jadi di Indonesia,,cb cr d negeri2 barat, mn ad..!!! HIDOEP INDONESIA…

  27. Tietie says:

    Terlalu Over..,

    masih banyak sisi lain yg bisa kamu ambil to objek foto tentang Bangsa ini.
    memang diakui ada hal2 seperti itu, tapi jangan menutup mata to hal-hal positif yg hanya ada di Indonesia. jangan keliatan banget cara memandang bangsa sendiri compang-camping.

    gimana dengan satwa dan flora yg hanya ada di Indonesia?,
    gimana kekayaan alam yg bejibun n lum bisa di olah?,
    gimana jumblah populasi yg begitu banyak dan budaya nya?
    gimana Objek wisata yg Fantastis dengan 2 musim ini?
    Gimana Budaya yg unik dan gak ad duanya di tiap propinsi? (gak ada di tempat lain)

    Indonesia is Amazing Country, Dangerously Beauty.., no one like this.

    Bahas ntuh aja to Generasi Emas berbangga dan terpacu, bukan nya miris.

  28. Shanty says:

    Gw gak setuju banget tuh ma si Tietie. Gw pikir ini kreasi bagus banget. Nyadarin kita ttg sisi lain Indonesia. Kalo apa yang dibilangin dia sih, anak-anak SD juga udah pada tau bahwa indonesia tuh indah, tapi gak aneh. Klo ini kan antik bgt. Kalo lo gak setuju, gak usah ngomel, bikin aja sendiri yg versi kamu. Gitu dong, itu namanya dewasa.

    Gw juga cinta Indonesia kok. Hidup Indonesia!!

  29. akang says:

    Indonesia tiada dua

  30. akang says:

    Indonesia tiada duanya…apalagi sambel terasinya .. AMRIK gak bakalan punya

  31. Fenno says:

    nihh buat nanggepin commentnya titie..

    Disamping beberapa kekurangan yang sering melekat di tanah air kita Indonesia, namun ada puluhan rekor dunia yang patut kita banggakan sebagai warga negara Indonesia karena sampai saat ini blom ada yang mampu memecahkan rekor tersebut dari Indonesia.
    Berikut daftar 24 rekor dunia yang dimiliki Indonesia.

    * Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).
    * Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
    * Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
    * Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
    * Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
    * Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
    * Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
    * Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
    * Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus’¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
    * Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
    * Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
    * Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).
    * Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
    * Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
    * Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
    * Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
    * Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
    * Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
    * Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
    * Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
    * Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
    * Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
    * Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
    * Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

  32. david says:

    bagus banget , membuka mata kita akan negara qta …
    saya juga merasakanya , tetapi karena terlalu sering jd dianggap biasa saja …
    penyampaiannya bagus dan unik

    tp ada baiknya dari segi positifnya , agar seimbang ;)

  33. shiddieq says:

    salut2! kreatif dan original..
    ya, beginilah indonesia

  34. adite says:

    setuju banget..

    ngakak bacanya…

    duh idol2 itu… najis.. ndak pernah gue nontonnya. wasting time…
    abis mo gimana lagi, mending ga usah sekolah trus jadi artis gaji besar, modal tampang doang, apalagi blester2 indo.. wah jadi idola… ada yang salah dengan mindset indonesia… klo lulus sekolah juga mo jadi apa???

  35. ajaibman says:

    @ TS,

    Itu gambar motor yang bawa barang Banyak, dan Gerobak tukan Plastik….

    Koreksi, Gambar Motornya itu di Malingsia… Soalnye gwe terawang pake mata bathin (dan ditunjang oleh Sotoshop)…Plat nomernya BJ…. dan nomernya di bawah.. Berarti motor Honda Astrea di depan nya (yang ada Givi box nangkring di belakang)… adalah motor Honda EX 5 dengan nomer polisi Negeri Bagian Selangor Malaysia.

    Tapi yang laen bener kok..

  36. plowexz says:

    bener nich atas gwe ….sista santy.
    tietie mesti nya berpikir secara dewasa, bukan maksud nya melihat indonesia dari segi negatif tapi memang inilah sisi lain negara indonesia yang perlu benahi oleh para generasi muda saat ini….
    simple act to participate …..buanglah sampah ke tempat nya 1 sampah 1 orang tiap hari bayangkan betapa perubahan kecil akan menjadi besar mana kala 100 juta lebih penduduk indonesia melakukan nya.
    kita bukan nya ta sadar betapa indah nya indonesia…..tapi kita peduli akan sisi lain indonesia.
    memacu semangat membangun indonesia tidak melulu melalui hal2 yang positif
    melihat sisi lain indonesia juga bisa memacu semangat untuk menjadkan bumi pertiwi ini lebih baik,
    AKU CINTA INDONESIA semangatku untuk indonesia…….MERDEKA

  37. yanno says:

    weih

    terenyuh gw yang di kerete api

  38. aLokz says:

    ulasan dan komen yang sangat realistis. -salut- :)

  39. Sulistianto says:

    Duh, lucu campur sedih nih mas.

    Nampaknya sangat sulit bagi negeri ini untuk maju bila masih mementingkan perut dan ego sendiri. Tapi saya yakin kita bisa memperbaiki negeri ini bila setiap orang sadar dan menegakkan aturan.

  40. volver says:

    keren banget bro ampe masuk kaskus :) ,

  41. lala says:

    good post :) mudah2an untuk hal2 yg negatif dr indonesia akan makin berkurang dan hal2 yg positif dr indonesia tetap slalu terjaga…

  42. andi says:

    yah, begitulah indonesia bangsa besar yg tidak punya kepribadian dan kini belum merdeka.
    ciri bangsa merdeka adalah :
    1. merdeka dengan kemampuan ekonomi
    2. mandiri bidang politik
    3. berkepribadian dgn budaya sendiri
    bangsa ini tidak punya satupun kemerdekaan itu.

  43. touqid says:

    tiba2 saja saya jd terharu krn melihat foto2 tsb, jadi cuma satu kalimat yang bisa saya utarakan…” I Love Indonesia”… gimana pun Indonesia adalah tanah air saya, masa kecil saya, nenek moyang saya dan hidup saya…

  44. frans says:

    wow…keren banget analisa, fakta2 & teguranya mas..salu deh, kritis membangun banget.
    tob abisss…

    sippp deh…emang demikian wajah indonesia.

  45. frans says:

    indonesian idol jiplak banget. tp cukup menghibur.
    gw cuma nyimak di seri pertama yg Joy juara, abis itu…Mbuuhhh…

    sekilas merhatiin yg tahun ini krn istri nonton trs…
    ancur2 bgt, terutama kontestan cewek…
    kok bisa masuk di TV yah..indonesia kekurangan bakat ali yah…
    ya bakat yg bisa melatih, ya bakat yg dilatih

  46. Firlandy says:

    Waow.. ide yg briliant untk membuka mt batin kt, andae saja pemikiran2 ky gni bs di publis lbh luas lg, aq yakin byk yg trcengang, heran, bngga n bhkan terharu spt aq ini. thx shob… lbh dprluas lg y fmkran-ya.. aq jg sngt bngga jd mahluk indonesia ‘WRIGHT OR WRONG ITs MY COUNTRY’… open ur mind n go spirit for indonesian glory

  47. moeflich says:

    TANGGAPAN YANG LUAR BIASA …..
    HALLO… TUAN-TUAN DAN NYONYA-NYONYA!! SAYA TIDAK MENYANGKA, POSTING “ONLY IN INDONESIA” INI MENDAPAT TANGGAPAN YANG LUAR BIASA. GILEE… ISENG-ISENG SAYA TENTANG SISI LAIN WAJAH INDONESIA INI SANGAT DISUKAI, MENARIK PERHATIAN DAN MENYADARKAN BANYAK ORANG. SAMPAI JAM INI SAJA, DI BLOG INI BARU ADA 46 TANGGAPAN, DI LINTAS BERITA.COM MENJADI NOMOR 2 DARI SEPULUH BERITA TERPILIH DAN ADA 46 TANGGAPAN DISITU, DI KASKUS ADA 350 TANGGAPAN. SAMPAI DI STICKY SEGALA. JUGA MENJADI “TOP OF THREAD OF THE WEEK.” SAYA KIRA CUKUP LUAR BIASA. YANG MENARIK, POSTING INI JUSTRU SEMAKIN MEMBERTEBAL KECINTAAN PADA NEGERI INDDONESIA YANG UNIK INI. SAYA SENANG MEMBACANYA.
    TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASI SEMUANYA,
    SALAM.

  48. leo says:

    ya, menurut gw blog ini bener2 kreatip….

    Mengangkat kehidupan sehari- masyarakat menengah kebawah yang ada di Indonesia, tetapi , sebagai negara berkembang, menurut gw hal-hal tersebut diatas merupakan hal yang tidak terlalu buruk , mengingat Indonesia juga punya segudang prestasi, baik itu ilmiah maupun olahraga….

    Negara-begara berkembang yang lain, banyak juga kok yang lebih ancur dari Indonesia, tapi mungkin kita aja yang jarang ngliatnya. Indonesia itu udah dari pejabat2 tingginya yang ga bener, seterusnya mengalir ke bawah deh…..

    Indonesiaku, walau begini keadaanmu, aku tetapi cinta padamu…….

  49. yone says:

    Isinya bagus banget.
    Salut buat penulis. ^^
    Emang unik deh negara kita.
    Keep posting yah.

  50. cisna says:

    hiks….hiks…
    tertampar….

  51. tuti says:

    @astagfirullah…..inalillahi…….tidak ada kata lain selain itu hanya untuk negri ini .andaikan semua di atur dengan hukum islam mungkin tidak akan terjadi seperti ini.hukum negara itu tidak akan ada hasil yang akan melahirkan kebenaran .banyak kasus-kasus yang dapat merugikan semua orang,bahkan akan menghancurkan negara ini.rasanya percumah jika kita berada di bawah pimpinan yang hanya mengutamakan hukum duniawi…..coba renungkan oleh anda-anda semua…..hukum apa yang harus kita taati melainkan hukum yang tertera dalam Al Quran!!!!!!

    @tapi kalau untuk makanan nya ….subhanallah…

  52. moeflich says:

    Iya saya juga sama. Untuk keburukannya astaghfirullah, untuk kebobrokannya innalillah, untuk kelucuan dan keunikannya masya Allah, untuk keindahannya subhanallah, untuk kehebatannya Allahu Akbar,

  53. Jinpenyu says:

    ya emang begiulah negara kita…..dari dulu begitu sampe sekaang juga begitu…..selama masyarakatnya masih ngeyel dan pejabanya masih acuh tak acuh…ya ga akan berubah….kia nikmati aja keunikan,keantikan dan keanehan yang ada…gitu aja kok repot…

  54. yudhatama says:

    ILOVEINDONESIA……….!!!
    disitu uniknya….

  55. [...] gmail yuk??9 teknik untuk berhenti berpikir negatifMarhaban yaa RamadhanBulan Pernah TerbelahOnly In Indonesia (Unik Tiada Tara)Setting path [...]

  56. yallei says:

    Inilah budaya khas Indonesia yang paling memuakkan, tidak mau berkembang dengan ide kreatif sendiri, memalukan meniru acara org lain.
    cobalh sekali-kali angkat budaya kita yang beraneka ragam yang ada di negeri ini, dengan ide-ide atau kreatif sendiri biar org luar juga tahu.
    satu acara yang paling menarik di republik ini yang menurut saya adalah: ACARA EMPAT MATA. hanya empat mata yang luar biasa hebat. tukul maju terus dengan ide-ide kreatifmu.

  57. mama ryan says:

    wah, gak nyangka ya… keunikan Indonesia, tapi sebenarnya masih banyak lg yang belum terekspose dan mungkin lebih memprihatinkan lagi…………

  58. FENNYDOANK says:

    DUH…MAKIN BANGGA AJA GW JDI ORANG INDONESIA…..BERARTI KITA UNIK DAN NO.1 TERUS….KRN KRITERIA DIATAS JARANG DIMILIKI NEGARA2 MAJU!

  59. novy says:

    wah …. Indonesia memang tidak ada tandingannya …. Top dc’ yang kayak gituan kan ngga ada di negara2 besar h3x

  60. Putra moxer says:

    SubkhanAllah… Cool Banget… The Best pantes masuk Believe or Not Believe

  61. moeflich says:

    Masuk Believe or Not Believe? Apa tuh? Website? Yang manah? Makasih infonya.

  62. Bayu Dharma says:

    ini indonesia bung!!!

  63. thyan says:

    indonesia keren benget

  64. Umi Nisa says:

    yaa inilah Indonesiaku tercinta

  65. SomeOne says:

    Ini wajib ada di tiap situs atau blog di Indonesia :D

  66. moeflich says:

    Hahaha…. Intruksikan aja One oleh Anda!!

  67. bonzds says:

    siplah indonesia banget tambahan ayeuna dukun ponari terukeun kreativ na

  68. rudi says:

    jadi inget ketika masih kecil di kampung…hujan-hujanan, makan sambel+pete deket hawu sambil ngangetin tubuh…duuuuh…jadi pengen lagi uy

  69. febrian says:

    emg sih indonesia mpe segituny..
    tp mau ngingetin aj yg kyk indonesian idol tu bknny emg fremantle media di AS sono ngijinin indonesia bkin acara gituan jg!?
    klo menurutku yg indonesian idol tu smcm franchise (kyk rumah makan gt)
    tp emg bnr latah kok, buktiny smw stasiun TV acarany sm smua, hha .

  70. Adoer says:

    Mantaf..

    Bikin lanjutannya yang lebih banyak dan menarik lagi kang…. biar kita semua sadar akan kondisi bangsa.

  71. gatot says:

    artikel yg bagus…kangen gua ama PETE udah 4 taon gak makan badan gue udah sakaw nih.heheheheeeee.mbokeeeee kirimi PETEEEEEEE

  72. zalmin says:

    Kritis yang bagus, Goooooooooooood idea

  73. Gue yg Ga Nyadar says:

    Oh. lewat satu lagi yg ngak mungkin indonesia tinggal kan budaya nya. Kasih saran ke… Buat indonesia bisa baek. Bisanya kritik trus… Dan aneh udah tau indonesia d mata lu jelek. Tapi kenapa masih betah d indonesia.. Napa eh???

  74. Darojatun says:

    Keren bo’ jadi pengen balik ke kampung lagi neh

  75. Taufik says:

    waaaaa, hujan-hujanan sambil maen bola emang enak :D

  76. erortea says:

    jadi inget rumah mbah gw yang di jogja pas liat dapur yang full “memories”….

    kelakuan kecil tuh waktu ujan2an bareng temen2 di rumah…

    keren2 n original euy foto2nya

  77. riqo says:

    endonesa banget bro…!!!

  78. zoel80 says:

    biar gimana juga Indonesia tetap menjadi bagian dari kita oleh karena itu kewajiban kita juga untuk membuat bangsa ini tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain ……… Majulah Indonesia Raya.

  79. ara says:

    woooooow, kang aduh saya malu tapi pengen ketawa neh jadinya liat nya. thanks kang info nya.

  80. sigit arinto says:

    hehehehe… bagus banget :)

  81. yoga says:

    Wakakakaka lucu banget

  82. Agus Permana says:

    Bagus….lengkap. begitulah gambaran sebagian dari sisi kehidupan kita…unik..kadang seem innocent…

  83. HK says:

    Wah jadi Lapar,…

    Kenapa yah di sini kita pada latah??? Emang budaya kita tidak bisa di jual di Tipi??? Misalnya kita siarin acara kejuaraan Gatrik, atau bebentengan, atau bancakan Delelel lah,.. Setidaknya dari pada latah sebaikna melestarikan budaya kita sendiri supaya tidak punah,…

  84. Hanif says:

    gimana dengan penulis?

  85. Naufal.Com says:

    wihh. salut dah ama mas…
    fyi, elit itu kan sebenarnya kependekan dari ekonomi sulit :lol:
    jangan lupa datengin blog saya ya mas, di http://adenaufal.wordpress.com/2009/07/04/telah-terbit-time-edisi-michael-jackson/ sekalian komen… :D

  86. mantabs nih fotonya…
    idenya topmarkotop dah

  87. chips says:

    smwany yang di atas2 itu bner tpi tulisanny jadi bobrok gara2 salah ngomong mas. indonesian idol itu dapet hak dari american idol jadi bukan latah tapi ditawarin ama american idol mas. moga2 wawasan tmbah terbuka ya

  88. ning says:

    muantap euyyy….
    bagus2 nian sesuai dengan realita kehidupan….
    mudik i2 yg paling seru, pada mudik tp puasa dipertanyakan, aneh kan, tp i2lah kenyataannya….
    bikin lagi yg seru2 seperti ini mas…..

  89. marhaendra says:

    wow!!!!!cool pic,bro!sederhana tapi mengena,bener2 only in indonesia

  90. andri says:

    kira-kira malaysia mau mematenkannya gak ya???

  91. Sefti Fitriani says:

    He..he..he…kira isinya apa,,,ternyata waduh tanpa kita sadar ya itu semua adalah khas dari indonesia,, klo dipikir-pikir bener banget c…hebat deh sama yang buat ini….

  92. robid says:

    b u a g u s b u a n g e t……………..
    buat blogger kalo ada foto versi lain mengenai indonesiana di groupin aza, biar kita dapat mengaca kekurangan kekurangan indonesia untuk lebih baik dan lebih maju, HIDUP INDONESIA…..hidup TKW….

  93. yudie says:

    kekayaan & keragaman yg sia2 krn nggak dimanfaatkan & dijaga dgn baik…seperti nggak ada pemerintah saja…kita butuh pemimpin yg oke……semoga Indonesia berjaya…I Love Indonesia

  94. ergeel says:

    Kang…photonya pada bgus semua…isi yang kompleks dan diakhiri dengan kontemplasi…
    numpang ambil sebagian yaa…

    Moeflich
    Silahkan…. sdr. ergeel….

  95. edi subroto says:

    makanya aku tingal di indonesia….

  96. Simb4h says:

    Iyaa pancen Indonesia Hebat…..???????!!!!!

  97. corn says:

    foto2 and blog-nya bagus sekali tuh tipical oge apocalyptic,….

  98. david kurniawan says:

    ihh.. soal angkutan gue banget tuh…bagus fotonya

  99. donyjoe says:

    baguss,,,trimakasih…saya suka banget,,bisa membuka pikiran saya.. trimakasih..salam merdeka..

  100. bouken says:

    ya …bgt lah negara indonesia.

  101. hadis says:

    gilaaaaaa…..
    jngan sampe iku2tangila

  102. tatangakun says:

    tatang bangga jadi warga bangsa indonesia, yang hegomunis tapi akur, yang pluralis tapi duduluran, yang beda agama tapi saling bersalaman.
    hidup uing tea!

  103. syifa says:

    Hihiii…realita yang penuh makna..
    y inilah Indonesia

  104. firmanjul says:

    tambahin dong satu lagi…. only in indonesia, pembelajaran online interaktif dengan pengguna lebih dari 17500 sekolah…. http://www.indi-smart.com

  105. pecinta Honda Memuja Yamaha Melirik Suzuki says:

    Satuyjuuuu…kuring satuyjuu pisan kana ieu blogh.

    Indonesia bangetttddhhhhzzhh…..
    tapi yang paling gw sorot adalah mengenai orientasi anak muda kita itu loh yang sinetronisme abizz, kayanya kalau gak jadi artis gak gaol gitu loohh….

    media tidak ikut bertanggungjawab atas nasib generasi bangsa…yang diurusinnya hanyalah nasib generasi bangsatt..

    knapa TV swasta tidak memopulerkan acara semacam olimpiade math, fisika, atau semua acara berbau edukasional..??
    yang dipopulerkan selalu Mumun Idol, pantat Inul, Toket dewi persik ama julia peures…..

    banyak remaja streess karena gagal ikutan mumun idol, banyak anak abg nangis serasa mu bunuh diri kalau gak ketemu Ariel… wahh parah bro…

    tidaka ada rasa tanggung jawab moral dari media khususnya TV dalam hal nasib generasi ke depan….padahal TV adalah media massa paling efektif dalam membius masyarakat, media paling efektif dalam memengaruhi pemikiran masyarakat…

  106. Pecinta Indonesia says:

    lamun ceuk bahasa sunda mah, ‘urang endonesia mah nyakola tapi teu nyamen”. salah siapa ..?? tanya kenapa..??

  107. yosi nirmolo says:

    saya paling benci indonesian idol, kampanye urbanisasi..

  108. ilham akhmad aulia says:

    BNER 2X NGELUCUIN (BNER2X BEDA & TER HEBAT DIDUNIA )MEMANG LANGKA

  109. NiTa says:

    Menyedihkan . . .
    aku mau minta tolong nich, ada yang bisa bantu q untuk buat blog yang menarik ??? klo ada yang bisa krm aja k idmyan@gmail.com
    Makasih. . .

  110. sudahlah… aib negara sendiri ndak usah dipamerkan

  111. gya anida says:

    oh negaraku ,yg terkaya dan termiskin,klo dibilang miskin gw gak setuju,cos,korupsinya ngalahin budgetnya apbn amrik bo!1bulan korupsi=100kali apbn amrik?ck ck ck luar biasa kan jgn takut miskin.kita negara kaya[korupsinya]ha…..ha…..ha……bangganya aku!

  112. Sijim says:

    Ya, that’s the plain reality of Indonesia. I think that you well pictured our ‘tanah air’. How many years will it take to see real changes in this turbulent community ? Yes, there are, and I see it, but maybe it will take one more 60 years that after “Merdeka” the country will be restored to the “Belt of Green Emerald”. Aku tidak harap !
    But first Indonesia must rise from the state of apathy (as it ever had been announced in a tv-forum)..
    He, dimana kalian pelopor reformasi baru ? Ayo berjuang demi menyelamatkan tanah air kami. Saya sebagai anak Indo zaman Belanda hanya bisa doa disini, tapi kalian pemuda Indonesia, mana ada kebangaan diri untuk berjuang dan berubah negara ini. Sekarang kalian ada teladan bapak SBY yang adil, baik, seni, dll. Ayo mendukung beliau dalam budi gotong royong !
    May God bless you all, you warriors of a proud nation ! I already daily pray for Indonesia !

  113. emilahud says:

    sepertinya ada yang kurang seimbang ya…dimana keadilan itu….hanya ALLAH SWT yang punya,,,?
    nyatanya para pengusaha, mereka bisa bermegah-megahan.
    para aparat bisa memainkan hukum…..
    dan para pejabat dengan lupanya menggunakan peralatan negara yang mewah…..
    dan para preman dengan sengnya menjadi preman…
    para pengemis,…dengan senangnya pula mengemis…
    dan para ulama dengan senangnya,,,berdakwa,…
    dan para commentator yang haya bisa berkomentar seperti saya ???
    tetapi menurut saya solusi yang bisa untuk hal tersebut,,,adalah budaya islam, coba lirik bruney..atau timur tengah seperti palestine…sampai2 negara lain..iri hati bahkan sampai dengki,,,melihatnya,,,adakah diantara mereka sendiri yang tidak punya rasa empati terhadap sesamanya?? ukhuwa islamilah yang dapat menyatukan hati manuasi seperti dikuti di surah al anfal : [8:63]
    dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman)Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi,niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana. berarti kalo budaya islam di imani maka ada harapan Allah SWT mempersatukan hati kita sehingga tidak ada yang kurang seimbang,,,
    dengan begitu keadilan dapat ditegakkan maka tidak ada lagi yang miskin,, melanggar dan lain2..
    ya allah SWT berikanlah kami semuah petunjuk..terutama kepada pemimpin kami yang memiliki kuasa..
    tuntunlah kami kejalan_MU yang Engkau Ridhoi..
    satukan lah hati kami semua..
    amin..amin ..amin

  114. infobekasi says:

    hebat banget membuat inspirasi kita semua

  115. dy says:

    keren!
    setuju sama yang terakhir

  116. hahahahhaha kocaak abis!
    slain menjamukan dunia agama tyt ada lawaknya juga toh. 4 THUMBSS! :)

  117. Alqaf says:

    mantap,,,,,,,,,,,

    HIDUP INDONESIA,, ^_^

  118. pai joe says:

    viva indonesia

  119. dyanza says:

    hihihi,,,,
    asik juga ya kalo nyindir bangsa sendiri,,,
    serasa ga bersalah saya,,padahal ama saja seperti mereka…
    haha,,,,

    nitip ya
    (http://dyanzaa06.student.ipb.ac.id/)

  120. Ipwan Blog says:

    wkwkwkw Indonesia memang unik. Top Postingannya sob.

  121. syaifullah says:

    gak bermutu ah….mentertawakan diri sendiri bkn tanda kedewasaan tapi tanda pesimisme mengahadapi tantangan.jika memang ingin membawa pada kedewasaan berfikir, artikel yg dimuat harus berimbang antara positif dan negatifnya..itu baru dewasa.klo alasannya kelebihan kita dah kita ketahui semua…maka keurangan yg ada di artikel ini semua org indonesia jg tau….jd tetap harus berimbang agar postingan bisa bersifat informatif bgi yg membaca….thanks

  122. alief says:

    mau gak mau memang beginilah negri kita Indonesia, selama kemiskinan dan kurangnya pendidikan masih melekat dengan kita maka akan selamanya indonesia akan seperti ini. Semoga semua dari kita segera menyadari kekurangan ini.

  123. I am very glad you said this post…

  124. ernesto says:

    itu memang pemandangan yang indah jarang di temukan pemandangan yang seperti itu di luar negri
    mungkin saja itu belom ada apa-apanya ketimbang diluar negri

  125. put together great article. get material article working on some research, and precisely what I needed.

  126. Hello, this is some splendid material- which for me I intend to use your information and advice. Your piece of content is of awesome quality. I wish I could produce content like this for my info site. How do you find your ideas.?!

    Moeflich:
    Ideas of what? the posting or its content? If you mean posting the such materials, it is a matter of heart and soul.

  127. definitely have got to state you put together numerous good points and should post a few tips to add in as soon as a day or two.

  128. created post. would anyone stuff like this content friend, and exactly.

  129. 97353151 says:

    Ciakakakaka
    Mantab benar nih
    Ampe ngakak sendiri gua membacanya
    Keren abis dah buat yg bikin

  130. I thought it was going to be some boring old post, but it really compensated for my time. I will post a link to this page on my blog. I am sure my visitors will find that very useful. Everyone wants to make the day theirs, and to make it a day they’ll never forget.

  131. Just keep making good posts.

  132. Bradja Moestee says:

    sebelumnya gw minta maaf ama yg punya blog ni

    gw kurang setuju ama posting-posting macam yg di atas karena terlalu banyak kejelekanya dibanding kebaikannya….kenapa…?kalo dibaca ama orang luar khususnya negara tetangga bisa-bisa jd bahan ejekan dan buat malu aja…apalagi hubungan indo-malay lg gak akur bisa tambah hinaan buat negara ini….kasiahan bangsa ini hanya bisa jadi hinaan rakyat sendiri dan bangsa-bangsa lain

  133. mahyuzar says:

    waduh saya setuju banget dgn semua penjabaranya.apalagi tentang kelatahan siaran televisi yg gak punya ide itu,yg mereka keja r cuma duit bukan kwalitas siaran yg membawa kpd kemaslahatan masyarakat.ehhh..mana lagi anak2 muda dan para orang tua bodoh sangat mengagumi hal2 yg seprti ini.kasihan deh generasi muda kita,yg ditiru semua orang yg gak punya moral.oh nasibmulah indonesiaku…………

  134. I simply wanted to say your blog is one of the nicely laid out, most inspirational I’ve come across in quite a while. Thx!

  135. Mifta says:

    bener gan, di negara lain nggak ada yang namanya ratu kidul..

  136. izal says:

    keren,,, fulindo

  137. rio says:

    a sim e indonesia que como uma merda, ja tanto independencia mas a final o povo da indonesia vive na linha de pobreza.

  138. arief says:

    semua gambar diatas … pernah saya alami dan lakukan, kecuali : korupsi (ga py jabatan sih …), masang bra di buah pepaya (gada kerjaan he he), ikutan “indonesia dodol” (ga bisa nyanyi) dan salaman sama “nyi roro kidul” (takut). yg laennya jujur pernah! gabung jualan pinggir rel kereta api, gelantungan di angkutan umum, makan peuteuy & asin plus sambel .. ajippp…., baca qur’an yg lusuh namun “berkah”, sobat sopir2 truk, pemenang lomba agustusan plus panitia, nangkring di gedung dpr/mpr 1998, gafleh!, maen hujan2 waktu kecil, makan nasi liwet sering!, terkurung banjir 2007 jakarta, mudik tiap tahun, terjebak macet, ngamen, krupuk syarat syahnya makan, punya hawu sampai sekarang di rumah ORTU, kost di bantaran sungai kumuh, suka naik trotoar kalau macet, ngantri BLT, he he pokoknya COCOK! 100% nyata ….

  139. berita heboh says:

    wah lucu banget. aku juga punya yang unik lagi tentang indonesia…
    http://beritahebohterkini.blogspot.com/2011/02/kejadian-lucu-yang-hanya-ada-di.html

  140. asep says:

    sedih,terharu yah harus gimana lagi hai… anak Bangsa kita sudah subur kapan makmur….gemah ripah kapan repeh rapih

  141. adul says:

    mudah-mudahan dibaca juga leh yang berwenang mengubah bangsa ini menjadi yang lebih baik… amiin

  142. khoirul anam says:

    itulah kodrat manusia. Ada yg kaya ada jg yg miskin. Jd para hartawan lihatlah saudara2 qta yg kekurangan jgn hanya menutup mata.

  143. arif zx says:

    Bagaimanapun juga keadannya, kau tetap INDONESIA ku

  144. [...] website99-Ini adalah foto-foto khas dari sebuah entitas bernama ‘Indonesia’ dengan segala keunikannya yang tidak ada bandingannya dengan negara lain di dunia!! Ini adalah wajah khas Indonesia yang banyak orang tidak menduga dan membayangkannya. Sebuah suguhan kultural yang menarik dan nikmat dipandang. Selamat menikmati!! Kemerdekaan semrawut. Ini khas Indonesia. Berjualan dimana saja selagi ada tempat. Bahaya? Nomor tujuh!! Gak ada aturan kok. Selama pemerintah membiarkan dan tidak menyediakan sarananya berarti boleh, ya gak? gitu aja repot. Nekad. Naik public transport gimana aja caranya, selama polisi hanya menonton, tidak menegur dan tidak menilangnya. Yang penting sampe. Celaka? Emangnya gue pikirin … Makanan surga. Emmh… khas kelezatan Indonesia. Bau tapi merangsang. Teman sejatinya adalah sambal terasi dan ikan asin. Sebuah artikel ilmiah menjelaskan puluhan khasiat dari “pemandangan indah” ini. Memang, ciptaan Tuhan tidak ada yang sia-sia. Orang Sunda meyakininya sebagai “makanan surga yang turun dari kayangan.” Makan bersama sang primadona ini, dijamin, nambah nasi 3 kali adalah minimal!! Kitab suci yang menyedihkan. Al-Qur’an adalah kitab suci yang paling populer dan paling banyak dibaca setiap hari oleh miliaran Muslim di seluruh dunia. Ia adalah firman-firman Tuhan yang agung dan suci. Al-Qyr’an telah merubah dunia. Tapi, pesantren-pesantren tradisional dan masjid-masjid di kampung-kampung Indonesia memperlakukannya seperti ini.? Masya Allah. Jadilah ini khas Indonesia.? Tapi walaupun butut begini, jejak ini adalah kenangan manis santri-santri yang kini sukses jadi orang. Jejak ini juga telah melahirkan banyak ulama besar Indonesia. Menjemur yang berdaya cipta. Hanya orang Indonesia yang kreatifnya sampe begini ini. Kepikiriin…. aja. Sayang buahnya masih mentah. Coba sudah mateng apalagi masak. Agak kuning langsat gitu, pasti buah ini merangsang. Dunia truk yang khas. Naah … ini dia khas Indonesia yang lain. Tulisan-tulisan di truk sangat nikmat dicerna sebagai obat stress. Lihat saja contohnya di atas: “”Jail ih” (seorang anak menyingkapkan rok tante2 seksi). “Tak ada waktu untuk mama!”, “Pemburu Janda!” “Begini nasibku.” Yang lucu yang lain yang pernah saya baca misalnya: “Pulang malu tak pulang rindu,” “Antar istri, jemput pacar,” “Istighfar euy!” (nyindir pasangan yang sedang dilanda syahwat dalam mobil yang ada dibelakang truknya),” “Dirarang meroko sebelum ngopi!” Hahaha …. Dunia truk sngat menarik dan supir2 truk itu ternyata kreatif-kreatif juga. Kalimat-kalimat dan lukisan dalam truk adalah gambaran kehidupan para supir truk yang khas dalam dunianya …. Pesta rakyat Agustusan. Walaupun banyak yang mengkritik, peringatan kemerdekaan bangsa kok acaranya hanya gini-gini aja, kurang bermakna. Biarin aja! Jaman kolonial kita gak bisa beginian. Gawat, bisa di dor sama kumpeni!! Mau?? Jangan sentimenlah, yang penting rakyat senang. Kapan pemerintah dan pejabat kita akan menyenangkan rakyat?? Kapan? Ayo jawab?? Gak bisa jawab kan?? Ya iyya laah….. wong mereka cuma mikirin perutnya sendiri. Duduki dan turunkan!! Inilah satu-satunya cara kami menghentikan orang yang keasyikan berkuasa, lupa untuk giliran. Syusyah sih, sudah duduk lupa berdiri. Emang di negeri Indonesia yang besar ini hanya satu orang saja yang bisa jadi presiden? Enak aja. Gantian doong …!!! Syukurlah, sekarang sudah jamannya demokrasi. Gapleh semalaman. Ini yang gak ada di negara maju yang masyarakatnya sering stress berat bahkan sampai bunuh diri. Ngapain bunuh diri, ya gak? Sudah hidup ini cape, bunuh diri lagi. Bodoh amat! Mendingan begini: gapleh dan begadang semalaman. Yang penting senang! Etos kerja? Tahi kucing! Kayak gak tahu aja. Di Indonesia, kerja keras banting tulang juga tetap aja gak ngaruuh …!! Tetap aja miskin. Kemakmuran ekonomi bukan hak kita, tapi hak segelintir orang yang dilindungi oknum-oknum pejabat dan hak para koruptor. Kalau orang kayak hidupnya senang karena kebanyakan duit, kenapa kami rakyat kecil gak boleh?? Jawab euy!! Hujan-hujanan. Asyiiik… !! Beginilah kami orang kecil di kampung kalau mandi, bebas dan menyatu dengan alam. “We are strong and healthy!! Eh, lu bocah anak orang kaya? Orang gedean? Jangan ngikutin gue … bisa sakit lu! Ntar mami marah!” Pasti banyak orang gedean yang kini jadi pemimpin dan pejabat tinggi, waktu kecilnya di kampung kayak gini … ngaku laah!! Pesta Liwet. Nikmaaat …… makan nasi liwet dan berjamaah di atas daun. Lambang demokrasi, egalitarianisme, keadilan, transparansi, persamaan hak, kerakyatan, gotong-royong, kebersamaan, kesetaraan dan lain-lain. Begitu banyak nilai-nilai universal yang terkandung dalam “the great culture of liwet” ini. An unimaginable joy!! Sayang, banyak orang memandang sebelah mata. Juragan Acun (Pejabat Pemda Tasikmalaya) duduk ditengah-tengah sambil mencomot cucuk jeung hulu. Ia calon Bupati Tasik tahun 2030. Ratu Nyi Roro Kidul. Yang khas juga dari Indonesia adalah legenda. Kepercayaan pada legenda itu kuat dan dimana-mana sebagai peninggalan Hindu. Orang sudah pergi ke bulan, matahari dan planet plotu, kita masih ngurus legenda. Diperlihara lagi, seperti kamar khusus Ratu Nyi Roro Kidul di Samudra Beach Hotel No 13 ini, di Palabuhan Ratu Sukabumi. Dalam foto, suaminya, pemilik blog ini, nampak sedang salaman dengan istrinya Nyai Sang Ratu yang sedang berbaring tidak kelihatan. Uing tea…!! Tamu sangat pasti. Inilah tamu setia dan sangat pasti yang khas datang ke Indonesia setiap musim hujan. Gak khas gimana, musim kering air surut, musim hujan pasti…pasti… dan pasti banjir. Gituuuu…. aja terus sepanjang tahun!! Akibat pembangunan yang tidak terencana, semrawut dan tidak dikendalikan, begitulah hasilnya. Di negara lain, ada juga dong banjir, tapi umumnya tidak terduga, misalnya karena badai topan dsb. Tapi indahnya Indonesia, banjir itu rutin alias selalu always. Tidak oleh badai, tapi oleh kekhasan Indonesia saja. Kalau musim hujan datang, haqqul yakin, pasti banyak banjir dimana-mana. Jangan tanya pemerintahlah, kesalahkaprahan pembangunan pemukiman sudah sangat parah. Coba gimana kita tidak bangga? Hidup Indonesia!! Pulang… pulang … pulang… !! Ini yang indahnya tiada duanya di muka bumi, yang paling ditunggu-tunggu keluarga Indonesia. Setelah lebaran lalu mudik.? Aaakh asyiknya kumpul bersama keluarga… Mudik tidak ada di negara lain. Apapun dikorbankan demi mudik, walaupun datang ke kampung tinggal nama alias tewas di perjalanan. Biarin, yang penting mudik!! Dan lucunya, banyak yang mudik, tapi jarang puasa? Jadi, apa artinya ya?? Macet Parah Bin Rutin. Ini yang membuat jutaan masyarakat Indonesia stress. Hiiyyy…… maceet, menyebalkan dan sangat menyiksa. Menurut para psikolog, banyak masyarakat kota Indonesia “sakit jiwa” tanpa disadarinya karena seringnya disergap oleh kemacetan yang parah ini. Macet ada di negara lain, tapi di Indonesia sangat parah dengan kesadaran masyarakat yang rendah di jalan raya, tidak teratur, ingin menang sendiri, saling serempet, saling potong, saling jegal, berhenti seenaknya, belok seenaknya. Pokoknya biadab lah. Makanya, hidup tuh sebenarnya enak dikampung: damai, tenang, segar, udara bersih. Asal sabar jangan ingin kaya. Tapi yaa, ingin kayak yang belum tentu membuat hidup bahagia inilah yang didambakan oleh kebanyakan masyarakat kita. Masyarakat kita lebih mementingkan gengsi sih… Punya mobil kan gengsi dan disebut “sukses”, biarin ngutang juga, biarin tiap hari macet parah juga, stress juga, yang penting kata orang hebat, sukses dan kaya. Syusyah …. Anak jalanan. Ini juga khas Indonesia, setidaknya saya tidak pernah menemukan atau nonton di TV luar negeri, anak-anak dibawah umur mengemis di setiap stopan jalan. Keluarga miskin yang tidak diurus oleh negara sebagaimana diamanatkan UUD 1945, memanfaatkan anak-anaknya mengemis. Dinas sosial tidak kelihatan geraknya. Anjal stopan nampaknya adalah khas Indonesia. Kesulitan bertahan hidup membuat mereka kemana saja bergerak untuk bisa makan dan banyak dari mereka yang menjadikannya profesi. Menu terlezat di dunia. Naahh …. ini dia. Aduh, jadi laper nih… Makan sama sambal terasi dan ikan asin … eemmhh… nikmatnya so pasti, benar-benar khas Indonesia. Apalagi nasinya panas, makannya di pinggir sawah,? nyoleknya pake lalaban segar dan petai,? dan ketika makan sambil mengingat duit nangkring di rekening ratusan juta, mobil tujuh, dayang-dayang lima, helikopter dua, pembantu sepuluh, tanah sekabupaten, waah… dijamin asyik gak ketulungan. Sambal juga ada di negara lain, tapi sambal terasi yang diulek-ulek dan digoyang-goyang plus ikan asin hanya ada di Indonesia. Dua sejoli ini terkenal sebagai teman makan dan penggugah selera paling mantap di dunia … Makan dengan kerupuk. Pernahkah Anda melihat orang di luar negeri makan always with kerupuk? Kayaknya tidak ada. Tradisi makan yang dihiasi suara “krauuk … krauuk…” ini benar-benar khas Indonesia. Diluar negeri ada kerupuk, tapi bukan kerupuk seperti ini yang terbuat dari tepung (aci) gini. Mereka mengenal juga crakers yang sangat berbeda dengan kerupuk Indonesia. Dan crackers mereka itu bukan temannya makan berat tapi sebagai snake atau cemilan. Jadi, makan “krauuk… krauuk” begini benar-benar khas Indonesia yang tidak ada dimana pun di pelosok muka bumi ini. Makan dengan kerupuk konon adalah tradisi wajib orang Jawa. Banyak orang Jawa tidak bisa makan tanpa adanya suara simfoni indah “krauk … krauuk” dari makhluk yang satu ini. Yu ah kita rame-rame bikin paduan suara orkestra nasional: “krauuk…krauuk… krauuk!!” Dapur yang “full memories.” Anda sudah kaya? Jangan melupakan warisan nenek moyang kita ini dong.? Inilah kompor khas dan tertua di Indonesia. Di Sunda namanya hawu. Ada gak ya di negara lain? Mungkin ada tapi bentuk dan modelnya beda. Bagi saya, ini benar-benar khas Indonesia. Melihat kompor alami ini mengingatkan kita ke kampung halaman kita di desa, ke rumah kakek nenek dahulu, ke rumah-rumah orang pedesaan yang nyaman dan tentram. Rumahnya panggung dan kompornya tungku kayu bakar kayak gini. Bayangin aja, udara lagi dingin-dinginnya, kita duduk di depannya yang anget di atas tiker bambu, sambil menunggu bubuy sampeu (singkong bakar) disitu, nyedot kopi panas yang kentel, rokoknya jarum coklat sambil menikmati dendang lagu-lagu dangdutnya Rhoma Irama? dari radio transistor dua band… Aakh indahnya … Orang kota sekarang pada nyari situasi-situasi alami yang ginian. Makanya, rumah makan di mana-mana, kembali ke desain alami, yg dekat dengan alam seperti kita saksikan di banyak tempat, terutama di Jawa Barat. Transportasi dunia keempat. Angkot benar-benar makhluk khas Indonesia. Ciri-cirinya adalah: (1) Berhenti dan belok semau gue, alias dimana aja, termasuk di bawah plang “Dilarang Parkir,” (2) orang-orang merokok bebas didalamnya yang sempit itu, (4) dan yang terbaru, pengamen. Karena lahan ngamen sudah semakin sempit, angkot pun akhirnya dipake ngamen juga. Kebanyakan asal genjreng, lagu kemana musik kemana, dan seperti foto diatas nyanyinya keluar lagi, jadi bukan untuk diperdengarkan kepada hadirin penumpang mercedes rakyat itu. The Kuw Muh Elite Village. Ini khas pemukiman elit Indonesia yang disebut kawasan “The Kuw Muh Elite Village.” Tidak elit gimana, adanya di posat kota metropolitan Jakarta. Disamping komplek elit ini adalah gedung-gedung menjulang tinggi, kapitalisme mengangkang penuh keangkuhan, hutan beton yang keras dan individualisme yang takabur. Sekelompok manusia yang nekat hidup di tengah keangkuhan itu akhirnya harus hidup dimana saja yang penting bisa tidur … Jakarta dan kota-kota besar Indonesia lainnya menghadapi problem rumit soal urbanisasi yang tidak diatur ini … Kuda besi yang liar. Ini yang khas dari kuda Indonesia yang sekarang gak mau makan rumput lagi karena sudah berganti dengan premium. Spesies ini, dari Medan hingga Jayapura, memiliki ciri-ciri yang sama: bergimung seperti lalat, melabrak lampu merah, majunya nyerempet-nyerempet, kalau lagi macet trotoar jadi alternatif, pejalan kaki diserempet, di stopan menuhin zebra cross , dan melaju melawan arah. Karena produksinya tidak diatur, jalur khusus tidak dibuatkan, penegakkan hukum hanya soal tilang lalu polisi dapet duit, pengaturan sepeda motor akhirnya menjadi sangat susah dan rumit untuk rapih dan tertib. Hidup di Indonesia benar-benar merdeka. Hidup Indonesia ….!! Bawaan tanpa perhitungan. Hanya di Indonesia, ada sepeda motor, becak atau orang jualan yang barangnya “menjulang tinggi ke angkasa” hingga menutupi pengendaranya. Atau, bawaannya tidak seimbang dengan pengendara dan Polisi tidak menegurnya atau menilangnya. Tidak ada keketatan di jalan raya di Indonesia demi keselamatan penumpang. Pedagang juga sama. Seperti foto diatas, barang-barang setoko dimasukin semuanya ke roda dagangannya. Ada gak ya di Amerika atau Jepang pemandangan unik begini?? Berdesakan. Di Indonesia, budaya antri adalah sangat mahal, karena mahal dan jarang ditemukan ketertiban berantri, jadinya ya khas Indonesia. Antri baru hanya ada di lembaga-lembaga modern seperti bank, kantor-kantor pemerintah dan swasta, kampus dll. Tapi berapa persen itu? Itu hanya pemandangan kecil di wilayah perkotaan, sedangkan kota-kota hanyalah titik-titik di negara besar Indonesia. Umumnya, di masyarakat terutama di pedesaan dan wilayah rurban (desa-kota) masih susah dengan budaya antri. Dan ada yang menarik, kalau pun masyarakat kita antri, biasanya badannya sampai bersentuhan bahkan merapat, sesuatu yang tidak ada di negara maju. Apalagi bila sudah ngantri kebutuhan pokok. Kesadaran rendah, penduduk yg terlalu banyak dan lahan yang sempit semua menyatu menjadi “adonan? kekesalan” yang susah untuk di atasi. Kalau Anda, tidak merasakan ini khas Indonesia, coba sekali2, jangan diam di kantor mewah dan modern saja, di tempat-tempat yang nyaman saja, sekali2 ke daerah, ke terminal, ke tempat2 berjubel menyatu dengan masyrakat kecil agar merasakan aslinya Indonesia. Juara korupsi. Ini yang menjadi kebanggaan Indonesia berpuluh-puluh tahun, sejak Orde Baru hingga kini Orde Reformasi. Korupsi belum berubah dan masih susah diberantas. Coba, kabupaten, propinsi dan lembaga mana yang benar-benar bersih korupsi di Indonesia? Tidak ada, yang ada adalah belum terungkap. Berkali-kali Indonesia menempati ranking pertama alias “the best” diantara negara paling korup di dunia. Kalau tidak ke-1, ya ke-2 atau ke-3. Budaya korup di kita merata dari supir angkot, pedagang kecil, pedagang di pasar hingga para pejabat tinggi, anggota DPR/MPR, bahkan lembaga peradilan tinggi yang seharusnya mengadili para koruptor. Benar-benar parah dan menyedihkan. Tapi itulah Indonesia yang kita cintai. Tentu saja kita muak. Tapi hanya muak, salah. Yang benar adalah mulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan korupsi dari yang kecil-kecil seperti menipu, berbohong, curang, rakus dsb. Inilah akar-akar perilaku korupsi. Dan marilah kita dukung KPK sekuat-kuatnya. Budaya latah. Inilah budaya khas Indonesia “modern” yang paling kampungan, memuakkan dan menyebalkan: BUDAYA LATAH!!!!! Ada American Idol, ikuuutt… Indonesian Dodol!! Mbok ya bikin yang idenya asli Indonesia, apa gak bisa?? Katanya banyak yg pinter-pinter. Acara latah begini banyak sekali di TV kita, yang tidak berangkat dari budaya dan tradisi Indonesia. Para pemilik dan pengelola televisi, adalah yang paling parah dan kampungan dalam soal mengembangkan budaya dan mental latah ini. Mental para pengelola televisi,? para pengelola acara entertainment benar-benar udik!! Miskin pendirian, miskin ide, miskin mikir, miskin kreatifitas. Penyakit parah ini menganggap ‘keren’ dan ‘modern’ apa saja yang datang dari Barat. Ini mental rendah diri yang parah, mental inlander. Padahal, banyak sekali acara yang tidak cocok untuk masyarakat kita yang relijius dan kaya raya dengan ragam budaya ini. Para pengelola televisi yang pinter-pinter dan sukses di kota-kota itu sangat bodoh bahwa kita memiliki ratusan etnis, ratusan bentuk budaya dan tradisi, puluhan bahasa daerah dan dialeknya. Mana acara-acara TV yang mengangkat kekayaan tradisi bangsa itu? Mana acara-acara yang mendorong cinta tanah air dan nasionalisme? Tidak ada!! Generasi muda kita terus dicekoki oleh yg hingar bingar, yang hiruk pikuk, yang sekuler, yang datang dari luar. Akhirnya, artisme dan selebritisme menjadi pujaan, menjadi ideologi dan orientasi hidup anak-anak remaja. Kalau tidak kenal artis, kuno. Kalau tidak punya artis pujaan, kampungan. “Cita-cita luhur” banyak remaja sekarang adalah jadi artis sinetron. selebriti, model, jadi anak band. Cita-cita sampah!! “Aktifitas termulia” banyak remaja sekarang adalah shooting, audisi, nyanyi, kejar tayang, Icih Fansclub, Ijah fansclub. Yang begituan aja!! Idola para remaja bukan lagi para pahlawan bangsa atau mereka yang berprestasi seperti juara olimpiade matematika/fisika atau juara olah raga, tapi INUL, Ayu dan Sarah Azhari, BCL, Julia Perez, Dewi Persik yang semua kelakuannya tidak bermoral. Kelakuannya sampah!! Parah!! sumber [...]

  145. Janna O. says:

    Outstanding post however , I was wanting to know if you could write a litte more on this topic? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more. Bless you!

  146. mantap mas, hanya di indonesia saja kog. :-D

  147. adul says:

    Al hamdulillah n ini kesempatan bagi kita untuk beribadah memperbaiki keadaan ini menjadi yang lebih baik lagi …. possible kan ?
    salut bagi yang menemukan … kritik membangun

  148. odick says:

    AKU CINTA INDONESIA BAGAMANAPUN ADANYA……HIDUP MADURA YANG SELALU TENTRAM DAN DAMAI

  149. msihabudin says:

    INDONESIA… .

  150. oepik says:

    Ijin nyedot gambarnya ya mas… mau ku translate pake English supaya dunia tahu. Tq

  151. high ctr theme…

    [...]Only In Indonesia (Unik Tiada Tara) « inspirasi[...]…

  152. Firma says:

    Firma…

    [...]Only In Indonesia (Unik Tiada Tara) « Moef's Blog[...]…

  153. kecubung says:

    Indonesia memang mak nyuuuss…
    Mg artikel ini bermanfaat…

  154. teknologi terbaru…

    [...]Only In Indonesia (Unik Tiada Tara) « Moef's Blog[...]…

  155. rbt winarto says:

    INDONESIA INDONESIA

  156. abdulcholiqs says:

    Itulah Indonesia Banyak kelebihannya dan juga kekurangannya. Tinggal bagaimana kita mengelola yang kurang baik menjadi lebih baik .. Potensi negeri ini sangat melimpah untuk berbenah diri masih banyak kesempatan belum terlambat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 538 other followers

%d bloggers like this: