Bahagianya Menjadi Istri Simpanan … Olala …

a
Ini mungkin ironis tapi kenyataan. Ada seorang perempuan mengaku bahagia menjadi istri simpanan. Kenapa tidak? “Banyak keuntungannya” katanya di bawah ini. Perempuan ini menggunakan pendekatan rasional dalam perkawinan. Memang sih, kalau sudah menggunakan perasaan, selalu jadi repot, ribed dan ruwet. Perempuan ini toh bisa lebih menonjolkan rasionya ketimbang rasanya, sesuatu yang jarang terjadi pada kebanyakan perempuan. Hidup memang pilihan. Kalau resiko dari pilihan itu diterima dengan lapang dada dan konsisten, ya jadi tidak ada persoalan, seperti dialami perempuann ini. Menjadi istri simpanan adalah sah dan jauh lebih baik daripada berzinah atau menjadi pelacur. Sekarang ini wanita dewasa (di atas umur 25 tahun) yang belum menikah berlipat-lipat jumlahnya daripada laki-laki bujangan, banyak yang cantik-cantik lagi. Gimana tuh mengatasinya? Secara rasional, pemecahannya ya menjadi istri kedua, ketiga, keempat atau istri simpanan bila menjadi istri sah tidak mau. Menjadi istri kedua atau ketiga adalah alternatif mengatasi stress daripada tidak menikah dan untuk menghindari perzinahan dan pelacuran yang mewabah. Memilih tidak menikah, selain tidak akan diakui sebagai umat Nabi adalah sebuah kebodohan yang sangat. Minimal ia memubadzirkan diri tidak merasakan “surga dunia” yang disediakan Tuhan. Padahal hidup cuma sekali. Atau melacur hidup bebas saja daripada tertindas oleh oleh laki-laki dan “terhina sebagai perempuan”? Silahkan. Tunggu saja akibatnya di dunia ini apalagi di akhirat. Jawaban rasionalnya hanya itu tadi karena menyangkut jumlah yang menyangkut hitungan-hitungan. Bila setiap laki-laki di Indonesia harus beristri satu, akan ada jutaan perempuan tidak bisa menikah. Kondisi ini persis sama dengan di Amerika Serikat dimana jumlah perempuan juga lebih banyak. Perempuan hebat kan ingin segalanya rasional, kalau mau rasional ya harus konsisten. (Moef).

_______________________

a

Urusan cinta, aku bukan termasuk orang yang beruntung. Meski sudah memasuki masa pacran yang panjang, kehidupan pernikahanku tak berhasil. Terbukti aku gagal mempertahankan rumah tanggaku dengan Dany. Pernikahanku hanya berjalan 2 tahun saja. Sampai sekarang pun aku tak pernah tahu masalah krusial yang menyebabkan perceraikan tersebut.

Selang kesendirianku, aku mengadopsi seorang anak. Tiara namanya, sekarang sudah menginjak usia 10 tahun. Dengan status janda anak satu, kehidupanku memang jauh dari membahagiakan. Aku harus jatuh bangun menata kehidupanku, termasuk memenuhi kebutuhan Tiara. Namun semua merupakan masa lalu dan itu adalah pembelajaran berharga buatku.

Tanpa diduga, berawal dari sebuah perkenalan tak sengaja dengan Aryo, lelaki simpatik yang sempat membuatku tergoda. Aku tahu sejak awal kalau ia sudah memiliki keluarga, istri dan sepasang putra putri. Tapi pesonanya seakan melekat erat di benak dan hatiku.

Namun tawaran menikah darinya tak pernah kuanggap serius, lagi pula saat itu aku tengah menjalin hubungan dengan Bimo. Hanya saja Bimo tak pernah menunjukan tanda-tanda akan mengajakku menikah. Penantian yang tak berujung.

Tawaran menikah itu malah datang dari lelaki simpatik yang aku tak pernah berniat menikah dengannya. Tapi entah mengapa, justru itulah yang terjadi. Aku menikah dengan Aryo, tanpa persiapan apapun, bahkan mentalkupun belum lagi bisa menerimanya.

Awalnya, sebelum kami menikah, Aryo termasuk lelaki yang royal dalam hal materi. Saat aku tengah terpuruk, ia membanjiriku dengan perhatian termasuk materi yang berlebih. Aku sempat terpana ketika menerima uang darinya. Bayangkan baru beberapa kali bertemu, ia sudah memberikanku uang satu juta rupiah dengan alasan untuk kebutuhan Tiara. Aku sampai tak berani menggunakannya.

Berikutnya, tiap menerima uang di luar gajinya, itu sudah langsung mengalir ke dompetku. Ini adalah secuil alasan aku mau menerima tawaran menikahnya. Selebihnya, karena aku sudah dihadapkan pada penghulu oleh ayahnya agar segera menerima pinangannya.

Saat akad nikah sedang berlangsung, Bimo menelponku. Ia ingin datang ke rumahku. Setengah mati aku berusaha meyakinkannya agar tak datang ke rumah. Sempat terpikirkan untuk kabur dari akad nikah ini dan memaksa Bimo menikahiku. Tapi itu tak terlaksana, malah prosesi akad nikah itu berjalan lancar.

Sebulan setelah menikah, sifat royal Aryo hilang, lenyap entah kemana. Ketika sempat kutanyakan, ia menjawab, karena sekarang sudah menjadi istrinya, maka kewajibanku mengatur uang yang aku terima darinya. Jadi aku tak boleh berharap lebih banyak. Mungkin menghayalpun tidak.

Bukan tanpa masalah, karena pada akhirnya aku terbentur pada kepentingan Tiara. Makin hari kebutuhannya makin bertambah besar. Sebagai istri tak resmi, aku tahu diri. Aku tak bisa bebas meminta apa yang menjadi hakku, meski itu adalah kewajiban suami.

Akhirnya aku minta ijin agar diperbolehkan bekerja kembali. Dulu sebelum menikah dengan Aryo, aku memang bekerja. Karena Aryo menjamin bahwa perekonomianku bakal aman tanpa harus bekerja, dengan berat hati aku berhenti dari posisi manager di sebuah perusahaan swasta.

Namun itu hanya janji, terbukti perekonomianku malah makin terpuruk. Aryo tak sepenuhnya menepati janjinya. Ijin untuk bekerja memang berhasil kudapat, tapi tetap masih dalam pantauannya. Aku tak boleh pulang lewat waktu, ia selalu menelpon untuk mengetahui keberadaanku. Agak merepotkan, tapi aku tetap bertahan dengan status istri simpanannya.

Sekarang, tak terasa pernikahanku dengan Aryo sudah berjalan lima tahun. Sebuah proses yang tak pendek, setelah melewati masa-masa paling sulit. Boleh dibilang aku tak pernah menemui kendala meski posisiku hanya sebatas istri simpanan. Posisi yang menurutku malah sangat menguntungkanku.

Bayangkan, aku tak perlu setiap hari ‘melayani’ suami. Dalam seminggu paling hanya dua hari Aryo menginap di rumah yang aku kontrak. Aku punya banyak waktu untuk memikirkan hidupku sendiri termasuk Tiara. Sabtu dan Minggu, saat di rumah, aku tak perlu repot melayani Aryo. Saat weekend itu, ia tak bisa diganggu gugat, karena tengah bersama keluarganya sendiri.

Hal ini juga menguntungkanku, dua hari penuh di akhir minggu, aku bisa menghabiskan waktu bersama Tiara. Meski sebagai istri simpanan yang nota bene posisiku hanya kesekian di mata Aryo, aku tak pernah menyesalinya.

Beberapa teman pernah mempertanyakan keputusanku ini, dengan santai aku menjawab bahwa jadi istri simpanan juga menyenangkan kok, gak repot setiap waktu melayani suami. Berikut fakta-fakta lain yang jelas aku jalani selama lima tahun kehidupanku bersama Aryo.

Reaksinya, mereka pada bengong, namun setidaknya beberapa teman yang berstatus sama denganku berpikiran positif soal status mereka. Mereka yang sebelumnya sangat menyesali keputusan menjadi istri simpanan, malah berbalik mensyukurinya.

Setidaknya apapun keputusan yang diambil, aku selalu yakin bahwa itulah yang terbaik dan aku sama sekali tak pernah menyesalinya. Aku berharap siapapun yang membaca ini bisa mengambil hikmah dari apa yang sudah aku jalani. Meski aku tak pernah merasa bahwa ini adalah satu-satunya jalan hidup, karena setiap orang memiliki pilihan hidup masing-masing. Tapi…jujur…aku bahagia sekarang. (perempuan.com)

sumber: http://spirit-zone.blogspot.com

About these ads

122 thoughts on “Bahagianya Menjadi Istri Simpanan … Olala …

  1. weleh…weleh….weleh….mungkin saya termasuk yang akan bereaksi “bengong” juga dengan pilihan hidup mbak-e yang memutuskan menjadi istri simpanan tapi ternyata menemukan “kebahagiaan” atas keputusannya.
    Artinya ukuran kebahagiaan seseorang itu tidak ada indikator pastinya ya……

  2. Iya bener neng Ria. Kebahagiaan itu tidak ada standarnya. Yang salah, menyangka menjadi istri resmi satu-satunya akan bahagia. Tidak!! Itu tidak ada hubungannya dengan kebahagiaan. Kebahagiaan itu bukan soal status diri atau status pasangan. Banyak istri tidak bahagia sbg istri yang resmi satu-satunya. Hidupnya rudet, ribet, ruwet, stress, banyak masalah, tidak akur dan perang terus dengan suaminya. Sebaliknya, ada yang bahagia sbg istri kedua, malah istri simpanan seperti di atas. Itulah kehidupan.

  3. wah ga nyangka sebagai istri simpanan mbak nya bisa menikmati hidup dia, psti mbak nya banyak2 bersyukur. kadang manusia lupa utk bersyukur atas apa yg sudah ada ato yg didapat, sehingga mreka ga prnah bisa puas. di ambil positive nya aja

  4. Assalamu’alaikum, Pak.
    Maaf baru mampir lagi.
    Baca2 dulu ya… nanti komen belakangan, insyaAllah.

  5. slama ini sy mrasa ksedihan yg mendlm krn tak pernah puny mertua yg bisa d rasakan oleh istri sah,ternyat sdikit berkurang dg membaca artikel d atas.sy sdh mulai terbuka,ternyata banyk sisi positifny menjadi istri kedua.sy aj yg blm paham dan tdk bersyukur dg apa yg sy alami skr.

  6. Salah satu cara menikmati hidup ini memang adalah TAK membandingkannya dengan orang lain karena setiap orang memiliki ceritanya masing-masing yang berbeda. Yang penting, berbuat benar atau tidak salah menurut agama atau tidak melanggar agama, kemudian menikmati jalan hidup kita apa adanya, niscaya kebahagiaan akan dirasakan. Insya Allah. Seringkali, hukuman yang menyiksa diri adalah persepsi-persepsi atau pikiran-pikiran orang lain yang menguasai kita. Padahal, setelah kita mati, di akhirat kelak, kita semua akan mempertanggungjawabkan diri masing-masing. Sendiri-sendiri. Persepsi-persepsi orang tidak lagi laku.

  7. Alhamdulilah,,, walau saya adalah istri simpenan namun suami saya sangatlah penyayang dan memimpin keluarga dengan baik, karena alasan suami saya menikahi saya sesuai dengan syariat islam dari pada berzina lebih baik nikah sah secara islam walau tidak diakui hukum namun di mata Allah kita mungkin lebih mulia, asal amanah, taat kepada suami, insaallah surganya seorang istri adalah di tlapak kaki suami.

  8. segala perbuatan tergantung niat. kalau judulnya menjadi istri ke-2 / 3 / 4. itu kan hanya karena urutan waktu. tetapi jika niatnya menjadi istri, bukan mengejar materi semata. insya Alloh fa insya Alloh surga balasannya.amin.

    buat suami yang beristri lebih dari satu. berbuat adillah, sesungguhnya berbuat adil itu mendekatkan dirimu menjadi lebih taqwa.

    subhanalloh… aku suka komentar2 disini… ayo galakan “Walaa Taqrobuzzina”

    aku sendiri suami beristri satu… (insya Alloh menjadi umat Rosululloh….) aku hanya takut tidak adil.. karena meskipun beristri satu, kadang aku masih egois (jadi curhat ya :D )

  9. Hmm,…aq pria usia30thn pny istri1+anak1…mnrt q,..

    “Taqdir”:jodoh,pasangan hidup(istri/suami),ajal semuanya dah diatur Oleh-Nya.

    Kita g isa merubah taqdir-Nya.

    Klo kita ditakdirkan pny isti lebih dari satu atau ditakdirkan jadi istri yg ke-2 dstnya yha hrs mensyukuri dan menjalankan amanah dari-Nya.

    Cz,…
    Asalkan berpegang teguh pada agama yg dicontohkan rasulullah it’s ok no problem.

    Allah menurunkan masalah pasti ada jalan keluarnya.
    Kita cuman menjalankan taqdir kita didunia, sudah ada jalan ceritanya masing2 tidak bisa dirubah yg sudah digariskan Oleh-Nya.

    So,…
    hidup adalah ibadah carilah ridho-Nya selama kita masih hidup didunia, insya allah kita bahagia didunia dan di akhirat,…amien.

  10. justru gue benci ama yg namanya istri simpanan karena suami gue punya simpanan juga,,,,
    makanya gue benci banget..ama yg namanya istri simpanan
    amit amit…..!!!!!!!

    kenapa tidak cari suami yg belum punya istri dan anak sih?
    kan masih banyak tuh….dunia ini kan nggak selebar daun kelorrrrrrrr…masih banyak cowok yg masih lajang.

  11. hebat !!!! karna anda bisa lebih dari yng lain… dan akan ada yang sama dengan anda…tapi belum tentu mau cerita..hebat!!! buat anda

  12. aq juga kepingin kaya mbak loh. gmn caranya ya jadi istri simpanan. ajari aq donk mbak please

  13. gw liat seh syarat utama punya istri yg banyak ya kudu solid secara materi

    asik jg seh , mungkin gw harus lebih rajin ikutan togel

    wkwk

  14. hebat sekali anda menceritakan hal tersebut di dunia publik.

    saya jadi ragu akan naluri anda sebagai seorang perempuan NORMAL namun memiliki status “kurang laku”

    apa anda tidak pernah berfikir dari sisi lain, yaitu jika anda ada diposisi sebagai seorang istri sah tapi kemudian dikhianati dan dibohongi suami anda sendiri dengan cara memiliki istri simpanan seperti anda.

    saya yakin mayoritas laki-laki didunia ini memiliki istri simpanan hanya untuk memuaskan nafsu mereka selama didunia saja. BUKAN UNTUK TUJUAN AKHIRAT.

    dan yang perlu anda ingat, saat anda menjadi istri simpanan, berarti anda telah membantu seorang pria pembohong besar untuk melakukan kebohongan demi kebohongan terhadap keluarga besarnya, kemudian menelantarkan tanggung jawabnya terhadap keluarga sahnya. dan anda tau, saat itu malaikat telah mencatat amalan anda adalah sebuah dosa besar selama anda masih bersama dengan suami simpanan anda tersebut.

    saya harap komen saya ini bisa menyadarkan anda. lebih baik anda menjanda sampai mati daripada harus menjadi istri simpanan.
    ALLAH itu Maha adil, tidak perlu menjadi istri simpanan pun ALLAH masih akan peduli dengan anda.ALLAH tidak pernah tidur, Dia melihat hambanya. jika anda berusaha, ALLAH tidak akan melupakannya.

    dan ingat, istri simpanan seperti anda, TIDAK SAH DIMATA HUKUM INDONESIA. Jadi anda bisa saja dituntut melalui jalur hukum oleh istri sah si laki-laki tersebut, karena perbuatan anda adalah perbuatan ILEGAL.

  15. Buat Nora dan Savira, anda terlalu banyak nonton sinetron. Segala sesuatu anda ukur dari luar. Kebahagian sejati bukan dari suami/istri, mobil terbaru, rumah mewah, jabatan tinggi dll. Itu semua adalah bagian dari proses cerita yang memang harus kita jalani dalam kehidupan ini (bila seseorang memang mau hidup). Setiap manusia mempunyai ceritanya masing-masing dalam kehidupan. Kebahagian sejati adanya di dalam diri kita, tentang bagaimana cara kita memahami dan memaknai setiap proses cerita yang kita jalani. Bila tepat (bukan baik atau buruk) cara kita menyikapi suatu proses cerita yang kita jalani, maka kebahagian akan menghampiri. Persoalan akan menjadi permasalahan apabila seseorang belum siap untuk memahami, memaknai dan menyikapi kehidupan ini. Seorang murid akan menemui masalah menghadapi soal-soal bila tidak pernah “belajar”, tapi bagi murid yang rajin “belajar”, maka dengan tersenyum dia selesaikan soal-soal itu dan naik “kelas”.

  16. alhamdulilah ternyata ada senior aku yang mw berbagi pengalamannya…………..

  17. Bagaimana memendam rasa kecewa yang amat bearat saat suami tercinta memilih pergi mengantar istri sahnya …sedangkan si istri simpanan sakit parah harus diantar kedokter?

  18. bahagia punya suami mungkin hanya sesaat dan sekejab saja, tapi tiap malam harus tidur sendirian……nggak kuat……mau pisah kok memalukan….terpaksa di tahan2.

  19. saya tdk mengerti kenapa saya tiba2 mencntai seorang gadis, padahal saya sdh beristri….dan bener2 mencintai gadis itu… jika saya mau dg cara saya mungkin saya bisa berhubungan sex dg gadis itu hanya dengan memberikan sedikit uang yg bg sya tdk berarti…., entah kenapa juga akhirnya saya nikahi gadis itu secara islam… pada awalnya uang yg saya berikan buat belanja sehari2 tidak sebanding dengan yg saya berikan thdp istri pertama saya…. pada awalnya pula setiap hr saya hrs berbohong…. ketika saya pulang ke istri pertama , ditanya drmana, saya jawab kerja …dan sebaliknya…. saya tidak bermaksud bener2 berbohong… (toh dalam hati kecil mereka tahu bahwa saya dr rumah madunya)… cuma saya ingin menjaga perasaan masing2 istri saya… seiring dg berjalannya waktu..anak2 saya dr istri pertama yg berjumlah 3 orng sdh besar dan butuh biaya yg lebih…. sementara istri kedua saya dg 1 orang anak juga butuh bisaya hidup…. saya memutuskan utk memberikan biaya sesuai dg porsi masing2 … sehingga pembagiannya hampir 1 : 3, semula istri kedua saya tdk terima…namun setelah saya jelaskan akhirnya menerima (terlepas dr ikhlas ato tdk) dan sampai sekarang mampu bertahan….. DAN BUKAN BERARTI TIDAK PERNAH ADA CEKCOK ATO SILANG PENDAPAT layaknya RT, kami juga sering cekcok…pernah mereka memberikan pilihan sulit ke saya dg ancaman “pilih dia atao saya” tp saya tidak mungkin meninggalkan istri pertama saya krn telah bersama dalm suka dan duka…begitupan saya tdk mungkin meningglkan istri kdua saya krn dia adalah istri saya sekaligus ibu dr anak saya (biologis)…saya tegas menjawab saya tidak akan pernah meningglkan kalian krn saya mencintai kalian …. tp klo kalian mau meninggalkan saya…. saya tdk bisa berbuat banyak… dan saya tdk tahu isi hati mereka tp dr kehidupan sehari2 mereka tetap menjalankan kewajiban mereka selaku istri istri saya… saya saat ini baik2 saja dan berusaha utk berbuat adil (versi saya) dan niat adil saya hanya saya dan yg diatas yg tahu….bahkan istri pertama mnegijinkan anak2 menginap di istri kedua dan meski pada awalnya agak sulit tetapi akhirnya istri kedua jg membolahkan anak semata wayangnya ke istri pertama saya… (saya g tau cerita saya ini bermanfaat ato tidak tp paling tdak ada sedikit gambaran bagi bpk/ibu)…. di waktu muda… saya tidak pernah berniat punya istri lbh dr satu…tetapi itulah fakta yg harus saya jalani

  20. aq mencintai suami orang…dan aq takut tuk melangkah jd istri ke dua apalg istri simpanan.aq tau hidupq akn lebih tersiksa…..bil;a ada yg se iya dgn aq call 085745941885

  21. kebahagiaan emang gampang2 susah utk didapat,seperti menjadi istri ke 2, jangan disangka istri pertama slalu bahagia, bahkan kebahagiaan mutlak biasanya didapatkan istri ke 2, dan tidak ada wanita yang bercita-cita menjadi istri ke 2, keputusan untuk menjadi istri ke 2 juga berat, tapi kembali lagi ke takdir. cayo buat wanita ke 2 yang bisa ikhlas mencintai suaminya….

  22. Memang susah kalau dihadapkan akan perasaan cinta dan sayang..karena cinta tidak bisa diraba atau kasat mata. Hanya parasaan dan hati yang bicara. Cinta juga anugerah dari ALLAH yang terindah. Mungkin bagaimana kita mensikapinya…dan mensyukuri, Karena ALLAH sayang sama kita oleh sebab itu diberikan pula rasa sayang pada kita, rasa itu agar kita saling introspeksi, melengkapi terhadap pasangan kita. Garis hidup kita sudah ada yang menggariskan………marilah banyak kita banyak Taqwa, Tawakal, dan berserah diri pada NYA.

  23. Kesalahan terbesar dalam hidup saya mencintai suami orang. Dengan berat hati saya menolak untuk dijadikan istri simpanan. Saya sangat manyayanginya…tapi saya menyayangi orang yg salah, yach suami orang, papa dari 3 anak. Saya memutuskan hubungan setelah hampir 5 thn berjalan. Sakit memang, tapi itu pilihan terbaik buat semua. Sebelum saya melukai hati banyak orang, dengan begini mungkin hanya saya dan beliau yang merasakan sakit tanpa harus melibatkan istri dan anak2 beliau. semoga disepanjang hidup beliau selalu bahagia bersama istri dan anak2…Amin.

  24. Nona Maya, pengalaman Anda tragis ya?

    Tapi, untuk catatan buat yang lain juga, perlu diketahui, cintanya sendiri tidak salah. Tidak ada yg salah dengan perasaan. Kepada siapapun, cinta itu anugrah Tuhan. Sampai Anda menikah pun tidak salah. Anda merasa bersalah karena perasaan dan pikiran Anda mengatakannya begitu. Yang salah adalah bila cinta Anda dijalani dengan melanggar norma agama. Lima tahun berhubungan, apa saja yang Anda lakukan? Kenapa tidak menikah atau putuskan dari dulu? Salahnya disitu!! Lima tahun Anda menanam benih untuk menyakiti diri sendiri karena mengikuti nafsu dan ujungnya tidak siap menikah. Bila tahu tidak akan siap, harusnya putuskan dari dulu. Bila sampai menikah maka tidak ada yang salah. Nikah itu ibadah, malah dapat pahala daripada pacaran. Persoalannya bukan salah, tapi perasaan berat menerimanya karena tidak siap menerima konsekuensi dari pilihan yang kita tentukan. Perempuan di atas tidak merasa bersalah dan tidak merasa berat, karena bener-benar menerima dan menikmati resikonya.

    Salam

  25. Pak Muflich, terimakasih atas masukannya yang sangat berarti buat saya dan buat wanita2 lain yang mungkin senasib dg saya.

  26. saya tertarik dengan kata2 Kang Moeflich, “Memilih tidak menikah, selain tidak akan diakui sebagai umat Nabi adalah kebodohan yang amat sangat. Minimal ia memubadzirkan diri tidak merasakan “surga dunia” yang disediakan Tuhan. Padahal hidup cuma sekali”

    Jika anda ingin merasakan surga dunia dengan halal tapi tidak ada kesempatan karena fisik dll. coba hubungi saya abdullah_6832@yahoo.com

  27. jujur ya aku nga suka dengar yg namanya istri simpanan.kalo di liat dari kacamata hukum agama memang lebih baik jadi istri simpanan daripada melacur…tapi diliat dari kacamata sosial…kan sakit banget tuh jadi istri simpanan.hidup nga tenang,belum lagi harus dengar omongan orang…..nga tahannnnnnn…..tapi kembali lagi ke pilihan kita sendiri

  28. saya mengalami hal yg serupa dgn anda mnjadi istri simpanan sangatlah sulit..qt punya khdupan yg sama cm bedanya suami anda plg smggu skali sdgkn suami saya tidak terjdwal plgnya kdg2 sbulan taw smgu sekali..tlong ajarkan hamba untuk dpt tegar dan iklas dlm menjalaninya..trimaksh

  29. saya sprti anda, bedanya adalah saya blm bisa menyikapi semua nya dgn ikhlas. kdg msh ada rasa “perseteruan”

    boleh kah saya minta advise nya? u ketenangan hati n pikiran saya

    thx

  30. Saya adalah istri simpanan yang dinikah secara islam, usia saya sekarang 42 tahun, berawal dengan perkenalan saya dengan R yang saat itu saya pikir dia tidak menikah. satu bulan setelah perkenalan saya baru tahu dia menikah namun pisah ranjang. tiga tahun setelah perkenalan, saya minta dia untuk menikahi saya secara islam, namun R tidak mau memberitahukan kepada istri sahnya. kami berjuang keras untuk mendirikan perusahaan dan memajukannya. 8 tahun sudah saya jalani menjadi istri simpanan, baru terasa akhir akhir ini bahwa setiap lebaran atau moment special selalu dia habiskan dengan istri sahnya. sedang saya habiskan untuk bekerja dan bekerja.
    Kadang saya memang berpikir bahwa menjadi istri simpanan itu banyak enaknya, namun seiring dengan umur saya yang makin menua, saya merasa kesepian yang mendalam.
    Dari segi kehidupanpun saya mesti berjuang sendiri, karena dia yakin saya mampu melakukan apapun lebih dari kemapuan saya, dia tidak pernah khawatir tentang keadaan saya, namun saya merasa dia salah.
    saya bukan wonder women yang tangguh.sempat saya minta cerai secara islam, namun dia sepele saja menyuruh saya merobek surat nikah siri tsb. bahkan bilang tidak akan pernah menceraikan saya, silahkan saya hidup dengan predikat tersebut.

    Hati kecil saya ingin hidup normal seperti orang lain.berumah tanggah dalam ketenangan, mohon nasehat dari teman teman

  31. atau siapapun yang punya masalah yang sama dengan saya namun TEGAR. no saya 087887354555.

  32. Artikel ini sangat bgus utuk membuat hati dan pikiran saya lebih terbuka sehingga bisa menerima jalan hidup yg sudah saya ambil.

    mbk wanda n mbk dia boleh saya minta email kalian agar q bisa sharing lebih dalam.

    tks

    Moeflich:
    Wanda, Dian dan Bhyan, kalau Anda mau ketemu saya di Bandung, akan saya perkenalkan pada seseorang yg akan sangat membantu Anda semua untuk menyelesaikan masalah2 yang dihadapi. Insya Allah.

  33. Menurut sebagian Ulama’ Zina adalah dosa terbesar setelah Syirik, namun kita diberi cara yang mudah untuk menghalalkan sebuah hubungan yaitu dengan seorang wali dan dua saksi, dan bagi wanita yang jauh dari walinya diperbolehkan mengangkat wali muhakkam. Jadi kalau pilihannya adalah zina atau kawin siri atau jadi istri simpanan maka seorang muslim yang baik akan memilih menjaui zina.

    Tip. Untuk para wanita yang memilih kawin siri
    Agar tidak ditindas oleh lelaki yang kurang baik dan mempunyai hak untuk menceraikan diri sendiri maka mintalah suamimu membaca Ta’lik Tolak
    seperti ucapan berikut : Jika kamu (istriku) mengucapkan kata “saya minta cerai” tiga kali berturut2 maka jatuhlah talak saya.

    Jadi untuk menceraikan diri sendiri tinggal mengucapkan kata “saya minta cerai” tiga kali.

    Ilyaasyhari@yahoo.com

  34. ya itu bener2 nyata sy alami, cuma bedany sy tdiny janda lom puny anak. pa pun keputusan mnjdi istri simpanan sy gk kn menyesal.
    bagaimanapun sy bersyukur atas jodoh yg tlah dbrikan Allah buat sy. jdi istri pertama tau simpanan bahkan jdi suamipun semuany punya masalah. pa pun pilihan qta pasti da senang n gk snangny. sy hany menjalankan pilihan sy. Dan selamany sy sangat mencintai suami sy sesulit dn sesakit apapun itu.

  35. Bukan sy yg nulis tu cerita, tpi tu sma dng yg sy rasakan sbagai istri simpanan. Sy tidak pungkiri ini sulit n sakit, tpi SY MERASA BAHAGIA.
    Bukan hal yg mudah tidur sendiri n berbagi suami, tpi entah knp sy tetap mencintainy dg tulus. cinta yg tulus tetap bisa menerima dy pa adany. Ini lebih baik dibandingkan dg rumahtangga sy yg dahulu. sy rasa gk da yg tepat selain dy sebagai suami sy.

  36. Luar biasa. Mungkin ini wujud dari cinta sejati. Tapi apa yang Anda jalani lebih baik dari mereka yang selingkuh hanya untuk mencari kepuasan dan menumpuk2 dosa. Itulah yang saya katakan, bila konsekuensi dari pilihan yang kita jatuhkan kita hadapi dengan konsisten dan lapang dada, masalah bisa diatasi denga wajar.

  37. Saya menikah siri dgn seseorg sNov 2009, setelah dr thn 2008 dia ngejar2 saya dan smpat saya tolak.. ga terasa akhirnya skrg dah 1 thn lbh usia pernikahan saya dgnnya, tadinya saya sakit hati dan sering sedih krn dia selalu menomor terakhirkan saya, sebulan aja paling 1x aja bersama saya…tp untuk urusan nafkah lahir dia sll tepati… Akhirnya saya mulai berfikir positif dgn menganggap yg penting dia masih bertanggung jwb atas keputusannya menikahi saya.
    Namun akhir2 ini dia sering bicara bahwa perekonomiannya kacau…kantor terancam off..dan blg ke saya ‘klo sampe off, terpaksa lepas tangan ke saya’
    pdhl menurut kabar dr org di kantornya…ga begitu..perekonomiannya msh stabil bgt. Hari berikutnya saya izin ke dia untuk ga lanjutin kuliah lagi,krn ga mau tll jd bebannya dan ingin cari kerja…saya blg mau ambil cuti…dia bilang “Maaf kata2 ayah kmrn itu kalap” dan dia minta saya untuk fokus kembali tekuni belajar dan kuliah saya lg.
    Apa iya dia mulai bosan dan mau membuang saya….
    Apapun, semoga Allah tetap melindungi saya dan memberikan banyak kekuatan untuk sabar…

  38. 12 th yang lalu saya pernah mencintai suami orang… pada saat itu usia saya sy masih muda dan masih duduk di bangku kuliah .. diantara mantan pacar2 sy dulu dia orang yg paling mengerti saya (itu dr kacamata saya dulu) singkat cerita akhirnya saya jadi simpanan dia… dan beberapa bulan berikutnya ternyata saya hamil dan saya tidak ingin menggugurkan anak yang saya kandung krn saya sangat mencintai dia dan benihnya …. bdh sekali saya pada saat itu… dan hubungan cinta terlarang kami pun tercium oleh istri pertamanya. yah… suatu hari terjadilah pertengkaran besar antara dia dan istrinya… sehingga dia tidak bisa menemui saya lagi… untuk beberapa waktu…dan ternyata sampai saat ini pun dia juga belum pernah menjenguk anak yang saya lahirkan 11 th yang lalu. Intinya dia meninggalkan saya dan tidak bertanggung jawab, sejak kejadian itu ,saya berjanji akan melupakan dia untuk selamanya tapi saya salah, semakin berusaha untuk melupakan semakin sakit hati saya… dan bodohnya lagi sampai saat ini pun saya masih tetap mencintainya. saat ini saya bekerja keras dan berbahagia menjadi orang tua tunggal untuk anak saya… dan saya sangat bersyukur krn orang tua saya slalu men support dan di berikan seorang anak yang pintar, sholeh, sehat hanya dia satu satunya yang bisa membuat saya tetap semangat utk melanjutkan hidup saya.
    saat ini saya sudah menyelesaikan bangku kuliah saya yang sempat terbengkelai krn kehamilan. dan saat ini saya membangun sebuah perusahaan yang saya rintis sejak 8 th yang lalu sehingga saat ini saya bisa mandiri …. Alhamdulillah Allah selalu melindungi saya dan anak saya…

  39. saat ini aq jg sdg jth bngun menata hati sbg istri simpanan yg sdh aq lalui hmpr 1th.sungguh,aq trmotivasi dg tmn2.. tx.

  40. ketika kita membaca penggalan cerita diatas dan komen sebagian orang yang pro dan kontra, setidaknya kita dapat menarik satu kesimpulan yang tak seorangpun menyadari dan mau menerimanya, segala kisah tentang istri simpanan diatas berangkat dari PERGAULAN DAN BUDAYA IKHTILAT yang notabene kalian sendiri yang menghalalkannya. Bukankah sudah berulangkali dicamkan, jika tak seorangpun makhluk dimuka bumi yang bisa menghilangkan syahwat terhadap lawan jenis, apalagi menolaknya? Jika itu terjadi pada suami anda, betul betul bukan mustahil andalah yang ke2/ terakhir. Karena sifat lelaki semacam itu jelas sudah tergambar dan terbaca dalam setiap geraknya, Jurus apa yang membuat anda bertekuk lutut, jurus itu pula yang ia gunakan untuk perempuan lain.

  41. Situslakalaka, saya bingung memahami komentar Anda. Maksudnya apa? Menyalahkan atau membenarkan? Budaya Ikhtilat sebaiknya dijelaskan karena tidak semua orang tahu itu.

    Anyway, saya pelanggan situs Anda. Excellent!
    Salam

  42. Saya pria yang sedang menggugat cerai istri saya karena berbeda pandangan dalam menjalankan kehidupan ini. saya selalu ingin berbagi baik itu kepada orang tua, mertua adik, adik ipar bahkan orang lain. sementara istri saya sangat individual, sehingga untuk mengajak orang kerumah saja saya tidak berani karena pernah ada tamu yang datang tidak diberikan minum dan dia tak keluar kamar.yang menjadi fokus perhatiannya hanya anak putri kami satu-satunya, sehingga apapun yg saya sampaikan kepadanya dia tetap mengatakan gw lebih pentingin anak.
    berkali-kali telah saya tegaskan bahwa anak memang perlu diperghatikan namun bukan berarti kita harus menghilangkan silaturrahmi dengan orang lain dan mengabaikan saya selaku suami maupun keluarganya ataupun keluarga saya.
    saya juga tidak mencari pembenaran atas tindakan saya mnggugatnya. namun karena ambang batas kesabaran saya telah berakhir. dan kami telah pisah ranjang sejak januari 2011.
    namun saya telah sampaikan bahwa rumah saya hibahkan keputri kami, dan menjamin akan membiayai gadis mungil 4 tahun tersebut sampai dia bekerja/menikah semaksimal dengan kemampuan saya.
    saat ini saya mulai berfikir untuk mencari istri dengan cara nikah siri, dengan alasan
    1. Untuk menghindari saya berzina
    2. Untuk mencari ketenangan berumah tangga ( maklum 6 thn menikah belum pernah 2 bulanpun tanpa keributan)
    niat saya nikah siri (mencari istri simpana)hanya 1 atau 2 tahun setelahnya jika wanita tersebut sikapnya 75% dari apa yang saya harapkan ( karna takkan ada wanita/pria yg sempurna sesuai keinginan) saya akan mengurus buku nikah yang resmi.( setelah proses cerai saya selesai dan saya sudah yakin sikapnya tidak seperti istri saya sebelumnya)
    Dengan masalah saya ini apakah salah jika saya memilih mencari wanita simpanan. pasti ada yang pro dan kontra namun saya ingin membaca komentar anda yg pro maupun yang kontra.
    thanks

  43. Apapun alesannya saya TIDAK SETUJU dengan ISTRI SIMPANAN, itu sama saja dengan menjatuhkan Harkat & Martabat kita sebagai wanita..Menjadi istri simpanan bukan suatu Pilihan tetapi sebuah Perzinahan karena hal tersebut tidak mendapat restu dari istri pertamanya..Banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk sebuah kebahagiaan tanpa harus MEREBUT kebahagiaan orang lain.
    Wassalaamm…

  44. Ki Semprul,
    Saya kagum menyikapi rasionalitas anda di atas rata2 wanita,
    Lepas dari pro dan kontra anda menyajikan fakta yang menarik untuk di sikapi dengan pandangan yang lebih luas.
    Saya sependapat dengan anda dengan pemahanan rasionalitas dan temperatur batiniah yang langka di jaman sekarang.
    Kodrat ( Hukum alam) akan selalu kekal walaupun kebenaran selalu melalui 3 tahapan ” Pertama di tentang habis2an, kedua di cemooh, ketiga diterima sebagai kebenaran”

  45. aq jga dapat tawaran jd istri simpanan…. dan orng itu jga menjanjikan berbagai macam fasilitas…. tp aq msh dalam masa berfikir,,,,, aq ingin teman2 kasih saran… gmn aq seharusnya….

  46. Siapa sih yang mau jadi istri simpanan….kalo bisa memilih lebih baik menjadi istri satu satunya….bicara takdir bukan jawabannya tapi sungguh di cintai dan mencintai dari org yg telah beristri merupakan anugrah apalagi dia dapat membimbing kita mencari rido Allah mengajari tentang ahlak & mengaji, yang tidak kita temukan pada orang lain dan yang penting lagi kita siap menerima resikonya….saya orang yang setuju dengan poligami yang penting tau aturandan saling memahami

  47. saat ini sy menikah resmi secara islam tp tdk diketahui oleh istri pertama suami saya. sy sdh menjalani hidup sbg istri simpanan sdh 5th. banyak suka dan duka, saat ini yg sy inginkan hanya keterbukaan dr suami sy kpd istri pertamanya, agar pada saat dia sdg bergilir dirumah sy, tdk perlu berbohong pergi keluar kota. setelah sy membaca artikel ini sy merasa sedikit terhibur dan memp. kekuatan, krn sebelumnya sy ingin mengakhiri semua ini…. walaupun sswami sy tdk mau berpisah dr sy.

  48. cmua it benar jdi istri simpenan it kdang bhgia n ikhlas menerima tp qta kdang egois ingin menang ndri??????karna aq jauh lbih muda dri dia/…..

  49. Baguz…aku jg bahagia dengan pernikahanku…mezki hanya menjadi simpanan…yang terpenting buat aku memang bukan materi….karna aku terlalu mencintainya….kadang merasa terlalu sakit hati ketika “dia” tidak kunjung datang….mungkin karna aku sendiri tidak ada kegiatan lain….aku baru 22thn dan ketika aku bertemu dan menikah dengannya usiaku baru menginjak 17thn….kadi dikondisiku yang labil dia sabar ngurus dan mendidik aku….sampe sekarang….kadang aku lupa kalo aku ini istri simpanan karna kebahagiaan yang aku rasa rasanya melebihi dari yang lain….karna aku mencintai nya….bukan materi yang menjadikanku istri simpanan namun “cinta” …

  50. memang mencintainya sangat menyenangkan, di dekat dia tetapi saat dia memiliki kluarga sendiri saya sedih kesal sendiri tetapi balik lagi itu adalah resiko mencintai pria ber istri saya juga sudah punya anak dari dia tetapi apa daya…

  51. INSYAALLAH kita tidak salah memilih ya mba…
    saya pernah di hianati oleh mantan suami saya, dia menikah lagi tanpa sepengetahuan saya. sebenarnya kalau dia mau jujur tentang pernikahannya, saya bersedia di madu. akan tetapi dia slalu membohongi saya, bahkan waktu kami utk bersama2pun bisa terhitung, dalam setahun mungkin hanya beberapa jam kita bertemu. karena perlakuannya yg tidak adil masalah waktu dan kasih sayang, tidak bertanggung jawab sama sekali masalah ekonomi, terlebih lagi dia seorang penjudi, itu karenanya saya lebih memilih mengakhiri pernikahan kami. dan sekarang saya suda menikah lagi dengan suami orang, hal itu terjadi karena memang kami saling mencintai, dan menghindari perzinahan. niat kami menikah karena Allah, bukan semata2 ingin menghancurkan rumah tangga orang lain. saya selalu berharap semoga saya bisa ikhlas dalam menjalani pernikahan ini, meski hanya sebagai istri simpanan

  52. cinta tidak pernah salah…
    manusia lah yg kerap tergiur nafsu dan mengatasnamakan cinta utk meluluskan keinginannya…
    selama telah menikah secara sah menurut islam, tidak perlu di risaukan kata org2 sekitar yg miring tentang nikas siri/istri simpanan, yg penting di penilaian ALLAH thdp kita, penilaian org lain mah sabodo amat. toh, kelak kita sendiri yg menanggung segala yg telah kita perbuat…

  53. kesedihan ku mendalam ku di jadikan istri ke 2 saya sngat sedih krena tidak memiliki mertua….tetapi sama istri yg pertama katanya sdh berjanji tidak akan menidurinya lgi walaupun msih berstatus istri..krena dia memiliki masalah sma istri pertamanya..tk mungkin dia menceraikan istri pertama karena dia memikirkan perasaan bapanya yg tdk mau malu krena anaknya bercerai..dan dia kasian sma anaknya jika ortunya bercerai..dan diapun malu sama kerabat ,kerjanya karena dia lu2san sarjana hukum..tp aku merasa brsalah jg..krna ku tlah berbohong kpada ortu ku..tapi sllu bersyukur dan di sisi lain ku bedoa agar di ampuni dosaku..krena tlh melukai perasaan ortuku.pdahal usiaku msih 16 tahun..dan aku anak perempuan satu satunya dari 3 bersodara.
    tpi aku tetap bhagia..stelah mendengar cerita.kaka

  54. bingung hrs komen apa krna sy msh trmasuk orng bodoh yg trlnjur suka dan nyaman dgn suami orng hiks hiks

  55. saya santi-bekasi, jujur kagum baca pernyataan mbk mbk berdua, yg dengan iklasnya menjalalni kehidupan jadi istri kedua dan tidak marah atau sakit hati disaat suami ditempat istri pertama, jujur…posisi sypun sekarang menjadi istri kedua, tp karena rasa sayang dan cinta saya yg besar kepada suami, membuat sy tidak iklas dan ridho kalo melihat suami datang dan berkunjung kesana, ini yg membuat saya sampe sekarang selalu sedih dan sakit kalo melihat dia kesana, sampe sekarang sy bingung menyikapi sikap saya ini, mhn solusi…thx

  56. apa yg mbak rsakan hampir sama dgn apa yg saya alami skarang…cuma sya blum mlangkah sejauh itu…saya baru kenal brjalan dua bulan ini…umur sya 23 tahun dan sya seorang janda..sdangkan pcar sya skrg berumur 43 tahun dan mmiliki 3buah hati.stelah sya hanya bisa mmprthankan prkawinan sya dgn suami sya yg hanya 2 tahun.slama hampir 3 thun bru kali ini sya mnemukan sosok yg slama ini sya cari..namun untuk berfikir k arah lebih jauh lg sya blum brani..krna dlu sya bercerai jg karna perselingkuhan.

  57. luar biasa mgk ini yg terlintas dikepala saya,jujur menjadi istri simpanan bukanlah hal yg mudah dan pasti bnyk penderitaan bathin yg dirasakan,kata bersyukur bukanlah hal yg mudah keluar dr bibir seorang istri simpanan krn ini jg yg saya alami,hanya psrah tnp syarat????menurut saya bagi yg berniat menjadi istri simpanan lebih baik KATAKAN TIDAK krn penderitaan aja yg kita dapat,untuk apa harta melimpah kl kasih sayang sebagai pasangan suami istri tidak sepenuhnya milik kita?

  58. yaa hebat mbak… sekarang posisi q sama namun belum menikah,, di sisilain q bahagia karna aku mencintainya.. d sisilain aku sangat terbakar cemburu karna harus mendengar senyum manisnya bukan untuk ku…
    apakah yg harus aku lakukan mbak? agar bisa menguasai dri q dari cemburu n bsa sebahagia mbak??

  59. Menurut aku gak sama.malah tidak menyenangkan menikah dengan pria yang punya istri..jangan sampai terulang lagi.. Walawpun materi ada dan rumah semua nya tetap aja..

  60. Ikutan komentar, saya sendiri tidak menyetujui adanya poligami ataupun istri kedua, karena kalo dilihat dari cerita di atas adalah hanya keegoisan semata, tapi dia tidak memikirkan gimana istri pertama yang sama2 perempuan dan juga jika posisinya dia dibalik menjadi istri pertama yang di madu? dan gimana juga perasaan anak2 dari istri pertama, keluarga terutama ortu….menjadi istri kedua itu bukan alasan yang kuat itu hanya keegoisan semata…

  61. Aq sudah menjalani 2 tahun sebagai istri simpanan…dan kami memiliki 1 orang anak.tidak punya mertua…tidak pernah merasakan kehangatan keluarga besar suami…dan waktu adalah persoalan yg berat yang mesti dijalani. Hebat…klo ada seorang perempuan yg lbh menggunakan rasionalnya dibandingkan irasionalnya, karna cb saya terapkan sendiri memang benar2 susah.dan walaupun saya istri simpanan…saya yg setiap hari bersama dia, karna slalu mengikuti atau tinggal di kota2 dimana suami ditugaskan.bahkan saya tak memiliki PRT untuk mengurus suami, anak dan rumah…semua saya lakukan sendiri.berbanding terbalik, istri pertama hanya setiap wiken bertemu tapi semua keperluan rmh tangga dikerjakan oleh asisten jadi kalau wiken bener2 dihabiskan untuk jalan2, berlibur. Saya cuma kadang merasa kebagian capeknya saja, harus masak dan ngurus smw keperluan dy bahkan pekerjaan kantor pun banyak yg saya harus kerjakan. Sedangkan istri pertamanya hanya menunggu diberi materi dan kedatangan seminggu sekali. Aq seringkali merasa tak adil…tp kembali ini keputusan yg sudah diambil walau berat memang harus dijalani….dan persoalannya saat ini terlintas keinginan untuk kabur membawa anak saya pergi jauh dr suami. Karna jujur saya ga mw menyakiti hati istri pertamanya toh lambat laun pasti bakal kecium hubungan kt. Tapi… Suami saya slalu tau ketika saya bersiap mw kabur. Dan malah pertengkaran hebat yg terjadi… Dia berkata sampai kpanpun dia ga mw dipisahin sama anak dr hubungan kami. Minta solusinya dong… Apa yg harus saya lakukan lagi, agar saya berpisah dengan suami? Biarlah saya yg berkorban perasaan yg terlanjur menyayanginya…dengan cara meninggalkannya.karna memang saya salah…
    Sebelumnya terimakasih ya sarannya…. :)

  62. kumasih blm bisa membayangkan………………..bagaiman mungkin terkadang ngurus anak anak aja nggak ada waktu…………….gimana klo punya lbh………………?????????????????!!!!!!!!!!!!!………………..Wallahualam bi showab………………….

  63. kasihan dan menyedihkanpastinya pd istri pertama, tp tolonglah sbg suami tetap sampaikan ps istri pertama bgmnpun cara dan efeknya dan tolong sbg istri pertama mau dan bisa mengerti lasan dan kejujuran dari suami berbuat demikian dan tolng bandingkan dengan keadaan suami yang selingkuh dan diam-diam pula alias sembunyi-sembunyi yakin lah dan jelas tu jauuuuuh lebih amat sangat menyakitkan sepanjan g hidup bertahun-tahun

  64. Sy mjd istri kedua yg sah di mata hukum, mempunyai surat nikah dan menikah scr resmi oleh penghulu KUA
    Krn sy mengenal suami sy sbg jejaka, yg ternyata sdh beristri dan mempunyai seorang anak
    Sy br tau setelah 1 1/2 tahun pernikahan kami
    Jd selama ini sy di bohongi,
    Tp sy sdh terlanjur sayang dan cinta kpd suami
    Disamping itu mau minta cerai jg malu sm orang2 sekitar krn slama ini kehidupan kami dilihat sbg klg bahagia (krn memang kami sangat bahagia sampai kebenaran ini terungkap)
    Tp sy ga mau jadi janda..
    Semoga sy sll mdpkn kesabaran dg sy ttp mjd istrinya dan sy iklas untuk berbakti kpd orang yg telah membohongi sy, dan semoga sy sll iklas dg status sy sbg istri kedua..
    Sy mencoba sabar krn percaya ini semua sudah menjadi takdir sy, apapun yg telah digariskan kpd saya, sy harus iklas menjalaninya..

  65. Hebat…smua yang ada pada kita…hanya kita sendiri yg merasakan…

  66. APA ARTI SEBUAH NAMA. Istri simpanan, istri ke-2, kawin sirih, kawin sah, kawin KUA dll hanyalah sebuah nama/sebutan. Hal yang utama adalah perasaan saling mencintai, bukan nafsu (sex, ego) dan selalu mengikuti aturan.
    CINTA. Alangkah bahagianya hati orang yg masih memiliki rasa untuk mencintai, dan akan terasa hampa serta kesepian bagi mereka yang tidak ada cinta dihatinya. Pupuklah cinta itu, karena tidak ada yang salah dengan cinta. Bila kita mencintai seseorang dgn tulus (cinta sejati), maka pikiran dan hati akan selalu terfokus kepada dia, bukan aku (ego). Apakah sehat dia hari ini ? Ada masalahkah dia hari ini ? Apa dia sudah makan ? Apa dia sedang bersedih atau gembira hari ini ? Semua hal tentang dia, dia dan dia. Cinta sejati akan memberikan kebagian bagi orang yang merasakannya, walau mengorbankan segalanya. Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang terindah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya. Jika kamu takut melangkah, lihatlah bagaimana seorang bayi yang mencoba berjalan. Niscaya akan kau temukan, bahwa setiap manusia pasti akan jatuh. Hanya manusia terbaik lah yang mampu bangkit dari ke jatuhannya untuk melangkah lagi menjadi manusia sempurna (bahagia lahir batin).

  67. Buat Angle 09/01/2013 at 18:52 ; secondwife 21/01/2013 at 10:44 ; prissha@yahoo.co 12/11/2012 at 11:30 ; Angle 09/01/2013 at 18:52 ; santi 06/10/2012 at 08:29 ; ハンター女性 05/08/2012 at 14:41 DLL

    Tidak sedikit kesedihan yang kalian rasakan,,,
    Tapi senyumanmu mampu menghapus semua itu,,,
    Bibir dan matamu yang beningpun…. seakan tidak pernah melukiskan derita kalian,,,,
    Kalian begitu kuat menantang dahsyatnya gelombang kehidupan,,
    Hingga tak sedikitpun tergambar kegetiran dalam hidupmu,,,
    Terkadang aku tertegun,,,mencoba memahami apa yang ada dalam rasa kalian,,,,

    Dan akupun mengerti,,,kalian begitu kuat,,,tegar,,,aku bangga pada kalian, akupun begitu menghormati kalian,,,
    Semoga kalian diberikan kebahagiaan…
    Terima Kasih,,,kalian telah memberikan “cermin kehidupan”,,, untukku…

  68. salut buat mbaknya yg cerita, , yg penting nikah sah dan tidak putus asa untuk berusaha meraih kasih sayang sejati dr Allah.

  69. Sy berumur 22 th..sya bkan istri simpanan tapi pcar simpanan..pcar sya tu brumur 49 tahun memiliki putri yg usianya sama dg sya.awalnya sih cuma kyak anak n papa.sya slalu minta nasihat eh lma2 jd 3in 1.be my father be lover n be my sex partner.tp kita berdua sadah kita ga akan bisa dpt lbih dri itu..maksudnya ga akn smpai kepernikahan..tp ya gimana lg..saya bahagian skrg dg dia..tp ga tau nanti

  70. Sy masih punya suami tapi suami sy krja jauh dari sy sdh 2 bln sekali pergi tak pulang. Krna itulah sy menerima perhatian lain dari seorang laki2 yg beristri dan sdh mempunyai 2 ank. Krna perhatian dan ksh syg dia yg membuat hati ini jatuh cinta padanya. Singkat cerita sy sudah hamil dengannya. Tapi status sy masih istri dari suami sy sedangkan dia msh suami dari istrinya. Hubungan terlarang ini sangat sulit bagiku. Aku tahu ini anaknya krna aku sdh 2 bln tdk berhubungan dengan suamiku. Akhirnya Pria beristri itu nekat ingin menikah denganku. Dan aku ditekan harus segera pisah dengan suamiku. Hal ini membuat aku bingung. Hingga akhirnya ku putuskan untuk gugurkan kandunganku yg baru 1 minggu. Menyesal krna aku sdh menggugurkan ankku sendiri. Tp demi kebaikan nama baik semuanya aku rela lakukan ini. Dan sampai saat ini aku msh bingung harus berbuat apa. Aku msh blm bisa terima dia krna dia msh mempunyai istri dan ank. Apa yg harus sy lakukan sekarang?

  71. Tanggapan calon mertua ku juga baik. Bahkan calon mertua baru aku sangat syang padaku. Ini lah yg mebuat ku semakin bingung. Apa aku harus bercerai dgn suami dan memilih menikah dengan pria beristri atau tidak dua duanya? Krna masalaku dgn suami adalah masalah perseteruan antara ibuku dgn suamiku yg sdh 8 thn ini tak selesai juga. Sy lelah dgn permasalahan keluarga ini.

  72. Tp aku gagal menjadi istri simpanan atw yg ke . . . . .
    Krn dg skpku yg dlu agk liar,q blm bsa brubah sepenuh’y dg yg dy harapkn,pdhl dy mendidik aku dlm akhlak dn perilaku juga dlm bkerja,krn q bkerja di perusahaan dia sbg ADM STAFF dn jka ada tgas luar dan pertemuan q sbg skertaris’y nm’y jg istri simpanan yah dlm rekan bisnis q di knalkan sbg stap atw skertaris,tp q bhgia krn bsa brsma dy trus,.dn jk smpe rumah ku lepas dy sbh dirut dn p sbg skertaris’y dn mnjalankn kwjbnku dn dy sbg swmi istri…
    Nmun entah ada angin apa,di sebuah apartment di ibu kota,.ku lontarkan perkataan yg mmbwt dy kget dn marah..krn q menyuruh dy tk meninggalkan aku..
    Stlah pristwa it trjd q menyesal nmun dy sdah tdk ada ksempatan bgiku..
    Kini aku hy meratapi penyesalan dn sperti khlangan tongkat,dy msh peduli,stiap wkt sholat sllu di ingetin,wlw lg sma istri pertama’y dy menyempatkan wkt ntk menghub agr q jgn tnggalkn sholat,dn mkin skt dn sulit menerima,rutinitas di kantor berasa hambar..yg dlu ku pandang dy atasanku dn swmiku tp skrg dy hy atasanku,..q sungguh menyesal pdhl dy sngat menyayangiku,shrus’y artikel ini ku bca sblm perpisahanku trjd agr aku brsyukur dn merasa beruntung,dy yg membwa q hdup lbh baik dlm akhlak dn agma..dy pulang pergi mekkah dn indonesia krn perusahaannya travel umroh dn haji..
    Kini aku menyesal

  73. akibat hukum jdi istri simpanan; gak dpt waris kalau suami meninggal, gak bisa ngajuin gono gini, nafkah apalagi.. untuk anak hasil nikah siri bisa dianggap sah asalkn bisa di buktikan secara medis. tpi prosedur di pengadilannya nyelemetx minta ampun…. jdi mikir2 ja deh lau mau nikah siri.

  74. Thank’s sudah membuka jalan pikiran saya melalui pengalaman hidup anda.sangat bermanfaat

  75. Aku jg sama spt mbak tp aku cukup dkat dg istri tua suamiku propesi itu sdh berjalan hampir 6thn. Seiring berjalan waktu aku skrg mengenal mertua jg ipar2 dr suamiku. Tp tak bisa disangkal kalau hatiku ada rasa cemburu. Kl kami lg pergi bersama2 mrk sangat mesra mbak, aku sekarang ingin sekali punya teman curhat kdg aku merasa tidak kuat menjalaninya, tp jika melihat anakku yg berumur 2 thn aku merasa terhibur. Memang mbak jd spt ini bukan main2 resiko yg harus dihadap. Mbak maaf ya jd curhat…. Sekali lg makasih atas wacananya…

  76. Tetap positif dan mengambil pelajaran dari tiap posting dan komentar…. krn sejatinya benar atau salah itu tidak bisa dipandang dari satu sisi.

  77. Semoga saya mjd salah satu yg bahagia dg status sbg “istri kedua” semua ini sudah mjd takdir, tinggal bersyukur, apapun itu akan terasa bahagia.
    Semangat untuk para secondwife!!! GANBATE!

  78. Tidak ada didunia ini wanita yg mau menjadi istri simpanan atau istri ke 2,tp apa mau dikata dan apakah kita akan menolak takdir yg sudah digariskan oleh yg kuasa pd diri kita..hal yg sama jg sy alami..sblumnya sy sdh pernah menikah dan mmpunyai 3 putra yg skrng sdh remaja,dgn status single parent slm 2 thn akhirnya sy diperistri oleh pria ber keluarga,memang trdengar naif..tp takdir tdk dpt sy tolak,usia pacaran kami hnya 1 bln stelah itu beliau menikahi sy dgn alasan tdk mau berzinah dan ingin membahagiakan hidup sy dan anak2 sy,krn mantan sy sdh 1 thn ini melepas tanggung jwb nya membiayai anak2 nya,akhir nya suami sy yg skrng yg mengambil alih semua biaya skolah anak2 sy dll nya.beliau pun menegaskan diawal brkenalan dan menjalin hub dgn sy krn dilandasi rasa cinta dan sayang..makanya walaupun sy single parent dgn 3 anak beliau tdk mundur..tekad beliau hanya 1 menikahi sy krn ibadah dan ingin memberikan ksh sayang kpd anak2 sy yg tdk didapatkan dr ayah kandung mrk,dan memang beliau sangat bertanggung jwb sepenuhnya ,hingga sy dibelikan sebuah salon yg memang sy punya skill di bidang salon.utk wkt memang sejujurnya beliau tdk adil..krn dlm sebulan beliau cuma dtg 4x dan itupun hanya 2 hari dlm sbulan beliau menginap di tmpat sy..tp apa mau dikata kalaupun sy berteriak dan protes tdk akan mengubah keadaan apapun jg..sy hanya menanamkan sikap sabar dlm hidup sy..mungkin ini sdh takdir dan garis hidup sy..cinta yg tulus itu ternyata tdk hanya ckup memiliki raganya saja…tp cukup kita miliki hatinya…krn jarak,waktu dan keadaan..buat tmn2 senasib dgn sy yg mau share ttg masalah yg sama silahkan bisa invite pin sy 290ded72 atau 081284949959

  79. Salut buat yang bisa tegar dan tahan banting jd istri simpanan atau istri siri

  80. Saya juga sedang menjalani hidup sebagai istri bayangan istilah saya untuk nikah siri yang saya jalani, karena setiap malam hanya melihat
    bayang2 suami, suami hanya bisa menemani beberapa jam saja setelah pulang kantor dan selebihnya dia adalah milik istri pertamanya. Saat ini saya pasrah menerima semua itu karena dulu saya meminta dia menjadikan saya istri juga dengan niat menghalalkan yang haram. Sebelumnya saya tidak ada niat untuk menjadi istri keduanya tapi karena dia selalu mendekat dan merapat sampai saya malu terhadap lingkungan sehingga saya mengambil keputusan seperti ini. Secara ekonomi saya sudah cukup mapan, gaji saya 3x lipat dari dia, jadi tanpa diapun saya tidak susah, malah sekarang sebagian dana mengalir ke dia, saya tidak tau kenapa jadi saya istri simpanan, apa karena saya cinta dia atau hanya sekedar menutup malu terhadap tetangga. Saya minta pendapat teman-teman semua karena usia saya sudah tidak muda lagi, anak anak sudah punya kehidupan masing masing, saya bingung harus bagaimana. disatu sisi saya perlu teman curhat disisi lain saya sering menangis karena hanya dijadikan prioritas kesekian oleh suami padahal pengorbanan saya tidak sedikit… mohon saran dari teman2 ..
    buat mbak yang menulis hal ini saya ucapkan terimakasih, berkat tulisan mbak saya bisa belajar menerima dan bisa mengeluarkan uneg uneg saya

  81. sdh 10 thn sy jdi istri ke2,kami saling mencintai..dn d karuniai 2 org ank perempuan 6thn dn laki2 2thn sejak mnikah dg sy bisnis suami ku semakin lama semkin sukses dlm pekerjaan…,kesuksesan itu brubah mnjdi bs dibilang berkelimpahan materi…,aku dibeli kan sebuah rmh mewah dn mobil mewah smua ats nama ku…aku bahagia…minta apapun dlm sekejap akupun dituruti nya..wlpun itu soal wkt, tpi kebahagiaan 4thn terakhir ini sirna…krn org tua..istri pertama berserta saudara2nya saling mengincar harta ku dn menghasut mama suami ku..mrk berusaha mnjauhkan ku dg suamiku…sampai2 saat aku mlahirkan anak ku yg ke2 tanpa ditemani oleh suami ku..,lebaran tanpa dia,thn bru an tanpa dia ,airmata slu brderai…dn menangis pilu saat aku sndirian tanpa dia… smpai aku prnh msuk RS krn depresi…, kini suami ku jauh sm aku..mrk brusaha memisahkan aku dg dia..dn mrk brusaha mngambil smua milik ku.., suami ku skrg rs nya lbih dkt dg mrk, aku hrs gmn?…sakit rs nya batinku tersiksa mlihat dia brada d sana terus…sdngkan aku berusaha mnyelamatkan apa yg sdh mnjdi hak ku n ank2 ku… tpi aku ga kuat…ingin rs nya brpisah… mohon saran nya,,

  82. sejak kesuksesan nya itu hny setahun aku bahagia…selebihnya suamiku dituntut oleh kluarga nya utk membahagiakan n memberikan materi2 itu kpd famili2 yg lain,,sejak kesuksesan suami ku dlm 10thn aku dn ank2 blm prnh mengecap bahagia nya rekreasi,,tiap liburan sklh ank2 slu d rmh,sdngkan mrk mnikmati kbhgiaan itu brsama suami ku slu stiap thn,,,smpai2 keuangan suami ku skrg diambil alih oleh istri nya,mama suami ku jg slu mengatur gerak gerik suamiku…. aku hrs gmn..hrs kah kutinggalkan dia? mengingat suami ku skrg brubah tmbh spt anak mama…..

  83. Nasib ku juga sm mba mba d atas… Aku sudah menikah 3 tahun ini dan sudah ada anak berumur 1 tahun.. Tidak pernah bermimpi aku menjadi istri simpanan, semua berawal dari buaian rayuan semata dengan segala tipu muslihat untuk mendekatiku.baru setahun belakangan aku tau niatnya untuk menguras harta orang tuaku.sekarang aku ga punya apa apa lagi,dia semudah itu kembali ke istri pertamanya,karna sekarang lebih kaya. Aku menyesal tp sudah ada anak.. Sedangkan anak tidak bisa aku minta hak nya karena suamiku seorang tentara.. Seandainya ada yg bisa membantuku,aku butuh teman curhat yg senasib denganku..

  84. Mbak mbak yg hebat. Terutama mbak bella dan mbak mbak yg udah menjalani rumah tangganya diatas 5thn boleh sms/call aku dong 082366393466 cuma mau share perasaan yg lebih individu. Soalnya aku udh yatim piatu, anak tunggal lagi, jd ga tau mau share sm siapa lagi

  85. emg ngga mudah mnjalani ini smw.itulah yg kt hdapi skrg,mjd istri simpanan.apapun jln hdp yg kita pilih psti ad konsekwensnya.hmpir 1th aq mnjlninya,suka duka tntu ada,mgkn byk dukanya drpd sukanya.tp itu smw hrs kita hadapi,ibarat nasi sudah mjd bubur,trpaksa hrs kita makan ato hrs kita buang tinggal manusianya saja yg bs mengambil keputusan.kita harus yakin bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan yg berat yg melebihi dari kemampuan umatnya,suatu saat pasti kita akan merasakan kebahagiaan yg sesungguhnya.amiin…

  86. tepatnya 3 tahun yang lalu, saya berkerja di sebuah perusahaan swasta di daerah ibu kota, saya masih berstatus istri orang dan kami mempunyai seorang putri yang sangat cantik….sekitar 1 minggu aq bekerja, putri kesayangan aq menghadap Allah, dan dalam kondisi terpuruk,kacau,seperti tidak punya tujuan hidup aq menjalani rumah tangga bersama suami aq, tetapi sepeninggal anak kami, suami aq lebih dekat dgn saudara-saudaranya…rumah tangga kami dingin, dan di dalam keadaan diri aq kacau, ada seorang lelaki yg bisa memberi aq perhatian dan ksh sayang, tak lain dan tak bukan dia adalah boz aq sendiri, slama dia pendekatan ke aq, aq sangat2x menyadari klu dia sudah mempunyai ank istri, dan kami pun menjalani hubungan tanpa di ketahui pasangan masing-masing….. awal nya aq mengiyakan ajakan boz aq untuk plg bareng hanya sebatas aq menghargai dia, tetapi semakin lama cinta juga rasa sayang itu tumbuh dengan sendiri nya, aq mencintai dia benar2x sangat mencintainya, aq ga pernah liat materi yang dia punya, bahkan aq sering menangis sendiri knp qt saling mencintai, sedangkan aq kenal dgn istri jg ank2x nya……dan sudah setahun ini aq berpisah dengan suami aq, di karenakan aq merasa dia hanya memanfaatkan hasil kerja aq untuk menopang hdp qt, dia ga pernah mau pusing sama kebutuhan hidup qt, hasil dia kerja di tabung, dan tidak mau di ganggu untuk pengeluaran rumah tangga, slama aq jln sama boz aq, smua kebutuhan hidup rumah tangga aq di bantu sama dia….dan yang bikin aq bertanya tanya dalam hati, knp suami aq ga ada sedikitpun curiga, dgn apa yg aq dapat, dia seperti menikmatinya……sampai suatu saat dia ringan tangan terhadap aq, padahal hanya masalah sepele, dr kejadian itu aq memutuskan untuk mengakhiri pernikahan aq….dan sampai detik ini aq masih menjalani hubungan dengan boz aq tnp status nikah, krn smp detik ini mantan suami aq tidak mau menceraikan aq…..dan hidup yg aq jalani slama ini bersama boz aq, aq yang di tuntut untuk lebih mengerti posisi dia krn sudah berkeluarga, dan smp detik ini aq berusaha bersabar, dan coba tegar menjalani nya sekuat aq…..smp detik ini aq selalu bertanya sama Allah, apa ini yang di takdirkan NYA untuk hidup aq, kalau memang benar, aq selalu berharap mendapatkan kebahagiaan, dan aq selalu memohon sama allah, kalau suatu saat memang hubungan ini di ketahui oleh istri nya, aq berharap beliau dan keluarga nya mengerti dan mau menerima keberadaan aq dan buah hati kami kalau allah masih mempercayakan aq untuk punya momongan lagi.

  87. Apa istri sah tau kl anda istri simpanan suaminya? Krn kl aq udh ketauan istri sah suamiku, jdnya ribet

  88. Kl aq malah ketauan istrinya. Dari awal mmg aq gk pgn mrk pisah, aq janda usiaku lbh tua 4 th dr mas dn istrinya. Aq jg mandiri scr finansial. Awalnya aq menolak hub sm mas wid krn dy pny istri dn lg aq udh pny cucu 1, tp krn mas mendesak trs krn dy menemukan yg dy cari slm ini di diriku, akhirnya aq menerimanya, apalgi hobi kami sama, OR dn musik. Dr awal sblm pacaran istrinya udh tau kl mas seneng sm aku, tp smua itu gk membuat mas mundur, jstru mas ngotot tuk trs jalan sm aq. Bnyk yg udh aq korbankan tuk jln sm mas, mulai penolakan dr anak2ku dn sebagian kakak2ku, ada jg kakakku yg pro, aq jg menolak seorang duda yg baik hati hny demi cintaku sm mas wid, masa depanku udh aq gantungkn smua sm mas, tp skrg stlh istrinya tau, sikap mas berubah krn istrinya ngancam mau lapor kantor . Mas jd berubah, takut ktm aq. Sahabat, apa yg hrs lakukan? Pdhl kami udh nabung berdua tuk bs nikah siri. Apakah aq bs berharap ya istrinya mau menerimaku, andai istrinya bs mengerti dn menerimaku aq akn bersujud d kakinya dn mengabdi padanya? Dn apa pria spt masku msh bs aq tunggu? Mohon saran

  89. Aq bertemu sm wiwid yg udh pny istri tanpa sengaja, sm2 slg mengagumi dn akhirnya jth cinta krn hobi kami sama OR dn musik. Meski dr awal istrinya tau hub kami, tp wiwid ngotot tuk trs jln sm aq. Sering aq mint mundur tp wiwid malah marah dn bersha keras buatku percaya sm dy, bahwa dy serius mau nikahi aq. Aq pun d bukakan rekening sendiri tuk tabungan prsiapan nikah. Aq bahagia menerima smua cintanya yg besar buat aq, aplg wiwid penyabar dn perhatian bgt. Makanya aq trima dy dn udh bnyk yg aq korbankan tuk bs nikah sm dy, antara lain aq menentang anak2ku dn kluargaku, aq jg menolak duda yg baik hati demi memilih wiwid Tp skrg stlh istri memergoki hub kami, wiwid jd berubah, dy gk brani janji lg tuk nikahi aq, bahkan wiwid memohon aq tuk menjauh dr dy. Spt kiamat rasanya, pdhl aq blm mau menyerah, aq tetap berharap istrinya mau berdamai dn bersama2 membahagiakn wiwid. Aq pn akan bersujud d kakinya dn mengabi pada istrinya kl istrinya bs menerimaku. Skrg aq hrs gmn? Mohon sarannya

  90. mbak tania. mbk istri simpanan seorang tentara bukankah seorang tentara tidak bisa bercerai dengan istri sahnya. ko bisa anak mbak ada di suami mbk apa gak takut ketahuan bataliyonnya….

  91. Contoh yang positif.. Namun hal ini hanya berlaku bagi wanita yang tidak mendapatkan kepuasan dalam bercinta.. Bagi mereka yang mendambakan kenikmatan bercinta dengan pasangannya, tentu tidak akan terpuaskan hanya bertemu 2x seminggu.. Kesimpulannya, mungkin Aryo bukan lelaki yang tangguh di atas ranjang.. Dan mungkin Mba belum pernah merasakan multi orgasme, karena bila sudah pernah merasakan hal itu, rasanya tidak mungkin puas 2x seminggu.. Tapi, sekali lagi contoh di atas merupakan sikap positif dalam menjalani masalah yang dihadapi. Semoga Mba mendapatkan jalan keluar yang terbaik.

  92. Menurut sy istri simpanan tidak jauh beda ny dngn PELACUR, hnya sj sdh diikat dngn pernikahan siri.. Harus ny para istri simpanan (PELACUR) sadar, bhwa tindakan ny adalah menyakiti sesama kaum hawa, karna di dunia ini tidak ada satupun wanita yg ingin di dua kan, kecuali PELACUR, sepengetahuan sy kebanyakan istri simpanan adalah perempuan gk bner yg menikahi pria kaya yg beristri hanya untuk Uang dan Harta, dan sy sangat tdk suka dngn blog ini.. Sekian

  93. Terharu sy membaca postingan ini,,,sy jga sorg prempuan pnah menikah hampir 2 th lalu sy gugat cerai suami sy krna mantan suami sy bener2 iblis fisikopat,,,terpuruk dan hancur itu yg sy rsakan,,,kmudian sy pacaran dg sorg pejabat ditempat sy,,,awalx cma mw sng2 sja tp dg sgala kepedulianx sy bner jatuh cinta bhkan spnjg usia sy mgnal laki2 bru kli ini sy brpkir mencintai adalah membri,krna dia jga laki2 broken diRTx q perlakukan dia bak anak bayi yg dbri ksh syg scra utuh dr ujung kaki smp kpala kuperhtikan tampa 1 terlwatkan kumanjakan,bahkan tampa pnh mikir bgmna aku,tpi stlah istrix tau dan melabrak sy menanyakan apakah sy pnh nikah dg suamix sy jawab sja iya,,krna trlanjur foto mesra kmi dliat dan takut disebar sy bohongi sja pnah nikah,akhrx sya jalani status palsu dsbut sbg istri ke 2 pdhal blom pnh nikah,tp smnjk pemberontakan dr anak2x dia mulai berubah dan mendepak sy dalam kehidupanx dg srbu alasan bgmn mgkn laki2 yg sangat mygiku itu brubah dg sekejap bsa melupakan smw yg sy lakukan…sy trma dg ikhlas,,krna tu mgkn lbh baik drpda sy mliat dia bhgia disamping sy tp hatix terbelenggu dg keluargx,,tp jujur 1 th brlalu 1 mlmpun setiap mengingatx tak pnh aku lewatkan dg tdk meneteskn airmata,,,q doakan dia sepanjang sujudku hnx tu yg bsa q lakukan tk mencintaix mski tdk bersma,krna aku mencintaix dg ikhlas…tmpa berharap imbalanx,tp skrg sy bingung knp sulitx brtmu jodoh yg diinginkan sering bertanya pda dr sndr apa itu karma karn sy pnh pnx hbgn dg suami org,,,tp knp sy hrus dpersalahkan jka cinta dan pertemuan itu adalah sbwh anugrah takdir tuhan…

  94. nama anca reklebel kemaren saya sangat kesulitan membiyayai istri dan anak anaku aku sudah hampir putus asa secara kebetulan saya bertemu seseorang namanya h saleh dia menegurku dan mengatakan kenapa kamu termenung saya jawab saya pusing cari kerjaan dia pada saat itu juga dia mengajak aku kedalam rumahny dan memperkenalkan aku kepada seorang yang bernama EYANG PESSA katanya bisa memberikan angka JITU/GOIB semula aku kurang yakin adanya angka seperti tetapi aku penasaran dan aku langsung pulang kerumah dan menghubungi EYANG PESSA di nomer telponya walau aku harus pinyjem pulsa untuk menelpon ke EYANG PESSA DAN TERNYATA BENAR BENAR TEMBUS trima kasih buat eyang PESSA YANG TELAH MEMBANTU SAYA berkat bantuan EYANG semua masalah terselesaikan dan aku juga sudah punya usaha kecil kecilan. saya menang45JT, jika anda mau bukti silahkan hubungi EYANG PESSA 082 313 367 336, DIJAMIN100% pastiTEMBUS, ini adalah kenyataan bukan rekayasa karna kami sekelurga sudah membuktikan keampuhan angka hasil RITUAL EYANG PESSA, TERIMA KASIH……….

  95. Hai sobat senasib dengan sy .. bisa mampir ke grup FB saya, https://www.facebook.com/groups/515443161886814/

    sebagai tempat saling curhat, krn disini tdk semua pro.. bahkan memandang rendan tanpa mereka tahu bagaiman ceritany sehingga qt bersedia menjadi istri simpanan. sy buat grup tersebut krn sesekali butuh teman sharing. makasih..

  96. hai..aku Vivi.aku 37 tahun,janda beranak 1.aku pengusaha.yaa…walaupun belum jadi
    milyuner,banyak orang bilang aku janda kaya.aku mencari seorang pria baik2 untuk dijadikan
    suami.apapun keadaannya aku terima dengan ikhlas,asalkan dia setia,mencintai aku dan
    menyayangi anaku.bila ada pria yang serius,hubungi aku di nomor hape 089606567271.dan
    tanda dari orang yang serius adalah langsung menelepon,tidak smsan kaya anak muda.

  97. Ga ada yg mau memilih hidup seperti ini. Org org yg nyeleneh atau memandang rendah karena mrk ga tau ap yg di alami kami. Org org yg berlidah tajam serta bertutur merendahkan justru org yg tdk melek akan realita . Predikat istri k2 jelek karena perempuan perempuan gila harta. Secara ga langsung mrk itu pelacur. Tp kami…..di sini syyakin bukan. Sebab kami tulus apa adanya mencintai suami kami. Justru kalian yg memandang kami ini rendahlah yg berpikir apakah salahmu sampai suamimu bisa lebih memilih kami? Jangan hanya menyalahkan sepihak. Tidak akan ada asap kalo tidak ada api. Ini juga yg sy rasakan. Memang ga enak jd seperti ini, tp hati ini sudah tak dpt lg lepas. Byarlah kalo memang suami suami yg demikian(memiliki istri k2)jahat atau berbohong pd qt,baik dr niat tujuan nya….byar neraka sj yg menyadarkan mereka krn memprmainkan hati kami perempuan yg sudah bersandar dan menyimpan harapan padanya……buat yang senasib hubungi 085778008870 untuk sharing ya…..

  98. Kl disuruh memilih gak adaa wanita yang maau dijadikan istri ke 2 / simpanan.. Tp kl itu sudah takdir mreka dari اَللّهُ. Qta manusia tdk bs menolakx.. Bukankah didunia ini lbh banyak wanita dibanding laki2, dari segi itu seharusx dah paham, sbg istri prtama tdk bs lsg memfonis istri simpanan adalah “wanita murahan” dsb.. Knp suami bs mencari istri lg? Bs jd istri tua tdk bs menjaga,menghormati n melayani suami dgn baik shgga suami mencari kebahagiaan n tempat nyaman diluar,, sbg istri tua / muda hrs ekstra sabar n bijaksana dlm menyikapix, menikah adalah ibadah,, ÿªňƍ ptg sbg istri muda tdk boleh berharap n mempunyai niat jelek utk memiliki suami n memisahkan prkawinan istri prtama. Aku jg disini sbg istri simpanan, prnikahan kami dgn istri tua beda 1thn krn sblm suami menikah dgn istri tua, dy berpacaran dgn q, suami menikah krn perjodohan (turun ranjang) n krn anak.. Sblm kami menikah, hub kami diketahui istri prtama, n lwt sms aku di caci maki, aku tak hiraukan, Aku sgt syang sm suami q n aku mau dinikahix secara sirih dsaat usia prnikahanx brsama istri tua msh 10bln, 3bln stlah nikah sirih aku hamil n istri tua curiga n mengetahuin,, aku dimaki n disumpahi kl anak dlm prut q tdk akan selamat, tp aku tdk mau tanggapi krn mmg aku salah di tengah2 mereka,, اَللّهُ maha tau insya اَللّهُ sumpah dia tdk akan اَللّهُ kabulkan. 4bln stlah nikah sirih aku nikah resmi scara hukum brsama suami ku, disitu istri tua selalu curiga n selalu menghubungiku n menanyakan kebenaranx,, krn aku sayang pd suamiku n tdk ♏ªù mereka bercerai, aku terpaksa bohong kalo aku n suami tdk åϑà hubungan apa2.. Sakit mmg hrs berbohong n mendapat makian trz, tp mmg ini salahku n hrs aku trima resikox.. Smp skrg usia prkawinan kami 1,5th n kami masing2 udh punya anak,, hub kami selalu aku sembunyikan dr istri tua, semua krn trpaksa, krn aku tdk ♏ªù mereka berpisah,aku msh memikirkan nasib anak2 mereka,aku tdk ♏ªù mereka kehilangan sosok ayahx, disisi lain aku jg mnyayangi suami n tdk ingin suami stress krn masalah rumah tangga..

  99. Aq juga sedang berbahagia menjadi seorang wanita simpanan. Apa lagi, pria yang aq kenal ini begitu baik dan menjagaku, memenuhi segala kebutuhanku. Aq sangat bersyukur. Belum pernah aq bertemu dengan org sebaik ini. Dan oleh karena itu aq berkomitmen, untuk tidak merusak rmh tangganya. Dan aq harus konsisten dengan itu, atau… Akan raib semuanya…

  100. Ass..
    Sya ingin brcta tntg crta hdp sya mnjdi istri k’2,
    awl’a sy brtmu suami sy,dn dy mgku klo dy duda,smpe qmi brtunangan,n pd saat smggu qmi mw mnkh dsitu sya bru mgtahui suami sya msi mmliki istri.
    Sya syok bgt wktu itu,sy mmkrkn klrga sya psti kcwa n yg plg sy tkt mm sy psti jth skt.
    Jdi sy ptuskn untuk mlnjutkn prnkhn,tnpa spthuan klurga sy klo suami sy itu msi beristri,sbln prnkhn sy di koskn sm dia,tnpa spthnuan kluarga sya,sbln prtma bhgia dia sgt” memihak ksya,tpi mulai msuk bulan k’2 n smpe saat ini ud 1,5thn qmi jlni n mmliki ank 1,dri 2bln prtma dy ud mulai mmbela istri sah’a,mnomer 2kn sya,ud mlai jrg dtg,mtri jg ud jrg ksi,kmi srg ribut..smpe saat ini..
    Dia jga ksr,suka hina,maki,n mmbeda”in ank’a sna sm ank’a sni..
    Pdhl sm” dara dging dy.
    Sya sgt” kcwa,sy pgen cerai tpi sy sgt mncintainya,sy g tw dy msi cnta sy ato tdk.
    Mohon solusi’a atas masalah sy ini..

  101. sama dengan kisah diatas, jdi istri ke 2, tapi bukan karna paksaan atau tipuan, murni karna hati yang sudah memilih dan jodoh yang tlah dipertemukan. Alhamdulillah sampai sekarang suami saya sangat perhatian baik kepada saya yg notabene istri muda maupun pd istri pertamanya. dan tanggung jawab kepada kami keluarganya juga patut diacungi jempol.
    tapi sampai sekarang saya tetap tidak mau hubungan kami diketahui istri pertamanya. dan saya meminta kepada suami dan seluruh keluarga saya agar menjaga rahasia kami. :)

    i’m happy to be a second wife…

  102. terkadang sudah memilih,,,,jalani dg iklas…kita yang memilihkan….kita tidak pernah dipaksa toh,,,,aku jg begitu,,,,walau setelah dijalani terasa amat menyiksa batin…

  103. assalaamualaikum,wr…wb.maaf ya.nina pernah jadi istri pertama,dan juga pernah di madu 4 tahun lamanya.suami selingkuh di luar negri.nina sama madu baik ga pernah marah,madu bilang ke nina minta tidur seranjang bertiga,nina nerima tawaran madu,…tapi ibu mertua melarangnya.ibu mertua sayang sama nina sampai sekarang.tapi maaf nina dah nikah lagi jadi istri simpanan.nina ga ada maksud tuk nyakiti istri pertama,nina ga ada sedikitpun tuk jadi istri simpanan.suami nina sakit struk istrinya ga ngurusi,nina cuma kasian ga bisa ngomong.eh dia minta nina tuk jadi pendampingnya.ya namanya juga orang sakit ga ada yang ngurusi stres berat.curhat kenina
    orang yang di rumah suami pada mati semua,lalu nina nasehati jangan bilang kasar seperti itu.dia istrimu dan juga anak2 darah dagingmu kalau ada apa2 yang susah siapa.dia sadar nuruti kata hati nina,….maaf nina cerai sama suami pertama ga ada pertengkaran,tapi ada orang yang selalu meneror/mengganggu terus di hp/telpon rumah suruh cerai2.senetron CHSi itu sama cerita nina…makasih tuk teman yang sependapat dengan nina nasibnya …

  104. Apapun jika itu atas ijin ALLLAH pasti Ada kebahgiaan ,aku janda tapi aku Lebih mengandalakan ALLAH dalam memilih pasangan,Dan aku yakin jika Semua kita jalani dengan mengandalakan ALLAH juga kerja keras insya ALLAH Semua ringan ,Ada takDir istri kedua Dan itu halal dimata ALLAH tapi jadilah istri kedua yg Sama”terhormat sEPErti istri pertama dimata ALLAH juga masyarakat,menjga akhlak,selalu istiqomh juga melakukan Hal” Baik selalu hormat terhadap isti pertama apapun kekurangan beliau ,Karena ibarat kata kita ini merampas sebagian hak” mereka isya. ALLAH akan BAik” saja ,itu pemikiran saya andai saya ditakdirkan menjadi istri kedua he he he he tapi KAlau boleh memilih aku Lebih suka Cari duda saja bukan Karena gak mau jadi istri kedua tapi Karena KAlau bukan milik siapa” kita Lebih leluasa dlam beribadah juga hidup Lebih BAik lagi ,Karena Bagiku KAlau Ada yg Lebih BAik kenapa kita minta yg hanya BAik ,KAlau Ada yg Lebih membahagiakan duAnia akherat kenapa hanya meminta yg bahagia duniawi , tapi apapun pilihan kita pasti itu seijin ALLAH ,yg pasti saya Sdh mempraktekan 5 kunci hidup 1 sholat,rutin baca alquran,menjaga ahklak BAik,menjauhi yg haram ,belajardan. Saya tambahin lagi bekerja keras ,insya ALLAH hidup tenang, Karena saya Lebih percaya jodoh ,rejeki,maut adalah hak mutlak milik ALLAH #mas M hasbullah doakan saya semoga ALLAH menghadiahi seorang laki” yg terbaik dimata ALLAH makasih banyak inspIrasinya ,semoga tulisan”nya banyak yg bermanfaat aminnn

  105. Benar itu lbih baik jadi istri ke2 dr pda jd istri pertama .. Contohnya aku suamiku punya istri cuma 1 yaitu aku . Tp kurang kasih syg dan perhatian , selalu bisanya marah2 .
    Cayoo ya buat kalian semoga ga bernasib sama seperti aku :)

  106. aku mau menikah… daripada terus berzina… walau siriiih… tetapi kami beda agama… rumah tangga dia tidak harmonis bahkan dia telah pisah ranjang selama 8tahun terakhir ini… itu yang membuat saya menerimanya… dan aku sangat mencintaiiinya bukan karna harta… tapiii karna dia…

  107. wahhhhh………… bahaya iki bisa-bisa jadi inspirasi buat wanita-wanita. ingetloh istri simpanan notabennya istri ke 2 atau ke 3 atau ke 4 (atau ke 50 kali ya) yang tidak diketahui oleh istri pertamanya alias istri sahnya.dan mungkin tidak di ketahui oleh ortu suami. jalan yang tepat adalah bila anda meminta pada calon suamimu agar minta di izinkan menikah lagi sama istri pertamanya alias poligami dengan alasan-alasan yang bisa di terima oleh istri pertamanya dan biasanya melalui proses yang lama (makanya kalau niat nikah jangan kepikiran “surga dunia” mulu. Padahal ada yang lebih utama dari “itu”). terussssss………. di cerita anda mengatakan kalau anda mengadopsi anak dan selama 5 tahun anda belum mempunyai anak dari hasil biologis anda dengan suami orang lain tersebut. hmmmmmm….. itu kenapa? umumnya wanita akan merasa dirinya sebagai wanita sejati bila dia pernah melahirkan anak dari rahimnya sendiri. biasanya tipe wanita simpanan yang kayak gitu suka pelorotin harta suami orang lain karena kerjanya cuma shopping,ngegym, kumpul-kumpul sama klubnya (perlu di pertanyakan apakh anda memang wanita pekerja seperti yang anda ceritakan). kalaupun anda punya anak, yang di khawatirkan bila anak dari anda dan anak dari istri pertamanya bertemu saat dewasa kelak dan menjalin hubungan asmara sedangkan mereka tidak mengetahui kalau mereka dari bapak yang sama. ingatllohhhhh…….. syarat-syarat agama tentang siapa yang boleh dinikahi dan tidak boleh. kalaupun anda tidak mempermasalahkan mengenai itu di pastikan kalau anda adalah makhluk terkejam tersadis. dan dipastikan pula anda kurang memperhatikannya saat anak anda mulai dari kecil sampai dewasa. karena anda sibuk mencari kebahagiaan dan kesenangan anda sendiri.

    -yaaaa…….. semoga cerita ini hanya karangan fiksi belaka tapi bagus kok ceritanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s