Foto-foto Makam Para Shahabat Nabi SAW

Kita, kaum Muslimin, tentu tidak hanya mencintai Nabi SAW, tapi juga para shahabatnya yang agung dan mulia, yang telah berjuang sehidup semati bersama Rasululllah SAW, yang telah membela Islam dan Nabinya dengan jiwa, raga dan hartanya, yang telah berjasa mengembangkan Islam. Seperti kepada Nabi, kita tidak pernah mengenal wajah-wajah mereka tapi kita mencintai mereka, para sahabat Nabi pilihan Allah SWT. Tapi, jangan khawatir, makam-makam mereka pada ssahabat yang mulia ini mudah-mudahan bisa mengobati kerinduan kita pada mereka. Mudah-mudahan, kelak kita semua yang hina dan banyak dosa, diampuni dosa, diberi syafa’at Nabi dan dikumpulkan bersama Nabi dan para shahabatnya yang mulia ini. Amiin….

a

keranda-jenazah-bilal-bon-rabbah-al-habsyi-di-damaskus-syria

Keranda dan Makam Bilal bin Rabbah,  shahabat Nabi dari negeri Habsyi (Ethiopia). Budak hitam yang diangkat menjadi mu’adzinnya Rasulullah SAW. Siapa yang tidak kenal riwayat terkenal Bilal yang ditindih dengan batu besar di atas perutnya oleh kafir Quraisy, tapi mulut yang kesakitan hanya mengucapkan “Allahu Ahad… ahad….ahad.”

a

keranda-jenazah-ubay-bin-kaab-shahabat-nabi

Keranda/makam shahabat Nabi yang terkanal, Ubay bin Ka’ab. Nama lengkapnya Ubay bin Ka’ab bin Qis bin ‘Ubaid al-Anshari al-Khazraji. Beliau adalah Sayyid al-Qurr’o (pemimpin para pembaca al-Qur’an). Biasa dipanggil Abu Thufail. Ia adalah golongan shahabat yang awal masuk Islam, sekretaris Nabi yang mashur, ketika kecil sudah turut menyaksikan perjanjanjian Aqabah, dan turut dalam banyak peperangan besama Rasulullah SAW. Beliau dikenal sebagai shahabat yang meriwayatkan hadits.

a

makam-abu-abdullah-jabir-anshari-sahabat-nabi-yg-terkenal

Makam Abu Adbullah Jabir Al-Anshary. Sahabat Nabi yang terkenal pandai dan kuat dalam hafalan pengumpulan dan periwayatan hadits.  Berguru dan berbai’at sejak kecil kepada Rasulullah SAW. Hadits darinya terkumpul sekitar 1.540 hadits.  Ia masih kecil saat Perang Badar dan Uhud berkobar. Beliau adalah diantara yang ikut sumpah setia kepada Rasulullah di Bai’ah Ridwan. Riwayatnya bisa dibaca klik disini: http://kisahislam.wordpress.com/2007/05/21/jabir-ibnu-abdullah-al-anshari-rodhiallahu-anhu/ dan http://www.awie-doank.blogspot.com/2007/08/jabir-bin-abdullah-al-anshory.html

a

makam-abu-dzar-al-ghiffari-sahabat-nabi-yang-agung1

Makam sahabat Nabi yang agung, Abu Dzar Al-Ghifari. Sahabat kebanggan Nabi yang dikenal kritik pedasnya pada penguasa yang menyimpang dan pada siapa saja tanpa tedeng aling-aling.

a

makam-anas-bin-malik

Makam sahabat yang terkenal Anas bin Malik.  Ia adalah sahabat kesayangan Nabi. Ia adalah sahabat yang dikatakan Abu Hurairah, “aku belum pernah melihat orang yang shalat menyerupai shalatnya Rasulullah kecuali Ibn Umm Salim (Anas bin Malik).” 10 tahun ia menjadi khadim (pelayan ) Rasulullah dan dialah yang meriwayatkan hadits bahwa selama 10 tahun bersama Nabi, Rasulullah belum pernah membentaknya, dengan mengatakan “mengapa engkau tidak malakukan itu?” “Tidak melakukan ini?”  2287 hadits terkumpul darinya selama ia bersahabat dengan beliau. Wafat pada tahun 91 Hijrah, berumur 99 tahun.
a

house-of-abo-ayoub-insari-where-rasool-allah-stayed-after-migrating-to-madina-now-this-is-a-part-of-nabvi-mosque

Reruntuhan rumah Abu Ayub Al-Anshari, sahabat Nabi yang dikenal kekayaan dan kedermawanannya. Rumah ini adalah rumah yang dikunjungi Rasulullah saat setelah beliau hijrah ke Madinah.

a

makam-jafar-ibn-abi-thalib-sepupu-nabi-di-yordania

Makam Ja’far Ibn Abi Thalib di Yordania, sepupu Rasulullah SAW.

a

makam-salman-al-farisi

Makam sahabat Nabi, Salam al-Farisi. Salman al Farisi dikenal sebagai “Imam”, “ Pewaris Islam”, “Hakim yang Bijaksana”, “Ulama yang Berpengetahuan Luas”, “Ahlul Bayt”. Semua julukan trersebut diberikan kepadanya oleh Nabi Muhammad saw. Lihat kisah lengkapnya disini http://abuahsan.blogspot.com/2007/01/salman-al-farisi.html, atau ini: http://www.syahadat.com/islam/tokoh-islam/484-salman-al-farisi

Segitu aja dulu ya, nanti ditmbah lagi. Bila ada kesalahan mohon korensiknya, Semoga menambah kecintaan kita pada mereka.

About these ads

29 thoughts on “Foto-foto Makam Para Shahabat Nabi SAW

  1. Assalamu`alaikum wr.wb

    Mohon Izin Untuk Mendowload Artikel ini( untuk menambah Artikel posting Blogger saya dan tidak lupa saya cantumkan asal sumber Artikel ini),Karena Untuk menambah ilmu pengetahuan,khusus untuk menambah ketagwaan kepada ALLAH SWT.

    Wassalamu`alaikum wr.wb

  2. Pingback: http://moeflich.wordpress.com/2008/01/26/foto-foto-eksklusif-peninggalan-nabi-muhammad-saw/ « Masipoenk's Blog

  3. aq ingin menjadi Hamba yang taat kepada Allah SWT &
    menjadi seperti sahabat-sahabat rasul saw

  4. betapa agungnya sang pemimpin umat manusia ini,
    betapa mulia akhlaknya,sungguh terpuji segala budi pekertinya,semoga kita umat islam akan mendapatkan syafaatnya di hari kiamat nanti,AMIN.

  5. subhanallah…..smoga di akhirat nnti kta d pertmukan oleh bginda nabi muhammad SAW dan para shabat ya kelak di bwah bndera mreka…amin.

  6. Salamun alaikum, subhanallah….melihat makam para sahabat Nabi saja sdh terasa kerinduan teramat sangat akan Rasulullah…rindu ingin bertemu Beliau…ya Allah smg kelak Engkau pertemukan hamba dengan Rasul-Mu

  7. Sholawat n salam kt haturkan kpd sayyidina muhammad saw,keluarga n para sahabat.

  8. Mari!!! Kita jangan cuma mengagumi peninggalan dari sejarah masa rasullullah dan para sahabatnya, tp bagaimana kita mencerminkan, mengagumi dan mengikuti prilaku mereka dalam keseharian kita dalam beribadah kpd Alloh SWT.

  9. Terima kasih infonya .
    Boleh aku copy, aku simpan, aku muat di facebook ku ???
    Atau aku pajang didinding rumahku ?

  10. Aslm… sy sngat sependapat dngan nama2 sahabat di web ini.. dan klo bs cb anda buat web makam Ahlulbait Nabiy dan sejarahnya….

  11. Subhanallah Maha Suci Allah.YA Allah tempatkanlah aku dikalangan Orang2 yang beramal Soleh

  12. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

    ISLAM YANG AGUNG
    Islam menjadi agama terbesar di dunia (khususnya Indonesia)karena disebarkan oleh manusia agung dan berakhlak mulia.
    Rasulullah SAW dan Para Sahabat yang telah menyiarkan risalah Islam sampai ke penjuru dunia dengan semua aspek kehidupannya yang telah dikorbankan demi kejayaan agama Allah SWT, yakni Islam.
    Semoga kita bisa menjadi pemeluk Islam yg kaffah dan umat Nabi Muhammad SAW yang selamat dunia wal-akhirat.

    Amin ya Rabbal’alamiin

  13. minta izin buat share web ini, sekedar berbagi , mdh-mdhan dapat menambah keimanan sesama muslim.

  14. subhanallah……
    betapa terpujinya akhlak sang pemimpin kta, smoga smoga d hari kiamat nanti kta mendapat syafaat”a……amin….!!!

  15. Semoga Dapat Meningkatkan Iman dan Taqwa kita pada Allah SWT dan Mahabbah kita pada Baginda Nabi Muhammad SAW,,Amin.

  16. Subhanallah…semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari semua ini.

  17. Wahai Nabi panggilah namaju… karna dengan panggilanmulah Allah kan memudahkan jalan hambaNya tuk bertemu denganmu..

  18. mudah Alloh merahmati para sahabat rosul yang mulia.. tanpa jasa” ya besar Agama Islam tidak akan terdengar dan ternikmati oleh kita hingga sekarang ini..,,

  19. Minta izinya untuk download artikel ini.terima kasih atas infonya.lanjutkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s