Penemuan Paleoantropologi Manusia Raksasa Kaum ‘Ad Umat Nabi Hud AS

GIANT WANDERER

Recent gas exploration activity in the south east region of the Arabian desert uncovered skeletal remains of a human of phenomenal size. This region of the Arabian Desert is called the Empty Quarter , or in Arabic, ‘Rab-Ul-Khalee’. The discovery was made by the Aramco Exploration team. As Allah states in the Quran that He had created people of phenomenal size the like of which He has not created since. These were the people of Aad where Prophet HUD was sent. They were very tall, big, and very powerful, such that they could put their arms around a tree trunk and uproot it. Later these people, who were given all the power, turned against Allah and the Prophet and transgressed beyond all boundaries set by Allah. As a result they were destroyed. Ulema’s of Saudi Arabia believe these to be the remains of the people of Aad. Saudi Military has secured the whole area and no one is allowed to enter except the ARAMCO personnel. See the attachment and note the size of the two men standing in the picture in comparison to the size of the skeleton.

(Aktivitas eksplorasi gas wilayah selatan gurun pasir Arab baru-baru ini menemukan tengkorak manusia dengan ukuran raksasa yang mengejutkan. Wilayah di gurun pasir Arab selatan ini disebut “Perempatan kosong” (Empty Quarter atau Rab al-Khaliy). Fosil  manusia raksasa itu ditemukan oleh Tim The Aramco Exploration. Sebegaimana dinyatakan Allah SWT dalam Al-Qur’an bahwa DIA pernah menciptakan manusia dalam ukuran besar. Mereka adalah kaum ‘Ad dimana Nabi Hud AS diutus di situ untuk menyeru manusia pada kebenaran. Tubuh mereka berukuran besar, sangat tinggi dan kuat karena itu mereka bisa memeluk sebuah pohon besar dan mencabutnya. Kemudian, setelah Allah memberikan kekuatan pada mereka dengan melebihkan mereka dari umat yang lain, mereka berbalik menjadi umat pendurhaka, mendustakan serta menentang kenabian Hud AS. Sebagau hukumannya mereka kemudian diazab oleh Allah SWT. Para Ulama Arab Saudi meyakini penemuan ini adalah kaum ‘Ad dari zaman Nabi Hud tersebut. Demi pengamanan situs, militer Arab Saudi telah menjaga area penemuan ini dan tak seorang pun diizinkan memasuki lokasi kecuali para petugas eksplorasi Aramco).

a

About these ads

67 Responses to Penemuan Paleoantropologi Manusia Raksasa Kaum ‘Ad Umat Nabi Hud AS

  1. anton says:

    Ini hoax saudara-saudara, yg mengerti fotograPhy pasti paham klo itu rekayasa design. Mohon jgn mudah di sesatkan.

    Salam,
    HambaNya

  2. dewo says:

    Soal itu umat nabi atau bukan.. Nggak tau yaa.. Tapi kemungkinan ini tulang belulang benar secara ukuran memang mungkin saja. Tapi yang aneh kenapa di tv tidak ada yaa?

  3. hambaAllah says:

    Dalam Alquran, umat Nabi Hud ini dikenal sebagai umat yang sombong. Mereka juga tidak percaya dengan kenabian Hud. Mereka menyombongkan diri sebagai kaum yang kuat, tinggi besar perawakan tubuhnya (QS 41: 15), mendiami bangunan tinggi, istana-istana dan benteng yang dibangun di atas perbukitan (QS 26: 128-129), suka menyiksa dengan kejam (QS 26: 130), mempunyai banyak keturunan, hewan ternak, kebun, dan mata air (QS 26: 133-134)

    Ini bukan hoax..jika percaya akan kebenaran Quran

  4. Franz Donny says:

    Di Alkitab jg ada di tulis tentang manusia Raksasa ini. Salah satunya Daud Vs Goliath. Tapi gambar2 ini memang palsu. Alias di edit sama komputer. Ga percaya? Coba liat di gambar ke-2 bekas mayatnya megang pistol. Ini mah kuburan koboi di gurun zaman dulu di western kali. Di gambar ke-3 sudah menjelaskan. Penggali nya berpakaian ala koboi jg. Hahaha….

  5. icha says:

    Subbhanallah… Allahuakbar!!!

  6. agung says:

    ‎​​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Jujur neh, saya sekarang sedang berada di Riyadh KSA yah, di news paper pun Ǥªª kedengeran ada bginian!!, Yah saya percaya 100% akan kebenaran kitab suci Al-Qur’an, Đǻπ jikalau memang ini Nyata adanya Mengapa hal ‎​Ɣªήğ seperti ini harus di sembunyikan pemerinta KSA di sini.

    Jadi kesimpulan Đǻπ hemat saya, ini kurang lengkap faktanya, Đǻπ tidak ada pemberitaan mass media disini untuk pembenarannya.

    Wassalamualaikum, wr wb.
    Agung

  7. M I Ghariib says:

    Ya, ini pernah disebut dalam, maaf saya nggak ingat mana, yang ini gambar hoax.. nggak gambar sebenar, dan disahkan oleh para rekayasa gambar. Namun, saya mengimani yang apa disebutkan Quran adalah benar tanpa sangsi. Kemungkinan kita sahaja yang belum bisa menemuinya.

  8. sugianto says:

    Coba perhatikan foto no 2 dari atas terlihat di sbelah tengkorak ada sepucuk revolver sedang revolver pertama yang diciptakan adalah arquebus revolver, ditemukan oleh Hans Stopler tahun 1597.
    Jelas ini adalah berita HOAX

  9. Topsoil says:

    Cool post ! Cheers for, commenting on my blog dude! I will message you soon. I didn’t know that!

  10. one more terrific piece of work. find material content working on some research, and this is just.

  11. Felica Gaud says:

    Hey, just looking around some blogs, seems a pretty nice platform you are currently using. I’m currently using WordPress for a few of my sites but looking to change one of them over to a platform the same as yours as a trial run. Anything in particular you would recommend about it?

  12. I came here since this web page has been tweeted by a person I had been following and feel very I made it here.

  13. created wonderful. often that you find material looking at working on some research, and material.

  14. This article gives the light in which we can observe the reality. this is very nice one and gives indepth information. thanks for this nice article It’s actually not as effective or efficient as other work outs like jogging, swimming, and any kind of cross training, but it’s low impact and easy to get to every day.

  15. Tyvm for the great post! I would not have found this on my own!

  16. on this site. brilliant a whole lot better . an amazing loved reading

  17. Like your site, I have been reading quite a lot about this recently and it is beneficial to get lots of unique bits of info and points of view. Look forward to finding out more.

  18. nanank rahmadi says:

    kalian yg ga percaya ama gambar di atas berarti kalian orang2 bodoh orang2 yg ga punya iman. mengenai PIC no2 itu bukan pestol tapi itu adalah tulang yg kena sinar matahari…allah akbar…

  19. Sipur says:

    Kalau aku percaya100%kalau kalian percaya atau ngak ora uruss bodok amat..

  20. utube says:

    I just added this blog to my rss reader, excellent stuff. I like your writing style.

  21. winda says:

    saya juga mngimani Al-Qur’an tapi gambar2 tu HOAX. Hampir jelas gambar2 tu pistol,tulang kena sinar matahari apaan,masa tulang gagangny cokelat ujungny item,bentukny pistol! OON yg comment bilang tu tulang yg kena sinar matahari,kurang mnggunakan iman dn ilmu.

  22. Gotin says:

    Yang gak percaya. berarti gak percaya ma allah

  23. Anam Baguz says:

    Yang penting tu smua tnda n bukti Kebesaran akn Kekuasaan Allah.
    jadikan Renungan supya qt bs lbih meningktkan ketaqwaan qt Kepada_Nya

  24. bonar baruk says:

    Percaya sih boleh deh percaya, cuma kalau percayanya membabi buta ya sama aja bo’ong, coba deh pake akal dan fikiran yang sehat, otak kita kan anugrah dari Allah juga.
    Di Al-Quran memang disebutkan kaum Ad ini yang merupakan umat di zaman Nabi Hud.. karena ini memang statement Al-Quran, jelas saya pun HARUS percaya secara IMAN.
    Namun masalah gambar di atas, ini sih percaya ga percaya, harus tanya pakar telematika dulu Bos, jangan asal percaya aza.. kok mau aja deh dibodoh-bodohi.. hoax atau bukan.. perlu ditelusuri lebih lanjut.. bukan hanya sekedar direnungkan yaa… :)

  25. Anugrah Dodi says:

    mengenai permasalahan percaya ataupun tidak, hal tsb dikembalikan kepada masing-masing pribadi sebab masing-masing punya keyakinan,jika diambil positifnya saya akan mengakui bahwa tanda kebesaran Allah SWT memang nyata terdapat didunia yang sebelumnya sudah tertulis di AlQuran mengenai kaum ‘Ad.Buktinya bukan baru pertama kali fenomena seperti ini terjadi (antara isi AlQuran dengan kenyataan yg terjadi saat ini sesuai)melainkan sudah banyak terjadi.Subhanallah

  26. subhanallah maha besar allah swt tidak bisa ada yg mengalahkannya

  27. ibnu says:

    Ada dua hal di sini dan harus kita pisahkan:
    1. Percaya pd Al Quran ttg kaum Ad.
    2. Percaya pd foto2 itu.

    Percaya pd Al Quran adl wajib dan tdk bisa diragukan lagi.
    Percaya pd foto itu adl hal yg berbeda. Tidak ada kewajiban di dalamnya. Perlu validasi sebelum mempercayainya.

    Kalau kita googling menggunakan kata hoax dan kata kunci kisah di atas maka kita akan menemukan bhw foto2 itu adl palsu. Wallahu a’lam.

  28. Maulana says:

    ass wr wb,
    kebenaran al quran dan tipu dajjal beda tipis brooo, jd hati-hati yang jelas al quran tidak akan salah sampai akhir jaman!!!!!!!!

  29. khodox says:

    nih kemaren orang2 ntuh nemuin tengkorak2nya di tanah nenek guah gan
    kalo g percaya tanyain aja nenek guah
    nih guah kasih alamatnya
    jl.gujis no 001
    hehehe

  30. khodox says:

    masa manusia ko besarnya kaya gitu
    beraati jaman dulu (Nabi) orangnya serenm2 dong?

  31. zhey rico says:

    Saya percaya.
    sebab pada zaman nabi dulu. orang2nya pada besar2 loh.. setinngi pohon kelapa bahkan lebih. weh weh..

    kalo orang2 seperti itu masih ada hingga sekarang bakal ga cukup ni planet bumi:p

  32. udin says:

    blum ada pemberitaan media yang menyatakan kebenaran tentng fosil itu……yang jelas para ahli lg muter otak cuyyyyyyy, coz teory darwin tentang evolusi manusia yang diyakini sebagian besar para ahli bakalan berantakan cuyyyy…..

  33. Flora Theresia says:

    Berita tentang manusia raksasa dalam qur’an dan hadits memang benar, tetapi untuk gambar2 diatas smua hanya rekayasa

  34. Jery says:

    in gambar buat perlombaan desain foto di luar negeri sana, ni gambar HOAX

  35. pencari kebenaran says:

    orang yang ragu ragu akan selalu ragu ragu,coba fikirkan dizaman dulu ketika ditemukan fosil yang mirip kera maka sebagian saintis langsung mengaitkan itu dengan teori Darwin (seperti tanpa ragu), padahal belum tentu manusia kera (siapa yang bisa memastikan) jadi fosil manusia kera cuma fakta yang ditafsirkan bukan fakta langsung.tapi kini ketika ditemukan fakta langsung bukti keberadaan manusia raksasa di zaman silam (zaman nabi Adam manusia memang berukuran raksasa),tapi manusia dengan berbagai dalih tetap meragukan fakta itu,dan kebanyakan saintis tidak merespon secara jujur dan terbuka,tidak ada berita besar besaran didunia sains perihal temuan ini,padahal ini penemuan besar melebihi temuan fosil mirip kera yang manapun.saya curiga dengan saintis ber ideologi atheis yang ingin melanggengkan teori Darwin agar sains tampak selalu berbenturan dengan agama.padahal agama tidak akan pernah berbenturan dengan ilmu tapi akan berbenturan dengan teori yang salah/khayali.ingat dunia filsafat maupun sains didominasi oleh mayoritas orang yang berideologi atheistik-materialistik yang tak ingin melihat agama berjalan bersesuaian dengan ilmu.sebab bila agama sudah menyatu padu dengan ilmu maka ia akan makin kokoh diatas muka bumi ini,akan kuat dari serangan filsuf-saintis atheistik.sebaliknya oleh orang yang berideologi atheistik agama selalu dipisahkan dengan ilmu agar ia rentan dan mudah di serang.
    coba fikir kasus temuan kerangka manusia raksasa itu : bila ia dipublikasikan dan dibahas secara besar besaran didunia sains maka teori Darwin akan runtuh dengan sendirinya tanpa harus ada perdebatan panjang lagi dan sejarah dunia dibuku buku sekolah yang didesain oleh orang orang yang pro Darwin harus diubah,itulah sebabi temuan ini lebih banyak ditutupi dan dianggap ‘sepele’ atau diupayakan agar nampak ‘rekayasa’

  36. pencari kebenaran says:

    Saintis yang berupaya mempertahankan sains yang ber ideologi atheistik – materialistik,atau yang ingin menegakan ideology materialisme ilmiah (yang berupaya menafikan tafsir agama atas sains) akan trauma dengan foto foto seperti itu sebab itu mereka akan menutupinya dengan segala cara.sebaliknya bila kelak ditemukan fosi lkerangka yang sedikit saja mirip kera maka mereka akan mempublikasikannya secara besar besaran.

  37. neena says:

    hanya karna gambar no.2 nampak ganjil lantas menganggap gambar2 bukti yg lain dianggap hoax… itu benar2 penilaian yg terburu2. jika pic no.2 itu bnr2 palsu/mnunjukkn kepalsuan bisa saja itu adalh salah satu cara pihak2 trtentu utk mngalihkan perhatian massa krn takut akn ekses dr foto2 yg bocor ini kepublik, istilahnya hal itu dilakukn sbg counter bg jkepentingan mrk (pihak pemerintah arab saudi/ org2 yg tidak senang dg fakta ini) dan alasan bahwa berita ini tidak heboh dimedia juga tidak bisa jadi dasar klo penemuan berikut foto2 itu adalah hoax… sudah bukan rahasia lagi klo pemerintah negara2 trtentu mgkn trmsk arab saudi brkepentingn utk menutupi penemuan2 ini krn alasan tertentu, salah satunya krn daerah penemuan arkeologi ini berada pd wilayah eksplorasi minyak yg mana jika dunia tau maka akan menghalangi kegiatan eksplorasi minyak arab saudi yg bisa mengakibatkan kerugian scr ekonomi bg negara trsbt tp sy yakin mrk (pemerintah arab saudi & pihak2 yg berkepentingan) ttp melakukn penelitian ats temuan ini scr independen dn sembunyi2 utk mnghindari hiruk pikuk massal warga dunia tidak jauh brbeda dg apa yg dilakukn NASA.

  38. misbach says:

    Sungguh penemuan yang mengagumkan!

  39. Al qur’an itu haq, saya percaya..dengan segala isinya..
    dengan teori darwin…sudah banyak penelitian yang membantah…bahkan teori idarwin sendiri tidak dapat membuktikan kebenarannya,,
    namun untuk fto2 itu.. meragukan…dan sya juga bisa membuatnya dengan menambah foto saya sebagai penggali fosil..

  40. bisa jadi ini hoax.. wallahualam
    soalnya dalam gambar tersebut tidak ada yg memegang langsung tengkoraknya sebagai bukti.

  41. Neora Chiaki says:

    maaf walaupun saya hanya sedikit tau tentang islam dan saya insyaAllah pengikut islam & walaupun ilmu ttg islam saya dangkal, saya percaya dari jaman dahulu (SM) s/d sekarang (M) bahwa manusia itu seiring berjalannya waktu ukuran tubuhnya akan menyusut.
    dan untuk gambar diatas, memang saya percaya bahwa ukuran manusia pada jaman “itu” memang segitu. terserah anda mau komen apa atau tidak setuju dengan pendapat saya, tapi saya tetap percaya kepadaNYA walaupun gambar itu asli atau sekedar hoak.

  42. Laela Juniarty says:

    Klo Rangka Manusia jika sdh 1000 hari mk akan menumpuk jadi satu tempat ,bukan utuh dgn susunan aslinya ,tp semua persendian dr ujung kaki sampai tengkorak kepala gabung jd satu…

  43. Terminal Rasta says:

    Terus gua harus pake rambut palsu gimbal sambil bilang “U Yeah” gtu?

  44. saya setuju dgn apa yg ditulis dan dijelaskan oleh : (pencari kebenaran says) ,memang betul seandainya kebesaran ciptaan ALLAh itu tentang manusia raksasa (GIANT) yang memang termaktub didalam surat AL’ARAAF …yang pda akhirnya diketemukan oleh para ilmuan dan perusahaan minyak ARAMCO ,di expose besar2an melalui media ….maka hal ini akan menjadi pukulan telak bagi kaum atheis dan paganisme , filsafat ,materialistik ….yg memang mereka mengingkari keberadaan ALLAH AZAWAJALLA ….dan mereka menhembuskan teori sesatnya , (TEORI darwin ) bahwa manusia berasal dri monyet (EVOLUSI) ….sungguh hal yg nista dimana mereka ini sebetulnya orang2 tdak berilmu dan sesat….yg pda akhirnya mereka smua pun mati dalam keadaan hina dan tdak akan mampu merengkuh dunia yg mereka cita2kan .sungguh MAHA BESAR ALLAH ATAS SEMUA CIPTAANNYA ,ILMU ALLAH MELIPUTI LANGIT DAN BUMI . DIA MAHA MENGETAHUI APAPUN YG ADA DIJAGAT RAYA INI ,BAIK YG NAMPAK MAUPUN TERSEMBUNYI . sekali2 tidak bagi manusia2 yg ingkar lgi sombong akan dapat menggapai cita2 sesatnya …maka ALLAH pun sediaknan bgi mereka AZAB yg pedih . dan bagi orang2 yg tdak TAHU TENTANG ILMU NYA ALLAH dimohon agar tdak berkomentar menurut akalnya yg memang smua manusia terbatas ilmunya ,ika tdak ALLAH beri petunjuk dan hidayah untuk beriman dan memahami ALLAH dan AGAMANYA dgn baik . wsaalam

  45. INNALHAMDALILLAH …segala puji hanya milik ALLAH . bgtu banyak penemuan2 yg mencenggangkan dimuka bumi ini …yg mana para ilmuan pun (BARAT) terkaget2 sebenarnya mereka dgn apa2 yg termaktub didalam ALQUR’AN dan sesuai dgn apa yg mereka temukan …khususnya tentang ARCHEOLOGYST …sperti penemuan : JASAD FIR’AUN LAKNATULLAH ALA’IH , KAUM AAD , BANGSA POMPEY …..dan pertemuan arus panas dan dingin …yg mana sdah ALLAH terangkan semuanya ada didalam ALQUR’AN …dan sekali2 tdak ad kedustaan sdikitpun …FIRMAN ALLAH tsb …melainkan manusianya sja yg ingkar dan pendusta serta serakah ,kikir lagi bakhil , kejam dan sombong….pdahal ketika keatian itu tiba pda mereka …mereka bgtu ketakutan dan mnghiba2 …sebgaimana kisah fira’un swkatu ALLAH tenggelamkan dilaut merah….dan ALLAH selamatkan jasadnya agar mejadi pelajaran bagi umat sesudahnya .

  46. mengenai gambar tengkorak raksasa yg memegang pistol..jelas itu memang ditambah2i oleh orang2 yg punya niat lain . bisa anda bayangkan manusia hidup sekian ribu tahun silam …lalu pistol itu diketemukan di abad 18 ….coba anda pikirkan…..jadi berilmu lah sebelum berkomentar…dan selaraskan dgn hal yg realistis dri penemuan sejarah dan sains….agar tdak terburu2 dan slah berkomentar . syukron wassallam

  47. mira says:

    hhaaa.. iya,, bener banget, jelas banget editannya,,

  48. ari says:

    Kisah kaum ‘aad benar..
    Tapi photo ini hoax..
    link: http://wikiislam.net/wiki/10_Meter_Tall_Human_Skeleton

  49. Wahid Muslim says:

    pukulan telak buat yang percaya evolusi monyet. bukti ini gak pernah diungkap di pengetahauan umum. sementara teori darwin yang dipukul telak harun yahya masih juga dipakek. yang meragugan gambar ini gak usah mencak mencak, bilang telematikahlah, sekarang pakartelematika man yg bantah semua gambar ini? dari dulu gak ada yang berani, penemuan demi penemuan terus bertambah namun ditutupi. manusia dahulu ukuranya raksasa, bukan cebol kaya monyet. mukanya darwin tuh yang kayak monyet.

  50. @zril says:

    kaum tasmud adalah kaum terbesar di zaman nabi nuh dan mereka menbuat rumah menggunakan gunung-ganang dan akhir sekali mereka pupus ditenggelammi air petermuaan ini menunjukkan tentang keesaan Allah S.W.T waalaikummussallam

  51. pokonya yg ga percaya sama foto2 ini berarti dia keturunannya monyet seperti kata si darwin,,tapi kalo yg percaya berarti dia keturunan nabi adam…
    heheheeh

  52. ahmadseful says:

    ini mah fotonya yang hoax kalo kaum raksasa emang ada di quran..

  53. jangan mudah dibohongi says:

    ini hoax atau rekayasa di hotoshop, klu ada yang mau bisa saya bikinin gambar kyk gini 1000 lembar lagi,
    mo dimana aja boleh, di mall, istana presiden atau dipantai atau diatas kasur juga bisa….
    he….xx

  54. herry says:

    Yg komentar ini Hoak apa buktinya, jangan jangan penemuan perahu Nabi Nuh As dianggap sebagai hoak juga•

  55. memang pernah baca penjelasan di al-qur’an,manusia awalnya setinggi 60 hasta AL-QUR’AN tiada keraguan didalamnya dan saya 100% percaya ayat tsb,
    maaf apakah bener penemuan diatas,,???
    jujur saya sering mendapati gambar2 ini banyak yg mengklaim ”hoax”,
    kalaupun gambar ini ”hoax” saya msih percaya pada al-qr’an 100% bahwa manusia awalnya setinggi 60 hasta.
    Dikisahkan oleh Abu Huraira: Nabi berkata, “Allah menciptakan Adam, membuatnya 60 hasta tinggi Ketika diciptakan-Nya dia, Dia berkata kepadanya,.” Pergi dan menyapa bahwa sekelompok malaikat, dan mendengarkan jawaban mereka, untuk itu akan Anda salam (salam) dan salam (salam dari anak Anda. “Jadi, Adam mengatakan (kepada para malaikat), As-salamu ‘alaikum (yaitu Salam bagimu). Para malaikat berkata,” As-salamu Alaika wa Rahmatu-l-lahi “(yaitu Perdamaian dan rahmat Allah bagimu). Dengan demikian para malaikat ditambahkan ke salam Adam ekspresi, ‘Wa Rahmatu-l-lahi,’ Setiap orang yang akan masuk surga akan menyerupai Adam (dalam penampilan dan gambar). Orang telah penurunan perawakannya sejak penciptaan Adam.

  56. Hamba Allah says:

    Yang pasti apa-apa yang di sebut dalam AL-Quran tidak dapat disangkal kebenaran Nya dari pertama tercpita hingga saat ini. Begitu pula dengan keberadaan kaum Ad yang pernah ada dimuka bumi ini. mungkin kita hanya belum mengetahui bukti yang sudah ditemukan terlepas dari gambar di atas hoax atau bukan.

  57. varuk says:

    like this, subhanallah

  58. Ricky says:

    SubhanAllah….Allahu akbar…….
    semoga saja bukti-bukti kebenaran Al-Quran akan terus ditemukan secepatnya…..foto2 di atas Hoax ato tidak…..perlu ada pengkajian lebih lanjut……..
    Yang jelas saya pribadi akan terus berusaha untuk terus mengamati hal-hal yang menyangkut dengan masalah ini….

  59. Rian Aprizal says:

    ayam tetap ayam,,manusia tetap manusia,,ikan tetap ikan,,tidak mungkin manusia jadi moyet atau moyet jadi manusia…

  60. suherman says:

    Takuuut

  61. Amat says:

    Hanya allah yg tau

  62. Fani says:

    Bukan kebenaran al-qur’an yang hoax,tpi fto’y yg hoax,, #y ga?

  63. gogon says:

    itu tulang manusia di zaman dinusaurus. yang ikut dimusnahkan bareng dinosaurus.hahaha

  64. ndalepo-ndalemo says:

    HOAX… foto hasil olah digital. nggak usah dipercaya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 538 other followers

%d bloggers like this: