Inilah Kronologis Pelecehan Islam oleh Pendeta Antonius & Kerusuhan Temanggung

a

TEMANGGUNG (voa-islam.com) – Ulah Pendeta Antonius Rechmon Bawengan ini sungguh keterlaluan dan biadab. Secara terang-terangan, pendeta berdarah Manado ini menyebarkan buku dan selebaran hujatan terhadap Islam.

Di kampung orang, pendeta kelahiran 58 tahun silam ini menyebarkan dua buku berjudul “Ya Tuhanku Tertipu Aku” dan buku “Saudara Perlukan Sponsor (3 Sponsor, 3 Agenda dan 3 Hasil)”  yang penuh dengan pelecehan Islam, antara lain: menghina Allah dan Nabi Muhammad sebagai Pembohong; ibadah haji adalah simbol kemesuman Islam; Hajar Aswad adalah simbol dari –maaf– vagina; tugu Jamarat di Mina adalah simbol dari –maaf– kemaluan laki-laki; umat Islam yang shalat Jum’at di masjid sama dengan menyembah dewa Bulan karena di atas kubah masjid terdapat lambang bulan-bintang; Islam agama bengis dan kejam; dan masih banyak lagi hujatan lainnya. Yang lebih menyesatkan lagi, Pendeta Antonius menukil ayat-ayat Al-Qur’an dalam hujatan-hujatan tersebut.

Inilah kronologis kasus penodaan agama ini:

SABTU, 23 OKTOBER 2010

Pendeta Antonius  menginap di rumah saudaranya di Dusun Kenalan, Desa/Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. Ia hanya semalam menginap di tempat itu untuk melanjutkan perjalanan ke Magelang. Namun waktu sehari tersebut digunakan untuk membagikan buku dan selebaran berisi tulisan yang menghina umat Islam.

Pagi hari pukul 08.00, Antonius menyebarkan dua buku berjudul “Ya Tuhanku Tertipu Aku” dan buku “Saudara Perlukan Sponsor (3 Sponsor, 3 Agenda dan 3 Hasil).”  Modusnya, dua judul buku tersebut diletakkan begitu saja di halaman rumah warga setempat, termasuk di halaman rumah Bambang Suryoko.

Karena isi buku-buku itu meresahkan masyarakat, maka Bambang Suryoko didukung warga lain dan sejumlah organisasi kemasyarakatan melaporkan Pendeta Antonius ke polisi, yang ditindaklanjuti dengan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

….Di kampung orang, pendeta berdarah Manado ini menyebarkan buku Kristen yang menghina Allah dan Nabi Muhammad sebagai Pembohong; ibadah haji adalah simbol kemesuman Islam; umat Islam yang shalat menyembah dewa Bulan, dll….

SELASA, 26 OKTOBER 2010

Buntut dari tulisan yang memancing emosi umat Islam ini, Antonius ditahan di Polres Temanggung sejak 26 Oktober 2010. Pria yang KTP-nya tercatat sebagai warga Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit Jaktim ini didakwa melakukan tindakan penistaan agama. Ia dijerat dengan ketentuan pasal 156 huruf a KUHP (primer), dan pasal 156 KUHP (subsider), dengan ancaman hukuman penjara selama 5 tahun.

KAMIS, 20 JANUARI 2011

Sidang di Pengadilan Negeri (PN) Temanggaung, Kamis (20/1/2011) berlangsung nyaris ricuh. Agenda dalam sidang yang dipimpin Dwi Dayanto SH itu mendengar keterangan tiga saksi, yaitu  Fahrurazi, Ketua RT Dusun Kenalan Kecamatan Kranggan, dan dua warganya yakni Bambang Suryoko dan Agus Adi Cahyono.

Ribuan umat Islam Temanggung mendatangi pengadilan untuk menghadiri sidang kasus penistaan agama atas terdakwa Pendeta Antonius dengan agenda pemeriksaan saksi.

Pengunjung sidang menudingkan jari telunjuk ke arah terdakwa dan terus meneriakkan kalimat kecaman yang menyebut terdakwa merupakan teroris yang sebenarnya, sehingga harus dibunuh atau dihukum mati. Majelis hakim berulang kali mengetukkan palu meminta pengunjung sidang diam untuk mendengarkan keterangan para saksi.

Namun massa yang marah tidak menghiraukannya. Mereka terus saja mencaci dan meneriaki terdakwa. Bahkan saat polisi yang berjaga di ruangan sidang mencoba menenangkan kemarahan pengunjung, massa tetap tidak mengindahkannya dan terus berteriak.

Seusai persidangan, massa langsung berhamburan berusaha menyerang terdakwa. Saat terdakwa keluar ruang sidang, Antonius langsung disasar sejumlah massa. Antonius pun dipukuli sehingga wajah dan bahunya mengalami memar-memar. Namun polisi segera mengamankannya meninggalkan ruang sidang.

….Dalam buku Kristen yang disebarkan Pendeta Antonius, Hajar Aswad dilecehkan sebagai simbol vagina; tugu Jamarat di Mina dihina sebagai simbol dari kemaluan laki-laki….

Aksi kejar dan baku pukul berlanjut kala terdakwa dimasukkan ke mobil tahanan. Kalah jumlah personel, polisi berkali-kali mengeluarkan tembakan peringatan ke udara. Polisi berusaha membubarkan massa.

KAMIS, 27 JANUARI 2011

Pekan berikutnya, Kamis (27/1/2011) sidang lanjutan kembali digelar dengan agenda mendengarkan keterangan para saksi, termasuk saksi ahli dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk mengamankan jalannya sidang, kepolisian menerjunkan 1 SSK lengkap dengan 2 mobil Barracuda, water canon dan pasukan anti huru-hara (PHH).

Prosesi persidangan berlangsung lancar dan tanpa ada kericuhan apapun. Berkali-kali pekikan takbir bergema di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Kabupaten Temanggung. Ketertiban para pengunjung sidang yang terdiri dari berbagai elemen kaum muslimin masih terkendali.

Namun di saat sidang dinyatakan selesai dan akan dilanjutkan pekan depan, sontak massa berlarian menghampiri tersangka Pendeta Antonius yang secepat kilat dilindungi oleh aparat kepolisian. Massa menjadi beringas saat menyaksikan petugas menyelamatkan  tersangka ke dalam mobil Barracuda. Mereka berlarian mengejar dan mengepung sekitar gedung pengadilan, namun petugas berhasil melarikan si penghujat itu.

Puluhan massa yang tidak sabar dan geram mendengar ulah pendeta penghujat itupun melampiaskan kemarahan mereka dengan melakukan sweeping di seluruh ruangan gedung pengadilan negeri Temanggung. Tak berhasil menemukan si penghujat, massa pun  berbondong-bondong menuju ke Lembaga Pemasyarakatan Temanggung untuk mencari tersangka. Namun hasilnya nihil dan mereka pun melampiaskan kemarahan mereka dengan merusak deretan sepeda motor di depan LP Temanggung.

….Islam dituding sebagai agama bengis dan kejam. Yang lebih menyesatkan lagi, Pendeta Antonius menukil ayat-ayat Al-Qur’an dalam hujatan-hujatan tersebut….

SENIN, 8 FEBRUARI 2011

Sidang keempat digelar dengan agenda pembacaan tuntutan. Dalam tuntutan yang dibacakan Jaksa Siti Mahanim, terdakwa Antonius dituntut 5 tahun penjara dipotong masa tahanan. Jaksa berdalih, hukuman maksimal tersebut sesuai ancaman yang tertuang dalam Pasal 156 KUHP tentang penistaan agama.

Massa dari sejumlah ormas Islam merasa tuntutan tersebut sangat mengecewakan. Tuntutan jaksa itu dinilai tidak setimpal dengan penghujatan pendeta terhadap Allah, Nabi Muhammad dan syariat Islam. Maka lahirlah kerusuhan yang meluas hingga ke luar pengadilan. Akibat kerusuhan ini, dua orang aktivis Muslim terkapar akibat tembakan peluru karet polisi, beberapa unit sepeda motor dan satu unit mobil Dalmas milik Polres Temanggung dibakar massa. Selain itu beberapa fasilitas gereja di sekitar PN Temanggung jadi sasaran amuk massa.

Penghujatan agama yang dilakukan pendeta harus dibayar mahal dengan rusaknya fasilitas umum dan terkoyaknya hubungan antarumat beragama. Biang kerok kerusuhan antarumat beragama adalah Pendeta perovokator Antonius Richmon Bawengan. [taz/dbs]

About these ads

18 thoughts on “Inilah Kronologis Pelecehan Islam oleh Pendeta Antonius & Kerusuhan Temanggung

  1. begitulah kang orng nasrani itu tak henti2nya bikin ulah,mempropokasi dsb. yg nyata kebencian mereka sudah spt itu apalagi yg ada di dlm hatinya jauh lebih buruk lagi. kang naros, bener teu aya orang anu bilang saking juhudnya sama agama, dia bilang ; dunya mah teu kudu diteangan, da geus di jatahan ieuh ku pangran. ibadah wae sing hade,pasrah ka pangeran,solat tahajud,duha, sedekah, ke dunya nuturkeun. cmn jadikeun dunya dina dampal suku, ulah di leungeun jeung hate. kumaha tah kang ?

  2. Saya sbg org kristen ikut malu atas ulah pendeta antonius seharusnya kita sbg satu bangsa harus menghentikan hujat menghujat agama org lain termasuk hujatan pengarang2 islam yg terang2an menghujat kristen di toko2 buku gramedia dll. Pemerintah harus melarang semua buku yg berbau sara dan tdk tebang pilih. Begitu jg berita artis yg pindah agama jgnlah dijadikan berita besar seolah2 hanya islam yg benar. Kita semua harus hidup rukun dan saling menghormati. Yg penting kita thd Tuhan bukan mencampuri org lain thd Tuhan

  3. ini merupakan tindakan yang tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang pendeta. memalukan dan meresahkan kalangan umat beragama. ini betul2 tindakan tidak beretika dan sesat.saya sbg org kristen kecewa dgn tindakan sprt ini. jnglah kerukunan kita diganggu oleh perbuatan sprt ini.

  4. semoga tidak ada lagi peristiwa spt ini, ini bkn mslh agama A salah, agama B benar, tetapi itu semua bgmana kitanya yang menjalani, mari berintropeksi bersama, dan mari bersama bergandegan tangan spt waktu di piala AFF Suzuki, kita mendukung tim nas sepak bola kita, tanpa melihat suku, bangsa, agama, kaya, miskin, tetapi kita melihatnya sbg BANGSA INDONESIA, GARUDA DI DADA KU !

  5. sy sbg umat nasrani meminta maaf atas perbuatan pdt antonios ( mungkin stres /ada misi2 tertentu utk adu domba )jiwa umat kristen tdk dianjurkan mencela, menghina,merasa benar sendiri. Jiwa umat kristen hrs membawa damai bukan menciptakan kerusuhaan. Umat kristen tdk perlu membela2 agamanya atau ALLAH nya , DIA ngak perlu pembelaan, tapi DIA inginkan hanya kita membawa kedamaian ( mungkin tersangka itu di pakai iblis utk adu domba ) JANGAN TERPROVOKASI smuanya.

  6. Jadi semakin jelaz siapa yang akhirnya Syirik dengan agama islam….Allahuakbar

  7. Itulah Kristen.!! Kebencian mereka kpd ISLAM Memang sudah keturunan..suka ngecap muslim sbg teroris,pdhl mereka sendirilah yg teroris.!!
    Bahkan ini lebih parah lagi.
    Ada pendeta malah membakar ALQURAN:

    http://www.google.com/m/search?oe=UTF-8&client=ms-rim&channel=browser&hl=id&aq=f&oq=&aqi=p1-k0d0t0&fkt=969&fsdt=14186&cqt=&rst=&htf=&his=&maction=&q=pembakaran+alquran

    Bahkan mereka membuat hari pembakaran alquran sedunia..benar2 teroris mereka.

    Menuding islam suka membuat bom dan melakukan bom bunuh diri.
    Pdhl mereka membuat nuklir dan menghancurkan org2 islam.
    Kl muslim melakukan kesalahan seakan2 masalah diperbesarkan.dan di cap islam sbg agama teroris.
    Kl mereka yg membunuh muslim secara masal seolah2 ditutup2i.
    Seakan2 mereka menegakan kebenaran.memberantas teroris.
    Dsr kristen munafik.!!
    Kalian itulah teroris yg sebenarnya..
    Umat muslim yg merasa tertindas krn ulah kalian,dan mereka melakukan perlawanan,lalu mereka kalian anggap teroris.!!
    Apakah itu ajaran agama kalian.
    Lempar batu sembunyi tangaN?
    Muna kalian(kristen) semua..!!
    Tidakkah kalian melihat jutaAn nyawa umat muslim terbunuh,bahkan sampai umat muslim perang saudara gara2 ulah kalian(kristen amerika)
    Apakah itu bukan Teroris yg sebenarnya..?
    Kami tahu memang itu lah tujuan agama kalian.
    Yaitu menghancurkan ISLAM.!!
    Tp kalian hrs ingat.!!
    Jgn pernah bermimpi untuk bisa menghancurkan umat IsLaM.!!
    Karena kami2 tdk akan pernah diam dan takut kpd kafir2 spt kaliaN.!!

  8. yang jelas musuh kita sejak dulu adalah kaum ZIONIS / YAHUDI LAKNATULLOH, keadaan kita saat ini karena mereka. pemikiran kita yang mereka kuasai saat ini. jangan sampe terkecoh / mungkin Antonius Richmon Bawengan utusan dazzal? yang berlindung di atas nama pendeta. ingat dulu di islam juga pernah ada yang mengaku sebagai habib untuk menghancurkan / menceraibaraikan umat islam serta memprovokator.

  9. SEMUA AGAMA SAMAWI (yang diturunkan Alloh swt) awal nya suci, dengan adanya rencana dazzal, semua di robah kecuali al-Qur’an (penyempurna kitab-kitab sebelumnya) yang telah di jaga kesuciannya dari tangan-tangan dazzal. maka janganlah kalian saling menyalahkan, menghina, apalagi saling menumpahkan darah. krn sudah jelas ini semua rencana dazzal.

  10. setelah kita mati, barulah kita tahu mana yg slah dan yang benar tetapi semua sdh terlambat. Yang pasti Tuhan itu Tunggal dan tidak ada keluarga, anak ataupun saingan baginya. Tuhan itu Esa alias Tunggal.Tuhan bukan lelaki dan perempuan dan bukan pula banci. Pelajari itu dulu ya……………….

  11. lah ko tuhan berbentuk manusia? sama dong ama kita kita,,hehehe….punya syahwat juga dong dia.

  12. dalam koment kok ada sifat pelecehan agama juga? bukankh yg dikritik tentang pelecehan agama?
    klw saling melecehkan ga akan mendapatkan yg namanx titik temu..justru akan menciptakan titik api….

  13. wah,,,
    jgn gtu donk pak antonius,,,
    saling menghormatilah kita sama agama yg lain,,
    aq jg agama kristen lo,,,
    tpi gk hrus bnci sama mereka

  14. Wow hebat kali pendeta ini
    Asik betul caranya
    Salut dah keberanian dia menulis buku itu
    Tapi kasian ya, bukan menuding agama lo itu bener
    Tapi sebelum melakukan sesuatu itu pikir dulu dch
    Sebelum lo melecehkan agama yang aku anut ini (islam) lebih baik lo liat sendiri agama lo itu kayak mana
    Maaf bukan melecehkan agama kamu
    Bisakan dalam agama kamu ada 3 pemyembahan, yaitu bapa tuhan, yesus kristus, bunda maria, jadi siapa yang wajib disembah???? Nah itu baru satu
    Selanjutnya apakah yesus itu pembawa agama kristen??? Itu yang kedua
    Mengapa didalam gereja khatolik roma ada surat pengampunan dosa???? Itu ketiga
    Mengapa dalam injil ada perjanjian lama dan perjanjian baru??? Itu keempat
    Mengapa dalam injil kalau bumi itu adalah pusat tata surya, dan dirubah kembali kalo mataharilah pusat tata surya???? Dijawab donk bagi agama kristen yang bisa menjawab dan mengetahui seluk beluk agamanya

  15. Lalu bagaimana dengan Ustad dan Ulama yang melecehkan Agama Kriste, apakah umat Islam melarangnya atau membelanya, 10 kesalahan Ulama Islam diabnding 1 kesalahan Pendeta Kristen tetap saja yang jadi sorotan kesalahan sang pendeta.

    Disinilah letak ketidakdewasaan cara berpikir umat islam, kesalahan orang lain dibesar-besarkan, kesalahan sendiri ditutup-tutupi, mirisa kita meleihat fenomena ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s