4 Malaikat yang Mendatangi Orang Sakit!

*
**
Kalau kita tahu sebenarnya tak ada alasan untuk sedih dan mengeluh saat kita sakit, karena sebenarnya itu adalah kasih sayang Allah SWT pada kita. Kita mengeluh saat sakit karena kita tak tahu rahasianya. Tulisan pendek ini membuktikan bahwa sakit itu harus disyukuri karena itu adalah bukti kasih sayang Allah pada kita. Allah mengutus 4 malaikat untuk selalu menjaga kita dalam sakit.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seorang hamba yang beriman menderita sakit, maka Allah memerintahkan kepada para malaikat agar menulis perbuatan yang terbaik yang dikerjakan hamba mukmin itu pada saat sehat dan pada saat waktu senangnya.”

Ujaran Rasulullah SAW tsb diriwayatkan oleh Abu Imamah al Bahili. Dalam hadist yang lain Rasulullah bersabda :

“Apabila seorang hamba mukmin sakit, maka Allah mengutus 4 malaikat untuk datang padanya.”

Allah memerintahkan :
1. Malaikat pertama untuk mengambil kekuatannya sehingga menjadi lemah.
2. Malaikat kedua untuk mengambil rasa lezatnya makanan dari mulutnya
3. Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubahlah wajah si sakit menjadi pucat pasi.
4. Malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya , maka berubahlah si sakit menjadi suci dari dosa.

Tatkala Allah akan menyembuhkan hamba mukmin itu, Allah memerintahkan kepada malaikat 1, 2 dan 3 untuk mengembalikan kekuatannya, rasa lezat, dan cahaya di wajah sang hamba.

Namun untuk malaikat ke 4 , Allah tidak memerintahkan untuk mengembalikan dosa-dosanya kepada hamba mukmin. Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata : “Ya Allah mengapa dosa-dosa ini tidak Engkau kembalikan?”

Allah menjawab: “Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut.”

Dengan ini, maka kelak si sakit itu berangkat ke alam akhirat dan keluar dari dunia dalam keadaan suci dari dosa sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Sakit panas dalam sehari semalam, dapat menghilangkan dosa selama setahun.” (situs lakalaka.com)

Subhanallaah … subhanallaah … !!

“Tiada seorang mu’min yang ditimpa oleh lelah atau pe­nyakit, atau risau fikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan di­jadikan penebus dosanya oleh Allah. (HR Bukhari-Muslim)

“Jika sakit seorang hamba hingga tiga hari, maka keluar dari dosa-dosanya sebagaimana keadaannya ketika baru lahir dari kandungan ibunya. (HR Ath-Thabarani)

“Penyakit panas itu menjaga tiap mu’min dari neraka, dan panas semalam cukup dapat menebus dosa setahun.” (HR Al-Qadha’i)

About these ads

40 thoughts on “4 Malaikat yang Mendatangi Orang Sakit!

  1. masya Allah,,sungguh indah perangkaian kalimat ini shingga tak sngaja tertetes pula airmat ini melihat keindahan Islam rohmatalilalamin

  2. Ya Allah…Engkau ambil anakku yang masih 3 tahun dengan sakitnya 3 hari, telah Kau sucikan kembali anakku seperti bayi yang baru lahir….Harum tunggu kami di surga ya…..Amin Ya Robbal Alamin….

  3. Sekali lagi Mas, bolehkah dishare hadits ini riwayat siapa dan derajat hadits ini bagaimana?
    Saya sungguh ingin kalau kisah di atas menggunakan hadits sahih, walau saya percaya Allah lebih Merahmati, Menyantuni dan Mengampuni dari kisah di atas.

  4. Subhanallah, trnyta allah hnya mnguji qta dan dsa qta slma 1 tlah dhpuskan dg rsa panas shri smlam

  5. Allah Maha pengasih lagi maha penyayang..
    Maka Nikmat Tuhan kamu yang mana,yang kamu dustakan..( Q.S Arrahman..)

  6. begitu maha cinta kasih nya Alloh Azza Wa Jalla kpd hamba-Nya meskipun qta selalu mendurhakai-Nya,,maha suci engkau tiada tuhan selain Alloh

  7. Alluhu Ya Goffur Ya Rakhman Ya Rakhim, Maha Suci dan Maha Mulia Engkau Ya Rabb.

  8. Abdul Laits Assamarqandi dg sanadnya dari Atha’ bin yassar , Rasulullah SAW bersabda: Jika seorang sakit maka Allah mengutus “DUA MALAIKAT” dan berfirman:” lihatlah apa yg di katakan oleh hamba-Ku kpd orang2 yg sambang kpd nya , maka bila d sambang orang lalu mengucap “Alhamdulillah”,maka disampaikan kpd Tuhan, lalu Allah berkata kpd dua malaikat: sampaikan kpd hamba-ku: Jika Aku mematikannya karena penyakit itu pasti Aku masukkan ia ke dalam surga, dan jika Aku sembuhkan, Aku ganti dg daging yg lbh baik dr dagingnya, dan darah yg lebih baik dr darahnya, dan Aku jadikan ” PENYAKIT ITU SEBAGAI PENEBUS DOSA-DOSANYA “.

  9. maha besar engkau ya ALLAH, Hamba Bersujud padaMU.”mamahku sakit selama 8 thn di tempat tidur” Ya ALLAH, Subhanallah.

  10. lantas bagaimana yang diceritakan dari kisah nyata seperti acara Tv” Hidayah” yaitu seorang yang melakukan dosa terus menerus lantas terkena penyakit aneh sampai dia meninggal atau dia masih hidup tetapi cacat bahkan Gila ,,bukan kan itu azab bukan pengampunan dosa.

    Maha Suci Allah SWT…

  11. Subhanallah.. tp klo yg sakit org kafir mah ga akan di ampuni dosa mreka hehe :D

  12. Subhanallah bgtu indah.semoga sakit adl pnebus dosa..sperti anku yg msh bayi skt smpai meninggal,ga lama kmudian ayahanda sakit dan meninggal pula.semoga sakitnya ayahanda mjd pnebus dosa2nya semasa hdup.amien

  13. Pingback: 4 Malaikat yang Mendatangi Kita Disaat Sakit | SKI SMAN1SDA

  14. Akuorang yg selalu lalai untuk sholat,tapi hati kecil ku selalu mengingat allah,.ku pasrahkansegala sesuatu ke pada allah.karna seala sesuatu hterjadi atas kehendak NYA..amin….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s