Allahu Akbar … Ternyata Rasulullah SAW Masih Hidup sampai Sekarang!!

a
Penjelasan bahwa Rasulullah Muhammad saw masih hidup setelah kewafatannya saya kutipkan dari kitab Tanwirul Halak karya Imam Suyuti. Berikut kutipan dari Kitab Tanwirul Halak: Imam al-Baihaqi telah membahas sepenggal kehidupan para nabi. Ia menyatakan dalam kitab Dalailun Nubuwwah: “Para nabi hidup di sisi Tuhan mereka seperti para syuhada.”

Abu Manshur ‘Abdul Qahir bin Thahir al-Baghdadi mengatakan: “Para sahabat kami yang ahli kalam al-muhaqqiqun berpendapat bahwa Nabi kita Muhammad saw hidup setelah wafatnya. Adalah beliau saw bergembira dengan ketaatan ummatnya dan bersedih dengan kemaksiatan mereka, dan beliau membalas shalawat dari ummatnya.” Ia menambahkan, “Para nabi as tidaklah dimakan oleh bumi sedikit pun. Musa as sudah meninggal pada masanya, dan Nabi kita mengabarkan bahwa beliau melihat ia shalat di kuburnya. Disebutkan dalam hadis yang membahas masalah mi’raj, bahwasanya Nabi Muhammad saw melihat Nabi Musa as di langit ke empat serta melihat Adam dan Ibrahim. Jika hal ini benar adanya, maka kami berpendapat bahwa Nabi kita Muhammad saw juga hidup setelah wafatnya, dan beliau dalam kenabiannya.”

Al-Qurtubi dalam at-Tadzkirah mengenai hadis kematian dari syeikhnya mengatakan: “Kematian bukanlah ketiadaan yang murni, namun kematian merupakan perpindahan dari satu keadaan kepada keadaan lain. Hal ini menunjukkan bahwa para syuhada (orang yang mati syahid) setelah kematian mereka, mereka hidup dengan diberikan rejeki, dalam keadaan gembira dan suka cita. Hal ini merupakan sifat orang-orang yang hidup di dunia. Jika sifat kehidupan di dunia ini saja diberikan kepada para syuhada (orang yang mati syahid), tentu para nabi lebih berhak untuk menerimanya.”

Benar, ungkapan yang mengatakan bahwa bumi tidak memakan jasad para nabi as. Hal itu terbukti bahwa Nabi Muhammad saw berkumpul dengan para nabi pada malam isra’ di Baitul Maqdis dan di langit, serta melihat Nabi Musa berdiri shalat di kuburnya. Nabi juga mengabarkan bahwa beliau menjawab salam dari orang yang mengucapkan salam kepadanya. Sampai hal yang lebih dari itu, di mana secara global hal tersebut bisa menjadi dasar penyangkalan terhadap kematian para nabi as yang semestinya adalah mereka kembali; gaib dari pada kita, hingga kita tidak bisa menemukan mereka, padahal mereka itu wujud, hidup dan tidaklah melihat mereka seorang pun dari kita melainkan orang yang oleh Allah diberikan kekhususan dengan karamah.

Abu Ya’la dalam Musnad-nya dan al-Baihaqi dalam kitab Hayatul Anbiya’ mengeluarkan hadis dari Anas ra: Nabi saw bersabda: “Para nabi hidup di kubur mereka dalam keadaan mengerjakan shalat.” Al-Baihaqi mengeluarkan hadis dari Anas ra: Nabi saw bersabda, “Sesungguhnya para nabi tidaklah ditinggalkan di dalam kubur mereka setelah empat puluh malam, akan tetapi mereka shalat di hadapan Allah SWT sampai ditiupnya sangkakala.” Sufyan meriwayatkan dalam al-Jami’, ia mengatakan: “Syeikh kami berkata, dari Sa’idbin al-Musayyab, ia mengatakan, “Tidaklah seorang nabi itu tinggal di dalam kuburnya lebih dari empat puluh malam, lalu ia diangkat.”

Al-Baihaqi menyatakan, atas dasar inilah mereka layaknya seperti orang hidup kebanyakan, sesuai dengan Allah menempatkan mereka. ‘Abdur Razzaq dalam Musnadnya meriwayatkan dari as-Tsauri, dari Abil Miqdam, dari Sa’id bin Musayyab, ia berkata: “Tidaklah seorang nabi mendiami bumi lebih dari empat puluh hari.” Abui Miqdam meriwayatkan dari Tsabit bin Hurmuz al-Kufi, seorang syeikh yang shaleh, Ibn Hibban dalam Tarikhnya dan Thabrani dalam al-Kabir serta Abu Nua’im dalam al-Hilyah, dari Anas ra berkata: Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah seorang nabi pun yang meninggal, kemudian mendiami kuburnya kecuali hanya empat puluh hari.”

Imamul Haramairi dalam kitab an-Nihayah, dan ar-Rafi’i dalam kitab as-Syarah diriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda “Aku dimuliakan oleh Tuhanku dari ditinggalkannya aku dikubur selama tiga hari.” Imam al-Haramain menambahkan, diriwayatkan lebih dari dua hari. Abui Hasan bin ar-Raghwati al-Hanbali mencantumkan dalam sebagian kitab-kitabnya: “Sesungguhnya Allah tidak meninggalkan seorang nabi pun di dalam kuburnya lebih dari setengah hari.” Al-Imam Badruddin bin as-Shahib dalam Tadzkirahnya membahas dalam satu bab tentang hidupnya Nabi saw setelah memasuki alam bnrzokh. Ia mengambil dalil penjelasan Pemilik syari’at (Allah) dari firmanNya: “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah, itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rejeki,” (QS. Ali ‘Imran: 169).

Keadaan di atas menjelaskan tentang kehidupan alam barzakh setelah kematian, yang dialami oleh salah satu golongan dari ummat ini yang termasuk dalam golongan orang-orang yang bahagia (sn’ada’). Apakah hal-ikhwal mereka lebih tinggi dibandingkan dengan kedudukan Nabi saw? Sebab mereka memperoleh kedudukan semacam ini dengan barakah dan dengan sebab mereka mengikuti beliau, serta bersifat dengan hal yang memang selayaknya mereka memperoleh ganjaran kedudukan ini dengan syahadah (kesaksian), dan syahadah Nabi Muhammad saw itu merupakan paling sempurnanya syahadah. Nabi Muhammad saw bersabda: “Aku melewati Nabi Musa as pada malam aku dasra’kan berada di sisi bukit pasir merah, ia sedang berdiri shalat di kuburnya.”

Hal ini jelas sebagai penetapan atas hidupnya Musa as, sebab Nabi saw menggambarkannya sedang melakukan shalat dalam posisi berdiri. Hal semacam ini tidaklah disifati sebagai ruh, melainkan jasad, dan pengkhususannya di kubur merupakan dalilnya. Sebab sekiranya (yang tampak itu) adalah sifat-sifat ruh, maka tidak memerlukan pengkhususan di kuburnya. Tidak seorang pun yang akan mengatakan/berpendapat bahwa ruh-ruh para nabi terisolir (terpenjara) di dalam kubur beserta jasadnya, sedangkan ruh-ruh para su’ada’ (orang-orang yang bahagia/sentosa) dan kaum mukminin berada di surga.

Di dalam ceritanya, Ibn ‘Abbas menuturkan ra: “Aku merasa tidak sah shalatku sepanjang hidup kecuali sekali shalat saja. Hal itu terjadi ketika aku berada di Masjidil Haram pada waktu Shubuh. Ketika imam takbiratul ihram, aku juga melakukan hal yang sama. Tiba-tiba aku merasa ada kekuatan yang menarikku; kemudian aku berjalan bersama Rasuhdlah antara Mekkah dan Madinah. Kemudian kami melewati sebuah lembah. Nabi bertanya, “Lembah apakah ini?”Mereka menjawab, “Lembah Azraq.” Kemudian Ibn ‘Abbas berkata, “Seolah-olah aku melihat Musa meletakkan kedua jari telunjuk ke telinganya sambil berdoa kepada Allah dengan talbiyah melewati lembah ini. Kemudian kami melanjutlam perjalanan hingga kami sampai pada sebuah sungai kecil di bukit.” Ibn ‘Abbas melanjutkan kisahnya, “Seolah-olah aku melihat Nabi Yunus di atas unta yang halus, di atasnya ada jubah wol melewati lembah ini sambil membaca talbiyah.”

Dipertanyakan di sini, bagaimana Ibn ‘Abbas bisa menuturkan tentang haji dan talbiyah mereka, padahal mereka sudah meninggal? Dijawab: bahwasanya para syuhada itu hidup di sisi Tuhan mereka dengan diberikan rejeki, maka tidak jauh pula, jika mereka haji dan shalat serta bertaqarrub dengan semampu mereka, meskipun mereka berada di akhirat. Sebenarnya mereka di dunia mi, yakni kampungnya amal, sampai jika telah habis masanya dan berganti ke kampung akhirat, yakni kampungnya jaza’ (pembalasan), maka habis pula amalnya. Ini pendapat dari al-Qadhi Iyadh.

Al-Qadhi Iyadh mengatakan bahwa mereka itu melaksanakan haji dengan jasad mereka dan meninggalkan kubur mereka, maka bagaimana bisa diingkari berpisahnya Nabi saw dengan kuburnya, jika beliau haji, shalat ataupun isra’ dengan jasadnya ke langit, tidaklah beliau terpendam di dalam kubur.

Kesimpulannya dari beberapa penukilan dan hadis tersebut, bahwa Nabi saw hidup dengan jasad dan ruhnya. Dan beliau melakukan aktivitas dan berjalan, sekehendak beliau di seluruh penjuru bumi dan di alam malakut. Dan beliau dalam bentuk/keadaan seperti saat sebelum beliau wafat, tidak berubah sedikit pun. Beliau tidak tampak oleh pandangan sebagaimana para malaikat yang wujudnya adalah ada dan hidup dengan jasad mereka. Jika Allah berkehendak mengangkat hijab tersebut terhadap orang yang Dia kehendaki sebagai bentuk anugerah dengan melihat Nabi, maka orang tersebut akan melihat beliau dalam keadaan apa adanya (seperti saat beliau hidup) dan tidak ada sesuatu pun yang menghalangi dari hal tersebut serta tidak ada pula yang menentang atas pengkhususan melihat yang semisalnya. (DZ dari http://kawansejati.ee.itb.ac.id/tanwir-al-halak)

About these ads

137 thoughts on “Allahu Akbar … Ternyata Rasulullah SAW Masih Hidup sampai Sekarang!!

  1. Kejadian ini memang tidak bisa diterima oleh logika, sebab memang logika tidak berfungsi di situ. Iman lah yang berfungsi di situ, dan atas nama iman saya percaya dengan uraian antum, cuma bagaimana dengan Imam Mahdi yang dipercaya oleh kaum Syi’ah dan sebagian Sunni, telah gaib sampai ratusan tahun dan akan muncul untuk membawa kemenangan bagi ummat Muhammad Saw.? Tolong cari dong sumbernya.

  2. ah itu kan cuma teori dari beberapa orang saja,tidaklah di sebutkan secara gamblang kalo Nabi SAW itu memang benar2 hidup,. itu yg dikatakan di atas hanyalah anggapan teoritikal seoran saja,. jadi i dont believe,.

  3. sungguh suatu pemahaman yang sesat….bertentangan Alqur’an ,hadis nabi dan para sahabat dan syariat islam….inilah pemahaman Ahli Bid’ah.

  4. allahuakbar atas nama ke imnan ana percaya 100 persen. dan bagi antum2 sekalian klo tidak percaya jangan mengomentari tampa di dasari dengan iman dan ilmu.lebih baik baik diam.

  5. Saya menyetujui bahwa Nabi Adam. As. s/d Nabi Muhammad S.A.W yang telah wafat di muka bumi yang penuh dosa ini di bangkitkan kembali oleh Allah S.W.T karena tugas tugas nya telah selesai… Mengapa begitu cepat… Karna Mereka (nabi) adalah utusan…

  6. Merujuk pada ayat ini : “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah, itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rejeki,” (QS. Ali ‘Imran: 169).

    Sebagai orang Muslim mesti kita yakin.seyakin yakinnya. Subhanallah

  7. Tiada yang tak mungkin bagiNya karena Allah maha kuasa atas segala CiptaaNya.. Allah selalu memberi hidayah kepada setiap yang dikehendakiNya.. Allahu Akbar…

  8. Rasulullah tetap hidup sampai akhir zaman menerangi umat, yang mau mengenal tentang Allah maka akan tetap merasakan Rasulullah hidup bersamanya

  9. hadis nabi yg terahir sebelum meninggal dunia..;
    aku tinggalkan dua hal yg tdk akan perna kalian sesat selamanya bila kalian memegang teguh, yaitu kitabullah dan sunnah rasul…

    jadi ini jelas…..amanah nabi sebelum meninggal dunia…
    sebaiknya…….tidak buat asumsi dan prediksi…..OK bro..!!!

    semua nabi ( rasul ) akanmuncul ketika kiamat , itu betul dan sekaligus memaparkan ttg misi yg sebenarnya bagi umatnya yg sesat di dunia………………………………………….tapi itu terlambat bagi umat yg sesat dan ingkar sewaktu di dunia..!!!

  10. Kemudian sesudah itu,sesungguhnya kmu sekalian pasti mati kemudian sesungguhnya kmu sekalian akan di bangkitkan DARI KUBURMU di hari kiamat (Q.S.23:15-16)

    nabi bersabda

    aku adalh orang yang pertama kali di bangkitkan / di bangunkan di antara ahli kubur di hari kiamat dan aku adalah orang yg pertama kali meberi syafi’at

    ayat dan hadis di atas menujukkan bahwa nabi muhammad dan mayat mayat yg lain tdk akan bangkit kembali kecuali sudah datang hari kebangkitan

  11. Tugas kita adalah taat pada ajaran beliau. Yang pasti ajaran beliau masih akan tetap hidup sepanjang kita para umat beliau tetap taat dan mau melanjutkann perjuangan dengan beribadah dan berdakwa. Tentang apakah beliau masih hidup sebagaimana layaknya manusia hidup, semuanya adalah kekuasaan Allah SWT, Allah maha Kuasa, apapun yang dikehendaki pasti bisa. …

  12. Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah, itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rejeki,” (QS. Ali ‘Imran: 169)…….
    terjemah diatas adalah benar, itu terjemah harfiyah……
    inilah terjemah tafsirnya ; janganlah kamu mengira bahwa orang2 yg gugur di jln Allah mati, mereka tetap hidup ruhnya di sisi Allah dgn terus menerus mendapat ganjaran pahala dan selalu memperolah rahmat…../ itulah pahala yg tidak habis2nya Allah berikan kpd mereka yg mati syahid…

    firman Allah : setiap yg ber jiwa ( yg bernafas ) akan mati….
    firman Allah ; bila datang ajalnya, tdk dimundurkan dan tdk dimajukan sedetikpun…………………………….

  13. kalau kita tidak hati hati memahami sesuatau maka kita akan terjerumus ke jalan yang sesat.sekarang memang bayak yang aneh aneh.yang menghancurkan ketakwaan kita .jadi marilah kita berhati-hati untuk menangapinya
    .jangankan yang bilang nabi muhammad.masih hidup yang mengaku jadi nabi aja udah banyak.semoga ALLah mengampuni mereka.amin.amin

  14. Dari mana Anda tau nabi Muhammad masih hidup…
    yang seperti ini harus d luruskan..
    Nabi Muhammad SAW telah wafat…
    Dan Para nabi memang tempat nya di surga…
    Setiap orang meninggal bukan berarti tidak di hidupkan kembali..
    di Al qur’an telah di jelaskan bahwa setelah malaikat meniup sangkakala manusia semua di matikan…
    dan malaikat meniupkan sangkakalahnya lagi dan manusia di hidupkan kembali…
    begitu juga Nabi…
    cuma bedanya nabi emang tempatnya langsung di surga..
    beda dengan kita2 yg sekarang…
    entah kita langsung di surga atau di neraka dulu…
    Jika anda membuat POSTING seperti ini akan menjadi sebuah salah paham antar umat islam..
    sehingga menjadi kesesatan.

    PELAJARI ISLAM DENGAN BENAR!!!
    MUNGKIN ANDA SALAH MENGARTIKAN MAKSUD DARI SABDA NABI MUHAMMAD SAW YANG BERBUNYI : JIKA SUDAH MENDAPATKAN ILMU MAKA SAMPAIKANLAH..
    MAKSUD DARI SAMPAI KAN ITU PAHAMI ILMU ITU DENGAN BETUL-BETUL, JIKA ANDA TIDAK PAHAM TANYA SAMA ORANG YANG LEBIH PAHAM.

  15. jangan mau disesati dengan blog ini
    blog ini mau memecah akidah kita
    mengatakan mengenai hal yang mencampur adukan kristeniasasi
    menjauhkan ketauhidtan kita

  16. ROSUL MUHAMMAD SAW SUDAH MENINGGAL KARENA HAKEKATNYA BELIAU ADALAH MANUSIA BIASA & NABI TIDAK MAU DIKULTUSKAN . NABI MASIH HIDUP BUKAH HARAFIAH TAPI YANG HIDUP ITU AJARAN2NYA UNTUK KITA SAMPAI AKHIR JAMAN…

  17. 32. Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih diantara hamba-hamba Kami,lalu diantara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan diantara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu itu adalah karunia yang amat besar. (QS. 35:32)

  18. Saya lebih berpikir bahwa yg dimaksud dengan Beliau hidup bukanlah secara fisiknya tetapi adalah ajaran-ajaran yang di turunkan ke pada umatnya. Allah memang mengutusnya sebagai manusia pilihan, akan tetapi Allah tetap menggolongkan Beliau sebagai manusia yang juga merasakan mati.

  19. Ya benar..mereka hidup di sisi Allah ……dan mendapatkan rejekinya. jadi belum turun ke bumi, seperti ‘given’ di QS. al Maidah ayat 117 Isa a.s. berkata : …..setelah Engkau wafatkan aku (tawafaitaniii), Engkaulah yang mengawasi mereka dan Engkau pulalah yang menyaksikan segala-galanya.

  20. Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad.
    aq rindu padamu ya rasulullah..

  21. Saya harap teman-teman terutama penulis blog ini harus sangat hati-hati dalam menafsirkan suatu hadits.
    Kaum muslim (mungkin termasuk penulis Blog ini ) ada yang beranggapan kalau Haditsnya shohih sudah cukup untuk bisa dijadikan dasar dalam melaksanakan ibadah…
    Ada syarat utama dari penerapan Hadits Shohih yang tidak bisa dilupakan!
    Syarat Hadits Shohih yang bisa diterapkan adalah Hadits itu TIDAK BOLEH bertentangan dengan Al Qur’an.
    Hadits itu ditulis kurang lebih 100 tahun setelah nabi wafat, tidak ada jaminan dari Allah bahwa hadits itu dijaga kemurniannya seperti Al Qur’an.
    Berkaitan dengan artikel diatas, silakan teman-teman menguji apakah Hadits diatas bertentangan dengan ayat Al Qur’an dibawah ini :

    QS Ali ‘Imran 144. Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

    QS Al Ankabuut 57. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.

    Ingat Hadits adalah produk dari manusia, sedang Al Qur’an adalah dari Allah, jangan sampai kita mengagungkan Nabi Muhammad berlebihan yang bahkan nabi sendiri melarangnya.
    Untuk ibadah, jangan melakukan / menjalankan apapun tanpa ada perintah / dasar dari Al Qur’an atau Sunnah Nabi

    Allaahu a’lam bis-shawaab

  22. assalamualaikum,smg apapun yg d perdebatkan d mimbar ini tidak mengurangi ketakwaan kita pada ALLAH SWT,kita sama2 mmbaca sejarah,kita sama2 tidak tahu,kita sama2 belajar,yg terpenting adlh””SAHADAD TAUHID&SAHADAT RASUL””’kita lafalkan,rukun islam kita kerjakan,dan jaga ukhuwah islamiyah,insya ALLLAH islam tidak akan menjadi sejarah semata.ALLAHU AKBAR

  23. Kematian atau maut adalah berpisahnya ruh dengan jasad, dan ketika pemisahan tersebut terjadi, ruh berada di alam barzakh atau alam kubur. Ibarat perjalanan waktu, manusia yang sudah pindah ke alam lain itu tidak akan kembali ke alam semula. Ruh manusia yang sudah pindah ke alam barzakh juga tidak akan kembali ke alam dunia. Ketiga, barzakh secara bahasa berarti pembatas antara dua hal, dan di sini maksudnya pembatas antara alam dunia dengan alam akhirat.

    Dengan demikian, ketika seorang meninggal (mati, berpisah jasad dari ruhnya), maka ia tidak akan kembali ke alam dunia. Pada hari kiamat nanti, orang-orang kafir akan memohon kepada Allah agar dikembalikan lagi ke dunia untuk beramal shalih, tetapi permintaan itu tidak dikabulkan oleh Allah. Ada beberapa pendapat tentang keberadaan ruh setelah meninggal hingga hari kiamat. Dari sekian banyak pendapat yang ada, tidak satu pun yang menerangkan bahwa ada ruh yang gentayangan. Ruh orang-orang beriman berada di alam barzakh yang luas, yang di dalamnya ada ketenteraman dan rezeki serta kenikmatan, sedangkan ruh orang-orang kafir berada di barzakh yang sempit, yang di dalamnya hanya ada kesusahan dan siksa. Allah berfirman:
    حَتَّى إِذَا جَاء أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ . لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحاً فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِن وَرَائِهِم بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ [المؤمنون (23): 99-100]

    Artinya: “(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia). agar aku berbuat amal yang shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja, dan di hadapan mereka ada barzakh (dinding) sampai hari mereka dibangkitkan”.” [QS. al-Mukminun (23): 100]

    الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ [الرعد (13): 28]
    Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” [QS. ar-Ra’d (13): 28]

    Adapun mengenai kemungkinan adanya komunikasi antara manusia yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal juga tidak benar, sampai para Nabi dan wali yang telah meninggal sekalipun, tidak bisa berkomunikasi dengan manusia yang masih hidup. Memang ada firman Allah:

    وَلاَ تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ أَمْوَاتاً بَلْ أَحْيَاء عِندَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ [ال عمران (3): 169]
    Artinya: “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.” [QS. Ali Imran (3): 169]

    Demikian juga hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dalam kitabnya, Hayat al-Anbiya fi Quburihim, bahwasanya Rasulullah saw bersabda:

    عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اَلْأَنْبِيَاءُ أَحْيَاءٌ فِيْ قُبُوْرِهِمْ يُصَلُّوْنَ. [رواه البيهقى]
    Artinya: “Para Nabi itu hidup di dalam kubur mereka senantiasa dalam keadaan shalat.” [HR. al-Baihaqi]

    Namun demikian, maksud ayat di atas adalah menjelaskan tentang adanya bentuk kehidupan yang dialami para Syuhada dan para Nabi setelah mereka meninggal. Kehidupan yang dimaksud adalah kehidupan secara khusus yang tidak dapat diketahui hakikatnya kecuali oleh Allah swt. Dan mengenai hadits di atas, setelah diteliti dan ditelusuri sumber haditsnya, ada rawi yang dinilai bermasalah oleh para peneliti hadits yaitu Hasan bin Qutaibah dan Husain bin ‘Arafah yang mengakibatkan kedha’ifan kualitas hadits diatas.Wallahu a’lam.

  24. betul sekali.., bisa dirasakan sendiri saat kita ziarah kubur. Sampaikanlah salam untuk mereka dan mintakan ampunan untuk mereka, dan panjatkan segala do’a kebaikan untuk mereka. Sesaat kita akan merasakan sambutan hangat dan suka cita dari mereka. Seperti kita merasakan suasana hati sedih, gembira, suka, maupun benci dari orang(-orang) yang berhadapan dengan kita, atau berada di sekitar kita, seumpama dari adik, ponakan, atau siapapun..
    ..
    Salam hangat untuk mas Moef’s, teruslah berkarya, tulisan-tulisan kritis Anda memberi banyak pencerahan bagi kami semua.. :-)

  25. jika memang ingin bertemu rosulullah bacalah
    ” Yaa Sayyidii Yaa Rosulullah ”
    selama 30 menit setiap hari dan lakukan hingga 40 hari berturut – turut
    insya allah anda bertemu rosulullah

  26. Assalamu’alaika Ya Rosulallah
    Allohumma Sholli ‘ala sayidina wa maulana Muhammad

  27. kan sudah Jelas, kita tinggal mengimani saja, masalah kita gak bisa mendeteksi bentuk kehidupannya, itu karena Ruh adalah masalah Allah, manusia hanya diberi pengetahuan sedikit saja…

    Para nabi dipastikan meninggal di jalan Allah…

    169]
    Artinya: “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.” [QS. Ali Imran (3): 169]

  28. Tadi itu tafsir dari hadis saja…..jd gak harus diimani…..tapi sy angap baik karena mereka berpikir utk mengerti…..menurutku semua yg hidup pasti mati…termasuk para nabi….cuma ada keistimewaan bg orang2 khusus yg dkt dg Pemilik hidup…..mereka akan langsung dibangkitkan….tanpa menunggu hari kiamat tiba….kalau kita yg mati baru dibangkitkan pd hari kebangkitan setelah hari kiamat dan dihisap. Para nabi tidak demikian.. ..mereka meningal dan hanya hitungan hari mereka sdh dibangkitkan… .dan mendapat kehidupan tentu dg rizkinya…dan kehidupannya tentu tidak didunia lg…..tp Allah kuasa jika menghendaki beliau2 ini dapat bertemu dg orang2 pilihan Allah…misal para wali…dsb…contoh waktu nabi masih hidup bisa bertemu dg para nabi yg sdh wafat……jd tidak dg jasadnya dari dunia…beliau hidup….kalo pake jasad dunia berarti beliau makan minum kaya kita lg dong….bisa tambah tua., dsb. Tentu jasadnya sdh beda dg kita…..jasad pilihan yg lebih suci dan abadi. Wallahualambishowab….

  29. Beberapa tahun lalu aku ketemu seorang ustaz pengamal tarikat.ia baru balik dari menunaikan haji dan telah menceritakan betapa ia telah bersemuka dengan Rasulullah SAW didalam Kaabah.Aku tanya dia sama ada dalam mimpi tapi dia kata face to face secara zahir.Dapat juga aku gambaran junjungan kita saperti yang diceritanya dan ustaz tersebut telah menunjukan Tasbih yang telah dihadiah Rasulullah kepadanya.Susah juga nak percaya pada mulanya tapi kini aku sedar…tiada yang mustahil bagi Allah

  30. memang ajaran rasulullah akan senantiasa hidup sepanjang masa dan zaman selagi kita mengimaninya dan menjalankan perintah2nya

  31. KEMATIAN CUMA PERPINDAHAN KEADAAN, SPT SAAT MSH DLM RAHIM KMDIAN DILAHIRKAN.

  32. Assalamu’alaikum Akhi, yang hidup dibumi ini adalah sunnah yang diajarkan dari nabi ke sahabat, setelah sahabat, ulama-ulama sampai sekarang. maka kecintaan kita terhadap Nabi SAW akan tetap tumbuh hingga akhir jaman. ^_^ salam Pencinta Sunnah Sahih ^_^

  33. Artikel dgn judul yang bisa menyesatkan…
    Saya percaya bahwa para nabi dan rasul telah meninggalkan dunia ini (wafat). Namun saya yakin bahwa mereka dengan ijin Allah sebenarnya mereka hidup di alam yang berbeda dgn kita.
    Menurut saya mah Apa yang ada di dalam al-auran hendaklah kita mengimaninya, berhati-hatilah bagi yang mau mendalami hadist2… Jangan sampai anda salah dalam memahaminya…. Bisa tersesat anda…!!!

    Inilah yang merusak islam… Dengan pandangan/argument masing2 sesuai tingkat pemahamannya yang berbeda-beda maka inilah yang akan menggerogoti keimanan kita dan merusak agama kita. Sesungguhnya Islam sangatlah kuat sehingga untuk meruntuhkan Islam bukanlah harus dengan memerangi secara fisik dari luar, Tapi menghancurkan Islam amat mudah jika melakukannya dari dalam Islam itu sendiri.. Sadarlah kawan2, jangan sampai kita disusupi oleh mereka..

    Mohon maaf jika ada kesalahan yang saya sampaikan, sesungguhnya kesempurnaan adalah milik Allah…

    Allahuakbar!!

    Wassalam….

  34. Kalau ada yang tidak percaya dengan berita dan penafsilan seperti tertulis diatas saya nggak mempermasahkan toh itu bukan dosa. Bagi yang percaya juga harus hati hati. Yang jelas Alloh itu Maha Kuasa segalanya. Kalau Alloh kehendaki dunia seisinya inipun bisa dimasukkan dalam sebutir telur dan itu hukumnya Wajib kita percaya. Lalu saat itupun kita dibuat menerima kenyataan yang seakan tidak mungkin secara akal saat iini. Bagaimanapun akal penalaran kita juga terbatas. Pun dalam memahami kandungan hadis dan Qur’an terbatas pula. Jadi sesama muslim bukalah ruang pemahamn bagi ilmu Alloh yang tidak terbatas tersebut. Akuilah hal itu bahwa kita itu lemah dan bodoh hakikinya sehingga kita nggak saling menuduh bidah, sesat, musrik. Diatas ilmu pengetahuan dan ilmu agama kita masih ada yang melebihi kita ataupun yang melebihi guru kita. Bukalah dadamu jangan saling menuduh. Karena itu pangkal kebodohan …perpecahan sesama Muslim. Teganya diantara kita menuduh saudaranya sendiri musrik sesat bidah hanya bermodal pengetahuan yang sebenarnya masih sangat terbatas. Dan amat sangat Naif kalau kita orang awam menganggab ilmu kita melebihi ilmunya para pemuka ulama dinegeri ini yang atas jasa mereka kita tercerahkan dengan Islam dinegara ini. Sangat naif sekali kalau kita bandingkan ilmu kita dengan ilmunya Gus Dur atau K.H Ahmad Dahlan. Mereka bukan satu organisasi tapi tidak saling menyerang. Yang dari Imam Syafi’i dan Hambalipu sumbernya sama Rosulilloh juga. Jadi yang merasa paling benar dan menyerang yang dianggab tidak sesuai mereka dialah yang sebenarnya jadi biang masalah kerukunan umat Islam. Manusia tempatnya salah dan Alloh maha memaafkan. Kembali soal Suhada dan nabi yang masih hidup juga insyalloh bagi para Waliulloh. Mereka yang mempercayai bahwa mereka masih hidup karena mereka punya dasar dan bisa jadi mengalami sendiri bertemu dan berbicara secara langsung dengan mereka. Saya yakin yang menulis diblok ini juga masih membatasi tulisannya dari apa yang sebenaynaya diyakininya. Mungkin

  35. itu Nabi isa AS, Nabi khidir AS, juga masih hidup…. ALLAH maha kuasa kog…. tak terbatas…..

  36. Siapa yang menyembah Allah maka Dialah dzat yang hidup dan tidak pernah mati dan siapa yang menyembah Muhammad maka dia telah berbuat syirik,apakah kalau nabi terbunuh atau mati lalu kamu menjadi kafir,nabi tidak tahu umatnya yang sesat setelah peninggalan beliau itu adalah dalil bahwa nabi hidup disisi Allah dapat rezeki tapi tidak bisa memberi manfat seperti orang yang layaknya hidup didunia dengan sebenarnya,pahamilah agar kalian tidak tersesat,karena berfikir nabi sedang hadir dihadapan kalian tapi kalian tidak melihatnya.

  37. benar demiallah rosulollah msh hdp dan krn arti sjti rosulolloh adalah rasaAllah dan itu slalu menyertai smua ciptanya.

  38. “””……….
    Kang … mau percaya silahkan,.. kalau untuk menembah keimanan kita. Mau tidak percaya juga silahkan,.. kalau memang merasa akan merusak iman kita. iman itu ada tingkatannya kakang, berdasarkan ilmu yg dimilikinya masing-masing,
    layaknya sholat aja. untuk apa mengomentari solat org lain, emang sholat kita udah khusu ? seperti apa khusunya? apa hasilnya?
    itu tak mungkin terkatakan… tak mungkin gini-ginian…
    Wassalam.

  39. judul yang sangat berbahaya…. menyesatkan……
    hati hatilah wahai admin dan pembaca…..
    jangan menafsiri sesuatu sesuai selera kita sendiri…..
    ayat tentang bahwa ” jangan mengira orang orang yang meninggal di jalan Alloh adalah mati…… ila akhir” sama sekali tidak menjelaskan bahwa mereka benar-benar hidup seperti kita ini…. ada kehidupan lain bagi mereka yang hanya Alloh yang tahu…..
    tapi menggeneralisir… bahkan mengatakan nahwa Nabi masih hidup hingga saat ini ( hidup dalam arti seperti kita ini) adalah sangat tanpa dasar..menyesatkan dan membahayakan Aqidah….

    hati hatilah kalau posting….

  40. Abu Bakar R.A.. telah ditanya tentang kemana roh pergi setelah ia keluar dari jasad. Maka berkata Abu Bakar R.A: “Roh itu menuju ketujuh tempat :

    Roh para Nabi dan utusan menuju ke Syurga Adnin.
    Roh para ulama menuju ke Syurga Firdaus.
    Roh mereka yang berbahagia menuju ke Syurga Illiyyina.
    Roh para shuhada berterbangan seperti burung di syurga mengikut kehendak mereka.
    Roh para mukmin yang berdosa akan tergantung di udara tidak di bumi dan tidak di langit sampai hari kiamat.
    Roh anak-anak orang yang beriman akan berada di gunung dari minyak misik.
    Roh orang-orang kafir akan berada dalam neraka Sijjin,mereka diseksa berserta jasadnya hingga sampai hari Kiamat.

  41. nabi masih hidup, maksudnya adalah ruhnya…maaf kalau salah. tapi saya percaya kalau ruh beliau Saw masih menemui umat2nya yg saleh….karena banyak koq yg bertemu dengan ruh beliau Saw….

  42. Ruh diciptakan Allah tidak bisa mati. Ketika ajal datang, yang mati adalah jasad sedang ruh di bawa oleh Malaikat Ijrail ke alam barzah. Walau jasad mati membusuk tetapi Ruh tetap hidup. Ketika seseorang sedang sakaratul maut, orang tersebut akan merasa sangat kehausan dan setan membawa air untuk membujuk ke jalan kesesatan. Apakah yang kehausan itu jasad ataukah ruhnya dan apakah jasad atau ruh orang tersebut yang bisa melihat setan yang berusaha menyesatkan disaat akan mati sedangkan keluarganya yang menungguinya saat sakaratul maut tidak melihat adanya setan membawa air. Jadi Allah tetap memberikan rezeki kepada ruh para suhada. Baik rezeki dari Allah kepada ruh para suhada berupa makanan atau minuman dan air yang di bawa setan itu tentu wujudnya ghaib. Hanya Allah yang tahu tentang Ruh. Wallahu Bissawaab.

  43. assalamu allaikum wr,wb

    apa yang diucapkan dalam posting ini tidak salah, dan juga tidak benar dalam segi penyampaiannya…

    dalam setiap yang hidup dalam jasad pasti akan mati, tapi ruhnya tidak akan mati tapi kekal.
    dalam satu hadish: ketika sseseorang masih hidup sebenarnya dia tidur, dan dia bangun ketika matinya.
    juga baca dalam surah Qaf ( 50:22) dijelaskan bahwa dalam kematian penglihatan manusia menjadi sangat tajam.
    jadi apa yang tidak terlihat dalam kehidupan ini menjadi tampak jelas pada masa kematian.
    maka dari itu kita harus bisa mati sajroning urip ( mati selagi hidup) karena dengan itu adalah salah satu jalan kita menyadari JATI DIRI kita, man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa Rabbahu ( barang siapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhan Nya )
    dengan itu semua kita baru bisa jadi muslim yang sejati bukan hanya mengaku ngaku beragama islam tapi kelakuannya seperti orang kafir, apakah saudara tahu siapa itu KAFIR, kafir adalah bukannya umat yang berbeda agama (diluar islam ) tetapi kafir adalah siapa saja manusia baik islam maupun bukan islam yang mata ,telinganya, Dan Qalbu didalam dadanya tidak berfungsi ( Buta hati didalam dada ) atau manusia yang dipimpin oleh hawa nafsunya.
    muslim sejati adalah manusia yang hidupnya dipimpin oleh budi pekerti yang luhur atau oleh hati nuraninya ( Nur aini : hati yang bercahaya / hati yang bersandar kepada ALLAH ) mengaku pengikut nabi Muhammad SAW, tapi kelakuannya dan perilakunya jauh dari sifat beliau. siapa yang sebenarnya umat nabi Muhammad SAW adalah orang perilakunya mencontoh sifat dan perilakunya beliau bukan meniru dari luarnya saja ( pakaian , jenggot, cara makan dll ) tapi mencontoh sifat beliau yaitu amanah, fatanah, tablig, sidiq dan nabi kita sifatnya yaitu apa yang ada dalam AL Quran ( dan sifat wajib 20 adalah sifat beliau )
    jadi jangan mengaku muslim kalau sifat dan perbuatan kita jauh dari Sunah dan AL Qur’an, dan jangan mengaku umat nabi muhammad SAW kalau kelakuan kita masih jauh dari sifat beliau, apalagi kita masih sering merugikan orang lain, atau sering merusak kepunyaan orang lain, mengaku pembela islam tapi kelakuannya tidak islami, tapi malah memalukan umat ISALM

    wassalam allaikum wr,wb…
    semoga bermanfaat

  44. aku males sebenarnya membahas bab ini,berhubung ada kolom komentar,jadinya aku ingin komentar. Yang jelas Nabi Muhammad sudah meninggal dan jasadnya sudah dikubur dimadinah. ini dibuktikan dengan hadis,bahwa beliau pada waktu akan meninngal dia berpesan berpedomanlah kalian pada Alqur’an dan sunah-sunahku maka kalian akan selamat.

  45. aku males sebenarnya membahas bab ini,berhubung ada kolom komentar,jadinya aku ingin komentar. Yang jelas Nabi Muhammad sudah meninggal dan jasadnya sudah dikubur dimadinah. ini dibuktikan dengan hadis,bahwa beliau pada waktu akan meninggal dunia dia berpesan berpedomanlah kalian pada Alqur’an dan sunah-sunahku maka kalian akan selamat.

  46. Yang dimaksud dengan rahmatan lil alamin adalah Nabi Muhamad SAW diutus oleh Allah SWT untuk mensiarkan agama Islam yang didalamnya berisi petunjuk hidup sehingga menjadi rahmat bagi seluruh alam. Walau Nabi Muhammad sudah tiada namun ajarannya akan selalu menjadi rahmatan lil alamin sampai dengan akhir jaman. Nabi Muhamad adalah manusia bukan Tuhan. Yang tidak mati adalah hanya Allah SWT. Seluruh mahluk akan mengalami kematian baik itu manusia, binatang, jin, malaikat dan lain sebagainya. Didalam hadits telah diterangkan bagaimana saat detik-detik terakhir Nabi Muhammad SAW akan meninggal dunia. Saat beliau sedang sakaratul maut beliau merasakan sakit yang amat sangat. Beliau bertanya kepada malaikat penjabut nyawa yaitu Malaikat Ijrail : Wahai Ijrail apakah umatku juga akan merasakan sakit tiada terkira seperti ini saat sakaratul maut. Jawab Malaikat Ijrail : Betul umatmupun akan merasakan sakit seperti ini wahai Nabi. Nabi Muhammad berkata : Kalau begitu wahai Ijrail timpakanlah kepadaku seluruh rasa sakit yang akan dialami umatku saat sakaratul maut agar umatku tidak mengalami sakit seperti ini. Itulah bukti cinta dan sayang Nabi Muhammad kepada umatnya. Jika menganggap bahwa Nabi Muhamad tidak mati dikhawatirkan akan terjadi pengkultusan karena menganggap Nabi Muhammad berarti seperti Tuhan tidak akan mati.

  47. Menurut saya bahwa Nabi Isa AS telah meninggal dunia dan saya meragukan kebenaran hadits yang mengatakan bahwa Nabi Isa akan turun kedunia membunuh dajja. Dan yang disalib adalah benar-benar Nabi Isa AS bukan orang lain. Saya pernah baca terjemahan Alqur’an yang berbunyi : Telah tiba ajalmu Isa…… Saya lupa apakah didalam surat Albaqarah atau surat Maryam. Dan ada beberapa Nabi yang meninggalnyapun dibunuh dan itu memang sudah takdirnya dari Allah SWT. Mengenai Nabi Khidir masih hidup itu mungkin memang kekuasaan Allah untuk menunda kematiannya. Tapi yang pasti nanti saat kiamat tiba baik itu manusia biasa, nabi, atau mahluk lainnya semua akan dimatikan oleh Allah SWT.

  48. benar atau tidak …. teliti dahulu sumber2 yang digunakan, karena sebenarnya masih banyak ajaran dan tuntunan Nabi buat umatnya. Maka pelajari dahulu ajaran beliau tentang akidah, muamalah dll, agar kita tidak terjerumus.

  49. Saya percaya 100%. Karna ini masalah iman bukan logika.
    Tapi saya tidak bisa merendahkan yg tidak percaya, karna memang pemahaman mereka terbatasi. Kadang mereka menganggap bid’ah, padahal yg mereka lakukan banyak sekali yg bid’ah.. Contohnya sikat gigi pake odol (pasta gigi), padahal NABI SAW mengajarkan pake siwak. Namun sikat gigi pake odol itu bidah hasanah ( bidah yg sangat baik ) banyak sekali wahabi yg sikat gigi pake odol..

  50. dalam belajar hendaknya membuka nalar n menerima info baru.. n menaikkan kualitas pikir.. tidak semua ilmu terlihat mata tp nalar yg bekerja n itu tergantung penerimaan dr dasar yg ada jika sempit akan sedikit terima n sebaliknya..

  51. orang yang berkata dengan sepele dan dengan amarah, itulah orang yang kurang akal dan ilmu

  52. Allahuma sholi wasalim ala sayyidina Muhammad, wa ala ali sayyidina wamaulana Muhammad.

  53. bismillahirrahmanirrahim.
    allahummashallia’la saiydina muhammad, wa’ala alihi wasahbihi wabarik wassalim…

    semua itu benar,,,, tapi beda sedikit,,,,,?
    semua itu masih hidup,,,
    nabi, aulia, shuada dan shalihin,,,,, tetapi beda alamnya…….?

  54. Bismillahirrahmanirrahiim.
    Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
    Mohon maaf sebelumnya ikut mengomentari karena ini dianggap salah satu permasalahan serius.

    Saudara-saudara ku yg seiman,
    Ayat-ayat di dalam Al-Qur’an itu ada yg bersifat lahiriyah dan batiniyah dan ada juga diantara kedua-duanya. dan seperti halnya ayat yang di uraikan di atas sebelumnya:
    “Artinya: “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.” (QS. Ali Imran (3): 169).
    ada yg sudah jelas maksud dan maknanya, ada yg samar-samar (antara lahir dan batin) dan ada yg tidak jelas sama sekali (batin/ghoib) kecuali Allah sendiri yg mengetahuinya.

    Berkenaan dengan ayat yg sudah di bahas di atas, Insyallah itu adalah ayat yang termasuk makna dan maksudnya samar-samar. dikatakan samar-samar maksud dan maknanya karena disampaikan secara lahir tapi perkaranya adalah batin.
    Dikatakan Lahir:
    1. Disampaikan/diterangkan secara lahir
    2. sesuai dg yg di nukil di atas bahwa ada sebagian Ulama (Insyallah di jaga keislamannya) pernah melihat Rasulullah.
    3. Dikatakan dengan Jelas mereka (Nabi dan Syuhada) tidak mati dan masih hidup serta mendapat rezeki.
    dikatakan batin:
    1. Perkaranya adalah batin karena hanya sebagian orang Islam yg berIMAN pernah mengakuinya secara lahir bahwa Rasulullah itu hidup begitupun dg nabi-nabi yg lainnya, tapi buktinya tidak ada.
    2. Maksud sebenarnya hidup dan mati dalam ayat tersebut dirahasiakan karena HIDUP dan MATI itu perkara/urusan yg hanya ALLAH lebih mengetahuinya.

    INGAT… Lahir dan batin itu memiliki sifat yg berbeda, seperti halnya rasa dalam diri anda, ada yg khusus merasakan lahir seperti contoh lidah, kulit dsb, karena benar-benar merasakan sesuatu yg berwujud dan ada juga yg merasakan sesuatu yg tidak berwujud seperti halnya suka-duka, cinta, kasih sayang dsb. cuman ada satu yg menggabungkannya yaitu KEYAKINAN KITA. ataupun seperti hati anda ada bentuknya lahirnya tapi tidak tau apa isi hatinya, kecuali yg punya Hati. begitupun dg isi/kandungan yg sebenarnya dari Al-Qur’an, mari kita serahkan pada Allah SWT..?
    Islam itu harus diterima oleh seluruh umat bahkan seluruh manusia sampai akhir zaman. iNGAT PERKARA BATIN SUSAH UNTUK DI TERIMA OLEH LAHIR KARENA MEMANG BERBEDA SIFAT IBARAT LANGIT DAN BUMI.
    Untuk perkara yg batin/ghoib/samar-samar/belum jelas asalnya itu lebih baik kita serahkan pada Allah SWT dan Rasulullah Serta Ulama*2 Penerus Para Nabi. Ini media umum, banyak orang akan mengomentari, dan melihat postingan ini,

    LEBIH BAIK MENJAGA KEMURNIAN ISLAM DARIPADA SEKEDAR MENYAMPAIKKANNYA. karena banyak umat nanti Sukar menemukan ISLAM yg MURNI.

    Bahaslah perkara-perkara yg sudah jelas maksud/makna dan tujuannya karena setiap orang memiliki pemikiran berbeda.
    SAtukanlah UMat ini, dengan pokok Agama yaitu SYAHADAT walo kita tidak pernah menemui/menyaksikan/melihat Allah dan Rasul-Nya secara lahiriyah tapi di dalam HATI INI MEYAKINI BAHWA ALLAH DAN RASULNYA ITU BENAR ADANYA.
    Islam ditanamkan pondasi awalnya adalah KEYAKINAN.
    Tidak ada niat satupun untuk menggurui/menceramahi ataupun lain sebagainya. Dan tdk ada satupun kata^2 di atas kecuali saya memberitahukan pada diri saya terlebih dahulu. dan seburuk-buruknya orang adalah diri saya sendiri karena tak tau DIRI.

    InsyaAllah apapun tanggapan dari saudara-saudara saya tdk akan membalas comentarnya, tapi sebelumnya saya mohon maaf yg sebesar-besar-nya kepada anda semuanya terlebih-lebih pada pemilik situs ini. Sekali lagi saya mohon maaf.

    wassalamu’alaikum wr.wb.

  55. Ya alloh tunjukilah aku ke jalan yg lurus , jalan benar2 lurus tidak belok belok.

  56. Salawat & salam,smoga ttp tercurahkn kpd habibana nabi muhammad saw,serta keluarga ya,para sahabat ya,para tabi’in,para syuhada & muslimin semua y,amien….

  57. afwan yh smua, antum smua bener, gk ada yg salah, cm yg musti diingat, Baginda Nabi Muhammad SAW, tidak suka dengan perdebatan, dan agama jg bukan untuk diperdebatkan, ku anfusakum wa ahlikum narro. begitu kutipan Al-Qur’an, kalo ane gk salah, tau khan pd artinye……..
    mendingan sekarang kt sama” benahi diri masing” dan cari guru yg MURSYID, supaya ada tempat bertanya dan tempat menggali pengetahuan, alafu ya, wassalam…………

  58. subhanallah,, Muhammad Saw berada di dalam lubuk hatiku yang paling dalam, tidak usah kita saling berdebat, itulah indah nya perbedaan dalam islam, yang penting kita masih berpegang pada 2 hal. yaitu, Alquran dan Sunnah

  59. allah khuakhbar,la haula wala khuwata illa billah,nabi muhammad saw adalah kekasih allah,yang senantiasa melihat,melindungi,menyertai setiap langkah kaum muslimin,ya baginda rasulullah,ya allah,ya rohman,ya rohim,amiin..

  60. ,, Ini hanya ALLAH SWT yg Maha tahu ….
    ,, Jngan dlu kta brbicara Tentang Manusia Yg paling Mulia MUHMMAD SAW
    ,, Mari kta Ambil Contoh dulu Pada Para Pejuang negri Ini … Krna Perjuangan Mereka melawan Penjajah .. smpai skarang Nma dan jasa” Mreka Masih Di kenang … Itu Hampir sma Halnya Dgn Orang Yg masih Hidup …. apanya Yg hidup ??? nama Dan Jasa” Para pejuang …!! Jadi Sekiranya kta pasti sdah paham dgn Apa yg trjadi Dgn RASSULULLAH .. tanya Pada IMAN kita masing” …
    Jelaslah Bahwa Akal manusia Tdk Akan mampu Menjangkau Sediktpun Kebesaran ALLAH SWT

    Aku Mohon Ampun Ya ALLAH …. ~_~….

  61. Org yg menganggap dirioya ahlussunnah dan menganggap yg lain ahlul bid’ah adalh org yg tdk tahu malu baru saja mengerjakan sekedar shalat jama’ah dan beberapa shalat sunnat udah sombong.
    Wahai saudaraku dr sunni andaikan al qur’an turun sekali lg untk menjelaskan tentang hidupnya nabi dan perkara tentang tasauf mereka tetap tdk akn mau percaya dan mereka akn tetap mengikuti ulama mereka sang tokoh penumpas kehormatan ulama2 sunnz dlm sejarah.

  62. Saudaraku hidupnya para nabi setelah mati memang benar namun bkn seperti hidup seperti sediakala dan shalatnya nabi musa bkn shalat menunaikan kewajiban dan itu tdk berpahala melainkan karena saking nikmatnya mengerjakn ibadah semash hdupnya stlh matipun tdk terputus sama seperti para ulama dan aulia’ullah matinya mereka tdk sama dg matinya kita dan juga anda yg tdk menerima ajaran tasauf.

  63. astagfirullah.. mohon antum jangn mnulis sperti ini… ini sudah bid’ah… hati2 lho, bs membuat muslim lain trsesat pemhaman sperti ini..

  64. ciri ideal seorang muslim yg benar adalah salah satunya mempunyai sifat SALAMIL AQIDAH … Yaiti AQIDAH YG SELAMAT

    sungguh didalam Al-Quran dijelaskan tidak boleh seseorang memvonis orang lain …

    Hanya ALLAH SWT yg berhak…karena Hanya Allah yg mengetahui isi hati manusia …

    yg mengatakan kepada orang lain bid’ah … ana rasa..antum harus kroscek sendiri keimanan dan SALAMIL AQIDAH tadi…

    jangan seenak nya memvonis seseorang sahabatku…
    itu hanyalah Hak ALLAH SWT ..

  65. tdk ada yg salah dgn tulisan di blog ini,cuma mungking diantara kita msh blum mampu membicarakan yg menyangkut ilmu tauhid yg tiada batas apalagi anak2 skrang.untuk ana pribadi sangat yakin kalau Rasullullah SAW tdk mati, dgn argumentasi ana, bahwa diwaktu umatnya ber Shollawat kepada Rasullullah SAW,maka saat itu juga ALLAH SWT,mengembalikan ruh Rasulullah SAW ke jasad Rasulullah SAW untuk menjawab Shollawat tersebut kepada umatnya.Jadi brapa banyak umatnya yg mengucapkan Shollawat dalam hitungan detik,menit,jam…dst,wasallam.

  66. Kasian sekali bagi Domba2 yang tersesat yang banyak Komentar mempergunakan Syariat sendiri, Huh, untuk menometari Blog ini harap baca dari awal dan pelajari perjalanan “ilmu fiqih tauhid dan tassawauf” jangan hanya membaca atau mendengar dari Buku2 dipasar dan sekolahan__ belajarlah kepada Ahlinya ” kelihatannya Mantap Iman sodara2 yang berkomentar ini, padahal Murtad” Islam Pasaran saja” aku Muak dengan komentar2 yang sombong dan lebih kepada Debat_ jangan sok suci_ praktek sholat aja tidak ada yang benar untuk Ente2 sekalian yang tidak suka dgn blog ini_ harap pelajari baik2 tetapi itulah takdir untuk kalian semua,” barang siapa yang buta maka lebih buta lagi di akhirat” sungguh Domba2 yang tersesat

  67. beliau memang sudah meningal tapi ajaran beliau tetap hidup sampai saat ini itulah kenyataannya

  68. Maksud Nabi kita hidup di sini mungkin.. hidup dlm Hati sanubari diri masing2 dari kita sebagai umat Nabi yg benar2 beriman kepada Allah smpai akhir zaman.
    Allah MAHA Segalanya..
    ………..
    ‘Lebih’ dari kisah cinta sepasang kekasih sejati di dunia ini, yg 1 meninggal maka yg 1 akan berkata “kekasihku, dirimu akan SELALU hidup di dalam hatiku. Maka dg izin KUASA Allah, mungkin saja SE-SAAT kekasih yg msh hidup dipertemukan kekasihnya yg sdh meninggal”.

  69. Rasulullah saw. Itu sudah wafat. Dan jika hidup,itu adalah ruhnya. Karena sifat ruh adl sesuatu yang halus yang sifatx dikekalkan.jika nanti kelak ketika kita dibangkitkan kembali(ruh dikembalikan pada jasadx).sedang jasadx bukan tanah lagi,akan tetapi jasadnya adalah cahaya amal perbuatanx. Karena kita sehari2 sudah dan akan makan amal2 baik dan buruk,bisa saja makanan amal baik ada yg luntur,bisa saja amal burukx luntung sebab ada hal yg menghanguskan keduax baik membuat kebajikan yang melunturkan jasad cahaya kegelapan,maupun keburukan yang menghancurkan cahaya jasad keimanan.tergantung kita mengolah badan kita mau di apain. Tapi alangkah baikx,mempertahankan jasad cahaya iman,karena dg itu kita tertolong dari panasx padang mahsyar maupun neraka. Neraka gelap,karena memang jasad kita gelap.surga terang,karena memang cahaya kita terang.sehingga Allah swt.dengan sifat al-’adlu (maha adil),maka Allah swt menempatkan posisi kita sesuai jasad yg kita bentuk di dunia ini. Jika tidak percaya ,matilah dulu baru anda mengetahuix.

  70. Begini niih kalo sufi membuka hadist. Beda banget sama shahabat Nabi..murid langsung sekaligus pembela beliau صلى اللّه عليه وسلم .

  71. antar hadist saling bertabrakan menimbulkan kebingungan antar umat..!!
    hadist yg satu berkata hidup di alam kubur :p
    hadist yg lain berkata di langit dunia 1,2,3,4,5,6,7,:p
    hadist yg lain berkata di sorga :p
    hadist yg lain di alam barzakh :p

    tapi aku cuman bisa berkata:
    “muhammad, kasihan umatmu..!! mereka sedang dalam kebingungan..!!”

  72. Aku percaya dengan sabda rasululullah saw yang merupakan hadis kitakan sebagai muslim mempercayai 2 peninggalan umum Ɣƍ diwariskan oleh rasulullullah saw yaitu alquran dan al hadis jadi kita sebagai umat islam marilah kita bersama sama menjadikan alquran dan alhadis ini sebagai pedoman kita dalam kehidupan ini amin amin yarabbal alamin allahu akbar

  73. Kalau aku percaya dengan sabda rasululullah saw dalam hal ini hadis rasululullah saw nah kitakan umat muslim saat ini memiliki dua pedoman yakni alquran dan alhadis jadi saat ini yang hendak kita lakukan adalah bagaiman kita bisa menjadikan alquran dan alhadis ini sebagai pedoman kita dalam kehidupan sehari hari agar kita bisa diselamatkan oleh allah swt didunia dan akhirat amin amin yarabbal alamin

  74. Nabi Muhammad beserta Nabi Isa dan Nabi yang lain adalah juga manusia biasa yang tunduk pada hukum-hukum Allah yang pasti …..hidup beliau -beliau bukan didunia ini tetapi di alam arwah yang goib telah menghadap penciptaNya yaitu Allah SWT selamanya …ini sesuai dengan sunnatulloh (ketetapan hukum Allah) yang tetap……apabila manusia sudah meninggalkan dunia tidak akan kembali hidup lagi balik ke dunia

  75. Pelajarilah islam dengan benar!
    1.Al-qur’an
    2.Sunnah rossul
    Jangan sampai kita salah-paham dan menjadi bid’ah

  76. Sy meyakini dgn sepenuh hati, haqul yakin dgn keimanan, bahwa beliau, panutan alam Rasullulah SAW, para nabi, syuhada dan org2 pilihan-Nya diberi barakah krn ketaqwaan dan tauladan semasa hidup di dunia. Tdk ada yg salah, bidah, krn mrk2/org2 sholeh yg mendapat ilmu dr Allah SWT dpt berkomuniasi dgn mereka. Ruh org2 mutaqin sekelas nabi udh pasti mendapatkan banyak karamah utk tauladan para pengikutnya.

    Sangat jarang, susah, tp msh ada bbrp ulama2 yg telah wafat dgn derajat mutaqin td, beliau bisa diajak ‘komunikasi’ batin dgn org2 sholeh yg mendapat ilmu dr Allah SWT. Tdk semua ulama, kyai, org sholeh, tp khusus org2 pilihan. Ini yg bedakan ulama/kyai/mursyid kamil mukamil dgn ulama2 yg hanya kejar duniawi.

    Cerita diatas, pernah diceritakan guru sy yg zuhud dan tawadhu, beliau mendapat ilmu dr Allah SWT dpt berkomunikasi dgn ruh2 org2 sholeh td, saat beliau ziarah, adakalanya mrk justru menyembunyikan jati diri mrk yg sebenarnya/mastur krn malu kpd Tuhan jk dikenal khalayak.

  77. Wah tentang hidup setelah mati anda keliru bro nabi juga manusi sama seperti kita dalam alqur’an kan jelas ada pirman alloh bahwa semua umat manusia akan di hidupkan dari kematian setelah hari kuiamat…

  78. udah-udah, umat Nabi Muhamad SAW tidak ada yang bingung…yang bingung adalah umat yang tidak punya pemimpin…tidak tau arah hidup mau kemana? hidupnya nanggung, gila ngga…taqwa juga ngga…nah itu orang yang akan bingung. Umat nabi Muhamad SAW, adalah orang-orang yang taqwa.Pemimpin kita nabi Muhamad telah mewariskan Alqur’an dan hadis.makanya dibaca tuh dua-duanya…jangan cuma ditonton.Fahami, hayati, dan amalkan…jangan cuma ngomong doang.Selama umat Muhamad masih taqwa, hidup insya Allah dimudahkan baik di dunia ataupun diakhirat.Sudah cukup tidak usah pada ribut.

  79. Allah hu akbar allah hu akbar
    Subbahan allah
    Tag Ά̲∂ª 1 pound manusia Ɣªήğ tau tntng alam & seisi nya hanya sang pencipta la Ɣªήğ tau Ä̤̥̊Ҏά̲̣̥ Ɣªήğ terjadi di akhirat & di alam smesta
    Kita smua ini hanya manusia Ɣªήğ serbah kurang, jadi jangan sok2 tau
    Hanya allah SWT la Ɣªήğ maha segalanya

    Allah hu akbar allah hu akbar

  80. Wallahu alam bissawab….. lebih baik diambil jika referensinya terpercaya….. karna ini termasuk syubhat. jika kurang yakin tinggalkan , karna hal yang semacam ini akan membuat keyakinan menjadi terombang-ambing. hati-hati Ghwozul Fikri ( silahkan cari di internet )

    hal semacam ini harusnya bisa menjadi ghirah ( semangat ) tersendiri untuk para pengikut kebenaran, bukan malah menjadi bahan celaan satu sama lain.

    Allah Maha Berkehendak , karena dalam surat Yasin pun dikatakan ” Kun Fa YAA KUN ” ….
    jadi, apakah kita meragukan halnya yang semacam itu.
    Wallahu alam bissawab

    Islam Akhir zaman sudah banyak yang salah diartikan, bahkan keislaman kita sendiri perlu dipertanyakan apakah kita termasuk Ahlu Sunnah Wal Jamaa’ah, atau malah diluar tersebut yang dinyatakan dalam hadits yang dikatakan : islam akan terpecah menjadi 73 golongan dan yang paling benar hanya satu. ya itu tadi, golongan Ahlu Sunnah Wal Jamaa’ah. untuk lebih jelasnya ( cari di internet, jangan males…hehe )

    Jadi jika kita menemukan hal-hal janggal semacam ini mesti kita kaji dan kita tanyakan ke Ahlu Sunnah Wal Jama’ah , karena mereka merupakan unity (kesatuan) dari para ahli zikir, kiyai, tasawuf , ustadz, perdana mentri … ehhhhhhhh ngga perdana mentri mah ngga) pokoknya mah para pejuang islam yang dengan hatinya mengharapkan balasan inysa allah lilahi ta’ala) . yang pasti mah ga bakal nyesel dech tanya ama mereka )

    kalo pendapat saya pribadi sich kal tentang ruh para nabi yang masih hidup, bisa jadi biar orang yang rindu pengen jumpa Rsullulah SAW bisa tersampaikan. Mungkin karena Allah udah sayang banget sama itu orang. Atau malah orang yang ngeyel sama hal gaib biar dikasih pelajaran, biar tau oh ternyata ada lho yang kaya gitu. aneh tapi nyata. bukan sekali dinegri ini, bahkan ribuan keajaiban seperti itu sudah disaksikan banyak orang yang seneng mendalami ajaran para nabi, khususnya Rasullulah. Bahkan Nabi Khidir pun masih hidup sampai sekarang , dengan jasadnya yang masih utuh, dan sudah sering dibahas dibeberepa kajian keislaman. Wallhu alam.
    Jadi kalau masih ngeyel sama yang sperti itu, yah silahkan dicari sendiri ke penjuru alam, sambil mencari ya smbil doa juga biar afdol. mudah2an bisa menjadi tambahan ketebalan iman kita sekalian. Semakin dikaji ilmu keislaman maka semakin kita tahu bahwa ilmu kita tidak ada apa2ny dibanding ilmu nya Allah, yang perbandingannya : setetes ujung jari ( untuk manusia ): luasnya samudera laut. bahkan lebih luas lagi [ infinitive] ( untuk ALLAH ).

    nb: jadi mohon maaf untuk yang masih awam dalam hal agama agar lebih hati-hati dalam berucap , jangan bilang ini sesat atau semacamnya. karena kita kita sendiripun tidak tahu apakah kita termasuk golongan orang yang sesat atau diberi hidayah oleh Allah. Karena boleh jadi ilmu yang kita sampaikan ke orang menjadi penyebab apakah menjadi amal jariyah kita atau malah sebaliknya…… Naudzubillah min dzalik

    mohon maaf sekali lagi jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau ada yang tersinggung. karena saya hanya ingin menyampaikan sebatas yang saya pelajari dari orang-orang saleh salehun, kiyai, dan ustadz-ustadz terkemuka di negeri ini…
    mohon dokreksi dengan teliti….. jangan asal ambil kesimpulan sendiri.

    Wassalamualaikum warahmatullah hi wabarakatuh….
    SALAM JAYA ISLAM AKHIR ZAMAN !!!!!!
    ALLAHU AKBAR!!!!!!!

  81. sodara sesama muslim kenapa kalian membahas masalah yang menimbulkan perselisihan diantara kalian.. dan buat penulis.. jika anda tidak mengerti benar-benar jangan sembarangan asal hingga tidak tersesat dan menyesatkan.. anda pasti tau akan pertanggung jawabannya..

  82. Saya sering bahkan memanggil nama Rasulullah Saw dalam kondisi sulit. Alhamdulilah dengan bertawassul kepada Sayyiduna Muhammad, saya mengalami kondisi yg selalu baik.
    Sampai sekarang ini saya merasakan Nabi Muhammad Saw seakan2 beliau itu dekat sekali dgn saya.
    FB : Miftah Al-Ustadz

    Adh-Dha’if Ilallah
    (Al-Ustadz Miftahul Chair Al-Fat, S.Hi, MA)

  83. intinya kembali ke masing” ajaa… apapun klo itu berkaitan dengan kebaikan Apalgi ttg Baginda Raulullah,, ane insyaallah Percaya 1000%

  84. Orang yang tidak percaya bahwa Nabi Muhammad SAW masih hidup adalah orang yang tidak yakin dengan sholatnya dan secara hakikat sholatnya tertolak karena dilakukan tanpa keyakinan kepada Allah. Di dalam sholat Nabi Muhammad mengajarkan kita untuk mengucapkan Sholawat kepadanya baik pada takhiyat awal maupun takhiyat akhir. Itu bermakna bahwa kita mengucapkan salam kepada beliau. Dan kalau beliau mengajarkan hal tersebut berarti beliau (Nabi Muhammad SAW) pastilah menjawab salam kita saat kita sholat. Ini bukti nyata bahwa beliau masih hidup hanya saja untuk orang-orang yang sok pintar kadang kala terjebak dengan nafsu dan keinginan mereka untuk diakui kepintaran mereka walaupun pada hakekatnya bodoh dan tidak paham makna sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. (Bila kita berkeyakinan Nabi Muhammad SAW sudah wafat/meninggal, maka sangat mungkin kita orang Islam dikatakan gila karena ternyata kita mengucapkan salam tanpa ada yang menjawab dalam setiap kita melakukan sholat) Nah apakah saudara-saudara kita yang tidak yakin beliau (Nabi Muhammad SAW) masih hidup sudah siap disebut orang gila karena kebodohan dan ketidakfahaman!!!!!

  85. Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you, However I am encountering difficulties with your RSS.
    I don’t understand why I am unable to join it. Is there anybody having the
    same RSS problems? Anybody who knows the answer will you kindly respond?
    Thanks!!

  86. MASALAH RUH TIDAK ADA YANG TAU, HANYA ALLAH TA’ALA, TP KITA SEBAGAI UMAT NABI SAW HARUS YAKIN BAHWA ITU MASIH HIDUP. DAN SELALU MENDO’AKAN KEPADA UMAT NYA YANG SELALU MENGUMANDANKAN SHOLAWAT KEPADANYA

  87. ruh tdk akan pernah mati tapi jazad yang mati…..ruh bisa saja datang kebumi kalau ALLAh swt menghendaki…contohnya sewaktu nabi mau menjalankan isra miradj..nabi sholat dulu bersama malaikat dan ruh para nabi di Masjidil aqsa…muda2han penjelasan ku ini bisa bermanfaat buat saudara ku semua…wassalam.

  88. mati di dunia bukannya sama arti dengan hidup diakhirat ya….kata lain dunia bukannya hidup fana dan hidup hakiki adalah diakhirat….

  89. :
    Satria Piningit (Hidden Knight / Hidden Kstaria) Pinandito Sinisihan Revelation (the Qur’an) is Prophet Khidr & Liburan dan Keyakinan Orang Orang dari negara Azərbaycan (Azerbaijan) dan Anatolia Turki Tentang Nabi Khidir (Hidden Knight / Hidden Kstaria)

    Satrio Piningit (he got a nickname “Satrio Wiragung” means The Great Ksatria) wouldn’t have served as Head of State (President or King) but more than it. He will conquer the world before the end of the world. He won’t be elected from the election, and he never ask for elected. In other words, he will lead a massive revolution. Unique, in the last verses of Jongko Joyobhoyo, there is written the verses about the coming of Satrio Piningit, it told about disasters before Satrio Piningit come. (Jangka Joyoboyo)

    Bait 140: Polahe wong Jowo koyo gabah den interi, endi sing bener endi sing sejati, poro topo podho ora wani, podho wedi ngajarake piwulang adi, salah-salah anemahi pati

    Terjemahan: Perilaku orang Jawa seperti butiran-butiran padi diatas nampan yang diputar (bingung, dibingungkan situasi dan kondisi yang sebenarnya), mana yang benar sejati mana yang palsu, para pembesar atau para alim tidak ada yang berani mengatakan kebenaran seperti orang yang takut mati.

    Bait 141: Banjir bandang ono ngendi-endi, gunung njeblug tan anjarwani, tan angimpeni. Gehtinge kepathi-pati marang Satrio kang oleh pati geni, margo wedi kapiyak wadine sopo siro sing sayekti.

    Terjemahan: Banjir bandang terjadi dimana-mana, gunung meletus tak terduga, tanpa memberi isyarat sebelumnya. Kebencian orang orang munafik yaitu orang orang yang memalsukan dirinya dengan mengembar ngembari Satrio Piningit untuk mengelabui masyarakat, dan untuk mendapatkan popularitas begitu sangat mendalam terhadap sang Satria yg menjalani tirakat tingkat tinggi, karena takut terbongkar rahasia siapa dirinya yang sejati (siapa dirinya yang sebenarnya).

    the according forecast of Nostradamus :

    ✿ Le penultiesme du surnom du Prophete,

    translation :

    “One-on-one in the end-time prophet names are still alive”.

    The word prophet (intended for Satria Piningit) which will soon appear in Indonesia.

    Nostradamus called the knight with the prophet is most likely because the knight will receive a miracle / revelation of God like a prophet / Rosul time immemorial. (Nostradamus, born in France : 1503-1566)

    terjemahanya :

    “salah-satu nama nabi di akhir zaman yang masih hidup”.

    Kata nabi (dimaksudkan untuk Satria Piningit) yang tidak lama lagi akan muncul di Indonesia.

    Nostradamus (lahir di Prancis) menyebut si satria dengan nabi kemungkinan besar dikarenakan si satria tersebut akan mendapat mukjizat/wahyu dari Tuhan layaknya seorang Nabi/Rosul zaman dahulu kala.

    Liburan dan Keyakinan Orang Orang dari negara Azerbaijan dan Anatolia Turki Tentang Nabi Khidir (Hidden Knight / Hidden Kstaria)

    Dalam bulan-bulan terakhir musim gugur dan musim dingin pernikahan simpul kesempatan lebih berbeda, hari libur dan perayaan, seperti ditandai periode. Ini adalah akhir dari satu sisi lapangan, pertanian, liberalisasi rakyat, di sisi lain, proses alam dan praktik yang terkait dengan kalender. Orang-orang merayakan kedatangan musim dingin. Malam pertama musim dingin “malam Cille”, “liburan Cille” adalah malam perayaan.

    Dirayakan. disejumlah desa di kota Nakhchivan dan Nakhchivan pada bulan Februari, dan lebih dikenal dengan nama upacara perayaan “Nabi Ksatria”. Berdasarkan bahan etnografi yang dikumpulkan hampir libur dirayakan untuk menghormati Nabi Khidir. Tapi yang menarik adalah bahwa, mengapa liburan untuk Februari, musim dingin adalah waktu yang paling sulit?

    Seperti diketahui, dan ia (Nabi Khidir “Hidden Knight / Hidden Kstaria”) adalah seorang nabi yang membantu masyarakat di masa-masa sulit. Menurut kepercayaan kuno Azerbaijan dan Anatolia Turki, selama musim dingin keras, menyiapkan makanan, bahan bakar dan cadangan pakan ternak dan kebutuhan untuk mengurangi waktu dan dia adalah seorang nabi besar yang membantu.

    Menurut kalender Rakyat, musim dingin, dibagi menjadi 3 bagian: empat puluh hari setelah lahir – 40 hari, empat puluh hari setelah kelahiran, kecil – 20 hari, cilləbecələr (ini adalah “bulan abu-abu”, “liburan bulan”, juga dikenal dengan nama “cəlimələr”). Di antara tiga saudara perempuan, lebih banyak, lebih besar dan kecil, tergantung pada saudara besar dan kecil yang disebut cillələrlə. Menurut legenda, tempat yang bagus sedikit empat puluh hari setelah pertumbuhan telah usang periode cilləyə dari dua puluh hari musim dingin.

    Berdasarkan bahan etnografi, hampir kecil cillənin 10 hari libur, dirayakan pada tanggal 9 Februari. Salah satu isu yang harus ditekankan bahwa, dalam kaitannya dengan Islam dalam sebuah upacara di kota Nakhchivan salah dirayakan pada hari Jumat pertama cillənin kecil. Jadi, ternyata tanggal tertentu. Menurut sumber, sejumlah negara di belahan bumi utara pada 9 Februari dan 10.

    The Hidden Knight atau Nəbi Xıdır atau Nəbi Xızır atau Nebi Ksatria (Nabi Khidir) dianggap sebagai simbol utama gandum dan govut. Seiring dengan gandum, wijen, biji bunga matahari, chestnut, almond, kacang polong dan lainnya goreng. Benih panggang dicampur dengan gandum. Campuran, tanggal, kismis, dan makanan ringan lainnya seperti juga movuz. Sebelumnya, gilingan tangan gandum, batu tangan (dəstər) instrumen yang diambil dan dibuat govut. Sulit untuk makan jus qovutu kering, ditambah gula ovurlar. Qovutu diambil pada konsinyasi atau taxcaya dimasukkan ke dalam stoples penuh malam itu, malam perayaan para petani dan peternak untuk menghormati nabi, atas jasa Nabi Khidir yang membantu dan mengajari para petani dan peternak, bercocok tanam (baik di ladang atau di kebun buah buahan) Menurut keyakinan, govut ini memiliki khasiat menyembuhkan.

    Di banyak bagian Anatolia dirayakan pada tanggal 23 April. Hari dimulai 5-6. Perhatian diberikan kepada Nakhchivan “tipe hitam” akhir pertandingan. Dengan demikian, para dewa bersatu dalam panas dan hijau. Setelah itu, sapi, domba, terutama untuk jenis pesek (“sesəsovan”), pada hari itu adalah suatu perayaan yang penuh dengan pohon buah-buahan dan tanaman lainnya melewati bahaya radang dingin.

    Keyakinan yang sama di Nakhchivan, “PASTRY”, “Gulay” disebutkan namanya Nabi Ksatria atau Hidden Knight dari kebiasaan dan kepercayaan dari orang-orang tentang Nabi Khidir, menjadi kalender tahunan yang terkait sebuah tradisi untuk menghormati nabi

    Dia datang untuk menyelamatkan orang-orang yang ditekan, Dia membawa penduduk asing epik Sahsənəmə untuk membantu mereka yang ditekan dan membantu orang-orang yang berada dalam kesulitan. Dia bukan hanya seorang nabi, Dia tidak hanya membantu individu, Dia memainkan peran utama dalam zənginləsmədə ilmiah dan spiritual. Sheikh Nizami, Nasimi, Nizami, dan karya-karyanya.

    Nabi Khidir juga mengajarkan ilmu pengetahuan pada Nabi Musa, Informasi tertulis tentang Nabi Khidir dalam ayat-ayat Qur’an, yang memperoleh ilmu khusus dari Allah dan diberikan hidup yang kekal.

    Wallahualam

    (http://kedaiislambrahmakumbara.blogspot.com/2014/05/sesungguhnya-sayalah-tokoh-brama_7.html)
    .

  90. utk urusan dunia ada ilmunya,
    utk urusan akhirat ada ilmunya. begitu juga utk urusan dunia dan
    akhirat ada ilmunya. tuntutlah ilmu sampai ente mati (=mati syahid).

  91. لا اله الا الله
    Mendapatkan syafa’at Rasulullah saw.
    Sabda Rasulullah saw. :

    أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ . ( رواه البخارى )
    Orang yang paling bahagia mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat adalah orang yang mengatakan laa ilaaha illallah murni dari hatinya. (HR. Bukhari)

  92. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah,dan aku bersaksi muhammad utusan allah. .apakah kalian sezaman dgn nabi muhammad sehingga berani bersaksi muhammad adalah utusan nya allah. .apa dalil nya

  93. Subhanallah walhamdulillah wala ilahaillallahu Allahu Akbar Laakhaula wala khuwwata ilabillah. Kami percaya bahwa kematian adalah pisahnya antara Ruh dengan Jasad. Pada saat terjadinya perpisahan antara Ruh dan jasad maka manusia akan memulai pada kehidupan baru pada dimensi yang berbeda dengan kehidupan dunia ini. Dia tetap hidup sebagaimana layaknya manusia normal tapi alamnya tentu berbeda. Dia berada di alam barzah. yakni alam penantian sebelum ke alam kahirat.

    Bisakah orang yg hidup di alam barzah bertemu dgn orang yg hidup di alam dunia?. jawabnya bisa. Tapi bukan pertemuan lahir batin berupa jasad seperti keadaan sewaktu masih hidup di dunia dulu. Pertemuan itu secara batin lewat mimpi. Mimipi itu jiwa orang yg hidup di alam barzah ketemu dgn jiwa orang yang hidup di dunia ketika tidur.

    Jika mimpi ketemu dgn Nabi Muhammad itu adalah anugerah dan pasti benarnya. Karena setanpun tidak bisa menyerupai Nabi saw. Bagaimana dgn orang yang pernah ketemu Nabi Haidir dalam keadaan jaga? Yang seperti itu bisa saja terjadi dengan ijin Allah. Karena Allah akan memberi kelebihan atau himah kepada siapa saja yang di kehendaki.

    Jadi prinsipnya hakekat kematian adalah sebuah kehidupan baru pada alam yang berbeda. Jangan kita terjebak dgn pembahasan tentang ruh ini terlalu jauh, karena kemampuan dan ilmu kita tentang ruh amatlah sedikit, karena Ruh itu semata-mata urusan Allah yang Maha Tahu.

  94. HAHAHAA..JUDUL YG MANTAB DAN BISA MENYESATKAN!!!
    1. JIKA KAMU BINGUNG TENTANG HADIST MAKA KEMBALIKANLAH PADA AL-QUR’AN;
    2. SETIAP YG BERNYAWA AKAN MERAKAN MATI; “MATI=( BERPISAH JASAD N RUH )”
    TERJADI DI ALAM DUNIA;
    3. HAKIKAT RUH SEMUA MAKHLUK TIDAK MENGALAMI KEMATIAN, IA KEKAL ” HANYA
    ALLAH SWT YG TAU KEBERADAANNYA KARNA IA AKAN KEMBALI PADA KHALIQ-NYA
    4. JADI,, JANGAN TERLALU CEPAT MENGIMANI POSTINGAN-POSTINGAN..
    TERIMA KASIH…

  95. ingat lah jgn sllu percaya kpada orang2 yg syiriik atas ajaran nabiulloh dia lh yg membawa ajaran yg benar dan memerangi kesalahan ….semoga allah sellalu di sisimu dan ajran rasul sellalu menyertaimu ….wahai hamba allah yg di rahmati allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s