Sebuah Surga Bernama Hamparan Sawah

Hamparan sawah adalah permadani surga yang Tuhan bentangkan di bumi-Nya terutama di bumi Nusantara. Sawah selalu tampak indah, menyentuh dan menyuguhkan kedamaian. Warnanya yang hijau menyejukkan mata, sedangkan yang kuning kilau keemasan adalah wajah keceriaan dan sumringah para petani yang segera akan memetik hasil panennya.

Sawah adalah sebuah bahasa. Bahasa alam yang perlu kita respon, nikmati dan syukuri. Berdialog dengan hamparan sawah adalah berdialog dengan kesunyian, keindahan dan kemurahan Tuhan. Seorang sobat bule dari Utreh Belanda, ketika melihat pemandangan sawah yang damai, dengan airnya yang jernih, dengan jembatan bambunya yang bersahaja, dengan pancuran airnya yang segar, dan dengan latar belakang gunungnya yang membiru, ia berujar lirih: “This is the heaven. This the peaceful place I want to live in.” Tentu saja karena Eropa tidak punya sawah.

Betapa indahnya negeri ini, walau puluhan tahun dikelola dengan salah kaprah sehingga sawah bukan melambangkan kemakmuran malah menyimbolkan kemiskinan struktural secara turun-temurun. Namun, apapun, sawah dengan hamparannya yang indah adalah sebuah angurah. Anugrah yang patut kita syukuri tak henti-henti. Terima kasih Tuhaaan… terima kasih ya Allah atas anugrah keindahan ini…..!!

(Terima kasih kepada tuan-tuan dan nyonya-nyonya yang sebagian fotonya kupungut disini, yang ditemukan dari berbagai tumpukan situs).

a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

7 Responses to Sebuah Surga Bernama Hamparan Sawah

  1. Hasyim says:

    Subhanallah…. Kang, bener-bener indaah luar biasa. Beda ya kalau seniman. Ditangan seorang kreatif segalanya menjadi kreasi. Saya seperti saya buka di “Only in Indonesia”-nya. Saya benar-benar rindu alam memandangi suguhan foto-foto ini. Inspiring …. Nuhun Kang, terus kan kreasinya. I am waiting the next ….

  2. endra setiawan says:

    ALLAHU AKBAR
    subhanaALLAH

  3. sumodisastro says:

    pic bagus2 gan.. ane minta buat gambar MMT kegiatan yah..

  4. [...] disini maaf gan kalo : soalnya tadi ane cari belum ada kalo terhibur boleh bagi ijo2nya dong gan trit ane yang lain gan : [quote] only in Indonesia^^[with PIC] [COOL]Foto-foto aneh+unik Sinar-X Mother by : SEAMO [japanese rapper] Pemandangan Pangandaran dari atas PESAWAT[PIC] Keren gan!!bunga matahari ternyata bisa gini juga Proyek Mega Raksasa Rencana Pengembangan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi [+PIC] [...]

  5. urang tasik says:

    Blog yang bagus, menyadarkan kita pada milik kita bersama; budaya sawah. Saya pikir sawah-sawah ini sebentar lagi akan Lenyap; Toh kita sudah makan Indomie dan mie2 lainnya. Tak perlu sawah, pabrik juga perlu lahan. Blog ini ikut menyadarkan bahwa sawah bagian dari kehidupan kita. KOMO Jang urang Sunda mah euy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 539 other followers

%d bloggers like this: