Makanlah yang ikhlas


Di kantorku ini sekarang, ketika makan siang atau makan malam. Selalu asa saja orang menggerutu, “kok itu-itu aja sih.” “Ah, itu lagi-itu lagi.” “Gak ah, bosen lihat menunya.” “Makan diluar yu ah, gak menarik.” dll. Aku bergumam, ini adalah sikap-sikap yang tidak ikhlas dlm hidup. Sudah gratis menggerutu lagi. Bosen dengan menu makanan adalah wajar. Tapi, ikhlas menghadapi makanan, adalah sikap terpuji. Sikap ikhlas dalam menghadapi hidangan, ikhlas menerima rezeki, akan terasa nikmat. Saya sendiri alhamdulillah tidak pernah protes seperti itu. Saya tidak mau. Saya sedang menikmati belajar menerima apapun makanan yang ada di depan mata. Apa saja yang ada makan, sambil menghayati itu rezeki Allah, maka apapun terasa nikmat. Enak tidaknya makan bila ukurannya di makanannya, adalah kualitas kesadaran yang rendah. Coba pindahkan enaknya itu ke hati. Dimasak dengan keikhlasan dan dibumbui rasa syukur, Insya Allah akan terasa enak dan nikmat. “Apapun makananya, nikmatlah rasanya!” Tapi ini memang susah, memerlukan latihan dan perjuangan, karena menyangkut tingkat kesadaran dan penghayatan. Betapa sayang waktu bila kita hidup hanya dengan kesadaran umum saja terus sampai tua, dan betapa bermanfaatnya waktu bila kesadaran kita meningkat… meningkat… dan meningkat!!

(Ciputat, 2 Maret 2009, 12pa .30)

2 Responses to Makanlah yang ikhlas

  1. dedi says:

    ini respons terlambat..tapi gak apa-apa, orang baru baca.

    posting ini mengingetkan penglaman di CBR. Di situ tidak ada makanan yang tidak enak. Adanya makanan yang enak..dan eeuunnnaaak! he..he..he.

    salam,

  2. ito indio says:

    banyak manusia yg masih kekurangan dan kelaparan…
    bersyukurlah thdp apa yg telah diberikan-NYA, ikhlaskan hati utk menikmati segala rejeki-NYA, baik itu berupa kenikmatan, kesukaran atau ketidakenakan…:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: