Muhammad, Nama Paling Populer di Inggris

Bila nama “Muhammad” paling populer di dunia Islam tentu tidak aneh, terpupoler di dunia juga tidak aneh karena saking banyaknya para orang tua Muslim di seluruh dunia memberi nama anaknya dengan “Muhammad.” Tapi, bila di sebuah negara Barat yang bukan kawasan Islam, ini baru menyejutkan seperti terjadi di Inggris ini.

_____________________

REPUBLIKA.CO.ID (28 Oktober 2010)

LONDON–Muhammad menjadi nama paling populer yang diberikan kepada bayi laki-laki yang baru dilahirkan di Inggris dan Wales sepanjang 2009. Namun adanya 12 pengejaan yang berbeda dari nama Muhammad, membuatnya tidak menempati peringkat pertama dari daftar nama anak laki-laki paling terkenal di sana.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Kantor Statistik Nasional Inggris, Rabu (27/10), justru nama Oliver yang dianggap sebagai nama paling umum. Nama Oliver dipakai oleh 7.364 anak laki-laki yang lahir sepanjang tahun lalu. Berikutnya terdapar nama-nama Jack, Harry, Alie, dan Joshua, yang menempati lima besar nama paling populer.

Padahal nama Muhammad yang ditulis dengan versi atau ejaan yang berbeda, menurut data itu, berada di peringkat 16 dan 36. Total nama Muhammad yang dipakai untuk nama itu mencapai 7.549 anak. Lebih tinggi dari pada nama Oliver yang sebanyak 7.364 anak. Nama Muhammad paling banyak digunakan bayi di wilayah West Midlands yang meliputi kota Birmingham.

Sementara, Olivia merupakan nama anak perempuan yang paling populer dengan dipakai oleh 5.201 anak, dan diikuti oleh nama Ruby, Chloe, Emily, dan Sophie. Nama bayi perempuan yang paling tinggi kenaikan peringkatnya adalah Maisie. Nama Maisie naik 29 peringkat dan kini menempati urutan 34. Sedangkan untuk anak laki-laki, kenaikan tertinggi didapat nama Austin yang naik dari peringkat 160 pada 2008 menjadi 100 pada 2009.

Putra pemain Manchester United, Wayne Rooney, yang lahir tahun lalu, yaitu Kai, merupakan satu dari 1.012 nama bayi yang diberikan nama serupa sehingga menempati peringkat 68.

One Response to Muhammad, Nama Paling Populer di Inggris

  1. […] Apa nama yang paling populer dipakai di Inggris? https://moeflich.wordpress.com/2010/1…er-di-inggris/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: