Hana Tajima Simpson, Blasteran Jepang-Inggris, Mengagumi Kandungan Alquran

a

Ia menemukan fakta ternyata kitab suci umat Islam Alquran lebih sesuai dengan kondisi saat ini.

Akhir-akhir ini, nama Hana Tajima Simpson menjadi topik perbincangan di kalangan blogger Muslimah. Di kalangan para blogger, nama perempuan blasteran Jepang-Inggris itu dikenal karena gaya berjilbabnya yang unik dan lebih kasual. Sosok Hana pun telah menghias sejumlah media di Inggris dan Brazil. Hana yang dikenal sebagai seorang desainer membuat kejutan lewat produk berlabel Maysaa. Produk yang telah dilempar ke pasaran dunia itu berupa jilbab bergaya layers (bertumpuk). Melalui label itu, Hana mencoba memperkenalkan gaya berbusana yang trendi, namun tetap sesuai dengan syariat Islam di kalangan Muslimah.

Kini, produk busana Muslimah yang diciptakannya itu tengah menjadi tren dan digandrungi Muslimah di negara-negara Barat. Semua itu, tak lepas dari kegigihannya dalam mempromosikan Maysaa. Tak cuma itu, kini namanya menjadi ikon fesyen bagi para Muslimah di berbagai negara. Mengenai gaya berjilbab yang diusung Hana, skaisthenewblack.blogspot menulis, “Dia (Hana) memiliki gaya yang hebat. Sangat elegan dan chic, namun tetap terlihat sederhana”. Ternyata, busana Muslimah pun bila dikreasi secara kreatif dan inovatif bisa mewarnai dunia fesyen internasional.

Sejatinya, gaya berjilbab yang ditunjukkan perempuan berusia 23 tahun itu kepada para Muslimah di berbagai negara tercipta secara tidak sengaja. Hana yang saat itu baru memeluk Islam ingin sekali menggenakan jilbab. Ia memeluk Islam saat usianya baru menginjak 17 tahun. “Sebagai seorang desainer, awalnya saya merasa frustrasi melihat gaya berbusana sebagian besar Muslimah yang kurang bervariasi,” ungkapnya dalam sebuah wawancara khusus dengan HijabScraft.

Dengan maksud ingin menunjukkan kepada masyarakat Barat bahwa para perempuan Muslim pun dapat tampil di muka umum dengan gaya berbusana yang modis dan chic, serta mengikuti tren fesyen terkini, Hana mulai tergerak untuk mendesain gaya busana Muslimah lengkap dengan jilbabnya yang berbeda dengan yang sudah ada pada saat itu. Selain unik, gaya berbusana yang diusung Hana ini pada dasarnya tidak pernah benar-benar mengikuti tren fesyen yang pada saat itu tengah digandrungi di negara-negara Barat pada umumnya. “Suatu hari saya akan tampil dengan gaya glamor ala Hollywood dan (hari) berikutnya saya akan terobsesi dengan gaya rock/grunge di tahun 90-an,” paparnya.

Ia mengatakan cenderung menjaga hal-hal yang dianggap kecil dan sederhana dalam mendesain sebuah fesyen. Hana pun secara terus terang mengaku tertarik untuk mengkreasikan sesuatu, seperti memadankan jaket kulit vintage dengan gaun panjang bermotif bunga-bunga. Untuk mempopularkan gaya berbusananya, Hana memanfaatkan jaringan internet dengan membuat laman web pribadi yang diberi nama stylecovered.com. Saat itu, Hana belum sempat memberikan label untuk produk yang didesainnya itu.

Tanpa disangka, gaya berbusana yang ditampilkan dalam laman webnya itu menarik minat para blogger Muslimah di Inggris. Berawal dari situlah, Hana kemudian memutuskan untuk mendirikan Maysaa, sebuah rumah desain dan fesyen yang terinspirasi dari fesyen Barat namun tetap disesuaikan dengan kaidah Islam.

Kendati Maysaa ditujukan untuk para wanita Muslim, namun Hana tidak menampik hasil rancangannya ini juga bisa dikenakan oleh kalangan wanita non-Muslim. “Saya tidak bisa mengatakan pakaian yang saya buat hanya untuk wanita Muslim atau untuk wanita non-Muslim, karena kehidupan saya pada dasarnya juga merupakan percampuran dari keduanya. Karenanya, saya suka membuat rancangan dari perspektif yang sangat pribadi,” terang perempuan yang sudah mulai merancang sejak usia lima tahun itu.

Memeluk Islam

Sebelum mengucap dua kalimat syahadat, Hana adalah seorang pemeluk Kristen. Ia tumbuh di daerah pedesaan di pinggiran Devon yang terletak di sebelah barat daya Inggris. Kedua orang tuanya bukan termasuk orang yang religius, namun mereka sangat menghargai perbedaan. Di tempat tinggalnya itu tidak ada seorang pun warga yang memeluk Islam. Persentuhannya dengan Islam terjadi ketika Hana melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. “Saya berteman dengan beberapa Muslim saat di perguruan tinggi,” ujarnya.

Dalam pandangan Hana, saat itu teman-temannya yang beragama Islam terlihat berbeda. “Mereka terlihat menjaga jarak dengan beberapa mahasiswa tertentu. Mereka juga menolak ketika diajak untuk pergi ke pesta malam di sebuah klub,” tutur Hana. Bagi Hana, hal itu justru sangat menarik. Terlebih, teman-temannya yang Muslim dianggap sangat menyenangkan saat diajak berdiskusi membahas materi kuliah. Menurut dia, mahasiswa Muslim lebih banyak dihabiskan waktunya untuk membaca di perpustakaan ataupun berdiskusi.

Dari teman-teman Muslim itulah, secara perlahan Hana mulai tertarik dengan ilmu filsafat, khususnya filsafat Islam. Sejak saat itu pula, Hana mulai mempelajari filsafat Islam dari sumbernya langsung, yakni Alquran. Dalam Alquran yang dipelajarinya, ia menemukan fakta bahwa ternyata kitab suci umat Islam ini lebih sesuai dengan kondisi saat ini.
“Di dalamnya saya menemukan berbagai referensi seputar isu-isu hak perempuan. Semakin banyak saya membaca, semakin saya menemukan diriku setuju dengan ide-ide yang tertulis di belakangnya dan aku bisa melihat mengapa Islam mewarnai kehidupan mereka (teman-teman Muslimnya-Red),” ungkapnya.

Rasa kagumnya terhadap ajaran-ajaran yang terdapat di dalam Alquran pada akhirnya membuat Hana memutuskan untuk memeluk Islam. Tanpa menemui hambatan, ia pun bersyahadat dengan hanya disaksikan oleh teman-teman Muslimahnya. “Yang paling sulit saat itu adalah memberitahukan kepada keluargaku, meskipun aku tahu mereka akan bahagia selama aku juga merasa bahagia.”  ed; heri ruslan

Memilih Berjilbab

Tak semua Muslimah tergerak untuk menutup auratnya dengan jilbab. Namun bagi Hana Tajima, jilbab adalah identitas seorang Muslimah. Sebagai seorang mualaf, desainer busana Muslimah yang sedang menjadi pusat perhatian itu memilih untuk mengenakan jilbab. Seperti halnya saat memutuskan untuk memeluk Islam, keputusan hana untuk mengenakan jilbab juga datang tanpa paksaan. “Saya mulai mengenakan jilbab pada hari yang sama di saat saya mengucapkan syahadat. Ini merupakan cara yang terbaik untuk membedakan kehidupan saya di masa lalu dengan kehidupan di masa depan,” paparnya seperti dikutip dari hijabscarf.blogspot.com.

Keputusannya untuk mengenakan jilbab kontan memancing reaksi beragam dari orang-orang di sekitarnya, terutama teman dekatnya. Sebelum mengenakan jilbab, Hana paham betul dengan semua konotasi negatif yang disematkan kepada orang-orang berjilbab. “Saya tahu apa yang mereka pikirkan mengenai jilbab, tetapi saya akan bersikap pura-pura tidak mengetahuinya. Namun seiring waktu, orang-orang di sekitarku kini bisa bersikap lebih santai manakala melihatku dalam balutan jilbab,” papar Hana sumringah.

Dalam blog pribadinya Hana mengakui bahwa menjadi seorang Muslimah di sebuah negara Barat dapat sedikit menakutkan, terutama ketika para mata di sekitarnya menatap dengan tatapan aneh.  Maklum saja, di negara-negara Barat, sebagian penduduknya telah terjangkit Islamofobia. Tak sedikit, Muslimah yang mengalami diskriminasi dan pelecehan saat mengenakan jilbab. Bahkan, di Jerman beberapa waktu lalu, seorang Muslimah dibunuh di pengadilan karena mempertahankan jilbab yang dikenakannya.

“Karena itu, mengapa saya ingin menciptakan sesuatu yang akan membantu para Muslimah di mana pun untuk terus termotivasi mengatasi rasa takut itu,” ujar Hana. Kini, dengan busana Muslimah yang dirancangnya, kaum Muslimah di negara-negara Barat bisa tampil dengan busana yang bisa diterima masyarakat tanpa meninggalkan aturan yang ditetapkan syariat Islam. (Nidia Zuraya, Republika Online, 9 Januari 2011).

a

69 Responses to Hana Tajima Simpson, Blasteran Jepang-Inggris, Mengagumi Kandungan Alquran

  1. aristo oesman says:

    masya allah…bukti kebenaran Islam sebagai agama pemberi rahmat seluruh alam. Masuk Islam tanpa paksaan juga membuktikan pengembanganya justru didasari kenyataan akan sebuah keyakinan yang mampu membuat ketenangan dan kebahagiaan bathin. Kita mendorong semua yang menganut Islam karena keturunan. Sifat otomatis menjadi muslim memerlukan peningkatan mutu dalam kehidupan beragama. Justru para mualaf sering lebih meyakini atas kebenaran yang terkandung dalam setiap ajaran Islam yang bersumber dari al quran dan sunnah rasul muhammad saw. semoga secuplik kisah hana tajima lebih memotivasi kita untuk meningkakan kehidupan bergama kita. amin….

  2. aristo oesman says:

    masya allah…..

  3. jilbab 2011 says:

    good job… see next

  4. eka nuli says:

    subhanallah generasi muda Islam yang kreatif dan inovatif.Allahu Akbar……

  5. Om, ijin copas sejumlah kalimat dalam artikel ini. he…he…pengen nulis tentang hana tajima, tapi sedang buntu….terima kasih

  6. zie says:

    oh my god hanaaa… ud cantik, cerdas & berprestasi,

    ud banyak perempuan seksi mampir di mata, tapi cuma yg seperti kamu aj yg bikin adem mata gw… & akhirnya…

    hhmm… saking aj kamu tinggal di London…

  7. tony says:

    Duhai indahnya dunia ini bila banyak wanita seperti hana… tidak hanya rupawan tapi juga cantik hatinya.. smoga Allah selalu membimbing hana dan kita semua ke jalan yang di ridhoi Allah… amiin

    info hana juga bisa di peroleh di
    http://www.hanatajimasimpson.com

  8. Moeflich says:

    Lucu ya, Hana Tajima memasukkan artikel ini pada websitenya sendiri.

  9. delly says:

    howwww cute are u …

  10. ratna says:

    pas baca ini lagi hari kartini…jd tambah yakin klo kartini harusny diinget bukan dari kebayanya, tapi dari perjuangannya. & di mata saya, Hana Tajima adlh salah satu kartini masa kini! bravo hana, i adore u! ^_^

  11. imran says:

    masa allah.

  12. abdulcholiq says:

    Al Qur’an semakin dibaca akan semakin nampak mu’jizatnya semoga artikel ini memberi inspirasi bagi kaum muslimah sedunia.

  13. Umi Salamah says:

    seharusnya wanita muslim bangga dgn jilbabnya bukan malu karena dgn kita menjaga aurat kita orang lainpun juga akan menghargai kita bukan melecehkan kita,,

  14. Umi Salamah says:

    sebaiknya sebagai seorang muslimah harus bangga dgn jilbab kita bukan malu,karena bila bukan kita sendiri yg menghargai aurat kita dan menjaganya bagaimana orang akan menghargai kita dan tidak melecehkan kita,karena wanita hiasan dunia maka harus dijaga keindahannya agar tidak pudar

  15. Wah, hebat ya. Emang islam itu sempurna, jilbab bukan halangan bagi wanita untuk melakukan kegiatan. aku suka yang gini, kalo masuk islam ya harus dari hati……. belajar dulu. kalo memeluk agama jangan dipaksa, islam gak pernah maksa orang masuk agamanya. Hana. what a beautiful girl

  16. Faisal_jaya says:

    Saya iri dengan Hanna …karena Hanna ud memberikan kebaikan yang digunakan banyak perempuan muslim sekarang ini. Gimana dgn kita ya….apa yg ud kita beri kepada orang lain untuk dijadikan panutan dan menambah pahal….

  17. wow love u hana,so so so cute

  18. edward says:

    ehehe cantekk

  19. Ririn says:

    inspirasi sekali… ^_^ ..Like it..

  20. v_tree says:

    amazing, i always love ur style. keep it up!

  21. Saya bersuamikan mualaf Jepang, dan saya banyak memilik sahabat Akhwat Jepang! mereka sangat Teguh dalam beristiqomah! Bukti tidak main2 dlm taat pada Allah subhahanahu!
    Di Jepang sangat aktiv kegiatan Islam nya…masjid2 nya Riuh dgn kegiatan Islam. bahkan banyak putra putri jepang yg sudah Hafidz Quran 7-12 juz!! MashaAllah!
    Jepang termasuk Hanna…adalah bukti Mereka ditunjukkan Jalan lurus dgn kekuatan Istiqomah nya oleh Allah Azza wa’jalla!

    Bravo Tajima Hana! Likes your name! Flower! for new shahada peoples! may Allah Subhahanu Blessing You now and later in His Jannah! Ameen Allahumma Ameen!

  22. endy irawan says:

    hmmm hebaat

  23. Hana Tajima…memang ‘sesuatu’….bravo…contoh muslimah yg membw perubahan ttg pandangan masyarakat barat ttg Islam…I Like It….

  24. cantik a die..

  25. rafelra says:

    سُبْحَانَ اللّهُ,,,,good 4 u hana.may allah bless u,,,,

  26. vichigo says:

    love u Tajima Hana,,,^^

  27. Ririn says:

    subhanallah…
    aqw jadi terinspirasi sma hana tajima…
    bravo … \(^^,)/

  28. i dont care, it is true bicause I LOVE YOU Hana Tajima

  29. Mau nanya sekarang Hana Tajima itu tinggal di Malaysia yah?
    Karna saya liat di youtube n Facebook,kebanyakan yg comment orang Malaysia,bener atau nggak sih dia tinggal disana?
    Thanks..^^

  30. manshurdzulkarnaen+moslem says:

    a£llhuakbar3*
    mmg bnar sjtx i5lam adlh kbnaran. .
    Hanya org trtnt yg mndptkn hdyah dan mr5knya.
    Wlw jlz tntg kbnrn alquran dgn bkt yg ada tp mreka t2p kekelamnx cmuax tdk lput krn mreka blum d brkn hdyah olh allah cz hx dia xg mmpu mmbr hdyh k siapapn xg dia ingn. Bkn nbi Mohammd saw. Pa lg kyai. Hana clh satu bkt hdyah allah bgx. Wlw d pnghjng tmpt yang mmbnc i5lm t2p akn smpai hdyah trsbut. Smga cmua ne bnar . . . INNALLAHE YUHDI MAYYAsYA’

  31. Ishak bin Ismail says:

    Jaga aurat, Allah akan jaga anda.

  32. suka bgt sama gaya busananya hana tajima…….

  33. Beben says:

    Bangga dengan gaya model pakaian Hana.., beda dengan kebanyakan gaya muslimah di Indonesia sekarang.., ber jilbab tapi memekai baju dan celana ketat…, menutupi aurat atas dan menampakkan bentuk aurat lainnya.., miris…

  34. mus5wati says:

    belum syar’i, jilbab atau seledang terserahlah … menutup dada, yang nampak hanya muka dan telapak tangan, kaki harus tertutup, jangan lterlalu fashion deh nanti malah niatnya jd nggak ikhlas…

  35. mus5wati says:

    terlalu fashionable…. saya rasa intinya kita berjilbab agar jangan terlalu menarik perhatian orang-orang disekitar kita terutama kaum pria bukan malah untuk mendapat pujian, khawatir malah menimbulkan fitnah dan melalaikan hati

  36. Ramona says:

    Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
    Terima kasih

  37. […] : di sini Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post. Filed under Fashion n […]

  38. lakukan yang terbaik sebagai seorang muslimah
    tetaplah berkarya saudariku

  39. rona aulia says:

    subhanallah… i love to hear that.kisah ini juga merupakan penambah kuat iman bagi muslim smw.walau dalam hal ini menjurus ke fashion,scr ga langsung ini juga dakwah lho buat para muslimah.perempuan muslimah modern yang baik,modis itu juga membantu memperkenalkan image muslimah yang mungkin kurang dipandang dalam segi fAshion dunia.semoga 4JJ1merahmati ka’ hana Tajima.amin… ini akan menjadi trend fashion dan inovasi dlm fashion muslimah.wish u all the best ka hana

  40. jaket kulit says:

    jaket kulit…

    […]Hana Tajima Simpson, Blasteran Jepang-Inggris, Mengagumi Kandungan Alquran « Moef's Blog[…]…

  41. achmad usman says:

    satu lagi……..bahwa hanya orang yg ber akal dan mau mengunakan akalnya dgn baik…….dapat menemukan ALLAH…
    wahai sobat2 NON muslim…….kapan anda menyusul..???

  42. Kashii Yuki says:

    subhanallah ^^

  43. Saryani batulai says:

    Masya allah..!!!
    Islam itu memang indah,,
    jadi muslimah itu anggun & mempesona.

  44. ini baru muslimah modern . . . mempopulerin gaya islam dengan nunjukin sisi fleksibel buat ngundang simpati . . . ga kaya orang yang kolot yang sukanya nabok2in mobil orang

  45. Subhanallah.. Memang Wanita adalah Perhiasan Dunia dan Bidadarinya Dunia, maka dari itu kita bisa mengambil manfaat dari tulisan ini..Amiin
    BAJU MUSLIMAH

  46. Okky says:

    good !

  47. dafi fischellya says:

    masya allah.. good banget….alhamdu lillah. semoga makin banyak lagi orang yang seperti itu.

  48. Haruna says:

    Aku baru tahu namanya dari tv. Bener2 muslimah panutan. Subhanallah….

  49. Wahyou Brorr says:

    Subhanaallah, semoga bisa jadi inspirasi temen2 muslimah…

  50. Ria Septiyana says:

    subhanallah, , , kagum aku ma hana tajima, baru masuk islam aja langsung menutup auratnya, , ,

  51. Adji yuandra says:

    wanita berjilbab ; jika kita ditawari teman kita permen yg mahal kebetulan tinggal 2 buah dan ditawarinya juga memakai tempat yg bagus, namun sayangnya salah satu permen sudah terbuka tanpa pembungkus walaupun itu permen mahal, Nah kira2 anda pilh yang masih terbungkus atau sdh terbuka? jawabannya mau panjang lebar atau ngalor ngidul toh yg dipilih adalah yg msh terbungkus, jadi klo ada 2 gadis cantik dan bersih bak bidadari yg satu berjilbab sedang yg satunya berpakaian sronok bahkan banyak pamer2 dada dan paha, klo saya sih pilih yg berjilbab kecantikan, bersih sensual/sexi tdk perlu di umbar2 kesannya spt permen mahal tdk terbungkus tsb yaitu KOTOR,BERDEBU DAN TDK SEHAT.

  52. ita says:

    subhanallah smg bs menjadi idola generasi muda jaman skr terutama remaja muslimah

  53. so nice😉 i like your fashion hana {} (y)

  54. jacksystem says:

    Subahanallah…. Cantik dan memiliki aqidah yg baik pula….

    I hope I can meet with her someday

  55. luquezone says:

    Reblogged this on luquezone and commented:
    inspirasi sekali…Like it..

  56. Sophie says:

    Nice

  57. […] Karena itu, mengapa saya ingin menciptakan sesuatu yang akan membantu para Muslimah di mana pun untuk terus termotivasi mengatasi rasa takut itu, ujar Hana. Kini, dengan busana Muslimah yang dirancangnya, kaum Muslimah di negara-negara Barat bisa tampil dengan busana yang bisa diterima masyarakat tanpa meninggalkan aturan yang ditetapkan syariat Islam. (eramuslim.com/moeflich.wordpress.com) […]

  58. mvp forever says:

    ya allah cantik banget dahhh….sempurna

  59. subhanalllah cantiknyeee😀

  60. nitha says:

    subhanallah…
    sngat menginspirasi sekali…🙂

  61. Jovi says:

    Subhanalloh ..kagum dan iri padamu hana ^^

  62. ace maxs says:

    wahhh jadi tambah cantik ya kalo pakai hijab itu..
    oia jujura aku tuh sebenernya baru thu loh gn hnna tjima itu yang ini, aku kira dulu itu nama untuk model hijab gitu gan..
    ternyata nama orang,
    keren ya bisa sepopuler itu😉
    ada berkahnya berarti masuk islam😀

    terimakasih😉

  63. wiendha says:

    Alhamdulillah, kebayakan mualaf dalah orang2 yg berfikir dan pintar,

  64. […] Hana Tajima Simpson, Blasteran Jepang-Inggris, … – a Ia menemukan fakta ternyata kitab suci umat Islam Alquran lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Akhir-akhir ini, nama Hana Tajima Simpson menjadi topik perbincangan di …… […]

  65. […] Hana Tajima Simpson, Blasteran Jepang-Inggris, … – a Ia menemukan fakta ternyata kitab suci umat Islam Alquran lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Akhir-akhir ini, nama Hana Tajima Simpson menjadi topik …… […]

  66. terimakasih untuk postingannya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: