Mengejutkan: Amerika Ternyata Kaya Raya oleh Emas Papua!!

a
Tahukah Anda ternyata sebagian kebesaran dan kemegahan Amerika saat ini ternyata adalah hasil perampokan resmi mereka atas gunung emas Papua? Benar. Freeport adalah lahan sangat empuk bagi segelintir pejabat, para jenderal dan juga para politisi busuk negeri ini, yang menikmati hidup bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini. Sungguh, mereka ini tidak lebih baik dari seekor lintah!

Akhir tahun 1996, sebuah tulisan berjudul “JFK, Indonesia, CIA and Freeport.” oleh Lisa Pease, dimuat dalam majalah Probe. Tulisan ini juga disimpan dalam National Archive di Washington DC. Dan berikut isi uraian tulisan tersebut.

Walau dominasi Freeport atas gunung emas di Papua dimulai sejak tahun 1967, namun kiprahnya di negeri ini sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Freeport Sulphur (nama perusahaan itu), awalnya nyaris bangkrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun 1959.

Saat itu Fidel Castro berhasil menghancurkan rezim diktator Batista. Oleh Castro, seluruh perusahaan asing di negeri itu dinasionalisasikan. Freeport Sulphur yang baru saja hendak melakukan pengapalan nikel produksi perdananya terkena imbasnya. Ketegangan terjadi. Berkali-kali CEO Freeport Sulphur merencanakan upaya pembunuhan terhadap Castro, namun berkali-kali pula menemui kegagalan.

Agustus 1959, Ditengah situasi itu, Forbes Wilson yang menjabat sebagai Direktur Freeport Sulphur melakukan pertemuan dengan Direktur pelaksana East Borneo Company, Jan van Gruisen. Dalam pertemuan itu Gruisen bercerita jika dirinya menemukan sebuah laporan penelitian atas Gunung Ersberg (Gunung Tembaga) di Irian Barat yang ditulis Jean Jaques Dozy di tahun 1936.

Dengan berapi-api, Van Gruisen bercerita kepada pemimpin Freeport Sulphur itu jika selain memaparkan tentang keindahan alamnya, Jean Jaques Dozy juga menulis tentang kekayaan alamnya yang begitu melimpah. Tidak seperti wilayah lainnya diseluruh dunia, maka kandungan biji tembaga yang ada disekujur tubuh Gunung Ersberg itu………. terhampar di atas permukaan tanah, jadi tidak tersembunyi di dalam tanah.

Mendengar hal itu, Wilson sangat antusias dan segera melakukan perjalanan ke Irian Barat untuk mengecek kebenaran cerita itu. Di dalam benaknya, jika kisah laporan ini benar, maka perusahaannya akan bisa bangkit kembali dan selamat dari kebangkrutan yang sudah di depan mata.

Selama beberapa bulan, Forbes Wilson melakukan survey dengan seksama atas Gunung Ersberg dan juga wilayah sekitarnya. Penelitiannya ini kelak ditulisnya dalam sebuah buku berjudul The Conquest of Cooper Mountain. Wilson menyebut gunung tersebut sebagai harta karun terbesar yang untuk memperolehnya tidak perlu menyelam lagi karena semua harta karun itu telah terhampar di permukaan tanah. Dari udara, tanah disekujur gunung tersebut berkilauan ditimpa sinar matahari.

Wilson juga mendapatkan temuan yang nyaris membuatnya gila. Karena selain dipenuhi bijih tembaga, gunung tersebut ternyata juga dipenuhi bijih emas dan perak!! Menurut Wilson, seharusnya gunung tersebut diberi nama GOLD MOUNTAIN, bukan Gunung Tembaga. Sebagai seorang pakar pertambangan, Wilson memperkirakan jika Freeport akan untung besar dalam waktu tiga tahun sudah kembali modal. Pimpinan Freeport Sulphur ini pun bergerak dengan cepat. Pada 1 Februari 1960, Freeport Sulphur meneken kerjasama dengan East Borneo Company untuk mengeksplorasi gunung tersebut.

Namun lagi-lagi Freeport Sulphur mengalami kenyataan yang hampir sama dengan yang pernah dialaminya di Kuba. Perubahan eskalasi politik atas tanah Irian Barat tengah mengancam. Hubungan Indonesia dan Belanda telah memanas karena Soekarno mulai menerjunkan pasukannya di Irian Barat.

Tadinya Wilson ingin meminta bantuan kepada Presiden AS John F Kennedy agar mendinginkan Irian Barat. Namun ironisnya, JFK malah sepertinya mendukung Soekarno. Kennedy mengancam Belanda, akan menghentikan bantuan Marshall Plan jika ngotot mempertahankan Irian Barat.

Belanda yang saat itu memerlukan bantuan dana segar untuk membangun kembali negerinya dari puing-puing kehancuran akibat Perang Dunia II terpaksa mengalah dan mundur dari Irian Barat.

Ketika itu sepertinya Belanda tidak tahu jika Gunung Ersberg sesungguhnya mengandung banyak emas, bukan tembaga. Sebab jika saja Belanda mengetahui fakta sesungguhnya, maka nilai bantuan Marshall Plan yang diterimanya dari AS tidak ada apa-apanya dibanding nilai emas yang ada di gunung tersebut.

Segalanya berubah seratus delapan puluh derajat ketika Presiden Kennedy tewas ditembak pada 22 November 1963. Banyak kalangan menyatakan penembakan Kennedy merupakan sebuah konspirasi besar menyangkut kepentingan “bangsa kera” yang hendak mempertahankan hegemoninya atas kebijakan politik di Amerika.

Presiden Johnson yang menggantikan Kennedy mengambil sikap yang bertolak belakang dengan pendahulunya. Johnson malah mengurangi bantuan ekonomi kepada Indonesia, kecuali kepada militernya. Salah seorang tokoh di belakang keberhasilan Johnson, termasuk dalam kampanye pemilihan presiden AS tahun 1964, adalah Augustus C.Long, salah seorang anggota dewan direksi Freeport.

Tokoh yang satu ini memang punya kepentingan besar atas Indonesia. Selain kaitannya dengan Freeport, Long juga memimpin Texaco, yang membawahi Caltex (patungan dengan Standard Oil of California). Soekarno pada tahun 1961 memutuskan kebijakan baru kontrak perminyakan yang mengharuskan 60persen labanya diserahkan kepada pemerintah Indonesia. Caltex sebagai salah satu dari tiga operator perminyakan di Indonesia jelas sangat terpukul oleh kebijakan Soekarno ini.

Augustus C.Long amat marah terhadap Soekarno dan amat berkepentingan agar orang ini disingkirkan secepatnya. Mungkin suatu kebetulan yang ajaib. Augustus C.Long juga aktif di Presbysterian Hospital di NY dimana dia pernah dua kali menjadi presidennya (1961-1962). Sudah bukan rahasia umum lagi jika tempat ini merupakan salah satu simpul pertemuan tokoh CIA.

Antara tahun 1964 sampai 1970, Long pensiun sementara sebagai pemimpin Texaco. Tetapi Maret 1965, Augustus C.Long terpilih sebagai Direktur Chemical Bank, salah satu perusahaan Rockefeller.

Augustus 1965, Long diangkat menjadi anggota dewan penasehat intelejen kepresidenan AS untuk masalah luar negeri. Badan ini memiliki pengaruh sangat besar untuk menentukan operasi rahasia AS di Negara-negara tertentu. Long diyakini salah satu tokoh yang merancang kudeta terhadap Soekarno, yang dilakukan AS dengan menggerakkan sejumlah perwira Angkatan Darat yang disebutnya sebagai Our Local Army Friend.

Salah satu bukti sebuah telegram rahasia Cinpac 342, 21 Januari 1965, pukul 21.48, yang menyatakan jika kelompok Jendral Suharto akan mendesak angkatan darat agar mengambil-alih kekuasaan tanpa menunggu Soekarno berhalangan. Mantan pejabat CIA Ralph Mc Gehee juga pernah bersaksi jika hal itu benar adanya.

Awal November 1965, satu bulan setelah tragedi terbunuhnya sejumlah perwira loyalis Soekarno, Forbes Wilson mendapat telpon dari Ketua Dewan Direktur Freeport, Langbourne Williams, yang menanyakan apakah Freeport sudah siap mengekplorasi gunung emas di Irian Barat. Wilson jelas kaget. Ketika itu Soekarno masih sah sebagai presiden Indonesia bahkan hingga 1967, lalu darimana Williams yakin gunung emas di Irian Barat akan jatuh ke tangan Freeport?

Sungguh diluar dugaan, Para petinggi Freeport ternyata sudah mempunyai kontak dengan tokoh penting di dalam lingkaran elit Indonesia. Mereka adalah Menteri Pertambangan dan Perminyakan Ibnu Soetowo dan Julius Tahija. Orang yang terakhir ini berperan sebagai penghubung antara Ibnu Soetowo dengan Freeport. Ibnu Soetowo sendiri sangat berpengaruh di dalam angkatan darat karena dialah yang menutup seluruh anggaran operasional mereka.

Sebab itulah, ketika UU no 1/1967 tentang Penanaman Modal Asing (PMA) yang draftnya dirancang di Jenewa-Swiss yang didektekan Rockefeller, disahkan tahun 1967, maka perusahaan asing pertama yang kontraknya ditandatangani Suharto adalah Freeport!.

Inilah kali pertama kontrak pertambangan yang baru dibuat. Jika di zaman Soekarno kontrak-kontrak dengan perusahaan asing selalu menguntungkan Indonesia, maka sejak Suharto berkuasa, kontrak-kontrak seperti itu malah merugikan Indonesia.

Untuk membangun konstruksi pertambangan emasnya itu, Freeport menggandeng Bechtel, perusahaan AS yang banyak mempekerjakan pentolan CIA. Direktur CIA John McCone memiliki saham di Bechtel, sedangkan mantan Direktur CIA Richards Helms bekerja sebagai konsultan internasional di tahun 1978.

Tahun 1980, Freeport menggandeng McMoran milik “Jim Bob” Moffet dan menjadi perusahaan raksasa dunia dengan laba lebih dari 1,5 miliar dollar AS pertahun.

Tahun 1996, seorang eksekutif Freeport-McMoran, George A.Maley, menulis sebuah buku berjudul “Grasberg” setebal 384 halaman dan memaparkan jika tambang emas di Irian Barat itu memiliki deposit terbesar di dunia, sedangkan untuk bijih tembaganya menempati urutan ketiga terbesar didunia.

Maley menulis, data tahun 1995 menunjukkan jika di areal ini tersimpan cadangan bijih tembaga sebesar 40,3 miliar dollar AS dan masih akan menguntungkan 45 tahun ke depan. Ironisnya, Maley dengan bangga juga menulis jika biaya produksi tambang emas dan tembaga terbesar di dunia yang ada di Irian Barat itu merupakan yang termurah di dunia!!

Istilah Kota Tembagapura itu sebenarnya menyesatkan dan salah. Seharusnya EMASPURA. Karena gunung tersebut memang gunung emas, walau juga mengandung tembaga. Karena kandungan emas dan tembaga terserak di permukaan tanah, maka Freeport tinggal memungutinya dan kemudian baru menggalinya dengan sangat mudah. Freeport sama sekali tidak mau kehilangan emasnya itu dan membangun pipa-pipa raksasa dan kuat dari Grasberg-Tembagapur a sepanjang 100 kilometer langsung menuju ke Laut Arafuru dimana telah menunggu kapal-kapal besar yang akan mengangkut emas dan tembaga itu ke Amerika.

Betul betul sebuah perampokan besar yang direstui oleh pemerintah Indonesia sampai sekarang!!!

Kesaksian seorang reporter CNN yang diizinkan meliput areal tambang emas Freeport dari udara. Dengan helikopter ia meliput gunung emas tersebut yang ditahun 1990-an sudah berubah menjadi lembah yang dalam. Semua emas, perak, dan tembaga yang ada digunung tersebut telah dibawa kabur ke Amerika, meninggalkan limbah beracun yang mencemari sungai-sungai dan tanah-tanah orang Papua yang sampai detik ini masih saja hidup bagai di zaman batu.
Penulis: Effie Emzieta (KASKUS.US) (situslakalaka)

About these ads

64 Responses to Mengejutkan: Amerika Ternyata Kaya Raya oleh Emas Papua!!

  1. Betul betul sebuah perampokan besar yang direstui oleh pemerintah Indonesia sampai sekarang!!!

  2. Ryz says:

    duka rakyat PAPUA, juga duka kita bersama sebagai bangsa indonesia…

  3. Marta says:

    Sudah terlambat. . .semua tinggal penyesalan. . .
    Pemerintah negeri ini tidak perlu dibanggakan semua hanya sam. . .h. . .fuck

  4. ferry says:

    gmana agar pemerintah indonesiak mmbuat vote agar negara biadab amerika meningalkan irian barat dengan JUDUL PERAMPOKAN BESAR AMERIKA SERIKAT DERITA PAPUA

  5. Sugi Astuti says:

    niat hati gak mau tau tentang politik,, namun ternyata karena kebijakannya telah merampas harta Indonesia ku…
    ayo nasionalisasikan segala aspek..
    cintai produk Indonesia..

  6. harryboy says:

    gmana caranya menghentikan semuanya….
    apakah tidak bisa di lakukan renegosiasi kontrak…
    tidak adakah seorang pemimpin di indonesia ini yang mampu mengubahnya….
    naudzubilllahimindzaalik….
    kapan bangsa ini akan bangkit lagi,,
    kapan kita bsa memiliki pemimpin bangsa yang mengutakan kepentingan bangsa ……..
    bangsa indonesia adalh bangsa yang besar tapi di kerdilkan oleh pemimpinnya sendiri….
    andaikan aku jadi raja…….

  7. asnu says:

    dulu Mr. Amien Rais pernah berkata jika freeport dimiliki oleh iNDONESIA maka seluruh daratan PAPUA bisa melebihi Kota jakarta dengan segala fasilitasnya.. dan ternyata memang benar. mudah2 an belum terlambat untuk merubah kontraknya.

  8. Haslinda Sari Patriatni says:

    Masih belum terlambat kalau pemerintah kita sekarang punya niat. Nasionalisasikan saja, tapi apa pemerintah kita punya keberanian? Atau tunggu presiden yang akan datang, Insya Allah ada kejutan. Jangan biarkan perampok harta karun menikmati hasil rampokan selama dunia masih terkembang.

  9. atprasetyo says:

    Indonesia memang bangsa besar dan pemurah serta baik hati.Telah berhasil menjadikan USA besar dan megah seperti saat ini berkat emaspura papua.Yach apa hendak di kata..semua kita pada O2N

  10. Burhan Ali says:

    pemerintah yang sekarang harus berani mengubah kontrak lama yangsangat merugikan rakyat,atau nasionalisasikan saja.danusir freeport dari papua.

  11. Rini Susanti says:

    Sepertinya Pemimpin kita sdh mengetahui bahwa Tanah Papua itu mmg kaya tp tak da niat dan nyali u mengubah kontrak Eksploitasi Emaspura….lebih senang terima bersih msk kantung sndiri dr pd mikirin nasib Rakyat nya yg miskin….

  12. rendi says:

    kl ada pemimpin yg bisa dan berani untuk melakukan renegoisasi kontrak yg lebih menguntungkan Indonesia,baru pantes untuk kita pilih jadi Presiden Indonesia!!!!!

  13. gaia says:

    bayar utang dulu baru pembangunan nasional, sebelum utang dibayar gak bakal bisa lepas dari jeratan, garuda akan tetap terkurung di sangkar

  14. Larry says:

    Gak usah. Amerika tetap di Papua melalui Freeport-nya karena korupsi masih merajalela di Indonesia, para elit masih rakus. Lebih baik Freeport mengambil keuntungan yang besar karena sahamnya besar daripada dinasionalisasikan nanti memperkaya kaum politisi, jenderal dan pemodal tertentu di indonesia, sebab telah terjadi krisis moral yang kronis di Indonesia

  15. Ones madai says:

    Mohon izin share tulisan ini.

  16. haerul amin says:

    seandainya kita g punya peminpin khianat pasti kita maju,,, coba anda liat di dalam nya,, petingi kita yang rakus,, anda perlu bukti silahkan bukti kan sendiri,,, garuda di dadaku tp pimpinnanya tidak,,,,,

  17. Aku gaptek says:

    Mafia berkeley bajingan embokneancok biangsaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat

  18. eko says:

    Moral pemimpin sudah RUSAK..!!

  19. dial says:

    BIANG KEROKNYA SOEHARTO.!!!

  20. pele says:

    Mohon ijin sharee

  21. marthen says:

    Makanya, marilah kita meng-kampanye-kan Tentang Kebenaran Ajaran Nabi besar kita, Muhammad SWT, antara lain dg cara jalani itu dg bergandeng tangan dlm bingkai “Akidah Islam”. Karena disitu ada “Tauladan yg Bercahaya !” Kalau hal seringan dan semudah itu saja msh dirasa susah….malas dan sulit, maka berarti kita mash di dlm “zona kebodohan” yg msh sgt dalam ! Dan ujung dr kebodohan adalah biasanya berbuah kekeruhan dan kemiskinan yg panjang…… !! Dan lalu kemudian yg menerima getah keterpurukan semua itu adalah seluruh keturunan kita, merekalah yg akan menangis penuh keluh dan hina. Maka, akhirnya, kita yg hidup dihari ini menjadi sebuah catatan yg tertulis pd sejarah yg akan dibaca oleh anak – anak keturunan kita !!! Kawan, coba renungkan. . . . .

  22. cholil says:

    Sungguh sebuah kezaliman yang maha dahsyat…..

  23. moraboysmeckh says:

    makanya kasih papua merdeka supaya papua bisa ingat indonesia, siapa suruh indonesia percaya orang luar???..

  24. Awak Ayoe says:

    sangat menyedihkan :(

  25. Helmy andryan says:

    Emang sialan tu amerika.
    Tenang kawan, tunggu gw jadi presiden, di INDONESIA gak akan ada lagi nama freeport.

  26. MAFIA BERKELEY EMBOKNEANCOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOK,MATANE PICEEEEEEEEEEEEEEEG,GOBLOK GAK NDUWE UTEEEEEEEEEEEEK,NDASE ISINE TAAAAEEEEEEEEEEEEEEEK

  27. Mafia berkeley bangsaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat,keparaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat,gagalkan pemberian gelar pahlawan kepada Suharto,itu upaya politik menyelamatkan hartanya agar tidak disita negara

  28. arjun says:

    gak heran papua bergejolak.., jika freeport diganggu, ada aja kejadian / ganguan keamanan, intimidasi dan semacamnya yang dialami orang2 disekitarnya, gerakan semacam organisasi papua merdeka boleh jadi dibekingi oleh mereka..

  29. Bumi says:

    Tak ada satu pun presiden or anggota DPR,MPR,Polri,Abri,MK, Partai-Partai Indonesia, yang berani menentang dan bersuara lantang ttg Freeport………………………… Semoha Allah SWT, membukakan mata dan Hati org2 yg pintar dan punya kedudukan Indonesia……………….

  30. murib-puncak-papua says:

    Atas segala penipuan dari indonesia maupun Amerika terhadap peri bumi. sang pencipta alam dan emas tembaga pura yang akan memberkati.

  31. Dom Urbon says:

    Kejaamm…..!!!!!

  32. syarub says:

    terlalu….

  33. Yolis says:

    Freeport hanya akan hengkang jika emas, tembaga dan peraknya sudah habis alias tidak menguntungkan lagi… pemrintah kita sudah takut…

  34. Tunjukkan ekspresimu,Ini ekspresiku,mana ekspresimu,,,,,,Mafia berkeley bajingaaaaaan bangsaaaaaaaaat mbokneancoooooooooook matane piceeeeeeeeg goblooooooook gak nduwe uteeeeeeeek ndase isine taek’e asuuuuuuuuuuuuuuuuu

  35. Derim says:

    Amerika sangat licik. Amerika sudah mengantisipasi kemungkinan yang bisa terjadi. Selama pemerintah Indonesia masih bisa mereka kontrol dan kendalikan maka Papua akan tetap seperti saat ini (masih dalam NKRI), tetapi begitu pemerintah Indonesia tidak mau menuruti keinginan mereka maka Papua akan bergejolak dan akan jadi isu internasional dan…. Merdeka.
    Itu semua rancangan mereka, kalau rakyat kita bersatu tidak ada yang bisa mereka lakuakan. Sayang banyak di negeri ini orang-orang yang menjadi kaki-tangan Amerika.
    Baikpun akan mereka tampakkan buruk begitu sebaliknya.
    Media massa juga banyak yang dikuasai Amerika, yang ditampilkan yang baik-baik tentang Amerika yang buruk-buruk tidak berani ditampilkan soalnya dana bisa distop.

  36. Wahyu N says:

    Pante s aja papua ingin merdeka orang pemerintah pusat ga punya otak, pejabat2nya seperti lintah.

  37. arfak jaya says:

    hancurkan para penjajah ini dari bumi ini..lhtlah kalian para org2 yg rakus merdeka,buka matahatimu…amerika,belanda ,inggris dll.itlh penjajah..dan para pejabt kta sendirilah yg mempermaikan kta. Bukan indonesia .inga t kita asli indonesia ini. Bukn jwa,sulawesi .kalimantan dll. Jdi org2nya yg hrus kta musuhi bkn negaranya. Klau kalian memusuhi indonesia sma sja kalian memusuhi diri kalian sndiri. Ingatlh tnah inilah tnh yg termateraikan. Dan akn prnh smpai kiamatpun lps dri nkri. Sbb ia lah nkri itu sndiri..beda dgn timor.timur.sadar lah kalian. Slm

  38. putri maria fransiska says:

    siapakah yg dpt menggantikan sosok soekarna,
    sungguh org2 petinggi di indonesia tdk dpt berfikir sebelum bertindak.

  39. Alex says:

    Inilah perbuatan oknum militer Indonesia
    di bawah komando Jenderal Besar Soeharto
    Pantaskah dia diangkat jadi pahlawan Nasional

  40. Inilah yg harus Indonesia lakukan,tulis surat terbuka untuk presiden obama:dear mr Barrack obama,did you know that in 1965,CIA and Freeport kill about 3 millions of Indonesian people,so,in the name of human right,where is their apologize?permintaan maaf atas terbunuhnya sekitar 3 juta manusia?kira kira kompensasi atau bahasa halus dendanya berapa ya?kasus pembunuhan berencana terhadap 3 juta manusia,jika 1 manusia hukumannya 30 th,kalikan 3 juta?berarti hukuman penjaranya 90 juta tahun,jangan jangan gunung emas papua tidak cukup untuk dijadikan kompensasi.

  41. AKIRA says:

    PARA PETINGGI PEMERINTAH RI YG TERHORMAT DEGAN SEGENAP JAJARANNYA. INGAT SUMPAH KALIAN SEBELUM DILANTIK UNTUK MENDUDUKKU JABATAN TINGGI PEMERINTAHAN!…….KAMI RAKYAT MUNGKIN TIDAK TAU……TAPI TUHAN MAHA MELIHAT DAN MENGETAHUI………KAYA DIATAS PENDERITAAN RAKYAT SENDIRI ..ITU ADALAH HINA…DOSA ATAS MELANGGAR SUMPAH…..ITU TAK TERMAAFKAN SAMPAI DIRIMU MEMINTA MAAF KEPADA SELURUH RAKYAT RI….DAN ITU JIKA DI MAAFKAN!!!..BAHAGIAKAH DIRIMU WAHAI PETINGGI PEMERINTAH RI YG KAYA UNTUK SAAT INI KARENA MENDAPATKAN UPETI DARI TANGAN2 KOTOR PENJARAH HASIL ALAM…..RAKYAT INDONESIA TAK MENYESAL JIKA HASIL BUMINYA DI NIKMATI SENDIRI WALAU HUTAN BERANTAKAN……TAPI RAKYAT INDONESIA MENAGIS DARAH APA BILA HUTAN HANCUR DAN HASIL BUMI DINIKMATI OLEH BANGSA LAIN………TERTAWA BAHAGIAMU SAAT INI ATAS UPETI YG DIRIMU TERIMA……ADALAH PENDERITAAN KEJI UNTUKMU DI MASA TUAMU……SEMOGA TUHAN MEMAAFKANMU WAHAI PARA PETINGGI PEMERINTAH RI YG TAU AKAN SALAH DAN DOSA TAPI MENUTUP MATA DAN PURA2 TAK TAU.!

  42. hamzah says:

    kite tunggu ye…
    moga succes 360′ deh cita-citax

  43. Afflyanto says:

    Give freedom to papua,indonesia can’t solve this trouble, elite politics and a lot of leaders in indonesia fight for their own pocket through freeport in papua, papua needs freedom. Now days..papua has many leaders with enough educational background to develop their own nation.

    In Papua,there are not beggars, peoples that living under bridge .there are not robbers,stealers, so the leader who would leads them is not greedy because they comes from kind of folks with high moral life. and jessus blesses them…

    Papua is blessed with abundant natural resources because god jesus, so it only for jesus lovers …

  44. rakyat yang dipinggiran says:

    bagaimana pemimpin indonesia apakah benar pemimpin kita memikirkan rakyat ataukah memikirkan dirinya sendiri coba lihat di papua, seharusnya kekayaan itu dinikmati rakyat indonesia bekan dinikmati bangsa amerika

  45. Nawi S. says:

    Hasil yang diterima Indonesia khususnya masyarakat Irian sangat kurang memadai jika dibandingkan dengan hasil perolehan Free Port. Dampak lingkungan yang ditinggalkan secara ekologis bila tidak ditangani secara baik akan berimbas sebagai penyumbang percepatan pemanasan global. Wakil rakyat setempat (DPRD) maupun wakil rakyat pusat (DPR) harus terus memberikan penguatan payung hukum bersama pemerintah daerah maupun pusat untuk segera action penyelamatan WIN WIN SOLUTION. Pasti akan didukung seluruh rakyat yang sadar martabat bangsa. Bangsa bermartabat tidaklah membiarkan secara berlarut, bila potensi sumber daya dimanfaatkan secara kurang adil oleh pihak lain. Nilai rupiah mudah diombang ambingkan oleh pasar yang sebagian besar kekuatannya dimiliki oleh masyarakat negara lain yang notabone mereka dikuatkan juga oleh eksploitasi sumber daya alam Negara berkembang seperti Indonesia. Rakyat dan wakil rakyat beserta pemerintah mesti bisa membuktikan bahwa sebagai bangsa beradab mampu menunjukkan jatidiri, yang dapat mendudukkan keadilan di mata dunia. Jangan takut dengan siapa saja atau pihak mana saja yang berbuat aniaya. Kezoliman dan keserakahan pihak lain juga harus dikontrol dengan kejernihan hati dan budi moral yang tinggi. Tuhan siapapun, masyarakat manapun, Negara manapun, pasti tidak rela terhadap mahluknya/ pihak manapun yang tidak mau dikontrol bahkan merasa benar membuat pihak teraniaya dan tak berdaya, yang mengatasnamakan keserakahan dan kesombongan sebagai kemuliaan. Kita aktif menjaga perdamaian dunia dengan partisipasi mengirim pasukan penjaga perdamaian, namun jangan lalai dengan kondisi tereksploitasi dan terjajah kekuasaan pihak lain. Jangan korbankan masyarakat lemah bangsa kita. Ayo berbuat.

  46. Amalia says:

    Jika memang pejabat tinggi tak mampu berbuat apa2. biarlah Allah SWT yang akan membalas kekejian Amerika.

  47. Oh,sungguh tak tau malu kau AMERIKA. kaya kok dari hasil seperti itu. astagfirullahal adziim

  48. ND.8 says:

    ^=^ Rp.472 MilyarTrilyun nilai awal yg tlh dgondol dan gilanya ada UU apabila material tsb msh dlm bentuk cair,maka tdk dpt dikenakan perhitungan brg kena pjak,krn itu smua shipment 95% dkirim dlm bentuk liquid..! btpa cerdasnya iNdonesia ^=^

  49. amir doang says:

    tambang itu kan punya kita kenapa takut . Henti kan. Ambil alih. Untuk rakyat indonesia. Bangun irian sejahterah kan rakya nya.

  50. Rama says:

    1. Freeport is company swasta bukan di kontrol pemerintah. Artinya keuntungan freeport jatoh ke kantong pribadi bukan kantong pemerintah. Ini juga artinya freeport bayar pajak ke pemerintah US.
    2. Total revenue freeport 2010 $18 billion. Untung bersih di bawah $5 billion. Total asset $30 billion.
    3. Total GDP alias untung kotor US buat satu tahun 2010 aja $13 trillion. Coba matematika SD. $13 trillion – $30 billion brp? $12.97 trillion. Darimana bisa sebagian kebesaran dan kemegahan US dari Freeport? Seluruh nilai Freeport di buang dari pendapatan kotor US dalam satu tahun aja cuma setai upil. 0.002%
    4. Kalo Indo emang bener2 peduli sama Papua, bukan cuma peduli sama emasnya, kenapa Papua masih salah satu daerah paling terbelakang di seluruh Indonesia? Munafik ga ada abis2nya lo.

  51. kaborbyak says:

    Emang dasar kaum benalu, kaum penghisap darah sama saja mau asing atau pejabat republik indonesia semua rakus, serakah imbasnya masyarakat kami(orangpapua) jadi korban keserakahan semua pihak entah asing atau pemerintah sendiri…freeport ada buat apa untuk orang papua???…pemerintah sama saja…SDA papua di obok2…papua memang kaya akan SDA tapi pemerintah tidak becus urus papua…bangun manusianya dengan hati jangan cuma mata besar dengan SDA saja…wajar kalau orang papua minta merdeka, mereka dapat apa dari semua ini???? Di negeri sendiri saja tidak dianggap apalagi asing…siapa tipu siapa???…bentuk opini tuk kepentingan siapaaa??????

  52. febtu says:

    para pejabat bangsa indonesia pada bangsaaaaaaaaaaaaaaaattttttt semua rakus dan serakah mau saja anugrah tuhan yang di berikan untuk negri ini di kasih sama amreika goblooooooooolllllll toolooooollllllllllllll sintiiiiiiiiiingggggg gilalllll pejabat indonesia

  53. riza says:

    Betul sekali yg anda tulis mas bro,semua urutan dan runtutan peristiwa memang seperti itu adannya.maka dari itu saya pribadi akan pilih president ,yg berani menasionalisasi freeport,newmount dan penguasa tambang mineral lain, minyak dan gas alam yg ada di indonesia.tapi sampai sekarang tdk ada yg berani melakukannya,walaupun hanya janji dikampanya saja tdk ada yg berani.

  54. riza says:

    Skenario besar dari U.S apabila freeport dinasionalisasi adalah memisahkan papua dari NKRI.mengapa OPM tidak pernah bisa ditumpas?karena memang dipelihara oleh U.S , politisi dan jendral yg bermain disitu.

  55. rudi says:

    Lupakan papua, sebab tahun 2015 papua akan menyatakan selamat tinggal pada nkri (republik jawa)

  56. arahard90 says:

    Semoga pemimpin Indonesia tahun 2014 kelak bisa menegosiasi ulang kontrak-kontrak pengelolaan sumber daya alam kita oleh perusahaan-perusahaan asing sehingga setidaknya kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari kontrak dengan mereka-mereka, dan tentu lebih baik lagi jika perusahaan-perusahaan asing tersebut bisa dinasionalisasikan.

  57. Di Mata Dunia Indonesia tidak ada apa-apanya. Kekeliruan Besar dan Memalukan.

  58. Helmi says:

    enak bgt tu amerika fuck buat amerika

  59. mawardi says:

    BANGSAt………..,…………………………………………………………………… .bungol tambuk…indonesia ku di bodohkan..

  60. Asiki_Papua@Indonesia says:

    Sebenarnya belum terlambat bagi pemerintahan mendatang yang akan terpilih untuk melakukan addendum kontrak kerja. Sudah cukuplah lebih 40 tahun kita menikmati “kebodohan” & “keserakahan” pemimpin terdahulu. Saatnya kini kita memperbaikinya untuk kemaslahatan rakyat Indonesia, utamanya rakyat Papua.
    Kita tak perlu takut dengan Amerika, karena itu hak kita, kekayaan kita, dan saya rasa “Freeport Amerika” harunya berterimakasih kepada Indonesia yang selama ini telah mendhermakan kekayaannya utuk mereka.

  61. donny says:

    Berarti anak bangsa masih belum pintar dan cerdas maka dari itu marilah kita tingkatkan mencari ilmu biar bangsa kita lebih maju, sejahtera dan merdeka..!

  62. AZ says:

    Hanya masyarakat bodoh yang mengatakan enaknya jaman soeharto

  63. endi says:

    merasa teriris hati ini saat membacanya. mana nyali pemimpin indonesia????? ternyata NOL

    dasar STRESSSSSS…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 538 other followers

%d bloggers like this: