Pengakuan Jujur Seorang Kristiani tentang FPI

*

SAYA, SEORANG KRISTIANI YANG MENDUKUNG FPI

LIA CHRISTINE

(Opini KOMPASIANA, 19 Februari 2012)

Siapa tak yang tak mengenal FPI? Tiga huruf itu adalah singkatan dari Front Pembela Islam. Ormas Islam yang sering dikait-kaitkan dengan ‘tradisi’ kekerasan. Pada dasarnya prinsip utama FPI adalah menegakkan Amar Maruf Nahi Mungkar [mengajak kebaikan dan memerangi kejahatan] tapi apa boleh buat, media sudah ‘berhasil’ mengekspos FPi dengan ‘budaya’ kekerasannya dan (kebanyakan) orang Indonesia sudah memberi nilai buruk terhadap FPI. Saya sebagai seorang Kristiani (penganut Katholik) sedikit miris ketika media memberitakan kekerasan-kekerasan yang dilakukan FPI. Dan saya pun sempat merasa tidak suka dengan keberadaan FPI di Indonesia. Mulai dari tragedi Monas, penutupan bar, demo anti miras, dll. Saya merasa bosan dengan kekerasan-kekerasan yang dilakukan FPI. Dan masyarakat pun seakan juga tak setuju jika FPI memakai ‘embel-embel’ Islam. Karena menurut mereka, Islam itu damai, mencintai perbedaan dan bukan kekerasan.

Damai itu Indah

Seiring berjalannya waktu, tak terdengar berita tentang FPI. Tiba-tiba Indonesia dikejutkan dengan berita ‘Penolakan FPI di Palangkaraya’. Sejenak saya tercengang. Seketika itu pula saya mulai penasaran dengan FPI. Mengapa FPI sampai ditolak di Palangkaraya?. Saya mencari info-info.

Hingga saya mulai merenung, mengapa masyarakat tidak berpikir ‘apa yang melatarbelakangi FPI untuk melakukan kekerasan’. Sejak itu saya menyimpulkan, bahwa pasti ada sebab yang membuat FPI beraksi. Contohnya, saat FPI melabrak belasan anggota PDIP bertemu dengan mantan anggota PKI di Blitar. Menurut saya, FPI telah berusaha menghilangkan keberadaan PKI sampai pada akar-akarnya. Dan itu saya setuju. Walaupun hanya bertemu ‘mantan’ anggota PKI, jika pertemuan itu terjadi berkala bisa memungkinkan PKI tumbuh kembali di Indonesia. Kemudian soal Demo Miras, itupun saya juga setuju. Pemerintah macam apa yang berani mencabut UU larangan Miras? itupun FPI masih disalahkan. Padahal jika langkah yang digagas pemerintah untuk mencabut UU larangan miras, mau jadi apa negeri ini? jadi negeri yang menghalalkan miras?. Itu saja dua contoh yang ‘me-miris-kan’. Tidakkah media memberitakan ketika anggota FPI membantu mengevakuasi 70.000 korban tsunami Aceh? Tidakkah media memberitakan ketika FPI mendirikan posko bencana gunung Merapi?, sungguh aneh.

Dan pencarian info tentang FPI terus saya lanjutkan. Saya singgah di sebuah forum di internet yang notabene menghujat dan menolak FPI. Tapi ada satu komentar yang menarik menurut saya untuk dibagikan kepada member Kompasiana. User itu bernama adiet87smg, dia menulis:

“hidup d jman skrg emang aneh. kbodohan udh ada dmana2, orang mau berbuat baek aja susah. jadi inget tuh pas jamanx nabi. nabi aja pas dakwah n ngajak manusia kpd kebaikan, mlh beliau dilempar pke kotoran. gile bgt kand? sama kyak skrg, ngajak orng brbuat baik eh malah dimusuhin, dikutuk, n disuruh bubar. bner2 jman edan kali yak!”

Saya jadi teringat ketika ada demo penolakan FPI di bundaran HI. Kebanyakan dari peserta demo adalah kamum gay, lesbian, tuna susila, dan semacamnya. Wajar jika mereka menolak FPI, karena memang status mereka bertentangan dengan agama. Dan kagetnya lagi, saya mendapat info bahwa penggerak demo Penolakan FPI adalah Ulil Abshar Abdalla, fungsionaris partai Demokrat yang sedang terjerat kasus korupsi dan disebut-sebut juga sebagai anggota JIL [Jaringan Islam liberal]. Wow. Pantas saja Ulil Abshar Abdalla menggerakkan massa untuk menolak keberadaan FPI, karena FPI telah mencatut namanya sebagai salah satu oknum yang bersembunyi di Partai yang kebanyakan anggotanya sedang terjerat kasus korupsi. Tentang berita penolakan FPI di Palangkaraya, itu juga disebut-sebut sebagai upaya Ulil Abshar Abdalla untuk ‘memusnahkan’ FPI dari dunia ini. Padahal warga Dayak sendiri yang meminta FPI berdiri di Kalteng.

Saya sebagai penganut Katholik, mendukung upaya FPI untuk memerangi kejahatan. Tetapi mungkin lebih indah jika diiringi dengan tindakan yang damai, tidak mudah tersulut emosinya dan kemudian mengadakan aksi-aksi yang dianggap meresahkan.

Tuhan selalu memberkati orang-orang yang memerangi kejahatan.

(Sumber: http://sosbud.kompasiana.com/2012/02/19/saya-seorang-kristiani-yang-mendukung-fpi/)

Komentar-komentar di Kompasiana:

Enjang Anwar Sanusi: sip mbak, media memang cenderung mengekspos yang negatifnya saja. sementara kebaikannya tidak pernah diekspos. harusnya berimbanglah.
Lia Christine: Terima kasih sudah bersedia membaca.

H M Saefullmillah Syam: mantap tulisan nya trims dah medukung fpi ,salam perdamaian.
Lia Christine: Terima kasih sudah bersedia membaca.

Farid Muadz Basakran: Sy juga dukung kegiatan siapa sj yg baik dan menolak yg jahat. Jd FPI yg naik kita terima. Gitu siip deh. Ini juga kita dukung http://m.kompasiana.com/post/sosbud/2012/02/19/dari-cleaner-menjadi-owner-dan-direktur-wawancara-singkat-di-bandara-changi/
Lia Christine: Terima kasih sudah bersedia membaca.

Hilman Dr.puradiredj: Dari mana bisa tahu bahwa yang demo di Bundaran HI itu terdiri dari Gay, Lesbian dan Tunasila ?
Indonesia punya aparat Polisi dan Kehakiman.Seharusnya Organisasi yang ingin memberantas kejahatan harus demo ke Polisi dan Kehakiman yang tidak berdaya melakukan tugasnya.
Aparat negara harus bertugas baik agar negara tidak kacau oleh yang ingin menghakimi sendiri.
Istri dan dua anak juga Katolik dengan didikan Agama yang dari mulai kecil ,yang memprotes Paus ( bersama ratusan ribu penduduk Jerman ) karena tidak mau mengakui ha hak Gay dan Lesbian.Mereka itu juga ciptaan Tuhan yang karena Genetik dan perubahan Endokrinnya berrsifat lain.
Lia Christine: ada di berita. di koran juga ada.
Gay, lesbian, dsb memang ciptaan Tuhan,
tapi, Tuhan yang manakah yg mengizinkan seseorang menjadi kaum tsb? di katholik itu dilarang, walaupun memang ada gereja USA yg membolehkan. Saya percaya jika Islam, Hindu, Budha juga tdk mengizinkan seseorang mencintai sesama jenis. karena Tuhan menciptakan manusia berpasang-pasangan.

126 Responses to Pengakuan Jujur Seorang Kristiani tentang FPI

  1. Maulana says:

    liat kan saudara kita yg katolik aja setuju ama FPI apa lagi saya yg muslim, kecuali JIL dan anteknya yg munafik !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. mambhao says:

    Bukan tugasnya FPI untuk memberantas kejahatan, khan ada aparat keamanan, untuk apa polisi digaji ?????

  3. vian says:

    hahaha… polisi mah cuma mw duit aja.

  4. steven says:

    Yang jelas TIDAK ADA SATU-PUN AGAMA (ataupun aliran kepercayaan, mungkin) YANG MENGAJARKAN TENTANG KEKERASAN,……artinya kalaupun ada pihak2 tertentu yang sering melakukan kekerasan itu pasti tidak tahu arti AGAMA yang sesungguhnya.

    Jangan menyakiti kalau tidak mau di sakiti, jangan pernah cari musuh namun jangan pernah berlari jika datang musuh yang hendak menyakiti

    Salam perdamaian

  5. aisyah says:

    Sudah sewajarnya yg muslim mendukung FPI kecuali orang2 yg sdh tertutup matahati-nya dan mudah dibujuk atw di bohongi.., yang pasti yag benar akan tetap benar.. dan orang2 baik akan sll mendukung dan berteman dgn yg baik.., gambarannya spt lebah yg hanya menghisap madu..

    dan bagi muslim yg tidak mendukung FPI patut dipertanyakan ke-Islaman-nya..??

  6. nina says:

    memberantas kejahatan itu tugas semua pribadi bukan hanya aparat walaupun aparat itu di gaji.karena setiap makhluk itu menginginkan keamanandan kenyamanan ..!!!

  7. Rukin says:

    Yaaahh mending ada FPI, yang real langsung beraksi pada kebatilan, salah sendiri Polisi cuek kalau ada tempat remang-remang, atau lokasi2 yg dipakai hal2 yg nggak bener yg dilaporkan masyarakat. Yg heran lagi organisasi macam Ansor atau organisasi lain yg berlabel Agama. Katanya amarma’ruf nahi munkar, tapi gak berani berbuat apa2, lalu FPI bergerak mereka semua bilang ini islam garis keras… susah dehc.

  8. Mas Noers says:

    subhanalloh.

  9. Memerangi kejahatan tugas kita semua dan kembali ke pribadi kita semua, namun apabila memerangi kejahatan dengan kekerasan dan lagi atas nama AGAMA apa itu tindakan yg dimuliakan ALLAH? silahkan kita memerangi kejahatan tapi jangan sekali-sekali berkedok dan berlindung dibelakang AGAMA, kenapa tidak kita buat ORMAS yang didalamnya terdapat semua golongan, agama suku dan RAS, dan yg lebih penting jangan menerima DANA dari Pemerintah/Pihak Asing ataupun Donatur yg terikat. supaya ormas nya tidak disebut Anjing Peliharaan Pemerintah.
    kita sudah punya FKUB (forum kerukunan Umat beragama) meskipun fungsinya normatif-normatif saja.

  10. frontbelamoslem says:

    Anshor & Banser kan banci,bisa makan kalo jelek jelek in sodara moslem dulu…….hehehe

  11. sy sangat mendukung adanya FPI,…tapi alangkah lebih baik jalan damai yg di tempuh itu lebih indah ,..adapun orang yg menyuruh pembubaran FPI harus menimbang dulu,.Alloh maha tau ,untuk tujuan menegakan kebenaran,memerangi kabatilan..Alloh akan selalu manjaga keutuhan FPI….kekerasan memang perlu jika memang semua itu perlu dilakukan,…bergurulah kepada Rasullullah SAW…betapa sabarnya Nabi kita Muhammad SAW pada saat di lempari kotoran unta,….beliau hanya mendo’akan..untuk supaya orang tersebut di sadarkan,…di fitnah di hina oleh orang buta,..malah setiap hari disuapin,..jadi supaya FPI tidak marah kelewatan,…mereka yg sudah di peringatkan yg mengotori Agama Islam harus menghormatinya,..Wassalam.

  12. orangbijak says:

    tks untuk saudariku atas empati dan simpatinya,,agama memang suatu keyakinan tapi yang pasti keyakinan kepada kebenaran dan kebaikan yang universal,,,semoga Tuhan memberkatimu,amin

  13. dani says:

    polisi?….polisi yang mana pak? Mereka semua diam karena mulutnya sudah di sumpal uang….sekarang kalau minuman keras itu haram kenapa pemerintah membolehkan pabriknya berdiri di negeri tercinta indonesia?sekarang kalau bukan FPI siapa lagi
    yang berani mengatakan kalau minuman dan judi itu haram!….Cuma yang buruk2 yang selalu di ekspos.maju terus FPI jangan takut sama manusia2 kerdil yg tidak berani mengatakan haram pada judi dan minuman keras.BRAVO FPI….semoga ALLAH SWT selalu mendampingi ikhwan2 sekalian ….amin….
    sekarang kalau mba lia saja berani mendukung anda kemana saudara2 muslim kita yang lain?

  14. salut buat lia atas keobjektifannya melihat masalah ini, saya pun bukan anggota FPI tetapi saya setuju dengan misi yg dijalankan FPI, karena kita secara individu sulit berani untuk melakukan hal itu….mengharapkan kepolisian?yah…cuma bisa berharap aja kali yah….

  15. ANTI TAQIYYAH says:

    FPI ITU TIDAK ANARKIS BRO !!….YANG ANARKIS ADALAH ORANG2 ATAU KELOMPOK MUNAFIK YANG TAK PERNAH BERHENTI MELAKUKAN PEMUBUNUHAN KARAGTER THD FPI…..ORANG MUNAFIK MEMANG TUKANG FITNAH…….FITNAH LANCAR KARENA DIDUKUNG MEDIA MEDIA SEKULER ….JIL CS

  16. inilah tanda kiamat teramat dekat ,, krna manusia lupa pada tuhannya sendri mereka seakan akan ingin menentang hukum tuhan padahal mereka tau bahwa azab tuhan tu psti terlaksana …tp mereka bukan nya tkut mala trang2an melalukukn kemgkaran yg teramat keji….aq berdoa mga kt yang masih beriman sllu d teguhkan imn kt oleh ALLAH SWT….amin…..

  17. Asuy Suyanti says:

    ya mungkin gara2 media jg FPI namanya jd jlk, ngasih beritanya yg jlk2 mulu tentang mereka. tp pas denger FPI hrs dibubarkan sebagai umat islam rasanya miris bgt. dan ternyata yg menuntut dibubarkannya FPI itu orang2…..iiih…jijai banged dah…euhhhh

  18. achmad usman says:

    sumber malapetaka semua ini adalah..unsur pemerintah…
    kementrian agama membiarkan semua ini terjadi, pedahal mentrinya dan semua eselon2nya adalah muslim….
    harusnya….kementrian agama di dididik lagi tentang agama islam..
    seharusnya FPI tdk perlu ADA, bilamana kementrian AGAMA berfungsi dg baik, rupanya kementrian agama hanya sebagai simbol belaka alias banci ompong…
    FPI adalah suara kaum muslim yg melihat kejahatan, kebejatan, kemunafikan, kesesatan, kedhooliman dll…. dibiarkan ada dan terjadi di mana mana…….maju terus FPI..!!!

  19. Adun says:

    FPI perlu ada di Indonesia…..coba kalau gak ada mereka,,..gak ada yang takut melakukan maksiyat…
    pihak yang diberi wewenang penuh amar ma’ruf nahi mungkar tidak bisa diandalkan,,,

  20. Pendekar says:

    allah kok dibela ya, berarti allah ga da fungsi donk. harusnya dia yang ngebela ummatnya.. FPI itu manusia yang sok-sok preman mengatasnamakan tuhan…. kebanyakan dari mereka hanya tukang ojek dan pengangguran… INI FAKTA.

  21. asnu says:

    to pendekar : Mending tukang ojek yang berusaha menegakkan kebenaran dan keadilan. daripada mereka yg hidup berlimpah tapi hasil merampok rakyat.. tukang ojek dan pengangguran belum tentu lebih hina dan rendah derajatnya dibandingkan dengan anda walaupun anda seorang yang memiliki hidup yang berada. ingat semua itu gak ada yang kekal bung. sekarang mungkin anda orang yg berada. tapi mungkin nanti malam, besok, lusa atau kapanpun harta dan kedudukan anda akan musnah dalam sekejap dan orang yg anda hina menjadi orang yg lebih baik kedudukannya. terimakasih.

  22. Fajar pratikno says:

    To pendekar…
    Astaghfirulloh hal’adzim…..semoga ALLAH SWT mengampuni dosamu…
    ALLAH adalah tuhanku yg hak…dan g perlu dibela karena maha kuasa atas segala dzat..apa yg di lakukan FPI adalah supaya kemungkaran itu tidak menular n mempengaruhi pada oranglain yg blum melakukan maksiat..karena sebenarnya kejahatan itu tidak ada bila ALLAH ada dihati kita..bagi kalian yang melakukan maksiat dalam hatinya pasti blum yakin pd ALLAH YANG MAHA KUASA.kita semua ga satupun yang berak sombong karena pasti akan mati…kalo pendekar bisa menolak datangnya mautmu silahkan sombong atas yang kamu punya..ingat setiap amal perbuatan kita pasti akan dihisab di akhirat

  23. makmun says:

    waaah rame banget komennya,semua merasa benar sendiri,cara orang berdakwah itu macem macem kang,tapi yang penting yang tegas kaya FPI jangan lalu mengklaim yang nggak tegas sebagai banci.islam di indonesia ada ,jauh sebelum FPI ada di indonesia dan indonesia menjadi negara islam terbesar juga karena jasa para ulama dulu yang sabar dan tlaten ,mungkin kalo ungkapan FPI sebagai ulama BANCI,yang penting mari kita yang ihlas dalam berbuat kebaikan dan ALLAH akan menulis kita sebagai pejuang islam dan tidak perlu mengklaim siapa yang paling benar.

  24. w mau nanya nih….

    saya tertari untuk nabung di bank syariah, tapi adakah larangan bagi kaum kristiani untuk nabung di bank syariah..

    coz informasinya minim sekali…

  25. levie says:

    Hidup FPI…!!!

  26. ardhi says:

    FPI tetap berjuang kami mendukungmu untuk generasi indonesia yang lebih baik.

  27. andi says:

    LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH… tidak ada daya dan kekuatan semata mata dari Alloh.
    mampunya manusia berbuat baik dan jelek semua kekuatan itu dr Alloh. orang berbuat baik kekuatan itu dr Alloh, orang berbuat maksiat jg dr Alloh. SEMUA DARI ALLOH JADI JGN MENJELEK2KAN karena jikalu menjelek2an , dan merasa dirinya yg benar maka sesungguhnya itu di benci Alloh. trims

  28. ninata says:

    untuk ricky siswanto, semua agama boleh kok. di bank BNI syariah banyak juga kostumer yang non muslim.
    to all: sebelum FPI bertindak, mereka sudah mengirim surat peringatan sebanyak 3 kali. akan tetapi karena mereka tidak mengindahkan peringatan tersebut, maka FPI bersama anggota masyarakat (di sekitar tempat maksiat) bertindak krn kemaksiatan tersebut telah meresahkan masy sekitarnya.

  29. iwan says:

    Maaf saya tidak perlu FPI,karena tanpa FPI hidup ini udah damai kalau anda perlu FPI silakan aja karena gak ada manfaatnya bagi saya

  30. Justice † says:

    Orang bodoh yg cuman sembunyi dibalik nama AGAMA , kita tidak berhak menghakimi orang lain , coba anda bercermin pada diri anda sendiri, apakah anda sudah merasa baik menghakimi orang lain?? , yang jelas cuman ada 1 yang bisa menghakimi yaitu “TUHAN” karena Tuhanlah yang akan menghakimi anda di akhirat nanti .FPI itu memang arogant itu fakta tapi dilihat dari sisi lain FPI juga ada positifnya , didunia ini tak ada yg sempurna yang sempurna hanyalah Tuhan. Dunia ini fana yang nyata adalah di akhirat nanti.

  31. Adik says:

    Fpi cukup bagus berani menentang apa pun yg diangap negatif …cuma ayo di coba dgn cara yg lebih bersahabat karena biasanya yg dilapangan sering lepas Kendali. Klo Kendali Kuat pasti semua berjalan baik2 Saja. Namanya juga manusia masih Ada Amarah Dan dengki.

  32. Putri Citra says:

    Benar sekali. Terdapat suatu ajaran dalam keyakinan saya(islam). Umat islam harus membenarkan kebatilan(kesesatan) akan tetapi prosesny harus dilakukan dgn kesabaran. Kesabaran disini berarti tanpa kekerasan dan perusakan. Damai dan diplomatis.
    Karena ajaran islam meralang adanya kekerasan dan perusakan karena benda2 yg rusak akibat kekerasan suatu saat akan menjadi saksi dr tindak kekerasanmu di dunia.

    saya juga tertarik dengan komentar tntang gay dan lesbian.
    Gay? Lesbian? Mereka itu sakit, bukan cacat lahir.
    Segala macam sakit dapat disembuhkan walaupun sulit, tentu saja dgn keinginan yg kuat, usaha dan doa. Jika homoseksual dimaklumi apa jadinya dunia ini? Jikapun mereka mempunyai hak, hak itu tercatat dlm HAM, hak untuk hidup dll. Bukan hak untuk terus menjadi gay.
    Dan benar sekali, islam juga bahkan sangat melarang hubungan sesama jenis apapun alasanya. Tidak ada kata memaklumi sama sekali. Kendatipun ia diciptakan dgn penyakit itu, maka cobaan dia dalam hidupnya adalah untuk sembuh, jika ia terus terlena dan tdk berusaha untuk sembuh, maka ia calon penghuni neraka.

  33. putri says:

    baca komen dari si PENDEKAR.
    Entah kenapa rasa murka benar2 membakar hati.
    Percaya deh, itu orang benar2 merasa lebih benar dari Allah. Merasa lebih hebat dari Allah.
    Semoga cepat diberikan hidayah deh, cepat taubat dan mohon ampun sm Allah krn telah bersikap kurang ajar sm sang pencipta.
    Kl ga sadar juga, yah, nikmatin aja deh azabnya.

  34. paseo says:

    saya hanya ingin bertanya dalam 1 hal.. bagaimana kehidupan ekonomi seorang habib rizhieq sebelum membentuk organisasi fpi.. dan sesudah membentuk fpi.. coba saudara2 sebangsa dan setanah air untuk untuk mencari tahu.. terima kasih..

  35. samoel says:

    mkin itu hnya dilihat dr satu aspek aj,skr coba gmn pndapat anda “ad larangan brjualan pd masa puasa”mnurut sya itu mlanggar hak asasi manusia,,,bnyak to pnjual makan siap saji yg bragama muslim,dan blum tentu mrka yg brjualan pd masa puasa tidak brpuasa,,mrka mncari nafkah utk keluarga,yg muslim jg pasti btuh uang utk mprsiapkan makan brbuka puasa, tp knpa sampai sgtunya mlarang orang mncari nafkah,,,,

  36. anas says:

    yg non muslim aj dukung fpi tp knp yg muslim ad yg mnhujat..klo masuk islam harus kafah jgn cuma2 biar tau. islam ko ktp nya aj…

  37. Kita mah sesama makhluk tuhan saling mengingatkan aja,smua’y kembali pada diri kita masing2,dosa kan dtanggung masing2..g usah pke kributan,mungkin udh jlan mereka,biar hukum Allah yg mengingatkanya.,jgan sampe orang tak berdosa jd kena sasaran krna keributan,islam bukan agama keras,islam cinta damai…

  38. Tomenks says:

    Nice post…

  39. phatick says:

    Salut mbak..siipp mbaknya tinggal di paroki mana,keuskupan apa..klo boleh tau baptism ordinary name .?

  40. abdee mulya says:

    lagu lama kompasiana dan orang kristiani.pura2 sepaham dg islam tp tujuan akhir tetaplah mrusak kaidah2 islam.jgn ada yg mau percaya bos.

  41. Jika saja aparat tegas terhadap hal-hal yang dapat merisaukan masyarakat, insya Allah FPI tidak melakukan sweeping di jalan-jalan.

  42. joe says:

    memahami itu lebih baik, tetapi baik belum tentu benar! namun kalo benar itu mutlak!!!

  43. joe says:

    memahami itu lebih baik, tetapi baik belum tentu benar! namun benar itu mutlak!!!

  44. Yuska says:

    Front Pembela Islam, Front Pembela Kristen, Front, Pembela Buddha, Front Pembela Hindu, Front Pembela Katolik, Front Pembela Komunis, Front Pembela Khonghucu……. ah, jika nantinya begini pasti lebih “seru” negara kita…….

  45. Yanis Ikhlas says:

    Ya saya setuju dengan mbak Lia Christine, Satpol PP saja bahkan lebih kejam dari FPI. Adakah yang ingin membubarkannya?

  46. bonny pandu says:

    pernah ke kawasan jl. hayamwuruk dan gajahmada,jkt. di daerah tsb banyak bar, disktotik, panti pijat, striptease, bilyard dll yg mrpkan pelacuran terselubung. pd awal reformasii daerah tsb gencar di datangi fpi bahkan melakukan pengrusakan, saat in kemaksiatanmakin berkembang di daerah tsb

  47. hengki says:

    FPI jangan dibubarkan,Oknumnya saja yang ditangkap dan di proses dengan hukum yang berlaku.Karena yang melakukan kesalahan oknum bukan organisasinya.Kalau FPi dibubarkan karena kesalahan segelintir orang,Bubarkan juga partai-partai atau organisasi yang oknumnya korupsi atau melanggar hukum biar adil.Intinya kepada semua ormas dan kelompok masyarakat yang melakukan kebaikan demi kemajuan bangsa silahkan saja.Yang melanggar hukum tangkap saja jangan ragu-ragu.

  48. Jalan Kebenaran dan Hidup says:

    Saya Katholik
    Sejak berdiri FPI,ada satu hal yg saya herankan
    Agama kok dibela…..?
    Bukankah agama kita yg membela dan membenarkan Umat Nya
    Pula ,apa ada didunia ini yg lbh benar dr agama,yg kita yakini
    Jd ,maaf menurut saya ,kita sbg umatlah yg akan dibela Agama kita
    Bukankah Agama bersifat Illahi dan Suci,mana ada manusia yg layak bela Agama
    Mngkin lbh tepat Front Pembela moral…….sesuatu agama…
    Krn moral adalah hal yg hrs diperjuangkan krn merupakan buah dr suatu agama
    Maaf dan terima kasih

  49. abu says:

    melihat koment disini, pertanyaannya: Inikah cerminan islam? mudah tersulut emosi dan melakukan kekerasan.. emosi meluap dari dalam hati dan melahirkah hal2 yang berujung dengan kekerasan?
    Mengapa harus ada ‘pembela islam’ di negara dengan mayoritas penduduk adalah umat islam?

  50. Iwang says:

    tulisan yg menarik. Like!

  51. Iwang says:

    tulisan yg menarik. Like dah mba!

  52. Yogi Loka says:

    “Isa bersabda: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Injil, Yohanes 14:6). Isa Al-Masih adalah sang “Jalan”. Melalui Dia orang dapat belajar mengenai “Kebenaran” tentang Allah dan menemukan “Hidup” bersama Allah

  53. Melihat photo aneh sang anti Amerika yang malah menggunakan atribut mewah buatan Amerika ini, akhirnya menuntun saya untuk membaca beritanya lebih jauh dan jauh lagi, saya mulai googling sana sini mencari artikel dari sumber lainnya sebagai pembanding, dan kebanyakan fokus informasinya sama, hanya saja cara penyampaiannnya yang berbeda, yang mana isinya menunjuk pada “Ketidak konsistenan pernyataan FPI atas seruan Anti Amerika dan Zionis Israel terbantahkan lewat kampanye menggunakan produk Amerika”.

    Read more: http://sk-onehot.blogspot.com/2013/08/parodi-ketawa-anti-amerika-ala-habib.html

  54. Wahyu N says:

    Buat mbak lia, semoga mbak di beri hidayah, mumpung msh d dunia. D dlm al qur’an Allah swt mengabarkan bahwa orang2 kafir itu mnta supaya ia d kembalikan k dunia lg, wlwpun hanya jd tanah saja, krna berputus asa melihat siksaan azab akherat yg keras dan kekal bg Orang2 kafir. Dan untuk FPI sy sngat sependapat dg mbak, sy menyarankan mbak untuk melihat video dialog antara orang kristiani dan ketua FPI folow twitter sy (@wahyuu_19) dsitu mbak bs liat videonya…

  55. Rafael Maria says:

    Salam Damai dan Salam kenal semuanya.

    Menurut saya ,selama sebuah Ormas tidak dijadikan alat politik saya rasa tidak masalah. Tujuan FPI bagus secara umum bagus kok, hanya saja cara2 nya yang terlalu keras sehingga sering kali di cap buruk oleh media dan masyarakat. Yang saya bingung itu mengenai kasus2 dimana terjadi insiden seperti pengrusakan warung2 makan yang buka saat bulan puasa, dan kejadian2 lain di jawa tengah beberapa waktu lalu. saya sempat menonton dialog pembahasan insiden tersebut di salah satu tv swasta, disitu perwakilan dari FPI mengatakan “itu bukan kami”, “mereka tidak berkoordinasi dengan pusat”, dan sebagainya. Apa benar cabang2 FPI bersifat otonom sehingga FPI pusat tidak efektif dalam mengatur cabang2nya? kalau seperti itu bukanya beresiko besar untuk di susupi orang2 yang tidak bertanggung jawab?

    Soalnya FPI membawa nama Islam dalam namanya, jika terjadi kasus2 yang dapat membawa nama buruk bagi FPI maka efeknya akan jauh lebih besar ke nama baik agama Islam secara keseluruhannya. Saya akan sangat bersyukur sekali jika FPI lebih berfokus pada penyuluhan, rehabilitasi,pelatihan kerja, membuka lapangan kerja bagi para PSK,pecandu,anak jalanan,dll. karena sebagian besar PSK,Pecandu adalah korban dari keadaan, entah itu ekonomi,maupun trafficking.

    Jika hal2 tersebut di laksanakan tentu saja akan makin banyak yang mendukung FPI dan membesarkan nama FPI dan Agama Islam secara keseluruhan. Masyarakat luas pun akan memberikan dukungan yang jauh lebih besar jika FPI melakukan demo untuk pemberantasan korupsi, ketidakadilan di negara kita inilah yang menyebabkan makin banyak masyarakat kita yang “sakit” ini, jika hanya melakukan sweeping tentu akan percuma karena akar masalah nya itulah yang perlu di perbaiki. Saya ingin sekali melihat FPI mendemo partai yang baru2 ini terjerat kasus korupsi padahal partai tersebut membawa embel2 agama.

    Maaf jika ada salah kata dan penulisan.

  56. simon says:

    Aku yakin anda bukan seorang kristen,anda seorang penipu.klo anda kristen hatimu kemana sih saat FPI melarang dan menutup banyak gereja agar umat kristen tidak bisa beribadah?dimana keiman kau?

  57. Untung kita ini umat ROSULULLAH, coba lihat umat Nabi-Nabi terdahulu yang dibinasakan ALLAH SWT. Untung baru FPI yang bertindak, seandainya Malaikat Jibril. Mudahan FPI selalu mendapat RidhaNYA.

  58. islam damai says:

    saya orang islam.,
    benar Front PembelaIslam ,..
    tp jangan memakai kekerasan..
    karna dalam hadist dan Qur’an tak ada kekerasan dlm islam.
    terimakasih,.

  59. dagus says:

    penulis artikelnya pembohong..yang nulis pasti orang FPI…I hate FPI..

  60. zayen says:

    mantap mba…

  61. Dani says:

    Untuk menegakan kebenaran pasti ada rintangan itu lah perjuangan tanpa itu hidup hambar, teruskan perjuangan mu fpi ALLAH Bersama kita , yakinlah kebenaran akan tetap tegak walau berjuta setan dan iblis menghalangi..

  62. zain says:

    assalamu’alaikum.wr.wb ..
    saudara christine ..
    saya percaya FPI juga memiliki niat baik. seperti yang dikatakan mbak christine bahwa seharusnya masyarakat melihat latar belakang mengapa FPI berbuat demikian. bila memang menurut mbak christine memang begitu, seharusnya mbak christine juga perlu mempertimbangkan latar belakang mengapa masyarakat mensikapi FPI dengan tidak menyenangkan. disini dapat disimpulkan bahwa kedua belah pihak sama-sama memiliki niat yang baik, namun perlu digaris bawahi, perbuatan itu tidak bisa dikatakan baik hanya dengan modal niat, apalagi sampai melanggar hukum. hal itu sudah berkali-kali juga sudah dibuktikan sendiri oleh FPI. cara yang salah hanya akan menimbulkan reaksi yang salah. saya juga tidak menghendaki FPI dibubarkan karena itu bukan solusi, saya lebih menghargai bila cara FPI bertindak diperbaiki, semua orang pasti percaya pelanggaran hukum itu tidak bisa diselesaikan dengan cara pelanggaran hukum.
    buat saudara christine moga blognya makin eksis🙂
    wassalamu’alaikum wr.wb ..

  63. jipi says:

    Beginilah kalo kita berpedoman pada aturan yang dibuat manusia hukum pasti tebang pilih yg salah di benarkan yang benar disalahkan malah aturan bisa di revisi. Aparat negara nya pun berangkat dari partai politik segala cara dihalalkan supaya mncapai tujuannya.setelah berkuasa nya pasti lah segala cara dihalalkan jg supaya bisa bertahan. Penegak hukum nya orang yang zhalim mana bsa orang salah memnegakan hukum. Mayoritas polisi jadi backing penjual miras, tempat2 PSK. Pro kah mereka usaha sampingan nya dihancurkan …

  64. tnt says:

    Ayolah sadar..!!! semua agama jika sudah masuk ke area “ke-fanatik-an” pasti negara yg plural akan hancur..ormas fanatik tidak perlu di bela..

  65. sebastian says:

    saya juga seorang katolik… saya juga mendukung kegiatan FPI untuk melaksanakan yg menjadi syariat Islam, yg pasti baik juga untuk dilakukan… yg cenderung terekspose oleh media hanya yg anarki saja… semoga media tidak menjadi propaganda bagi masyarakat yg cenderung percaya saja dgn apa yg dikatakan oleh media..

  66. M. Syuhada says:

    Kalau kita pikir seharusnya kita bersyukur & berterimakasih ada saudara kita FPI yang mau menegur kita, dikala kita sdg berbuat salah, ayu coba kalau kita terlena, jatah umur habis tak sempat taubat, apa yg akan terjadi, apa sudah kebel dgn api neraka…?!!! , nauzubilahimindzalik brooooo. ( terimakasih FPI, memang kita perlu diingatkan) yg enak yu kita berbuat kebajikan semua, dr pd uang utk ma’siat mending utk nolong saudara-saudara kita yg sdg kesusahan, maaf ya saudara/i ku bukan ngajarin.

  67. rasid09 says:

    subahallah,..trims..dukungannya jaya FPI..

  68. arief says:

    yg menjadi pemimpin negara ini ngakunya islam
    yg menjadi mentri agamanya ngakunya islam
    yg korup juga ngakunya islam
    yg melakukan tindak kriminal ngakunya islam
    yg menjadi pelanggang warung remang2, diskotik, portitusi atau t4 maksiat ternyata 99% orang islam.
    jadi yg kliru disini yg mana ………
    penganut agamanya……
    sistem…….
    atau apanya……….
    sebagai masyarakat awam saya jadi bingun sendiri lihat persoalan ini…..yang jelas fis buat fpi fis buat penganut agama apapun yg ada di indonesia……damailah negeriku………

  69. basori says:

    Hidup FPI jngan meyerah sy sngt setuju dngn Fpi.Tapi jngan lupi kolonial kristenisasi kususnya diSULUT.Kluarga kami dihasut dngan alasan asmara lalu nodai dan sampai akrinya dmasukkan kristen lalu dinikahi secara kristen sampai 3thn akirnya plng dngan alasan rindu ortu.Sampai dirmah bercerita semuanya.Tlong FPI bri peringatan sama orng kristen Dimanado dan sekitarnya,kusunya digereja masehi injili getsemani minahasa selatan.dngan alamat.jln.Trans sulawesi desa poigar 1kec.sinosayang minsel.dan serukan pd orang kita yg punya anak perempuan jngan sampai ada hbunan dngan orang SULUT dan sekitarnya lewat dunia maya.

  70. bejo says:

    Jaman skrng bsnyak muncul ormas, aliran, beraneka ragam namun perlu disadari tujuan mereka satu tetapi kenapa hrs saling berselisih, tdk ada agama yg mengajarkan permusuhan, kekerasan, negara kita multi kultur budaya, kita kawatirkan 3 smp 5 th kedepan ada perselisihan hebat sesama ormas yg satu agama krn didaerah solo sdh mulai terlihat keretakan dan pergesekaannya

  71. ok dah aku setu ju dngan fbi mengadakan gerakan ormas islam saya dukung banget semua itu yg penting asal jangan menyalah gunakan saja y… biarmana pun kan semuanya

  72. Hahahaa.. Ini postingan paling sesat yg pernah gw baca..
    FPI menyerang PKI karena apa?? Apa karena PKI itu menolak negara SYARIAT ISLAM😛

  73. Yusuf al-Qardhawy di Aceh says:

    saya menilai anda salah satu umat krsitiani yang melihat sesuatu secara objektif. saya yakin, jika anda selalu memihak pada kebenaran, suatu saat anda akan diberikan hidayah masuk islam. pegang itu ucapan saya….!

  74. bachtiar says:

    dalam ajaran Islam ada sebuah petuah nabi Muhammad yang mengatakan: “jika kamu melihat kemungkaran ubahlah dengan tangan mu, bila tidak mampu dengan lisan mu, bila tidak mampu maka hendaknya kamu diam. Dan diam itu adalah selemah – lemahnya iman”
    kalau di jabarkan puanjang tapi intinya adalah, orang berbuat benar pasti banyak musuhnya tetapi bagi orang yang mau menggunakan AKAL dan PIKIRANNYA maka akan berpendapat lain karena suatu saat baik cepat maupun lambat orang2 akan mengerti dengan sendirinya ketika mudharat / kejahatan meraja lela

  75. chenahin says:

    hahaha FPi uda jelas2 main hakim sndr, msi dbilang kbenaran, Dasar Lucifer!

  76. peacemaker says:

    none of religion allow gay and lesbianism, but none of true religion allow to hurt and hate them.

  77. Mamah joy says:

    Wah.. Salut atas kepeduliannya dan dukungannya..

  78. pak wit says:

    Saya mendukung eksistensi FPI. tetapi jangan kekerasangan dimajukan yang pertama. Bicara dulu dengan pemerintah dan pula obyek. baru jika tidak mau mendengar atau justru pemerintah melindungi kemaksiatan dan sebangsanya itu , baru power yang kita majukan. Hidup FPI

  79. tiger says:

    Tdk ada yg salah utk fpi, yg salah itu…pimpinannya…dlm stiap ceramah…slalu tendensi mngumbar amarah, emosi, brsifat mnjlek2kan agama lain, menanamkan kebencian, dan mrasa diri yg paling bnar. Itu pointnya.

  80. tasia says:

    Kalo mau komen soal FPI sebaiknya bermodal informasi yang cukup, tau peraturan dan hukum di Indonesia. 1. Jelas jelas meneriakkan asma Allah sambil merusak. Emang haknya apa? 2.Lagipula mereka diperalat oleh “oknum” ketika dibutuhkan.
    Orang Islam sendiri tidak setuju kok krn setau saya(info dari rekan2 FKUB) Islam itu juga menjunjung hukum CINTA KASIH dg cara mereka. Jadi tidak ada alasan untuk berbuat spt apa yg dilakukan FPI.
    3. Mrk anda anggap mau “meluruskan” orang yg salah tp KL MEREKA boleh bebas berbuat tidak lurus dan melanggar hak azazi manusia lain.
    4.Merasa diri mereka paling baik. Paling hebat. Mereka merampok, menjarahnya. Udah pernah liat di youtube blm?
    Apakah merampok, menjarah ( yg merugikan orang lain) lebih baik dr pd gay?
    Sebaiknya anda ikut retret deh…. Tenangkan pikiran shg jernih. Atau…jangan2 anda sbtlnya ingin ikut bergabung dg FPI? Daftar aja sana.Ga usah pake menyebut nyebut gerejalah , Paus lah…. Nanti sikira nabi palsu lho….

  81. ivone cha says:

    Yaa ,,,,,saya sangat setuju.agama manapun takkan mengizinkan mencintai sesama jenis karena Tuhan telah menciptakan manusia berpasang-pasangan,Salam mbak🙂

  82. Anonymous says:

    Coba dilihat perjuangan Soekarno dan Hatta, bahwa Soekarno itu awalnya tidak memperjuangkan hak asasi manusia, hanya moh. hatta dan muh. yamin yang memperjuangkannya. Kita hidup di dunia pluralisme yang tidak bisa dipungkiri dan memiliki banyak budaya serta agama. Kita tidak bisa memaksakan kehendak orang untuk berubah, *referensi ke surat Ar-Ra’du ayat 11 dan Al-Kafirun ayat 6*. Janganlah memerangi orang yang tidak memerangi kita.

  83. Front pembela iblis says:

    iblis itu taat ibadah,rajin ibadah,paling cerdas,dan paling lama beribadah.tapi iblis terbuat dari api.gampang panas.gampang marah emosi.dan sombong merasa paling hebat dan lebih suci.makannya diusir dari syurga.jika ada orang taat ibadah tapi suka dgn kekerasan.itulah ibadahnya iblis.iblis itu bersemayam dihati orang yg penuh amarah.tapi syg bnyk yg ngk sadar.makannya jgn cuma berkutat disyariat.jadinnya kolot.mudah didoktrin.ilmu allah luas.pelajari marifat.kamu tidak akan pernah sanggup dan tidak akan pernah mampu merubah dunia.tapi rubahlah dirimu maka dunia ini akan terasa indah.jln hidup orang brbeda2.jgn dipaksakan.ibadah kok mnta dihormati?.ibadah kok maunya dunia bersih?.sdngkn Tuhan mnciptakan kesimbangan.jgn trpaku ikutin hadist.tapi teliti dulu.pake otak.jgn otot.kamu dibekali otak buat berpikir.bedakan budaya adat istiadat arab dgn indonesia.kamu cari makan.tinggal.nikah di indonesia.tapi yg kamu bawa adat arab.kok lucu.contohlah perilaku rasul.islam itu rahmatan alama semesta.seharusnya islam itu melindungi.mengayomi umat manusia.

  84. Front pembela iblis says:

    makannya hati-hati.salah2 malah kamu jadinnya malah terjebak menyembah agama bukan menyembah kepada Tuhan yang tak berawal dan yg tak berakhir.agama itu cuma wadah tata krama.Klo kamu yakin Merasa orang paling benar.INGINI KEMATIANMU.niscaya kamu akan berkelit.banyak alasan.ibadah kok ngarep pahala.yg iklash nggerrrrrr….!!!hidup berdampingan dgn brbagai macam bentuk manusia.tapi lo ttap bisa jaga iman.kok lucu ngancurin prostitusi.emang yg bisa kasih hidayah dan yg menyesatkan itu PSK?Cuma TUHAN yg bisa.
    by:Para wali-wali Allah.syadina Ali,Syech abdul qadir jaelani,kanjeng sunan kalijaga,Sunan bonang,syech siti jenar.mereka punya karomah yg luar biasa.tapi klakuan mereka jauh dari sifat pemimpin lo.

  85. jajang says:

    Whatever

  86. surya chess says:

    Kesimpulan saya : Cerminan orang yang beragama adalah 1. berbuatlah kebaikan. 2.Tidak bersekongkol dengan orang jahat. 3.Tidak memaksa kehendak orang untuk memeluk agama lain.4. Tidak memfitna orang dengan modus PKI hanya karena pembenaran agamanya (pedahal orang tersebut belum tentu moralnya baik).5.Selalu menjunjung tinggi kebersamaan antar umat beragama dalam masyarakat yang majemuk.6.Tidak gila kedudukan atau punya kepentingan kekuasaan yang berpolitik dengan mengadu domba antar umat beragama, hanya karena harta duniawi dan korupsi dan berakhir di terali besi. ‘salam saya buat umat beragama di seluruh dunia’
    …”Damai itu indah”

  87. andy says:

    setuju dengan anda bung…anda adalah sedikit dari sebagian orng yg mau berpikir jernih dan jujur dlm menyadari masalah ini…salut nya lg anda umat katolik (respek). yg parah nya lg umat islam itu sendiri yg menentang keberadaan ormas ini, yg ga tau apa2 cuman berdasarkan pencitraan buruk media, sdh langsung mengutuk dan ikut bersuara membubarkan ormas ini…( buat umat muslim MIKIR KALIAN !!!! kalian sdh beri sumbangsih apa utk umat dan dien ini !!!! )

  88. agus w says:

    Anda menyatakan keberatan dengan mantan anggota pki, dengan segala kekuatiran yg menyertainya, apakah orang bisa tidak melakukan suatu kesalahan apa pun di masa lalunya? Dan tidak ada kesempatan kedua bagi yg telah melakukan suatu kesalahan, anda tdk lebih seperti orang farisi yg akan merajam wanita sundal seolah tiada dosa yg melekat pada diri sendiri,memang penghakiman bukan hak kita,tapi kita sering merasa sudah menjadi tuhan dan merasa suci,sehingga kita merasa mempunyai hak yg dimiliki oleh Tuhan.

  89. Dan says:

    LIA CHRISTINE Pengakuan Jujur Seorang Kristiani tentang FPI- Pesan buat LIA CRISTINE dalam kristen tidak dikenal ajaran kekerasan versi FPI, menurut saya LIA CRISTINE harus belajar ALKITAB lagi, jangan bolos atau tidur waktu PENDETA/PASTOR KOTBAH menurut saya FPI sudah keterlaluan merusak rumah makan yang sudah pakai penutup kain untuk menghormati orang yang berpuasa tetap dirusak, penutupan gereja yang main hakim sendiri, kalau memang taat aturan harusnya bermain di jalur hukum, sewa pengacara hebat bukan malah merusak menyegel gereja. Menurut saya FPI itu mengikuti ajaran BARBAR merusak & menyebarkan ajaran kekerasan. Menurut saya LIA CHRISTINE tidak layak disebut seorang kristiani, tidak ada orang yang mengaku memeluk agama kristen tapi mendukung aksi kekerasan, jangan-jangan LIA CHRISTINE juga mendukung ISIS (IRAK & SURIAH) di IRAK & SURIAH orang arab yang beragama KRISTEN dibunuh, diberi pajak tinggi, diusir, jika tidak masuk islam. Sungguh kasar & BARBAR. Menurut saya FPI harus dibubarkan, masalah hukum ada POLISI, JAKSA, SATPOL PP, perkuat agar mau memberantas kemaksiatan, peredaran miras, pelacuran. Saatnya orang-orang Indonesia taat hukum. Indonesia dibangun atas dasar hukum positif, bukan hukum versi kekerasan FPI. Hidup Indonesia.

  90. Ervien says:

    Well said, mbak lia. Agama itu urusan manusia dengan Tuhannya, sementara berbuat baik itu urusan manusia dengan sesamanya. Sudah seharusnya kita berbuat baik pada sesama, tanpa memedulikan latar belakang agamanya.

  91. haikal azizi says:

    FPI adalah Benteng terkuat kami. “Kerajaan yg besarpun akan runtuh tanpa benteng yang kuat”

  92. Raisa says:

    Hati hati dengan nama samaran Lia Christine. Jelas dia pengadu domba Antar agama.

  93. ikhsan prasetia says:

    Hahha

  94. Namanya aja nahi munkar (memberantas kemunkaran) ya harus pakai kekerasan ! Kalau amar ma’ruf baru cocok pakai cara-cara yang lembut. Amar ma’ruf dan nahi munkar itu adalah perintah yang satu paket dan harus dilaksanakan bersamaan.

  95. peace says:

    Saya membaca ini merinding…saya katholik dan saya pernah bertemu dengan salah satu anggota FPI jadi bukan koran atau media, dan saya hidup di Bali. Dan saya bertemu bapak ini di Yogya, dan karena saya sedang menulis tentang FPI untuk tugas kuliah saya. Dan komentar yang saya dengan dari Bapak ini, bertentangan dengan yang di tulis di sini. Dan membuat saya tidak mengerti, karena yang saya dengar adalah, apapun itu kalau itu tidak sesuai dengan syariat islam di halalkan, dan menurut mereka kekerasan atau membunuh
    itu adalah jihad bagi mereka, saya sempat marah, dan saya sempat membayangkan bagaimana kalau saat itu saya bilang saya katholik, bukankah mereka akan sebut saya kafir.

    Saya tidak membenci umat Islam, tapi untuk FPI, karena saya berulang kali bertemu dengan
    mereka untuk bahan tulisan saya, Saya tidak setuju FPI ada di Indonesia, karena kedamaian
    itu penting dan satu lagi saat saya di luar negeri Indonesia di cap sebagai negara teroris
    karena penganut radikal seperti FPI.

    Saya hidup rukun dengan Umat Muslim, HIndu, Budha , Bahkan penganut kepercayaan, keluarga kami open house saat Lebaran, jadi saya tidak bisa mengerti dengan FPI,
    yang notabene malah menjelekan agama Islam itu sendiri, karena sebenarnya tanpa FPI
    kami hidup damai, tanpa ada kata – kata yang menghina di antara kami tentang agama.

    Saya cinta damai – dan saya berdoa FPI tidak ada di Indonesia, tidak berkembang…di Indonesia yang majemuk…..kekerasan…apapun alasannya saya yakin ini bertentangan dengan ajaran agama, dan saya yakin di agama Islampun di ajarkan tentang cinta kasih bukan kekerasan untuk memaksakan kehendak.

    Jadi buat saya….FPI bukan untuk Indonesia…

    terima kasih

  96. Islam akan selalu mendapat cobaan yg pedih dari org yg tidak suka dan islam ktp sampai nanti datang nya imam mahdi (al-mahdi) binasa lah mereka umat dajjal (al-masih)
    Insyaallah benar benar apa yg saya ucapkan dari renungan saya.
    #mujahidin

  97. Islam akan selalu mendapat cobaan yg pedih dari org yg tidak suka dan islam ktp sampai nanti datang nya imam mahdi (al-mahdi) binasa lah mereka umat dajjal (al-masih)
    Insyaallah benar apa yg saya ucapkan dari renungan saya.
    #mujahidin

  98. ivan says:

    Apakah salah seorang kristiani membela fpi? guru saya pun(gusdur) suka membela kaum minoritas,membela hak individual dan tidak bisa dikaitkan dengan keyakinan beragama bray..hehe

  99. Vika says:

    heh orang bodoh yg bela fpi
    klen mikir membela islam
    klen pikir jga liat tuh di berita youtube internet
    mreka nabrak kaum nya sndri menghajar atau apa pun namannya yg pasti kekerasan
    keq gtu membela mikir pake otak klen tuh yg mini
    itu namannya bukan membela tapi membunuh
    seharus nya islam tuh baik”
    bukan sok kyak mreka

    salam sakaupoker

  100. seorang non muslim aja mendukung FPI karena memang hakikatnya FPI itu membela kebenaran dan melawan kebatilan, klo ada orang ngaku muslim tp tdk mendukung perjuangan umat islam (FPI) muslimnya perlu dipertanyakan!!!!!!!!

  101. muhamadjupri says:

    sy sangat mendukung apa yg di lakukan fpi tp juga hrs di bina para anggotanya jgmelakukan hal hal yg brutal hingga bs mengakibatkan hal hal yg tdk di ingin kan atau merugikan orangjg arogan dan jg sombong karena islam itu indah pnh ksh dan sayang

  102. Saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan FPI, karena selama ini FPI Karena Selama ini FPI memerangi Kejahatan dan Berbuat kebajikan… Kita Tidak terpengaruh sama berita- berita miring tentang FPi karena media dikuasai oleh orang-orang yang sangat membenci ISLAM.. JALAN TERUS FPI

  103. @Dira2014 says:

    tidak semua kemunkaran bisa dicegah dengan kompromi, terkadang memang harus dengan ketegasan, karena yg dilawan nafsu, birahi setan….

  104. dewi says:

    Negeri ini memang aneh, pendidikan rendah, mudah di provokasi dengan embel embel agama, nuduh menuduh,.
    bukan membela mereka yang suka prostitusi mabuk dll,
    negeri ini sudah punya orang yang berwewenang. kalau anda (FPI) mau ikut campur dalam urusan wewenang mereka, berarti anda sudah salah kaprah tentang negeri ini.

    jika anda tidak puas dengan apa yang terjadi, silahkan sekolah dengan benar, lalu masuk TNI, POLRI,lalu jadi pejabat yang punya kewenangan.

    saya yakin lebih dari 50% massa anda itu adalah orang yang tak punya pekerjaan, pendidikan rendah, apa kalian tidak kasihan mengajari orang sebut “allah huakbar” sambil mukul orang?

    kalau anda betul betul mencintai negeri ini, tolong
    1.bawa massa anda ke pabrik rokok. dan tutup itu pabrik rokokseperti anda menghancurkan tempat karaoke. soalnya saya lihat lebih banyak orang merokok dibulan puasa dibanding orang yang nanyi di tempat karaoekan.
    kerugian karna rokok jauh lebih besar dari pada kerugian karna miras dll,
    270T pertahun.
    2. sekolahin itu massa anda ke sekolah yang lebih tinggi. (jangan cuma anda bawa tawuran)
    saya tidak mengatakan pendidikan agama di pesantren itu rendah,, tapi kalau anda hanya sekolah di batas agama, kapan anda tau untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain contohnya minoritas, anda pernah bertanya tidak bagaimana nasib minoritas di negeri ini?
    3. satu lagi yang terpenting, tolong kalau kalian rusuh itu ga usah pakai atribut agama,
    front pembela islam, ( Tuhan itu tak perlu dibela), apa yang mau dibela,?? Dia Tuhan loh, punya kuasa, . yang perlu di bela itu orang orang kecil. bawa itu massa FPI ke bawah kolong jembatan , kasih makan itu anak anak kcil di sana.

    akhir kata, tolong hentilkn segala kebohongan kalian. warga indonesia ini sudah cukup cerdas untuk menilai mana yang baik dan yang benar, sekalipun orang minum alkohol bukan berarti dia mabuk, orang di diskotik bukan berarti dia pengguna, (diskotik=tempat untuk disko, anda mau mereka disko di masjid?) entar namanya jadi dikojid dong

  105. abdull says:

    Fpi itu munafik.kalau memang berani coba lawan malaysia yg ganggu indonesia.berani lawan arab yg tukang perkosa tki.berani adu jotos 1 lawan 1?aku dari weleri kendal pernah adu jotos dan nyatanya kalah fpinya.ternyata beraninya keroyokan.seingatku hanya sekumpulan monyet yg beraninya keroyokan.

  106. Nurul Zakiah says:

    assalamu’alaykum,

    emang cuman aturan Allooh yg paling efektiv dan tidak ada kurang nya dari pada aturan buatan manusia. tapi sayangnya Indonesia bukan negara Islam. meski bukan negara Islam, asal seluruh rakyatnya memiliki akhlak yg baik, berprinsip pada keadilan dan kejujuran serta sungguh2 mengamalkan Pancasila, InsyaAllooh negeri Indonesia tercinta ini akan makmur dan sejahtera. mau negara Islam atau bukan, kalau rakyat dan pemerintahannya kurang baik, sudah jelas, rusaklah negara itu. tp gak papa, setidaknya Allooh gak sia-sia ciptain neraka. kalau semuanya baik-baik, untuk apa Allooh ciptakan surga sekaligus neraka??? semoga kita semua selalu mendapat hidayah_Nya. aammin.

    tetap semangat buat FPI, semoga semakin amanah dan hati-hati dalam mengemban tugas dan tetap terus mengamalkan aturan Allooh dan ajaran Rosulullooh. GOOD LUCK…! ^_^

    wassalamu’alaykum.

  107. wujudi says:

    FPI benar dan pemerintah yang salah dan sesat apalagi jil setan laknat itu, berbicara agama semua agama membawa misi kedamain, ketika Islam mengusai cardova kristen Aman tapi ketika kristen kuasai cardova kembali umat Islam dibunuh disilah yg sudah salah, bahkan kalau diteliti agama hindu dan budha brasal dati samawi (yitu kitab langit pada zaman nabi zulkifli. wallahu’alam

  108. seth says:

    Trus, apa kalian begitu yakin kalo yang menulis ini seorang khatolik??? penulis aja tidak bisa membedakan antara kata “khatolik” dan “Kristiani”…aku curiga, si penulis lagi ber taqiya…dusta halal di dalam islam

  109. elmaut says:

    Yang salah itu Masmedia penyebar berita ! merasa kebal hukum,,,,,,,liput berita tanpa perasaan membuat semua orang takut tak terkecuali presiden . tidak semua sih hanya sebagian besar berlomba lomba cari berita yang bisa mengangkat harkat martabatnya sendiri contoh misal yang diangkat disini masalah berita miring tentang FPI kenapa hanya memberitakan aoutput tindakan yang dilakukan FPI kenapa tidak diberitakan proses cara kerjanya sehingga menghasilkan output perbuatan yang terkesan arogan kasar dan radikal,padahal semua prosedur telah dilakukan dan prosedur prosedur yang dilakukan itupun hingga berulang ulang yang bila tidak mendapat respon dari regulasi barulah mereka bertindak sesuai ketentuan ,dan bila mendapat perlawanan barulah mereka akan melawan sehingga muncul kekerasan seperti komentar komentar yang sudah sudah diatas ,maksud baik saudara kita umat katolik kenapa harus diartikan negatif ? ayo kita ssemua mulai dari diri sendiri siapapun kita “untuk mulai berpikir fositif dinegri tercinta ini “dengan harapan terciptanya kedamaian oke?

  110. elmaut says:

    Setiap tindak kekerasan kejahatan baik yang dilakukan umat islam kristen katolik hindu buda yang ada di indonesia mulai rakyat biasa sampai kerakyat yang luar biasa harus dihukum sesuai ketentuan ,masalahnya bisakah keadilan itu terlaksana? Diindonesia sejak diberlakukannya Otonomi daerah telah banyak bermunculan Ormas ormas selain FPI penegak kebenaran yang tidak digaji lalu yang digaji kerjanya apa ? bila timbul masalah serius yang disebabkan para ormas yang ada diatas hingga menimbulkan pro kontra masyarakat barulah penguasa aktion bak super hero ,,,,,,,,,,,apakah memang harus begitu >

  111. Ayub Haris Trihandoko says:

    sIPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPP

  112. mau nangis aku bacanya …
    Gitulah jaman sekarang uang menjadi pedoman…

  113. hidayat says:

    baguslah mbak bsa memahami keberadaan FPI,, jgan di pandand dr satu sisi.. liat sisi positif jga kan???

  114. Freddrik Von Katerschraube says:

    Postingan yang bagus mbak Christine. Terima kasih. –🙂 –

  115. Sungguh pernyataan yang bagus mbak Christine. Terima kasih. –🙂 –

  116. Peaceful Man says:

    Secara KONSEP [ untuk missi2 tertentu ] saya SETUJU dengan MISI FPI, tapi secara AKSI TIDAK SAMA SEKALI. Dalam menjalankan aksi nya [ hal yang sangat sederhana saja, bahwa dalam ajaran ISLAM kita wajib menjaga keselamatan jiwa ] tp apa yang terjadi … TIDAK MEMATUHI ATURAN / berkendaraan TANPA HELM, mendominasi lalu lintas, beraksi BAK mau perang mempertahankan kedaulatan dgn membawa bendera dan atribut, BERINGAS … dst.
    [ Sama sekali jauh dari konsep ISLAM yang DAMAI ].

    Itulah sedikit gambaran AKSI FPI yang saya SANGAT TIDAK SETUJU….

  117. susmiati says:

    Orang2 yg bekerja didalam pemerintah rata2 muslim,tp dalam jati dirinya bukan seorang yg muslim,kalo merasa beragama islam,mesti menjalankan /mengatur sesuai syariat islam,ini malah sebaliknya FPi yg ingin menegakkan syariat islam malah ditentang dan dibubarin”,gila”,maju terus FPI,.

  118. Fajar Sant says:

    Hayoo….. mau nggak sekalian mengkaji ISLAM nya?

  119. abdul says:

    Apa yang dilakukan FPI tuh memang sesuai perintah Kitab Suci……Inilah Islam sejati. Anda yang masih menganggap tindakan FPI tidak benar dianjurkan untuk belajar Alquran…..Allah memang pernah mengajarkan toleransi agama agar nonmuslim tertarik kepada Islam tetapi ketika Islam sdh banyak, Allah tidak mengenal toleransi lagi….Allah ingin cepat-cepat nonmuslim enyah dari muka bumi. Agar tiada fitnah terhadp Allah dan Rasulnya……

  120. Yg seharusnya menjadi pertanyaan : Knp FPI sampai nekat turun tangan dan melakukan aksi hingga dinilai berbau kekerasan? yah, krn selama ini pemerintahan dan hukum tidak jalan dgn baik! Hidup FPI, bentar lagi sy jg mau gabung masuk FPI, tp jgn main kasar lagi ya… Hehehe

  121. call me ladies says:

    Banyak orang mendukung aksi fpi karena mereka berpikir tindakan dan aksinya sudah sesuai dengan ajaran islam.
    Tapi setahu saya,sesuai dengan ajaran islam yang mana yang membenarkan untuk melakukan segala aksinya dengan kekerasan yang merugikan pihak umum,please think again…

  122. lidyn says:

    islam umat mayoritas di indonesia, tunjukan pada dunia kalau kita bisa jadi pengayom umat minoritas, sayangi mereka. dengan kekerasan orang akan lari meninggalkan mu, dengan kebaikan dan budi luhur mereka akan ikut kamu.mantan anggota pki juga banyak yg sudah bertaubat. kasihan anak cucu mereka, mereka juga saudara kita.

  123. Syalom,kalau bisa fpi jangan di bubarkan,kita dukung terus . Contoh ormas yang bagus,ormas yang menolak tindak kejahatan. Kalau bisa fpi juga memberantas kampung kampung narkoba. Biar tdk ada lagi yang merusak anak muda bangsa ini. Agar negara kita bersih dari kemaksiatan,judi dan narkoba.salam damai.

  124. yudin says:

    tidak usah sok tahu kalo bukan orang palangkaraya
    emangnya si lia christine itu orang palangkaraya

  125. Adrian yunus says:

    Di Bali gak ada FPI tpi kriminalitas jarang, aman, damai, gak ada kerusuhan dan juga gak ada rasis. Jadi fungsi FPI itu baik atau tidak?

  126. ptriswandani says:

    Kalau bisa FPI kembali ke jalan benar deh. Jangan pake kekerasan. Walaupun agama mengajarkan kekerasan dilawan pake kelembutan, apakah FPI jg melakukan hal itu? Jangan salahin org lain aja yg menentang FPI, FPI jg harus meninggalkan jalan kekerasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: