Bacaan Imam Shalat Pendek Saja

*
Namanya KH. Abdullah Arsan. Sering saya shalat menjadi ma’mun di balakangnya beserta jama’ah yang lain. Semua jama’ah tahu kalau Kiayi Arsan ilmunya luas. Tapi ada yang aneh. Setiap jadi imam shalat, bacaannya selalu saja dari Juz Amma yang pendek-pendek. Jarang sekali kiayi mengambil bacaan ditengah-tengah Qur’an yang banyak dihafalnya. Bahkan pernah dalam shalat Idul Fitri pilihan suratnya hanya Al-Ma’un dan Al-Ikhlas. Setelah bubar, ada juga yang nyeletuk. “Shalat hari raya kan istimewa dan setahun sekali ya, kiayi kok bacaannya cuma Al-Ma’un dan Al-Ikhlas.” Pikirnya, surat-surat pendek itu ya buat shalat berjama’ah sehari-harilah. Suatu saat lagi berdua, saya menyampaikan kepenasaran itu.
“Kiyai, mengapa sih, dalam setiap shalat berjama’ah, bacaan kiayi selalu surat yang pendek-pendek saja?”
“Lhoo … memangnya kenapa? Apa itu persoalan?”
“Ya kiayi pantesnya kan yang agak panjang dikitlah, yang jarang dibaca sehari-hari, kan enak didenger tuh.”
“Hehe …” Kiyai malah tersenyum, “apa kamu belum tahu anjuran Rasulullah SAW bahwa kalau jadi imam itu, bacaannya yang pendek-pendek saja karena khawatir di belakang ada orang orang tua yang gak kuat berdiri lama atau sakit.”
“Ya tahu sih. Tapi ilmunya Kiayi gak kelihatan tuuh ….”
“Naah … itulah jawabannya.”
“Maksudnya?” tanyaku bingung.
“Itu yang kau bilang ‘ilmunya gak kelihatan.’ Itukan kesombongan. Jadi imam shalat itu berat pertanggungjawabannya. Kalau hanya mimpin shalat banyak orang bisa, tapi yang jadi imam yang benar hanya sedikit. Setan yang menggodanya setan kelas berat. Imam shalat adalah salah satu sasaran empuk syetan meniupkan godaannya tanpa terasa.”
“Oh gitu ya?” kataku heran.
“Setan yang menggoda imam shalat akan membisikkan betapa indahnya suaramu maka lagukanlah yang indah, jama’ah akan menyukaimu. Koleksi bacaanmu pun banyak, pilihlah bacaan-bacaan Qur’an yang orang gak hafal. Lihatlah, mereka akan mengagumimu. Untuk kamu tahu aja, sekali muncul perasaan itu dalam hatiku, aku menganggap shalatku batal lalu kuulangi sendirian kemudian beristighfar kepada Allah.”
“Ooh ….” Saya melongo,”jadi bagusnya yang pendek-pendek saja ya?”
“Iya. Selain itu mengikuti anjuran Nabi. Dengan bacaan yang pendek yang jama’ah pada hafal, hati mereka akan mengikuti bacaan imam, menghayatinya dan menciptakan kekhusyuan. Selain itu, bila aku lupa mereka bisa mengingatkan. Kalau bacaannya asing, mereka gak bisa mengikuti dan, kalau salah, siapa yang akan mengingatkan?[] (Moeflich Hasbullah)

About these ads

10 Responses to Bacaan Imam Shalat Pendek Saja

  1. m tabiin says:

    sepakat

  2. Bitrik Sulaiman says:

    Kuncinya apa yg dicontohkan Rasullullah saw. kalau beliau mengatakan yang pendek2 saja apakah betul Rasulullah membaca selalu yang pendek2 saja. Lalu kapan surat yang panjang dibacanya?.
    Menurut saya tergantung niatnya. biar pendek2 saja kalau mau dikatakan jamaah hapalannya juga banyak ya sama. Wallahualam

  3. Onay says:

    ini namamya imam berkelas…setuju pak kyai

  4. hamba says:

    saya sangat2 setuju pak kyai , apa yang dikatakan pak kyai benar juga ,

  5. Matt says:

    Setuju

  6. Fajar pratikno says:

    Setuju….disamping mengingat pada jamaah yg mngkin orangtua…juga untuk menghindari n mengurangi hal2 yang membuat shalat jd kurang khusuk

  7. Ahmad Ilhami says:

    makanya saya takut sekali untuk jadi imam kalo memangnya masih ada lagi orang yg bisa utk jadi imam,karena mudah sekali utk riya’

  8. marta says:

    saya setuju, lebih baik ayatnya yng pendek2 tetapi khotbahnya yng lebih berbobot dan sedikit panjang. jadi kalau ada yng berkepentingan bisa meninggalkan sebagian khutbah

  9. ruby kristiadi says:

    makasih untuk masukannya

  10. bener juga ,kayak istri di rumah (istri cuman satu lho) lagi belajar sholat ,ya otomtis saya yang jadi imam,ya cuman di ambil surah yang pendek-pendek..kayaknya lebih mengena kok and khusus buat jalani sholat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 538 other followers

%d bloggers like this: