Penelitian ilmiah: Pengaruh bacaan al Qur’an pada syaraf, otak dan organ tubuh lainnya. Subhanallah, menakjubkan!

*
anotomi-tubuh(Arrahmah.com) – “Tak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan terhadap daya ingat dan memberikan ketenangan kepada seseorang kecuali membaca Al-Qur’an…”.

Dr. Al Qadhi, melalui penelitiannya yang panjang dan serius di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alquran, seorang Muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar.

Penurunan depresi, kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang dirasakan orang-orang yang menjadi objek penelitiannya. Penemuan sang dokter ahli jiwa ini tidak serampangan.

Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik. Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan, bacaan Alquran berpengaruh besar hingga 97% dalam melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit.

Penelitian Dr. Al Qadhi ini diperkuat pula oleh penelitian lainnya yang dilakukan oleh dokter yang berbeda. Dalam laporan sebuah penelitian yang disampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984, disebutkan, Al-Quran terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97% bagi mereka yang mendengarkannya.

Kesimpulan hasil uji coba tersebut diperkuat lagi oleh penelitian Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston. Objek penelitiannya terhadap 5 orang sukarelawan yang terdiri dari 3 pria dan 2 wanita. Kelima orang tersebut sama sekali tidak mengerti bahasa Arab dan mereka pun tidak diberi tahu bahwa yang akan diperdengarkannya adalah Al-Qur’an.

Penelitian yang dilakukan sebanyak 210 kali ini terbagi dua sesi, yakni membacakan Al-Qur’an dengan tartil dan membacakan bahasa Arab yang bukan dari Al-Qur’an. Kesimpulannya, responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan Al-Qur’an dan mendapatkan ketenangan hanya 35% ketika mendengarkan bahasa Arab yang bukan dari Al-Qur’an.

Al-Qur’an memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi. Hal tersebut diungkapkan Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia pada tahun 1997. Menurut penelitiannya, bayi yang berusia 48 jam yang kepadanya diperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yang besar, kita memiliki Al-Qur’an. Selain menjadi ibadah dalam membacanya, bacaannya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita. Jika mendengarkan musik klasik dapat memengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) seseorang, bacaan Al-Qur’an lebih dari itu. Selain memengaruhi IQ dan EQ, bacaan Al-Qur’an memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).

Mahabenar Allah yang telah berfirman, “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, simaklah dengan baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (Q.S. 7: 204).

19 Responses to Penelitian ilmiah: Pengaruh bacaan al Qur’an pada syaraf, otak dan organ tubuh lainnya. Subhanallah, menakjubkan!

  1. Kenzie says:

    pas banget ni, saat hatiq gundah gulana, nemu post ini.. insyaAllah mau mulai konsisten baca Al Quran lagi ah… amienn…

  2. Moeflich says:

    Alhamdulillaah … Selamat Kenzie!!

  3. Ahmad ekko says:

    izn Share

  4. Bang Marni says:

    mantab ulasannya mas.. mengingatkan saya kembali utk menbaca. moga mas moeflich dpt pahala yg banyak. amin…..

  5. glorify Islam wherever you are….

  6. ISMAYASARI says:

    Sangt brmanfaat bngt bwt khidupn kita,….🙂
    krna al quran slain sbagai pedoman hidup utk kita, al quran jg sbagai penawar brbagai pnyakit,,trmsuk pnyakit hti….

  7. said says:

    Mohon tulisan seperti ini diperbanyak agar memotivasi kita memperbaiki diri terus menerus

  8. Hanayuki Rihan says:

    pengen share ke facebook tp bisa gak ya??

  9. Moeflich says:

    Terima kasih semua dukungannya. Mohon ngisi alamat emailnya ya di “Langganan blog ini” sebelah kanan, agar tak ketinggalan semua posting blog ini.

  10. Moeflich says:

    Hanayuki Rihan, terima kasih idenya, saya belum tahu caranya. Masih nyari-nyari.

  11. Wahyu N says:

    Subhanallah…

  12. lestari says:

    izin share ^^

  13. Widodo Darto Wiyono says:

    subhanallah..!

  14. nanda says:

    Mank bner2 nyta Ä̤̥̊Ҏά̲̣̥ Ɣªήğ di jelasakan tentang aLqur’an,
    Buktinya anak bayi aqu aja diem stlah mndengarkan ayat2 suci dari alqur’an, pdahal tadi nya nangisssss aja,tpi stelah aqu hidup Ќªή mp3 aLqur,an anak aku langsung diam,
    Subbahannallah allah maha adil & sempurna Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡ Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡❤ allah
    Allah itu mnk bner2 nyata & Ά̲∂ª untuk manusia Ɣªήğ slalu ingat dengan allah SWT Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡ Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡

  15. Irfan says:

    Tapi mengapa intelegensia umat islam ynag membaca alquran justru jauh berada dantara umat lain yang tidak pernah membaca alquran, bukankah seharusanya umat islam yang membaca alquran yang seharrusnya mengusai IPTEK dan menjadi contoh bagi umat ialin, bukan malah menjadi penoton dan pengguna belaka.

  16. m.nasir says:

    Alhamdulillah

  17. ismail intolib says:

    artikel yg sangat bagus sekali…

  18. ikhsan fiqra says:

    ane izin share ya🙂

  19. Masni Rustam says:

    Membaca al Qur an dg mengikuti terjemahannya saja nikmat tiada tara, tdk pernah melelahkan kalau ada paling rasa ngantuk krn betapa damainya bathin saat mengikuti ayat demi ayat Allah yg Maha Agung. Lagi membaca surat dari kekasih hati entah itu suami atau isteri atau anak2 bahkan cucu yg shaleh dan shalehah lagikan nikmat apatah lagi surat Allah nan Maha Rahman dan Maha Rahiiim kpd hamba2nya. Si pendosa saja kadang merasa mendapat nikmat mendengar lantunan ayat Allah apa lagi yg ingin dan telah menjadi hamba Allah. Nikmat betul betul nikmat. Allahu Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: