Subhanallah, Inilah Pengaruh Dzikir Terhadap Otak

*
otak“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan tenteram hati mereka dengan zikrullah, ketahuilah hanya dengan mengingat Allah itu, hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d, ayat 28)

OTAK hanyalah aktivitas-aktivitas bio-elektrik yang melibatkan sekumpulan saraf yang dipertanggungjawabkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu untuk memungkinkan ia bekerja dengan sempurna.

Setiap hari 14 juta saraf yang membentuk otak ini berinteraksi dengan 16 juta saraf tubuh yang lain. Semua aktivitas yang kita lakukan dan pemahaman atau ilmu yang kita peroleh adalah natijah dari aliran interaksi bio-listrik yang tidak terbatas.

Oleh itu, apabila seorang itu berzikir dengan mengulangi kalimat-kalimat Allah, seperti Subhanallah, beberapa kawasan otak yang terlibat menjadi aktif. Ini menyebabkan satu aliran bio-listrik di wilayah saraf otak tersebut.

Bila zikir disebut berulang-ulang kali, aktivitas saraf ini menjadi bertambah aktif dan turut menambah tenaga bio-listrik. Lama-kelamaan kelompok saraf yang sangat aktif ini mempengaruhi kelompok saraf yang lain untuk turut sama aktif. Dengan itu, otak menjadi aktif secara keseluruhan.

Otak mulai memahami hal baru, melihat dari sudut perspektif berbeda dan semakin kreatif dan kritis, sedang sebelum berzikir otak tidak begini. Otak yang segar dan fit secara tidak langsung mempengaruhi hati untuk melakukan kebaikan dan menerima kebenaran.

Hasil penelitian laboratorium yang dilakukan terhadap subjek ini dimuat dalam majalah Scientific American, edisi Desember 1993. Satu penelitian yang dilakukan di Universitas Washington dan tes ini dilakukan melalui tes pemindaian PET yang mengukur kadar aktivitas otak manusia secara tidak sadar.

Dalam penelitian ini, sukarelawan diberikan satu daftar kata benda. Mereka diharuskan membaca setiap kata tersebut satu persatu dan menghubungkan kata-kata dengan kata kerja yang terkait. Ketika sukarelawan melakukan tugas mereka, beberapa bagian berbeda otak menunjukkan peningkatan aktivitas saraf, termasuk di bagian depan otak dan korteks.

Menariknya, apabila sukarelawan ini mengulangi daftar kata yang sama berulang-ulang kali, aktivitas saraf otak merebak pada kawasan lain dan mengaktifkan kawasan saraf lain. Ketika daftar kata baru diberikan kepada mereka, aktivitas saraf kembali meningkat di daerah pertama.

Ini sekaligus membuktikan secara ilmiah bahwa kata yang diulang-ulang seperti perbuatan berzikir, terbukti meningkatkan kebugaran otak dan menambah kemampuannya.

Subhanallah, “maka nikmat tuhanmu manakah yang kamu dustakan?” [inbermu]
(muslimina.blogspot.com)

14 Responses to Subhanallah, Inilah Pengaruh Dzikir Terhadap Otak

  1. fadil says:

    subhanallah, Allah begitu indah menciptakan ciptaannya

  2. ada adenya tetangga aku, katanya dia kena penyakit semacan depresi gitu, udah berobat kemana2 belum sembuh juga, terus ada ustad yang nyaranin suruh sering2 berzikir, alhamdulilah orangnya sembuh katanya, emang bener ya kalau orang yang beriman sama allah mau di kasih cobaan seberat apapun pasti dikasih jalan keluar, beda sama orang2 yang narkoba dsb, pasti matinya sia2, allahuakbar..

    salam kenal mas moeflich:)

  3. tenangnya pikiran dan perasaan setelah berzikir membuat otak bekerja maksimal, kunjungan balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

  4. ketenangan pikiran dan perasaan didapat setelah berzikir membuat otak bekerja lebih maksimal, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

  5. Muhammad Ridhwan says:

    Wahai ALLAAH knp hati kami masih lalai setelah semuax dah jelas kebenaranx😦

  6. Rendy says:

    Bermanfaat banget nih.
    Makasih masbro

  7. Widodo Darto Wiyono says:

    subhanallah…!
    hal yg sama (baca : dzikir) tentu juga sangat luar biasa dampaknya bagi2 pembentukan kepribadian anak2 generasi penerus kita kelak jika ibu2 yg sedang hamil berkenan mengamalkannya ..?

  8. Taufsyaif says:

    Berdzikirlah sebelum anda didzikirkan(alias di TAHLILKAN dan didoa maghfirohkan oleh yg hidup,jika dah koid)….apalagi dg dzikir pake hati/kalbu yg gak ketahuan org laen,makin mantep euy…..commentx dikit aja gue,asal gak complant. Salam semua

  9. muhammad fahrie says:

    Post yang sangat bermanfaat.
    Moga blog nya ramai yah . Amin.

  10. Dedi Mashudi says:

    subhanallah…….,
    baru satu jenis,otak,blm yang lainya……smg kita smakin mengenal-Nya, dan menjadi ahli syukur.Amin.

  11. Sulaiman Skm says:

    subhanallah….

  12. Terima kasih atas infonya mohon ijin untuk mengcopy materi yang ada di blog anda . sukron

  13. godseeker99 says:

    Sesungguhnya hanya dengan berzikirlah hati menjadi tenang.

    Jual suzuki satria 》www.dealermotorsuzuki.com

  14. zikir menghasilkan fikir…pemikiran…
    fas alu ahladzdzikri in kuntum la ta lamun…..maka tanyalah ahli dzikir bila kamu tidak tahu…Allah memberikan mandat JAWAB pd ahli dzikri….subhanAllah.
    Dzikri….aktivitas hati mengucap kata ALLAH ber ulang2 sebanyak mungkin dzikron katsiro ingat….mengucap dengan HATI bukan lidah atau anggota mulud lainnya…bila perlu mengucap kata ALLAH dengan melipat lidah ke belakang…agar hati yg me ngucap….Wallah alam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: