Siapa Pemilik dan yang Menguasai Kekayaan Alam Indonesia? Buka Mata!!! Inilah Perlunya Indonesia Bangkit!!

575701_452186194851796_424651168_n

Pemerintah mengumumkan bahwa arus investasi asing langsung ke Indonesia naik ke rekor tertinggi senilai $5,9 miliar di kuartal ketiga 2012, atau meningkat 22% dari periode yg sama setahun sebelumnya. (hore!!)
Tapi jangan gembira dulu; itu pengumuman tipuan!! Apa yg disebut pemerintah itu investasi terbesarnya berada pada sektor minyak bumi, gas dan mineral yg bernilai ekonomi tinggi. Kedaulatan energi yg pernah didengungkan Bung Karno kini hanya tinggal kenangan. 84% persen sektor migas Indonesia dikuasai korporasi asing. PT Chevron asal AS menjadi salah satu penguasa terbesar migas di Indonesia yg mengambil porsi 44%.

Selain Chevron, terdapat perusahaan asing yg ikut menikmati kekayaan alam Indonesia. Antara lain, Total E&P (10%), Conoco Phillips (8%), Medco Energy (6%), China National Offshore Oil Corporation (5%), China National Petroleum Corporations (2%), British Petroleum, Vico Indonesia, dan Kodeco Energy masing-masing satu persen. Sedangkan Pertamina, perusahaan BUMN hanya mendapatkan porsi 16%.

Apalagi pernyataan Menkeu Agus Marto yg pernah mengatakan bahwa kekayaan RI di awal kepemimpinan SBY hanya Rp 852 triliun, namun tahun 2012 ini tercatat mencapai Rp3023,44 triliun, meningkat 3,5 kali lipat, dan dg kekayaan bersih mencapai Rp1076,07 triliun. (Wuih!!)

Itu pernyataan dusta!! Kenapa begitu? Mari kita definisikan apa yg disebut kekayaan? Adam Smith dalam Wealth of Nation mendefinisikan sbg barang yg bernilai ekonomi, uang, real estate dan property pribadi, saham, obligasi. Kekayaan bersih adalah nilai aset dikurangi kewajiban dari seluruh ekonomi dalam suatu negara.

Maka jelas saudara-saudara, siapa sebenarnya yg menguasai kekayaan alam kita? Tambang emas 95% dikuasai Freeport dan Newmont; tambang mineral lain 75% dikuasai asing; batubara 75% dikuasai asing; Migas 84% dikuasai asing; perkebunan 75% dikuasai asing; perbankkan 60-70% dikuasai asing. (Dicky Zulkarnaen) sumber: kompas, monitorindonesia.com, rakyatmerdekaonline.

7 Responses to Siapa Pemilik dan yang Menguasai Kekayaan Alam Indonesia? Buka Mata!!! Inilah Perlunya Indonesia Bangkit!!

  1. Erna tw Erna says:

    Memang sangat memprihatinkan nasib negeri kita , sementara itu para pemimpin  kita dalam setiap pidatonya selalu bilang “demi kesejahteraan masyarakat” .Lantas yang menjadi pertanyaan kita ,masyarakat yang mana ?

  2. jika tinggal diam bisa bisa indonesia menjadi negara yang terjajah, atau menjadi tamu di negara sendiri

  3. edhy trisno says:

    master,… biar blog/web nya makin rame pengunjung, ikutan banner exchange aja. gratis traffic ke website/blog anda setiap hari dari segala arah secara otomatis. ayo join di :

    http://www.MitraBanner.com
    http://www.MitraBanner.com
    http://www.MitraBanner.com

  4. luckybafroh says:

    Reblogged this on luckywijaya09 and commented:
    Gila indonesia…

  5. Knek says:

    “bisa bisa kita di jajah asing” itu adalah kalimat sakti yg seolah2 menutupi kenyataan bahwa sesunguh’ya kita sedang dalam penjajahan.. Bukan cuma kekayaan alam yg di miliki asing malahan kita sendiri ibarat orang yg ngekos tingal di kampung orang.

  6. Ariezt says:

    untuk itu mari kita bersatu seluruh rakyat Indonesia khususnya para generasi bangsa untuk terus ingat kepada pesan bung karno agar kita selalu bernasionalisme tinggi dan apa yg menurut asing baik utk kita berarti itu buruk..

  7. Ariezt says:

    kita itu dibodohi oleh antek asing,boneka asing yg ada di istana kita,,,mereka itu siap melakukan apa saja buat asing
    dan bagiku,hnya satu msuh kita yaitu org kita sndri,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: