Seberapa Besarkah Alam Semesta? Mari Bertamasya ke Jagat Raya yang Tak Terbatas Ini untuk Mengetahui Fakta-fakta yang Maha Menakjubkan!!

Oleh Moeflich Hasbullah

*

Sebesar apakah alam semesta ini? Dimanakah batasnya? Mungkinkah kita mengetahuinya? Untuk mempelajari ini, marilah kita melakukan perjalanan di alam semesta untuk merenungkan besar dan agungnya kekuasaan Allah SWT. Data-data saya ambil dari sebuah video astronomi berjudul “How big the universe?”

________________________

a
• Marilah kita melakukan perjalanan di alam semesta dengan berangkat dari planet bumi tempat kita tinggal.
• Untuk memudahkan, marilah kita membuat asumsi bahwa perjalanan kita dimulai tgl. 1 Januari dengan kecepatan cahaya yaitu 186.000 mil/detik (=223.200 km/detik). Sebagai perbandingan, ukuran diameter planet bumi adalah 12.756 km. Jadi, satu detik kita melesat melakukan perjalanan sama dengan 17 lebih kita menembus bumi.
• Dalam waktu 8 menit 19 detik, perjalanan kita sudah melewati Planet Venus dengan jarak dari bumi 93.000.000 mil (111,6 juta km).

a

a
• Setelah 5 jam, 31 menit, perjalanan kita telah melewati Planet Pluto dan kedua bulannya. Jarak perjalanan kita dari bumi sudah mencapai 3,5 milyar mil (=4,2 milyar km) sudah keluar dari batas luar sistem tata surya kita. Dan, kita masih di tgl. 1 Januari atau belum satu hari (baru lima jam lebih).
• Kemudian perjalanan kita mulai menuju galaksi. Dibelakang kita, 9 planet dan matahari sudah hilang, sudah tidak kelihatan. Sama dengan setitik debu yang jauh dari mata kita. Sudah setitik debu jauh lagi, tidak mungkin kelihatan. Itu adalah matahari yang sangat panas dan sangat besar di tata surya.

a

a
•    Akhirnya setelah 5 tahun perjalanan kita di alam semesta (sekali lagi dengan kecepatan cahaya 223.200 km/detik. Bayangkan, 5 tahun. 1 detik saja kita sudah melewati jarak 223.200 km, ini 5 tahun), pada 19 April, barulah kita bisa melihat bintang Alpha Centauri, bintang terdekat dengan tata surya kita. Dan jarak yang sudah kita tempuh adalah 25 trilliun mil (30 triliun km). Dan sekarang, perjalanan kita yang sangat, sangat dan sangat jauh baru akan kita mulai. Ya, BARU AKAN KITA MULAI…  Allaahu Akbar…..!!!!

a

a

•    Pada jarak 10 tahun cahaya dari matahari kita, sangat jauh sekali di alam semesta, satu persatu bintang-bintang yang membentuk galaksi kita bisa kita lewati.
•    Pada jarak 100 tahun cahaya (=500 triliun mil=600 triliun km), bahan-bahan gas dan nabula dari ujung-ujung galaksi Milky Way mulai nampak dalam pandangan kita.

a

a

•    Setelah 1.000 tahun cahaya, ekor-ekor galaksi dan bentuk disketnya mulai kelihatan.
•    Baru setelah perjalanan kita menembus 100.000 tahun cahaya, bentuk spiral dari galaksi Milky Way bisa kelihatan seluruhnya.
•    Bila perjalanan diteruskan lebih jauh lagi, yang kita lihat kemudian bukan lagi individu-individu bintang atau bintang satu persatu, tapi sudah gugusan-gugusan galaksi lain di alam semesta selain galaksi Milky Way, galaksi kita.

a

a
•    Jika kita tambahkan 22 angka nol di belakang angka 10 yaitu 100.000.000.000.000.000.000.000 (100 milyar triliun) tahun cahaya, baru kita bisa melihat banyaknya galaksi di alam semesta. Lain kata, mata kita hanya baru bisa melihat ternyata banyak galaksi lain di alam semesta, bila kita berada dalam jarak 100 milyar triliun dari matahari.
•    Setelah 5 juta tahun cahaya, nampaklah ternyata bahwa galaksi Milky Way kita hanyalah salah satu dari 30 galaksi yang membentuk satu gugusan galaksi yang lebih besar. Lain kata, galaksi kita yang luasnya sudah tidak terjangkau oleh fikiran dan imajinasi kita, hanyalah salah satu dari 30 galaksi yang berkumpul. Ini dikenal baru sebagai kumpulan gugusan galaksi lokal. Ingat, baru LOKAL di alam semesta!!

a

a
•    Dari jarak 50 juta tahun cahaya, kita memasuki sebuah cluster maha raksasa yang terdiri dari 2.000 gugusan galaksi. Perjalanan ini berarti kita memasuki lebih dalam dari kosmos.
•    Akhirnya, setelah 10 milyar tahun cahaya, pandangan teoritis tentang alam semesta harus dihentikan!!! Lain kata, pandangan teori tidak mampu lagi menjangkau luasnya alam semesta. Miliaran galaksi yang tak terhingga dan tak terjangkau teori itu, atau sudah tak mungkin angka bisa menyebutnya, ternyata hanyalah sebuah titik di alam semesta. Baru sebuah titik!! ALLAAHU AKBAR ….

a

a
•  Cara termudah membayangkan besarnya alam semesta adalah bila kita sedang menyapu rumah di pagi atau sore hari, jutaan debu yang sangat kecil tampak berterbangan melayang-layang di depan mata kita. Akan lebih jelas bila terkena sinar matahari yang masuk ke rumah. Diilustrasikan sebagai alam semesta, salah satu titik debu yang melayang di depan mata kita itu, adalah sebuah kumpulan galaksi maha raksasa yang isinya miliaran galaksi, triliunan bintang dan planet. Terbayangkah besarnya? Di ruang alam semesta, jangankan matahari dan bumi, tata surya kita saja, tidak mungkin terlihat. Artinya, tata surya yang sangat besar itu, tak ada artinya di alam semesta. Diibaratkan debu rumah, besarnya tata surya kita (ingat bukan matahari apalagi bumi) hanyalah sepersejuta debu yang melayang-layang dan tak terlihat itu.

•  Terbayangkah? Itu semua baru makhluk-Nya. Nah, sekarang bayangkan penciptanya. Bayangkanlah pencipta ketakterhinggaan itu. Pasti tidak terbayang karena jangankan penciptanya, alam semesta saja sebagai makhluk-Nya sudah tidak terjangkau fikiran manusia. Perjalanan kita di alam semesta harus berakhir di keterbatasan ilmu pengetahuan. “Tafakkaru fi khalqillah, wa la tatafakkaru fi dzatillah!” Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an: “Fikirkanlah (renungkanlah) makhluk Allah (ciptaan-Nya), dan janganlah memikirkan dzat Allah!” Memikirkan makhluk-Nya saja, manusia tidak akan sanggup, apalagi penciptanya. Itulah sebab logisnya, memikirkan Tuhan dilarang karena tidak mungkin. Otak, fikiran dan “kecerdasan” pengetahuan manusia terlalu lemah.

Lalu, pantaskah kita yang sangat tak berarti ini, bersikap sombong dihadapan-Nya dengan tak mau taat atas perintah-Nya? Merasa hebat, pintar dan kuat? Pantaslah, Allah sangat benci pada manusia yang sombong menolak perintah dan aturan-Nya karena memang sangat tidak tahu diri, sangat tidak menyadari keadaannya di alam semesta, sangat tidak menyadari kelemahan dan ketakberartiannya. Pantaslah pula, bahwa kesombongan hanya milik Allah. Sombong adalah jubahnya Allah dan yang siapa mencoba-coba memakai jubah-Nya akan disiksa dengan segala kemurkaan-Nya.

Memikirkan keagungan alam semesta dan menemukan rahasianya adalah wajib bagi manusia sebagai sarana untuk terus-menerus merenung agar bisa merasakan keberadaan Tuhan. Tuhan itu untuk diimani dan disembah dengan segala perasaan ketakberartian kita. Itulah agama!! Wallahu a’lam.[]

About these ads

37 Responses to Seberapa Besarkah Alam Semesta? Mari Bertamasya ke Jagat Raya yang Tak Terbatas Ini untuk Mengetahui Fakta-fakta yang Maha Menakjubkan!!

  1. odick says:

    Sebuah artikel pencerah yang sangat2 rasional dan patut dibaca bagi kalangan yang selama ini menganut aliran teoritis…..Allahuakbar

  2. arogan leader says:

    siap by jaksa agung muda pidana perdata

  3. zusman says:

    ma’ap mr.. ane mau comment dikit..kata Allah SWT dalam Al-Qur’an: “Fikirkanlah makhluk Allah (ciptaan-Nya), dan janganlah memikirkan dzat Allah!” ..Allah itu berfirman bukan berkata…!!!

  4. ikanasins says:

    Subhanallah, Maha Suci Allah dengan segala Ciptaanya dan mega konstruksinya yang maha dasyat,
    boleh kita berfikir teoritis tapi tanpa mengesampingkan ajaran Agama..
    izin mengutip artikel diatas ya..

    Syukron,
    thanks

  5. Saint Arius says:

    MAHA BESAR ALLAH ATAS CIPTAANNYA,…kecil sekali kita dlm lingkup JAGAD RAYA,..

  6. dzulkarnainimran says:

    Maha Perkasa Allah….makhluknya saja sudah tidak terpikirkan oleh manusia…..Allahuakbar…..

  7. Maulana says:

    ayo siapa lagi yg amu membantah kekuasaan dan keagungan Alloh SWT ???????????

  8. najibwidodo says:

    ALLOHU AKBAR!!!

  9. bagzbanna says:

    tuh kan…. wahai nonmuslim dan muslim ktp……. sadarkah antum semua???????

  10. Lala says:

    Allahuakbar sungguh tidak terbayangkan apabila kita menjelajahinya kita sudah punya ratusan cicit di bumi

    Subhanallah…

    Ini adalah blog yg patut di like bagi seluruh agama di dunia agar mereka yakin bahwa allah itu ada
    Dan meyakinkan mereka bahwa islam adalah agama yg plg sempurna

  11. joewono says:

    Allahu Akbar ………………………………….Tuhan Maha Besar ……..

  12. rangga says:

    Allahu Akbar..Allah Maha Besar…

  13. Ahmad sodikin says:

    Saya jadi teringat apa yg dikatakan nurkholis majid (cak nur) Tuhan tidak untuk diketahui hakikatnya, tapi untuk di temukan. Pertemuan dengan Tuhan itulah puncak kebahagiaan sekaligus akhir dari perjalan ruhani.. Surat naon etateh kang? Rumaos hilap dei.. Hehehe

  14. eddie purnama says:

    blog yg sangat bemutu…

  15. fitri says:

    Allahu Akbar Maha Besar Engkau Ya Allah,,

  16. Gus Manz says:

    Ilustrasi, atau penampakan gambar di atas adalah informasi dari masa lalu. Pada saat sekarang, secara bersamaan sudah berubah sama sekali.

  17. stevan says:

    Terpujilah ALLAH dari selama-lamanya sampai selama-lamanya. Amin

  18. Sekhan As says:

    Subhanallah, Allahuakbar bagi manusia yang berakal pasti dapat mengambil pelajarannya.

  19. iwan says:

    Surah 67 . Al Mulk
    Subhanallah…

  20. Motorseo says:

    Hal terindah yang saya temukan hari ini, ijin share sobat…

  21. agus says:

    share ya kang….

  22. Azhari says:

    Ya Allah ampunilah segala dosa hambamu ini, ampunilah segala kesombongan yang sangat tidak pantas untuk dilakukan dihadapan kekuasaan Mu.

  23. sunadi says:

    Maha Suci Allah dengan Segala Kemuliaan-Nya….

  24. hilman says:

    SUBHAANALLOOH.. ALLOOHUAKBAR…. suuuuuuunggguhhhhh begitu dahsyat KEBESARAN & KEAGUNGAN-MU YAA ALLOH.. Tak pantas setitik pun diriku untuk menyombongkan diri di dlm Kekuasaanmu yg Maha besar ini.. dgn membangkang atas perintah-MU..tak pasta sungguh tak pantas.. Ya Alloh anugrahilah aku rasa CINTA kpd-Mu sebesar gunung yaa Rob..aku mohooonn dngan sangat yaa Allooh..

    trimakasih banyak bwat saudaraku yg telah mmbwat blog ini.. sungguh tlah membuwatku tersadar mmbacanya.. semoga diterima amal baiknya & di ampuni sgla dosanya.. :-)

  25. hilman says:

    boleh yah aku copas image & tulisaannya. ? :-)

  26. Subhanalloh, kalau bisa gamparnya di kasih coretan/keterangan misal digaris ini bumi, matahari, bimasakti dll, untuk memudahkan bagi yang baru tahu :)

  27. chandra says:

    luar biasa….penjelasan anda ttg luasnya alam semesta yg sangat mencerahkan…begitu mudah untuk dicerna akal saya…tks utk pencerahannya..

  28. MARJUKI says:

    Ya Allah..datangkanlah hidayahmu kepada setiap yang merenungkan kemaha dasyatnya ciptaanmu..Amin YA robbal alamin.
    Orang yahudi memang ahlinya neraka yang sangat abadi.. Naudzubillah sumanaudzubilah..

  29. kholis says:

    allahu akbar

  30. A. Solihudin says:

    Allahu Akbar

  31. wahyu says:

    subahaanalloh..Engkau Maha Agung ya Alloh.dengan segala kebesaran dan kekuasaanMu. terima kasih sobat atas pencerahanya.semoga banyak membawa manfaat buat yg baca.

  32. dwiherususilo7@gmail.com says:

    Tidak ada satu makluk cipa’an y yg mengetahui batas dan besar y Alam semesta kecuali seijin ALLAH SWT.

  33. risang dj says:

    sangat sangat menyentuh kalbu…..ijin share mas…..

  34. risang dj says:

    Yuk kita belajar mengenal kebesaran Alloh swt…..dg memahami begitu besar alam raya ciptaanNYA…….ALLOHU AKBAR….

  35. Abd ghofur says:

    Allahuakbar…sungguh pembahasan yg sngat masuk akal

  36. alfatayakub says:

    Aku tidak dapat berkata apa apa, tidak dapat membayangkan betapa besarnya alam semesta ini itu baru yang dapat diketahui oleh imuan dan yang lebih banyak lagi mungkin tidak akan terungkapkan, Allahuakbar Maha luas alam raya ini itu baru melihat luarnya dan ada pa di dalamnya, hanya Allah yang Maha mengetahuinya oleh karena itu pujalah Allah karena hanya Dia yang wajib dipuja bukan yang lain.

  37. osly rachman says:

    Akhirnya, setelah perjalanan 10 milyar tahun cahaya, itu hanya baru sebagian alam semesta….. ALLAAAAH AKBAR…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 658 other followers

%d bloggers like this: