Guestroom

Dear guest,

kang-moef.jpg

If you don’t post some comments, please kindly leave your message in this page. I’ll appreciate it so much. Thanks.

Ayyuhanâs, idzâ lâ taktubu maqâluka fî kulli nuqthah, tafadhdhal uktub fî hâdzihi shafhah. Syukran jazîlan, ma’a salâmah!

Für Sie, der Besucher und der Leser, die nicht in veröffentlicht und kommentiert Eintrag-Eintrag verfügbar ist, wurde eingeladen, um ihm auf dieser Seite. Zur Stärkung der Anleihen und erweitern die Freundschaft.

Kanggo para tamu anu dipihormat, bilih teu ngeusi komentar dina posting-posting anu aya, sumangga nyerat komentar dina halaman ieu. Hatur nuhun pisan kana perhatosanana.

Kangge sadere ing kang mulyo, sing mboten ngisi posting-posting, monggo panjenengan ngisi komentar wonten halaman niki. Matur nuwun.

Hayyaa… buat pala pembaca yang telholmat, yang tidak mengisi komental-komental dalam posting-posting, owe pelsilahkan ngisi di halaman ini. Hayyaa.. kamsiah…

Buat puan-puan dan ncik-ncik, yang tidek berkenan mengisi daripadenye cakap-cakap yang ade, diperslilahken mengisinye di halaman ini. Terima kasih.

Buat Anda, pengunjung dan pembaca, yang tidak memposting komentar di entri-entri yang ada, dipersilahkan mengisinya di halaman ini. Untuk bersilaturahmi dan meluaskan persaudaraan.

Terima kasih,

Salam,
Kang Moef

162 thoughts on “Guestroom

  1. ria

    Assalamu’alaikum Kang,

    Lami teu tepang….terang – terang tos “ageung” sagala rupina
    Terfikir untuk mencari Kak Moeflich teh, pada saat membaca spanduk yang bertuliskan “Khatib : Drs. Moeflich Hasbullah” (punten bilih lepat nyerat namina)
    Kumaha sareng kamana wae ya Akang ini teh?
    atanapi panginten abdina we anu “Kuper” dengan informasi tentang Profil (Kak) Moeflich tea.
    Baru terfikir hari ini untuk membuka web “Moeflich”….. dan ketemu dengan kesimpulan “PANGLING”
    Emut keneh ka abdi Kang…? Ria tea …

    Emut atuh, salam sono ka sadayana alumni Muhajirin.

  2. mia

    Assalammu’alikum Wr. Wb.
    Wah asik juga ya blognya, kalo pikiran sedang jenuh, oke nih mampir kesini buat baca-baca sekaligus nambah ilmu.
    Siipp deh Pak.

  3. Thanks Mia. Salam buat temen-temen yang masih di DBE Semarang. Benar, hidup ini mesti ada keseimbangan. Kerja terus2an, waktu habis hanya diisi oleh kegiatan cari duit, duit dan duit, akan menyebabkan ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan adalah sumber segala penyakit. Salam.

  4. TKI di Jiran

    Time flies, cek urang Canberra mah. Da kitu… teu karaos da ..mejeng di Floriade teh kajadian abad heubelnya….tapi … alhamdulillah….waktos oge nu ngolah nu karasep janten tokoh nu ajakanna ngaguruh ka mana-mana…wilujeung!

    Salam ti nagari Jiran.

  5. minta maaf.
    mahasiswa TH keluar 97, sempat berguru sama kang muflich. saya juga teman ade-nya kang muflih yanti nurwasliah. mo tanya, punya nomer yang bisa dihubungi. tolong email ke saya. terima kasih.

  6. Aduh lupa lagi nih… maafnya sdh habis… Berguru? Waduh, saya serasa orang hebat nih. Maksudnya nomor siapa yang bisa dihubungi? Kalo adik saya sendiri, Yanti sekarang lagi Belanda sama suaminya. Makasih ya kontaknya …

  7. Nepangkeun kang, sim kuring igun, lamun di kaskus mah nickna akang98. Blog yang inovatif, makanya saya link blognya di kaskus sebagai apresiasi saya buat kang Moef, biar orang bisa baca dan ngerasain perasaan seperti perasaan setelah saya membaca tulisan ONLY IN INDONESIA…. HIDUP INDONESIA. Tulisan yang bagus, sayang kalo tidak disebarluaskan.
    ternyata kan benar dugaan saya.. responnya bagus.. mengingatkan kita akan jati diri kita.
    ~sakalian ngabantu naekeun trafik blog na lah hehehehe~

    Sudah lama tidak baca tulisan-tulisan khas pikiran rakyat.. maklum lah lagi di rantau,…

    baktos… @kang igun

    tongkrongan saya selain di kaskus, di http://www.igun.web.id, silakan mampir, ada YM nya juga, bisa di add 🙂

    moeflich:
    Nuhun pisan. Iya, tanggapan terhadap posting “Only in Indonesia” itu luar biasa. Banyak sekali dan sangat simpatik. Rata-rata berkomentar posting itu sangat kreatif!!

  8. goede middag,
    asslamualaikum wr. wb
    Kang damang?

    salam sejahtera buat Kang Moeflich aja deh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    beter staande stierven dan knielen leven

    moeflich:
    Wah ada yang sukses ke Belanda nih. Kemarin adik saya baru pulang dari Wageningan, Belanda.

  9. Waduh….ternyata…si akang teh penulis…..duh….senengnya….! Salam aja deh dri fenny di samarinda….!!!! Btw, urang sunda asli Kang???
    kebetulan sya mah penggemar etnis yg kerap tarik urat leher….klo lagi ngomong….tapi saya mah suka banget! Ajarin ya kang!

    moeflich:
    Makasih Fenny. Ajarin apa? Wah harus private dong!! hehe …
    Salam kembali.

  10. Adi

    salam baktos kang ti abdi,
    mani resep pisan buka blog kang Moeflich teh..

    abdi Adi asli ti tatar kuningan, damel di jakarta

    saam kenal kang…

    moeflich:
    Nuhun ari resep mah. Langkung ti eta, ieu blog mudah-mudahan seueur mangpaatna nu karaos ku nu macana sahingga janten ibadah ka sim kuringna, Nuhun kasep. Sing rajin ibadahnanya, sing rajin kerjana, sing majeng sangkan janten jalmi suskes. Amin.

  11. Muhammad Surya Ikhsanudin

    Assalamu’alaikum…………..Salam kenal aja kang, Abi surya mampir nyak!!!!! ke blog abi

  12. luthfa s

    bapak,,
    thanx yah, saya lagi nyari foto orang cacat yang subhanallah, sungguh luar biasa.

    ada foto yang dipostkan tanggal 25 agustus 2008, yang orang laki-laki cacat tapi tetap bisa ngesol,,

    saya mau minta informasinya, nama orang itu siapa,, sebab saya harus memenuhi tugas kuliah saya,,

    tolong dibalas segera ya bapak,, terima kasih, saya tunggu emailnya..

  13. Banyak yang nanya ttg foto itu. Pihak RCTI juga pernah telpon saya menanyakan foto itu untuk sebuah acaranya. Foto itu di Cina, nama orangnya dan kotanya saya tidak tahu. Begitu ya Luthfa.

  14. yeni

    kakara terang aya blog ieu? ti iraha launchingna? salam ka Sam sareng Fia ti Izzan sareng Javier.Sam liburan ka nenek gak?

  15. Damang bageur?? Alhamdulillah… Nuhun pisan Kang Dedi. Sangat menggetarkan perasaan. Akan saya share buat para tamu saya di rumah ini. Tapi eta, Rosulullah SWT?? (Subhana wa Ta’ala). Rosulullah SAW meureun? Hilapnya …

  16. Dedi Adhuri

    Wah sorry, excited mau kirm link itu jadi salah tulis mestinya SAW jadi SWT…salam.

  17. adang tea

    sakantenan salam baktosna ka neng ria BPKP, kumaha kabarna, masih emut sareng kang adang henteu kituh?

  18. Tos ditaroskeun, teu emutnya cenah ka Kang Adang mah. Da ti kapungkur ge teu aya perasaan, biasa-biasa, teu siga ka sim kuring…

  19. MOHAMED BOKRETA

    ASSALAM ALYKOUM
    MY DEAR BROTHER MOEFLICH

    Please accept my deep gratitude to this well designed web site believe me it an impressive one only one thing it is a pity it does not have a foreign language such as ARABIC or ENGLISH for us who do not know INDONESIAN otherwise it is aperfect one !!!

    MAY ALLAH GUIDE YOU AND ALL THE VERY BEST
    SYED MOHAMED BOKRETA FROM ALGIERS

    moeflich:
    Dear brother Mohamed Bokreta,

    Thanks for your credit and appreciation. Many have said this is a pretty and inspiring website. What a piety, I can’t read let alone write Arabic well. Only Al-Qur’an I do. I had been grown up in public school milieu, not Islamic one, so I’ve never had a good opportunity to learn Arabic seriously. On English, I have no time to translate these all since I focus my website to Indonesian readers. More than 200 million Muslims living here in my country.

    May Allah bless us all.

  20. adang tea

    Iraha nulis buku deui? kirim-kirim bukuna. Saya seneng ternyata kamu tidak berubah masih suka humor n nyeleneh. teruss maju

  21. Ass.wr.wb

    Kang Muflich makasih atas info yang luar biasa menarik ini,Insya Allah menambah keimanan saya kepada Nabi-nabi Allah dan menambah wawasan saya

    Sekaligus saya minta maaf dan mohon izin karena saya mengcopas foto2 yang ada di blog ini untuk koleksi pribadi saya dan menshared foto2 ini kepada pembaca situs saya yang insya Allah dapat menambah kekaguman dan kecintaan mereka kepada Nabi-nabi Allah.

    Tidak lupa saya juga membuat link langsung ke blog kang muflich agar pengunjung situs saya dapat mengetahui darimana asal foto2 tersebut.

    Mohon di cek link blog ini pada situs saya di http://cdgratisan.webs.com, mohon maaf kalau ada kesalahan

    Semoga dengan setitik ilmu yang kita berikan kepada umat dapat menambah pahala dan menolong kita di akhirat nantinya

    Salam kenal

    Haris.M.S.kom

    Wass

  22. N thea

    Assalamualaikum wr.wb
    Moeflich-Sensei, Genki desuka???
    Sensei, makasih buat masukan sensei waktu dikelas. Trus bwt website ini betul2
    “WAAAAW!!!!KAKOI!!!”
    betul2 menambah pengetahuan saya..apalagi ditambah puisi2 n tentu z humor2 si kabayannya…
    Sensei, curhat dikit boleh kan????
    Jdi gni..Saya sebenarnya ingin menjadi seorang penulis, hanya saya kurang PeDe. Soalnya saya lebih tertarik membuat cerita-cerita fiksi saja. Jujur saja saya sangat takut dibilang kekanak-kanakan atau terlalu banyak mengkhayal…
    Bgmn mnrt anda, sensei???

    Wassalamualaikum wr.wb

  23. melicha

    Aslmikum…….
    slm knl nich nmelicha di Bali…
    Mkc yach info2nya….
    lo blh update lg donk yang terbaru-terbaru……..
    Tx..

  24. Ass Wr Wb
    saya ngak sengaja buka blog nya nich, dan saya tertarik dengan isinya yang bagus dan bernilai. Semoga dapat dijadikan bahan perenungan. Amiin

  25. raya

    terima kasih, saya sangat tersentuh dgn cerita nabi muhammasd dengan pengemis buta, dan saya mengcopyny untuk note fb saya, saya harap bapa’ tidak kebratan..

    terima kasih banyak, smoga rahmat AllaH beserta bapa dan keluarga…

  26. ABDUL AZIZ

    Assalamu’alaikum,

    Sekitar 20 tahun lalu saya sering baca tulisan-tulisan menarik di harian Gala ( pada waktu itu tidak seperti Gala sekarang)dengan nama penulis Muflichart. Kalau tak salah itu nama Bapak kan.Maaf kalau saya salah. Tulisannya bagus-bagus.Klipingnya juga masih ada.

    Saya baru belajar menulis, walau jauh lebih tua dari Bapak. Saya bisa belajar banyak dari blog ini. Baru sebulan lalu saya juga bikin blog. Kalau ada waktu mampirlah ke blog saya.

    Terima kasih

    Salam dari Cianjur,
    abdaz

  27. Wa’alaikum Salam!
    Salam hangat dan terima kasih untuk Pak Abdaz. Saya tidak menyangka ada orang yang memberi perhatian mendalam pada tulisan2 saya. Betul Pak, itu saya waktu awal-awal kuliah S1. Selamat untuk blognya, nanti saya lihat-lihat. Hatur nuhun, wilujeng sukses. Mudah2an urang tiasa nyambung silaturahmi. Salam!

  28. mila aulia smith

    I really admire you
    sangat memotivasi ku,..
    di tunggu tulisa2 yg laiinya ya..

  29. Pingback: https://moeflich.wordpress.com/2008/01/26/foto-foto-eksklusif-peninggalan-nabi-muhammad-saw/ « Masipoenk's Blog

  30. yayan

    Terima kasih mas, banyak ilmu yang bisa kami ambil dari artikel yang ada disini,mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT……Amien

  31. Hawa

    ASsalamualaikum…..
    Saya dari malaysia. saya ingin berterima kasih kepada anda yang telah memberikan saya lebih pengetahuan kepada kekasih Allah, yakni Muhammad SAW. saya harap, informasinya diperlebihkan lagi agar saya bisa mendapat lebih ilmu lagi dan dapat mengubat sedikit rasa rindu saya kepada Rasulullah….Wassalam.

  32. 3uMTFN Excellent article, I will take note. Many thanks for the story!

    moeflich:
    Which one do you mean excellent?

  33. Subhanallah…
    subhanallah…
    subhanallag…

    Ulasan yang bagus, tulisan yang menarik, sangat bermanfaat bagi saya, disela keseharian, saya sempatkan untuk membaca blog ini.

    salam kenal laksamana_bentan.

  34. MOHAMED BOKRETA

    ASSALAM ALAYKOUM
    MY DEAR BROTHER MOEFLICH
    YOUR WEB SITE IS JUST EXCELLENT BUT IT IS A PITY IT DOES NOT HAVE AN ENGLISH LANGUAGE SECTION FOR THOSE WHO DO NOT SPEAK INDONESIAN-

    MY BEST WISHES AND MAY ALLAH THE ALMUGHTY BLESS YOU
    FROM ALGERIA
    A VERY CLOSE BROTHER TO YOU
    MOHAMED

  35. Nanda

    Assalamualaikum, kang Moeflich..

    Seneng bgt deh bs mampir di Blog ini.
    Klo lg senggang dkantor lsg aq bka blog ini, bs nambah ilmu n bs share sm tmn2 dFB. Thx yua kang.. ^__^

    Nanda_Kalibata

  36. Rina Widianti

    Assalamu’alaikum Bang,
    Terima kasih ya buat info yg bermanfaat ini.
    Semoga menjadi pahala jihad yg berlimpah ya…
    Salam Kenal ya.

  37. wah makasih banyak ya bang anna jadi banyak belajar nih . apakah besok kalo anna mati seperti nabi, semoa barang anna dikenang orang banyak ,wah barang anna pasti anna lelang dirumah lelang inggris and uangnya anna bakal sumbangin ke orang kecil indonesia yang kelaparan kagak nunggu pemerintah lagi yang sibuk cari selamat diri dari tuduhan korupsi hehe….hehe i am sorry it’s just jokes ok

  38. banyak yg saya dapat dari sini.
    blog ini baik sekali untuk diikuti.
    kapan2, rasanya ingin menulis buku tentang tentang sejarah nabi yang gambar2nya juga mengambil dari sini
    atau dari link yang ada.

    untuk gambar2 itu, saya lom dapatkan link-nya. kalau bisa agar tiap gambar atau di bawah setiap postingan ada link nya. makasih..

    salam,

    ys.

  39. Great post, Just wanted to add that i am not able to connect to your rss feed, you might want install certain wordpress plugin for that to workthat.

  40. this article is exactly what i’ve been looking for! found this page bookmarked from a friend of mine. I’ll also share it. thanks!

    Moeflich:
    Which article do you mean?

  41. Bapak Moeflich Hasbullah yb,

    Salam Kenal,

    Barusan saya membaca karya tulisan Bapak, berjudul: “Korupsi: Kelemahan Jiwa”, dan saya terkesan baik membaca karya tulisan anda. Untuk itu saya mohon ijin, diperkenan mensosialisasikannya ke milis sastra pembebasan.

    Terimakasih atas budibaiknya,

    Wass.
    MiRa – Amsterdam

    Moeflich:
    My pleassure Mira. Please … Hope it is useful!!

  42. I will be adding your site to the blogroll on my info web site as I believe that my website followers would love to read your article 😉

  43. Hey man, was just looking through the internet looking for some information and came across your blog. I am impressed by the info that you have on this blogsite. It shows how well you understand this subject. Bookmarked this page, will come back for more.

  44. contributed to the topics remarkable I really . you all do an awesome begin to tell you how much I, for one appreciate all you do!

  45. hady rahmaty

    Salam. I’m from Iran and became very happy after i saw pictures of muslems in your website of your country

  46. I am still learning from you, as I am developing me personally. I certainly enjoy reading all which is posted on your web page.Continue to keep the advice coming. I love it

  47. I thought it was heading to become some dull previous post, however it genuinely compensated for my time. I’ll submit a hyperlink to this web page on my weblog. I am sure my visitors will find that incredibly useful.

  48. Denis Diderot~ What has not been examined impartially has not been well examined. Skepticism is therefore the first step toward truth.

  49. Hrmm that was weird, my comment got eaten. Anyway I wanted to say that it’s nice to know that someone else also mentioned this as I had trouble finding the same info elsewhere. This was the first place that told me the answer. Thanks. It allows for the guests to put some thought and creativity into their gifts and do something beyond what the bride may have registered for at a particular store.

  50. Civilization advances by extending the number of important operations which we can perform without thinking of them. – Alfred North Whitehead

  51. aristo oesman

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Perkenankan saya mengenalkan diri sebagai Aristo Oesman. Terus terang saya baru bergabung dengan komunitas Inspirasi yang anda kelola. Saya seorang ‘pengangguran’ setelah ‘diberhentikan atas permintaan perusahaan’ dengan alasan rasionalisasi. Saya terpaksa menerima, karena juga sudah tidak sejalan dengan kebijakan pimpinan baru tempat saya bekerja. Kini di saat banyak waktu luang, saya manfaatkan untuk sering membuka situs di internet. Sebenarnya, saya pun tidak pernah belajar secara khusus tentang komputer dan internet. Jadi berbagai istilah yang sering tertulis rekan-rekan menyangkut blog, posting .. dsb sebenarnya tidak mafhum. Saya akui kegaptekan saya, namun bukan itu yang ingin saya sampaikan kepada bung Moeflich. Saya ingin saran dan pendapat anda, apa yang sebaiknya saya lakukan saat di mana suasana hati sedang kalut. Terkadang di saat shalat sering tidak konsentrasi. Bahkan sering lupa hitungan rakaat. Jadi saya ingin bertanya: 1. Bagaimana hukum shalat jika lupa hitungan rakaatnya.2. Pada hari Jumaat dalam suatu perjalanan, mana sebaiknya sempatkan shalat jumat atau tetap meneruskan perjalanan dengan melakukan shalat jamak? Kalau ikut shalat jumat, apa bisa langsung lakukan shalat ashar (jamak taqdiem). 3. Apa yang sebaiknya orangtua lakukan menghadapi anak yang sudah berkeluarga, namun meninggalkan tanggungjawab terhadap anaknya. 4. Apakah anak tersebut tetap menjadi tanggung jawab kakek dan neneknya? 5. Terkadang saya berkhayal untuk lari untuk bisa tetirah di sebuah pesantren mendalami ilmu agama secara lebih sungguh-sungguh.Namun tiada daya untuk itu, sebaiknya apa yang harus saya lakukan agar keinginan tersebut terwujud..? Sebenarnya masih banyak pertanyaan, namun untuk sementara saya cukupkan. Tiada kata selain ucapan banyak terima kasih jika Bung Moeflich bersedia menjawab. Wassalam Wr. Wb.

  52. Pak Aristo yang baik,

    Saya ini bukan ustadz, walaupun suka mengisi pengajian tapi tidak merasa ustadz, makanya mendapatkan sederetan pertanyaan itu saya agak kaget. Tapi baiklah, saya jawab setahu saya ya.

    Metode utama meningkatkan konsentrasi shalat adalah mengetahui semua arti bacaan shalat. Jadi bisa menghayati makna setiap apa yang kita baca dihadapan Allah SWT. Bacaan shalat sebenarnya tidak banyak karena hanya pengulangan setiap rakaatnya.

    (1) Lupa hitungan rakaat itu biasa. Semua orang mengalaminya. Hukumnya tidak batal, yg penting hilangkan keraguan. Kalau merasa kurang rakaat saat sudah salam, tambah saja yg kurangnya tersebut.
    (2) Tergantung urusannya. Kalau sangat penting sehingga akan menimbulkan kerugian besar atau bahaya, bisa dteruskan perjalanan dan ganti dgn shalat dzuhur (bisa dijamak takhir dengan ashar). Atau jama taqdim, setelah shalat jum’at sambung dgn shalat ashar. Dalam hadist dijelaskan, kita tidak boleh meninggalkan shalat jum’at 3 kali berturut2 tanpa alasan.
    (3) Anaknya ya ditegur atau diingatkan utk bertanggung jawab pada keluarganya. Tidak mengurusnya dengan sengaja ya berdosa.
    (4) Kalau soal tanggung jawab ya tetap ibu-bapaknya. Soal kakek nenek menolong cucunya, itu kebaikan saja asal ikhlas. Selama anaknya blm mampu mengurus, itu menjadi ibadah kakek neneknya, tapi kalau ortunya sudah mampu ya kembalikan saja, kecuali kakek neneknya yg ingin mengurusnya.
    (5) Itu bukan berkhayal Pak, tapi niat baik. Kalau usia Pak Aristo sudah masuk ke 50 tahun, niat itu mulia sekali, bagus. Seharusnya, di usia 50 tahun ke atas, seorang Muslim sudah tidak lagi mengurus urusan dunia. Urusan dunia serahkan saja pada anak-anaknya. Orang tua sudah waktunya istirahat dan mempersiapkan kehidupan akhirat yg panjang dan abadi. Terus sibuk mengurus urusan dunia tak ada ujung dan puasnya. Itu secara agama. Kalau pertimbangannya bukan agama lain lagi urusannya. Tinggal menguatkan niat saja supaya terwujud.

    Untuk menguatkan kesadaran Bapak dan mendapat nasehat-nasehat agama yang sejuk dan kena, telpon saja kesini 085624418875. Silaturahim dan minta nasehatnya. Bilang saja, diberitahu Kang Muflich. Insya Allah Bapak akan betah mendengar petuah-petuahnya. Sebelum bapak menelponnya, saya akan beritahu ttg Bapak. No saya, 08562051200.

    Terima kasih,
    Salam hangat
    Semoga Pak Aris menemukan hidayah Allah SWT. Amin.

  53. aristo oesman

    Alhamdulillah wa syukurillah, jawaban anda lebih membuka mata hati dan makin menambah pencerahan. Maaf jika salah anggap. Ustadz atau bukan, bagi saya jika apa yang disampaikan logis dan bisa meyakinkan maka siapa pun saya terima. Terima kasih banyak, dan saya akan berupaya untuk mengamalkan saran dan pendapat termasuk menghubungi nomor telepon dimaksud. Mungkin untuk komunikasi tidak saya lakukan dalam waktu dekat. Saat ini memang ada problem lain yang harus saya hadapi. Terkadang malah saya agak naif, berpikir kapan tugas dunia ini berakhir. Namun jika kemudian mengingat suasana ibadah dan doa mereka yang ada Masjidil Harram dan hadapan Kabah, saya langsung merasa berdosa. Untuk urusan yang terakhir itu mungkin saya sampaikan tidak secara terbuka. Insya Allah saya harus mengupayakan sendiri dahulu. Salam hangat kembali dan sekali lagi banyak terima kasih. Allah SWT senantiasa akan memberi petunjuk yang benar kepada setiap umatnya. Amien…

  54. black lotuz

    sae pisan eusina eung…
    punten pami tiasa mah bahas atuh al – qur’an
    my name is black lotuz

  55. aris ortega

    untuk black lotuz (kayaknya serem ya namanya?) salam kenal dan terima kasih atas komentarnya. saya bukan orang sunda, tapi agak ngerti yang anda sampaikan. munkin bisa berkomunikasi tentang berbagai hal karena saya merasa masih kekurangan ilmu dan pengetahuan khususnya tentang agama.untuk hal yang lebih privasi mungkin bisa melalui dindidng facebook…atas nama achmad ristanto. asslamu’alaikum wr.wb.

  56. husen

    assalammualaikum… salam kenal
    trimakasih… atas ilmu yang dibagikan sangat bermanfaat buat saya….smoga slalu diberi kekuatan dan berkah untuk trus slalu berbagi …amin
    husen… kalabahi alor ntt

  57. aris ortega

    wa’alaikum sallam bung husen, maaf baru sempat buka blog setelah lebih tiga bulan disibukkan urusan dunia. Salam kenal kembali, dan doa serta harapan anda, semoga juga bagi kita semua. amin. Di bulan ramadhan ini semoga Allah SWT senantiasa memberi berkah dan maghfirrah serta mencapai penghapusan segala dosa manusia. Terkadang selain masalah tauhid sering saya berpikir, mengapa di bulan suci ini para da’i membahas problem amaliah keseharian. Kita pasti sudah diajarkan dan tahu serta memahami yang berdosa pasti akan dapat balasan di akhirat kelak, tetapi agar kita terhindar dosa seharusnya kita diajarkan bagaimana bersikap dan berurusan dengan sesama manusia saat di dunia. Kita ingin mengetahui lebih jauh misalnya soal kawin siri, kawin campur atau juga hukum waris agama, soal perbankan, soal politik, soal perang, soal larangan makanan haram dan lain-lain. Bukankah, konon 80 persen dalam al Quran berbicara terkait masalah amaliah. inspirasi tentang detoksifikasi dalam puasa, sungguh menambah pemahaman kita arti dari pelaksanaan rukun Islam kewajiban berpuasa di bulan ramadhan. semoga pembahasan ilmiah populer seperti itu bisa kita perbanyak. Islam sebuah ajaran dan agama yang kita yakini rasional dan memberikan rahmat bagi semua yang ada di alam/dunia. Ini yang membedakan dengan ajaran dan keyakinan lain. Semoga keberagamaan kita semakin kuat dan tetap meyakini mereka yang mampu mengamalkan kesilamannya memberi dampak positif bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan, bangsa dan dunia. amin… wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokatuh.

  58. aris ortega

    maaf, saking asik sambut salam kenal bung husen, sampai lupa ucapin selamat menunaikan ibadah puasa buat bung moeflich juga semua penggemar situs penuh isnpirasi ini. Semoga Allah senantiasa melebihkan nikmat dan berkahnya di bulan suci ini dan kita mampu mengamalkannya demi kehidupan bagi semua yang ada di alam nyata. amin… sekali lagi maaf kang moeflich…

  59. Aris Ortega, gak apa-apa, di bulan Ramadhan ini kita saling memaafkan. Selamat berpuasa, semoga amal-amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.

  60. agus

    Assallamulaikum Wr. Wb..
    Apa kabarnya Pak Muflikh?…..tidak sengaja (dibantu uncle google) saya ketemu blog Bapak. medio 2006 saya mengenal Pak Muflikh, ketika kita satu gedung pada project DBE ( di Jalan Budisari ). Saya Agus Prihantoro ( heheh dulu di DBE 2).

    Terima kasih, memang sangat isnpiratif blogmnya,..Ijin membaca.. dan semoga Allah SWT mengkaruniakan ladang inspirasi yang luas buat Pak Muflikh.. Amin.

    Salam
    Agus

  61. Alhamdulillah Pak Agus. Terima kasih sudah mampir. Syukur kita ketemu lagi. Semoga kabarnya baik dan selalu sehat wal afiat. Kita bisa lanjutkan pertemuan ini di saung facebook. Salam.

  62. Sangat mendebarkan keagungan Illahi, Kapal yang dibuat Nabi Nuh mempunyai nilai sejarah yang amat sangat berguna bagi umat manusia. Trus 1. berapa umur nabi Nuh selama membuat kapal itu ya? 2.Menanam pohon untuk membuat kapa saja memerluka 40 tahun dan pada saat itu paling tidak Nabi Nuh sudah berumur diatas 30 tahun. 3. Berapa lama membuatnya ya? jadi diperkirakan beliau mencapai umur lebih dari 100 tahun, menakjubkan.

  63. azka

    subhanallah menarik sekali blognya, semoga inspirasinya dpat memberi pencerahan, aamiin

  64. Dindin Abdinegara

    Assalamualaikum kang.. asa bungah sareng bangga gaduh baraya sa almamater uin bandung kagungan blog anu sakieu saena.. sangat bermanfaat… khususna kanggo abdi kang !! mugi2 tiasa janten amal jariyah sadaya elmu nu ku akang di share di blog ieu.. amin..!!

  65. @Azka, terima kasih, Amiiin .. semoga bermanfaat.

    @Dindin Abdinegara: Amiin .. ya rabbal alamiiin. nuhun do’ana!

  66. pa ijin copas yang 4 malaikat yang mendatangi orang sakit yah? buat “spirit” saya .. ibu saya sedang sakit .. terima kasih mau saya share di pesbuk .. boleh .. terima kasih

  67. Salam kenal ya. Saya senang bisa bergabung di blogmu. Senang juga membaca komentar-komentar orang. Semoga kita semakin bersama, belajar bersama, karena masih banyak hal yang selalu masih belum kita ketahui, meski kita merasa sudah banyak mengetahui. Sukses Mas…

  68. Ga sengaja tadi masuk ke google cari situslaka-laka yang di rekomendasikan oleh teman saya. Dan ternyata masuknya ke blog ini. I love your blog, seperti nya aktif sekali ya.

    Salam kenal bro.

  69. khairanie teguh

    sy seneng bs masuk keblognya kang moeflich banyak pelajaran yg sy dpt dr membaca artikel yg akang tulis diblog akang.thanks

  70. Salam buat semua pengunjung, Terima kasih pada semua yang menyampaikan salam pada saya, maaf tidak sempat saya balas satu persatu.

    Saya senang bila blog ini terasakan manfaatnya. Mudah-mudahan menambah kecintaan pada kebenaran, meningkatkan kesadaran dan kualitas kemanusiaan kita dan selamat dunia akhirat. Trims.

  71. saya suka baca blog anda..byk tentang islam yg kita tidak ketahui..terima kasih di atas setiap informasi yg berguna..sejarah2 islam dulukala memang menjadi minat saya..terima kasih..

  72. bnu fatah

    assww.. mas, sy trtarik dg tulisan cttn ttg timtim sblm lepas dr ri. sy jg pelaku lgsung saat itu dan sdh nulis satu buku… sy ingin sharing pngalaman/ketemu/krm buku sy, bgm mas? tlg sy tggu kntak baliknya di almt email ini tks

  73. chris

    Mantappp kang isinya…semoga selalu dalam lindungan Nya dalam berkarya. Aminnn

    Nuhun

  74. cholil

    Terasa seperti merasakan sejuknya “air pegunungan” dikala masuk blognya mas moeflich….segar, bermanfaat, mencerahkan………

  75. Moef

    Diah Mitasari. Boleeh … datang aja ke apotek terdekat, banyak vitamin dosis tinggi disitu, tapi hati-hati pada efek sampingnya ya.

  76. ridwan supriyadi

    assalamualaikum…..
    Saya ridwan dari sintang kalimantan barat……
    Salam kenal untuk semuanya…..

  77. yazdi

    Lanjutkan kiprah nya kang Moef…keseimbangan logika berpikir perlu dibina dengan fresh article, jika tidak akan binasalah pikiran ini..

  78. luqman hakim gayo

    Assalamu alaikum wr wb. Saya ingin bersilaturrahim dengan Kang Moef. Saya baru tinggal di bandung. Trim, wasss.

  79. anshori djawadi

    banyak orang kebingungan cari pedoman hidup tulisan mas sangat membantu

  80. anshori djawadi

    jiwayang sehat:1.cerdas spiritual (dekat kepada Allah iman dan taqwa) 2. cerdas sisial (humanis) 3. cerdas ekologis ( peduli lingkungan alam) 4. cerdas pikir ( banyak ilmu-bijaksana) 5. cerdas nasiyah ( tahu diri- bisa membawa diri- nahan nafsa ‘anil hawa)

  81. makasih mas moef atas artikel2nya blog ini jadi kunjungan perdana saya untuk menambah ilmu, blog ini sangat bermanfaat buat saya salam kenal dari Juru Indra Download,and salam kenal semua. wassallam

  82. Adi Kujang

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Baru saja menemukan blogs yang informatif & inspiratif ttg Islam. Mohon ijin apabila saya ingin copy paste atau menyebar luaskan (share) isi blogs ini.
    Terima kasih sebelumnya.

    Wassalamu alaikum Wr. Wb

    Adi K

  83. hendra

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Salam kenal kang Moeflich, saya mampir ke blog ini memang sengaja mencari pencerahan, betul kata kang moeflich, saya sedang bingung mencari orang yang bisa memberikan saya nasehat .. hingga sampai saat ini hidup saya bisa dibilang makin hancur, karena saya masih yakin saja dengan agama saya, jadi sampai hari ini saya masih bisa ikutan nulis disini…. kalau saya bisa menghubungi atau menulis lebih banyak lagi agar bisa dapat pencerahan lebih dari kang moeflich dimana yah kang…?

  84. Sopandi

    Assalamuálaikum wr, wb
    Nepangkeun Kang pribados Pun Sopandi, kataji ku seratan anu aya dilebet blog Akang…hatur nuhun ach mudah-mudahan janten cukang tambih-tambih elmu panemu, luang paham miwah kaimanan sareng kaislaman. hatur nuhun Kang….
    Wassalam.

  85. Assalamu’alaikum wr wb..

    Salam kenal Pak, saya sangat terinspirasi dgn tulisan2 bapak, ringan,berkarakter..sesuai dgn perkembangan saat ini. tulisan adalah cermin ucapan hati,tingkah laku dan ketulusan..semoga ini menjadi awal silaturrahmi saya . Terimakasih banyak.

  86. Abu Dabith

    kang, boleh kan kalo saya copy artikelnya buat buletin jumat gratis?

    Moeflich:
    Boleh silahkan.

  87. budiman

    Isinya sangat mencerahkan qalbu..mohon terus diposting cerita2 tauladan dari kehidupan nyata kita sehari-hari…wassalam.

    Moeflich:
    Makasih Budiman.

  88. dessena zea

    assalamu’alaikum kak….
    ada sarana buat berbincang selain email gak…
    ingin meraup ilmu dari kakak nie…
    jazakumullah

    Boleh: di fesbuk saja, an. Moeflich Hasbullah.

  89. muslim burhani

    assalamualaikum mas
    yg ttg paus masuk islam,ini ada foto tambahan wktu beliau bertemu gusu saya

  90. arfan

    keren.. salam hangat buat bang mufli..bisa jadi mufti..bro.. selamat berkarya..

  91. Hendra Irawan

    Assalaamu ‘alaikum, kamek budak melayu pontianak salam kenal jak ngan penules, ni blog bagos benagh, kamek tunggu tulesan-tulesan baru yang lebeh menarek dan mencerahkan.. wassalaam

Leave a comment