Kekayaan Papua target Amerika setelah Timur Tengah

a

Sebagaimana diberitakan Harian Bintang Papua, perusahaan Amerika yang sudah beroperasi di Papua sejak tahun 1964 itu kembali mengulang sejarah dengan melakukan penambangan gelap tanpa sepengetahuan Pemerintah, dan publik Papua. Tidak tanggung tanggung obyek yang diambil oleh penambangan gelap yang dilakukan sejak 8 bulan silam adalah URANIUM.

Freeport diduga menggali bahan baku uranium secara diam-diam sejak delapan bulan silam. Hal itu diungkap oleh Yan Permenas Mandenas S.Sos, Ketua Fraksi Pikiran Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua kepada ANTARA di Jayapura, Selasa (13/7), di ruang kerjanya. Ia menjelaskan, “Kegiatan ini dilakukan secara tersembunyi dan telah berlangsung cukup lama”

Anggota Komisi C DPR Papua itu menambahkan, Freeport telah mencuri hasil kekayaan masyarakat Papua dan membohongi pemerintah dengan hasil tambang yang disalurkan lewat jaringan pipa-pipa bawah tanah.

Ia menjelaskan, “Kalau untuk PT Freeport ini birokrasinya terlalu panjang dan berbelit-belit, kami susah masuk ke sana, kan semua mineral tambang itu dikirim lewat pipa-pipa, siapa yang tahu, tidak adakan, apalagi akses kesana tidak gampang”.

Papua, Tanah Rebutan Tiga Negara Asing
Menurut penulusuran Lia Suntoso, peneliti The Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Jakarta, Papua merupakan daerah yang kini menjadi perebutan antara tiga kekuasaan. Yang satu adalah negara adidaya Amerika Serikat, dua lainnya Inggris dan Australia.

Potensi tanah Papua memang tidak diragukan lagi. Dan, sebagian besar saham Freeport Indonesia dimiliki oleh Freeport McMoran Copper & Gold Inc, dan sisanya dimiliki oleh raksasa pertambangan Inggris/Australia Rio Tinto. Masalahnya, jurnal berbagai scientific community mencatat bahwa kekayaan alam di Papua belum sepenuhnya tereksplorasi, termasuk di antaranya adalah tambang uranium.

Amerika Serikat begitu kebakaran jenggot melihat program nuklir di Libia, Iran, atau Korea Utara, meskipun pada kenyataannya AS merupakan konsumen uranium terbesar dunia saat ini –yang tidak memiliki sumber daya alam yang signifikan atau setidaknya belum mau terbuka mengenai potensi bahan baku nuklir di dataran Amerika sendiri.

Karena itu, Amerika Serikat dan Inggris, sebagai sekutu dan pihak-pihak yang memiliki kepentingan, pasti akan sangat dipermudah dengan terdapatnya sekecil apa pun sumber uranium di Papua.

Apabila dihubungkan dengan pergerakan politik internasional, disinyalir tolak-menolak antara negara-negara nuklir dan non-nuklir terlihat sangat jelas. Melihat betapa pentingnya peran nuklir dalam diplomasi pada saat ini, perang atas Papua mungkin saja merupakan produk tarik-menarik antara Amerika dan Inggris, dan Australia, dengan Australia yang memiliki posisi lebih kuat.

Berbagai teori geologi pecahan lempeng menyebut benua Australia, Pulau Papua (Papua Nugini dan Irian Jaya), dan Timor Timur adalah satu daratan. Jelas bukan mustahil Papua adalah sumber potensial, readily available, uranium bagi Amerika Serikat. Di daerah yang begitu miskin, mungkin rakyat Papua sendiri tidak menyadari apa yang berada di bawah kaki mereka. (situslakalaka)

About these ads

7 Responses to Kekayaan Papua target Amerika setelah Timur Tengah

  1. Papua 8X lebih kaya dari Indonesia!

  2. mkan tu papua. timur tengahh,,telan tu bumix skaliann….DASARRR AMERIKA BAJINGANNNNN

  3. pemerhati says:

    Jawaban darii itu semua hanya satu..

    Mliter indonesia tidak disegani lagi, bahkan malaysia saja sering mempecundangi AL ndonesia…

    Apa jadinya indonesia, bila diserang negara lain..?kocar kacir..cari bambu runcing???(*senjata jaman batu)

    Pejabat birokrasi berebut harta negara dari APBN..
    Negara lain masuk dengan sejumlah cara unik, mengeksploitasi tambang di seluruh kawasan indonesia..

    Contoh lain:
    m.uniqpost.com/44945/pertama-di-dunia-penambangan-emas-di-dasar-laut-papua-nugini/

  4. aditya bagus says:

    aaaahhhhhh Indonesiaaa ayo lah jangan tengglam muncul kepermukaan dan perlihatkan pada dunia. perlu suatu gebrakan yang keras untuk melenyapkan koruptor di semua sisi biarkan biarkan yang memimpin negara ini tinggal seuprit tp dapat mengurus negeri ini Tuhaan tolong selamatkan Indonesia

  5. iyaaa betul ituu, ayo ayo indonesia bangun!! bangun!! jngan tidur aja..tujukan kpda dunia, bhwa indonesia juga BISA..! :)

  6. Wahyu N says:

    Pemerintah MATANYA MELEK DONG SUPAYA RAKYAT SEJAHTERA, JANGAN MAU DIKANGKANGI ASING MELULU, MASA DI NEGERI YANG KAYA RAYA SUMBER ALAMNYA MASIH ADA BERITA BUSUNG LAPAR DAN GIZI BURUKNYA??

  7. Rika says:

    kekayaan alam untuk kemakmuran rakyat…jd harus sejahtera dong..ga da lagi warga kita yang jadi pembantu di siksa seperti binatang kalau negara menyediakan lapangan kerja,pasti bisa,negara lain pun bisa manfaatin kekayaan kita..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 538 other followers

%d bloggers like this: