Inilah, 50 Fakta Ambruknya Ekonomi Amerika Serikat

*

REPUBLIKA.CO.ID,  (6 Januari 2012). Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara Adidaya kini disebut-sebut sedang berada ditubir keruntuhan. Ambruknya kehebatan AS bersumber dari jatuhnya perekonomian anggota DK PBB yang getol meningkatkan sanksi bagi Iran tersebut.

Dalam sebuah blog ekonomi bertajuk The Economic Colapse, disebutkan, meski masyarakat AS telah dibuat frustasi oleh keadaan ekonomi itu, sebagian besar belum memiliki gambaran mengenai seberapa parah kondisi itu. “Kemerosotan yang terjadi sangat buruk dan akan ada banyak masalah jika kita tidak melakukan perubahan dramatis.”

Meredupnya kekuatan Amerika Serikat ditulis dalam sebuah artikel berjudul 50 Economic Numbers from 2011 that are Almost too Crazy to Believe.  Tulisan itu menguraikan 50 fakta terkait perekonomian Amerika yang memburuk. “Jika kita tidak mendidik warga Amerika mengenai seberapa jauh ekonomi Amerika telah menjadi penyakit mematikan, maka mereka akan jatuh dalam kebohongan lama yang sama dari para politisi kita, bahwa ia hanya sedikit keadaan sulit yang akan diatasi.”

Inilah 50 fakta kemunduran negeri Adidaya itu:
1. Sebanyak 48 persen dari seluruh populasi Amerika termasuk kategori “berpenghasilan rendah” atau hidup dalam kemiskinan.

2. Sekitar 57 persen dari anak-anak AS tinggal di rumah-rumah berpenghasilan rendah atau miskin tadi.

3. Jika jumlah warga AS yang menginginkan pekerjaan sama pada 2007 dengan sekarang, angka pengangguran resmi pemerintah AS diperkirakan mencapai 11 persen.

4. Rata-rata rentang waktu pengangguran warga usia kerja saat ini lebih dari 40 minggu.

5. Satu survei terbaru menemukan 77 persen bisnis kecil di AS tidak berencana menambah jumlah karyawan mereka.

6. Terdapat lebih sedikit pekerjaan dengan penggajian dibandingkan dengan jumlah pada tahun 2000, meski telah ada penambahan 30 juta orang sejak itu.

7. Sejak Desember 2007, rata-rata pendapatan rumah tangga telah menurun, dengan total penurunan 6,8 persen jika memperhitungkan inflasi.

8. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, terdapat sebanyak 16,6 juta wiraswasta Amerika pada Desember 2006. Saat ini, jumlah itu telah menyusut menjadi 14,5 juta.

9. Sebuah jajak pendapat “Gallup” pada awal tahun 2011 menemukan, sekitar satu dari lima orang pekerja menganggap dirinya menganggur.

10. Menurut penulis bernama Paul Osterman, sekitar 20 persen orang dewasa AS saat ini bekerja dengan upah yang sangat rendah (artikel The Economic Collapse menyebutnya level kemiskinan).

11. Pada 1980, kurang dari 30 persen pekerjaan di AS adalah pekerjaan berpenghasilan rendah. Kini, pekerjaan berpenghasilan rendah lebih dari 40 persen.

12. Pada Juli 2011, hanya 81,2 persen pria usia 25-54 memiliki pekerjaan. Padahal, tahun 1969, 95 persen dari mereka bekerja.

13. Salah satu survei terbaru menemukan bahwa satu dari tiga orang Amerika tidak mampu membayar uang sewa pada bulan selanjutnya jika mereka tiba-tiba kehilangan pekerjaan.

14. Federal Reserve baru-baru ini mengumumkan, total kekayaan bersih rumah tangga AS menurun hingga 4,1 persen pada kuartal ketiga tahun 2011 saja.

15. Menurut studi terbaru yang dilakukan Institut Investasi BlackRock, rasio utang rumah tangga terhadap pendapatan pribadi di AS saat ini 154 persen

16. Saat pertumbuhan ekonomi melambat, angka pernikahan ikut menurun. Analisis Pew Research Center mengungkapkan, hanya 51 persen dari masyarakat AS yang berusia minimal 18 tahun berstatus menikah. Tahun, 1960, 72 orang orang usia dewasa di AS berstatus menikah.

17. Layanan Pos AS telah mengalami kerugian lebih dari lima miliar dolar AS dalam setahun terakhir.

18. Di Stockton, California, harga rumah telah menurun 64 persen dari harga mereka saat pasar perumahan memuncak.

19. Nevada memiliki tingkat penyitaan tertinggi di negara itu selama 59 bulan berturut-turut

20. Harga rata-rata rumah di Detroit kini hanya 6.000 dolar AS.

21. Menurut Biro Sensus AS, sebanyak 18 persen rumah di negara bagian Florida kosong. Angka itu 63 persen lebih besar dari 10 tahun yang lalu.

22. Sebanyak 19 persen pria AS usia 25-34 tinggal bersama orang tua mereka.

23. Tagihan listrik AS meningkat lebih cepat daripada tingkat inflasi selama lima tahun berturut-turut.

24. Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 41 persen orang Amerika usia kerja mempunyai masalah tagihan medis atau sedang membayar utang medis.

25. Satu dari tujuh orang Amerika memiliki setidaknya 10 kartu kredit.

26. Diproyeksikan bahwa defisit perdagangan AS tahun 2011 mencapai 558,2 miliar dolar AS.

27. Krisis pensiun di AS terus memburuk, seperti diungkapkan Employee Benefit Research Institute, 46 persen pekerja Amerika memiliki kurang dari 10 ribu dolar tabungan pensiun, sementara 29 persen lainnya bahkan memiliki simpanan kurang dari 1.000 dolar.

28. Prosentase orang Amerika yang hidup dalam kemiskinan parah (6,7 persen) lebih tinggi dari yang pernah terjadi sebelumnya.

29. Jumlah anak tunawisma di Amerika kini 33 persen lebih tinggi daripada jumlah mereka pada 2007.

30. Sejak 2007, jumlah anak yang hidup dalam kemiskinan di negara bagian Kalifornia meningkat sebesar 30 persen.

31. Menurut National Center for Children in Poverty, sebanyak 36,4 persen anak di Philadelphia, 52,6 persen di Cleveland, dan 53,6 persen anak hidup dalam kemiskinan

32. Jika Bill Gates memberikan setiap sen kekayaannya untuk pemerintah AS, itu hanya akan menutupi defisit anggaran AS selama sekitar 15 hari saja

33. Hebatnya, kini pemerintah AS mengumpulkan hutang hingga 15 triliun dolar AS. Ketika Barack Obama pertama memerintah, utang nasional hanya 10,6 triliun dolar

34. Jika pemerintah federal AS mulai saat ini melakukan pembayaran hutangnya dengan tingkat pembayaran satu dolar per detik, maka hutang tersebut baru akan lunas setelah 440.000 tahun.

35. Hutang nasional AS telah meningkat rata-rata  lebih dari 4 miliar dolar per hari sejak awal pemerintahan Obama.

36. Kecepatan pembangunan rumah baru di AS kini untuk pertama kalinya tercatat dalam kategori rendah/lambat

37. Menurut Biro Analisis Ekonomi AS, biaya kesehatan hanya menyumbang 9,5 persen dari seluruh konsumsi perorangan pada 1980. Kini angka tersebut melonjak hingga kurang lebih 16,3 persen

38. AS menghabiskan sekitar empat dolar AS atas barang dan jasa dari Cina untuk setiap dolar yang dihabiskan Cina atas barang dan jasa dari AS

39. Saat ini, satu dari enam orang tua di Amerika hidup di bawah garis kemiskinan federal

40. Menurut sebuah studi yang belum lama dirilis, gaji CEO di perusahaan-perusahaan terbesar Amerika naik 36,5 persen hanya dalam masa 12 bulan terakhir

41. Kini, bank-bank yang berpeluang besar untuk gagal lebih banyak dari sebelumnya. Total aset enam bank AS terbesar meningkat 39 persen antara 30 September 2006 dan 30 September 2011.

42. Enam ahli waris pendiri Wal-Mart Sam Walton memiliki kekayaan bersih yang kurang lebih sama dengan kekayaan 30 persen orang Amerika yang digabungkan.

43. Menurut sebuah analisis data Biro Sensus yang dilakukan Pew Research Center, kekayaan bersih rata-rata untuk rumah tangga yang dipimpin seorang berusia 65 tahun ke atas 47 kali lebih besar daripada kekayaan bersih rumah tangga yang dipimpin seorang berusia di bawah 35 tahun.

44. Sebanyak 37 persen dari seluruh rumah tangga di AS yang dipimpin seorang di bawah 35 tahun memiliki kekayaan  bersih nol atau kurang dari nol.

45. Saat ini, satu dari tujuh orang Amerika dan satu dari empat anak Amerika menerima kupon makanan.

46. Pada 1980, pembayaran transfer pemerintah AS adalah 11,7 persen dari seluruh pendapatan. Kini, pembayaran itu meningkat hingga lebih dari 18 persen dari total pemasukan.

47. Sebanyak 48,5 persen orang Amerika hidup hidup dalam rumah tangga yang menerima beberapa bentuk tunjangan pemerintah. Pada 1983, jumlah penerima tunjangan pemerintah kurang dari 30 persen

48. Saat ini, pengeluaran pemerintah federal adalah sekitar 24 persen dari produk domestik bruto (PDB). Sepuluh tahun yang lalu, pengeluaran pemerintah hanya 18 persen.

49. Untuk tahun fiskal 2011, pemerintah federal AS mengalami defisit anggaran hingga 1,3 triliun dolar AS, yang merupakan tahun ketiga berturut-turut di mana jumlah anggaran di atas satu triliun dolar.

50. Yang mengejutkan, selama pemerintahan Obama, pemerintah AS telah mengumpulkan lebih banyak hutang dibandingkan akumulasi hutang yang terkumpul sejak pemerintahan George Washington hingga Bill Clinton.[]

About these ads

6 Responses to Inilah, 50 Fakta Ambruknya Ekonomi Amerika Serikat

  1. Abdul says:

    Negara super adidaya dan adikuasa bisa ambruk …… bagaimana dengan kita bangsa Indonesia ? sama ? atau lebih parah ? wallahu a’lam … n makanya ” wahai para pemimpin ” jangan suka ngutang… ngutangnya gampang bayarnya anak cucu yang kedungsang dungsang . orang tua pernah berpetuah : ” se enak- enaknya orang yang banyak hutang. lebih enak orang yang nggak punya hutang. Terima kasih Mas Moeflich artikel yang bagus agar kita self coreksi. Jazakumullah

  2. irmanaras says:

    thanks for information…. godluck n success

  3. asalam says:

    barang siapa mensyukuri nikmat ku (allah),maka akan aku lipat gandakan.namun siapa saja yang tidak bersyukur atasnya maka azab ku akan sangat pedih…

  4. mantap says:

    amerika negara yg dikendalikan yahudi askenazi “rothchilld”

  5. mulder says:

    hal menarik lagi, roh manufaktur Rothschild family & Rockefeller semua berpindah ke wilayah Asia, China-Indonesia karena sumber daya yg lebih murah dan dalam rupiah pula, beberapa manufaktur2 yg merupakan bagian dari Roths-Rock foundation adalah perusahaan seperti Jardine Matheson yg menguasai mayoritas saham Astra Group, Giant, 7 Eleven dll, lalu Unilever yg menguasai 90% produk di televisi, lalu Nestle, Danone, CocaCola dan banyak lagi yg merupakan keluarga elite komite 300 keluarga bisnisnya. Tentu di samping kekayaan tambang wilayah asia khususnya Indonesia yg belum habis di keruk, khususnya modal tambang tembaga-emas di Sumatra melalui politik cerdik Eropa melalui perusahaan tambang Prosperity Australi yg menggunakan kaki tangan dan tipu daya terhadap Pemda2 daerah untuk menguasai tambang2 di SUmatra.

  6. ND.8 says:

    ^_^…slm Timika msh bs dkeruk dn dgondol diatas legitimate UU iNdO, ga ad yg prlu dkhwtirkn krn National Treasury illuminati jauh lbh bsr drpd nilai hutg total itu sndri..…^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 538 other followers

%d bloggers like this: